RSS

4 Hari Keliling Makassar

11 Feb

Oleh : Vicky Kurniawan

Saya begitu tertarik dengan Makassar ketika seorang teman memberi saya foto air terjun Bantimurung. Foto itu sebenarnya tidak begitu istimewa dan diambil saat musim kemarau dimana debit air sedang turun sehingga batu-batuannya lebih banyak terlihat ketimbang airnya. Tapi entah yah, ada sesuatu di foto itu yang membuat saya ingin kesana. Beberapa hari kemudian saya melihat liputannya di salah satu televisi swasta kali ini sekalian dengan gua-gua dan taman kupu-kupu yang ada di sekelilingnya. Wah jadi tambah ngebet kepingin kesana.

Akhirnya kesempatan itu datang ketika Garuda Citilink berbaik hati mengadakan promo satu harga kesemua jurusan. Maka jadilah saya terbang dari Surabaya ke Makassar dengan hanya RP. 158.000,- pulang pergi (Thank’s ya Citilink, sering-sering promo yah biar saya bisa menjelajah Indonesia).

Dalam penyusunan itinerary, saya sangat terbantu dengan buku “Travelicious Makassar” terbitan B-First punya bang Toar Andi Sapada & Fauzan Mukrim. Informasinya cukup lengkap dan akurat walaupun disana-sini saya juga masih perlu sedikit riset tentang jalur angkutan umum dan jalan kakinya. Itinerary saya buat tidak begitu mendetail karena merasa masih jalan-jalan “di rumah sendiri”, kalau tidak tahu tinggal senyum dan bertanya, kalau tersesat tinggal naik becak atau taksi. Enak kan!..

Senja Di Pantai Losari

Perjalanan ini saya tempuh selama 4 hari dari tanggal 30 Januari s/d 2 Pebruari 2012 dengan biaya sekitarย ย  Rp. 1.1 juta yang seperti biasa sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi, akomodasi, transportasi, konsumsi dan tiket atraksi. Selalu berharap bahwa catatan perjalanan ini bisa membantu teman-teman yang berkeinginan menjelajah Makassar dan selalu berharap Allah memberi kesempatan lagi untuk menjelajah daerah-daerah lain di Indonesia.

Semoga bermanfaat dan Happy Traveling

Advertisements
 
 

Tags: , , , , ,

24 responses to “4 Hari Keliling Makassar

  1. mila

    February 12, 2012 at 10:41 am

    waaah seru banget, Mba. Aku sering bolak balik makassar urusan kerjaan, ga pernah sempat mau ke bantimurung. Di tunggu foto2 kupu-kupu yang lucu yaaa…

     
    • aremaronny

      February 12, 2012 at 5:27 pm

      wah habis baca artikelmu tentang USS, artikel USS saya berasa garing seperti kerupuk..he he..ditunggu cerita 3 alaynya yah..

       
  2. diana

    February 15, 2012 at 10:45 am

    Seru ya mba, Bantimurung. Kalo saya sdh lama ngidam explore Makassar coret, seperti pantai Bira, Selayar dan Toraja…moga2 terkabul ๐Ÿ™‚

    Salam kenal ya mba

     
    • aremaronny

      February 15, 2012 at 3:59 pm

      Salam kenal juga Diana..Saya juga kepingin menjelajah sampai toraja, sayang waktunya terbatas dan kami jatuh sakit di tengah-tengah traveling..wuek..nggak enak banget..semoga kesampaian ya Diana dan gantian aku yang baca ceritsmu :)..

       
  3. syam

    February 22, 2012 at 11:58 am

    mbak fotonya airnya keren bangettttt… nice ๐Ÿ™‚

     
    • aremaronny

      February 22, 2012 at 5:47 pm

      Iya..waktu sampai sana udah kepingin ‘nyemplung’aja..jernih…Foto mbak juga keren-keren. Nangkep banget suasananya..

       
  4. Mama Sedja

    March 11, 2012 at 7:12 am

    Foto air terjunnya bagus banget :O
    Travelicious Makassar? hihihi..buku itu jadi hadiah pada kontes ngeblog yang sedang saya adakan. Hmm..

    Salam kenal ya mbak ๐Ÿ˜‰

     
    • aremaronny

      March 11, 2012 at 5:59 pm

      Salam kenal juga Mama Sedja..Blognya menarik. Senang juga menambah kawan blogger dari Makassar..

       
  5. Ila

    July 18, 2012 at 4:17 am

    Wahh…mmg menarik sekali tempat nya..saya juga dah tak sabar mau ke sana,,kami akan ke makassar pada tarikh 24-9-2012 ini,,insyaallah dgn izin Nya kami pasti sampai ke sana,

     
    • aremaronny

      July 18, 2012 at 7:18 am

      Semoga perjalanannya lancar ya mbak..dan semoga catatan perjalanan ini bisa membantu mbak..

       
  6. kripikyayan

    November 11, 2012 at 5:51 pm

    InsyaAllah tgl 19 goes to Makasar ๐Ÿ™‚ semoga bisa keliling ๐Ÿ™‚

     
    • aremaronny

      November 12, 2012 at 6:40 am

      Semoga perjalanannya lancar dan menyenangkan ya …

       
  7. niken

    November 20, 2012 at 7:03 pm

    Mbak Vickyyy, udh lama neh gak comment disini ฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษฦ—ฦ—ษ “ฬฎ..
    Br dpt promo free seats AirAsia Jkt-Mks-Jkt, Insya Allah utk thn dpn, mau brosing2 langsung inget blognya Mba Vicky deh..pasti bermanfaat bgt infonya. ๐Ÿ™‚ Thanks,Mba

     
    • aremaronny

      November 21, 2012 at 9:27 am

      Weee..dapat promo yang free seat ya..sayang diwajibkan beli bagasi..

       
  8. husain

    November 27, 2012 at 5:50 pm

    Yang terbaru dari oleh-oleh Khas Makassar, Jangan lupa kalo ke Makassar bawa oleh-oleh
    ABON IKAN BANDENG, rasa bandeng khas Makssar, Harga terjangkau,Bisa diperoleh di
    Toko Ujung dan Toko Sumber oleh-oleh di Jl. Somba Opu, Toko Oleh-oleh Karraeng di Jl. Gunung Bawakaraeng dan Toko oleh-oleh Kota Daeng di Ruko Citra Sudiang Depan Pompa Bensin/Telkom Sudiang. Di Maros dijual Di Resto Bu Dian Jl. Lanto Dg Pasewang Arah Polres Maros ke Terminal Maros,, di Pangkep dijual di Resto Bu Dede Jl. Sultan Hasanuddin sebelum Pompa Bensin arah dari Makassar ke Pare-pare.

     
    • aremaronny

      November 27, 2012 at 6:49 pm

      Terima kasih atas tambahan infonya mas Husain, kalo ke Makassar lagi pasti akan saya coba..

       
  9. Mulyadi

    December 3, 2012 at 2:33 pm

    Mba vicky, kalo jalan2 ke makasar bawa 2 balita…enaknya kemana aj yak? lama perjalanan cuma 3 hari 2 malam. Trus bagaimana dng tansportasinya?

     
    • aremaronny

      December 4, 2012 at 7:24 am

      Itenerary saya waktu ke Makassar itu bisa juga mas untuk balita, hapuskan saja kunjungan ke Benteng Rotterdam dan air terjun Bantimurung karena terlalu jauh. Kalau ke Samalona sewa perahunya kemahalan, ganti saja ke Pulau Kayangan.

       
  10. Mulyadi

    December 5, 2012 at 5:26 pm

    Terima Kasih mba…..salam kenal sebelumnya….

     
    • aremaronny

      December 5, 2012 at 7:20 pm

      Salam kenal juga mas..

       
  11. obliviate14

    February 18, 2013 at 12:06 pm

    Rencana akhir maret ini mau solo trip kesana.. niatnya ber3 cuma temen cancel dua-duanya.. semoga itinerary yang dibuat bisa terlaksana.. walaupun gak smuanya ๐Ÿ˜€

     
    • aremaronny

      February 18, 2013 at 1:42 pm

      He he he memang lebih enak berangkat sendiri, jangan kuatir nanti pasti akan dapat teman…

       
  12. Refly Rondonuwu

    July 12, 2013 at 6:45 pm

    mau ke makassar tgl 13-15 juli 2013, sangat membantu info perjalannya. thanks

     
    • aremaronny

      July 12, 2013 at 8:30 pm

      Sama-sama mas Refly..semoga perjalanannya lancar..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: