RSS

Panduan Penggunaan Eurail Pass

12 Sep

Oleh : Vicky Kurniawan

Saat menyusun itinerary ke Eropa, mau tidak mau saya harus belajar tentang jaringan transportasi disana. Dengan anggaran yang terbatas, pilihan pertama saya jatuh pada alat transportasi paling murah yaitu bis. Apalagi ada Eurolines yang menawarkan Eurolines Pass yaitu pass untuk naik bis jarak jauh dengan jangkauan meliputi 48 negara di seluruh Eropa dengan jangka waktu pemakaian 15 atau 30 hari. Eurolines sendiri adalah jaringan kerjasama 29 organisasi bis jarak jauh Eropa yang meng-cover seluruh Eropa dan Maroko. Di beberapa negara, Eurolines akan dioperasikan oleh beberapa perusahaan yang berbeda. Contohnya di Inggris, akan dicover oleh National Express, di Irlandia Utara dioperasikan oleh Ulsterbus dan di negara-negara Baltik dioperasikan oleh Lux Express.

Kereta Glacier Express Swiss

Kereta Glacier Express Swiss

Tapi setelah mempelajari Eurolines lebih jauh, saya baru menyadari kalau pass ini lebih cocok untuk para traveler yang punya waktu longgar. Kendala utama terletak pada jadwal pemberangkatan bisnya yang tidak setiap hari. Sebagai contoh untuk jalur Amsterdam – Munich bis hanya berangkat setiap Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu. Kendala kedua, terletak pada destinasinya yang hanya mencakup kota-kota besar. Jadi kalau mau melipir ke kota kota kecil seperti Hallstatt harus naik kereta lagi. Kendala ketiga, kurang praktis karena kita tidak bisa langsung naik tapi harus booking dulu minimal 2 hari sebelumnya. Kendala keempat adanya batasan pemakaian. Jai kita tidak boleh mengulang rute yang sudah pernah kita tempuh sebelumnya. Nah setelah kurang sreg dengan Eurolines, saya mencoba melirik alternatif kedua yaitu naik pesawat terbang low cost carrier seperti Ryanair dan Easyjet. Soalnya saat saya cek, harga tiket ke beberapa destinasi malah lebih murah daripada naik bis. Tapi pesawat juga memiliki beberapa kekurangan yang sangat krusial seperti letak bandara yang kebanyakan berada di luar kota sehingga biaya transportasi menuju bandara menjadi mahal. Selain itu waktu yang diperlukan untuk perjalanan ke bandara serta proses boarding akan memakan waktu lebih lama daripada naik bis atau kereta. Jadi mau tidak mau setelah mempertimbangkan beberapa hal diatas akhirnya saya memilih kereta api untuk perjalanan menjelajah Eropa.

Sebelum Membeli

Karena harganya yang selangit, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli Eurail Pass.

Sampul Depan Eurail Pass

Sampul Depan Eurail Pass

Pertama, perlukah kita membeli pass ini ?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut hal utama yang harus diperhatikan adalah itinerary kita. Sebelumnya cobalah menyusun itin kasar dulu kira-kira kota-kota mana yang akan kita kunjungi. Setelah itu diperhalus lagi dengan menetapkan destinasi atau atraksinya. Selanjutnya buatlah tabel perhitungan sederhana yang berisi perbandingan bila menggunakan Eurail Pass, bila menggunakan Eurolines dan bila beli ketengan (per single trip). Nah dari tabel itu akan terlihat mana yang lebih murah. Gambaran tabel kasarnya mungkin seperti ini.

Tabel Perbandingan Biaya Bila Beli Ketengan dan Bila Menggunakan Eurail Pass (Photo by : bethsaunders)

Tabel Perbandingan Biaya Bila Beli Ketengan dan Bila Menggunakan Eurail Pass (Photo by : bethsaunders)

Untuk menghitung biaya perjalanan bila menggunakan kereta bisa dicek harga-harganya di website Rail Europe . Bila lebih suka naik bis bisa dicek di website Go Euro . Kalau ingin tahu harga untuk semua moda transportasi bisa dicek di website Rome2rio. Nah, beberapa website tersebut diatas bisa dijadikan patokan perhitungan harga-harga bila tidak menggunakan pass. Kedua, perhitungkan pula biaya reservasinya. Ada beberapa jenis kereta seperti kereta berkecepatan tinggi (TGV, Thallys), kereta malam, kereta panorama dan hampir semua kereta di Perancis (kecuali yang regional) memerlukan reservasi terlebih dahulu. Untuk mengetahui jenis kereta mana saja yang memerlukan reservasi, kita bisa mengeceknya di Eurail Timetable. Dari tabel tersebut akan terlihat kereta-kereta mana yang memerlukan reservasi dan mana yang tidak seperti gambar dibawah ini.

reservationneededKereta yang pada kolom reservation (s) tertulis required berarti wajib dilakukan reservasi, tapi bila tertulis optional berarti boleh reservasi boleh tidak. Umumnya kereta-kereta jenis ini tidak selalu penuh jadi boleh tidak melakukan reservasi. Besarnya biaya reservasi sangat bervariasi tergantung jenis kereta dan negara tujuannya. Biaya reservasi untuk kereta domestik bisa di cek disini, untuk kereta internasional antar negara bisa dicek disini, dan untuk kereta malam bisa dicek disini. Biaya reservasi ini sebenarnya dapat dihindari dengan cara naik kereta yang tidak mengenakan biaya reservasi. Kita bisa memilihnya dengan mencentang kotak yang bertuliskan Avoid trains that require reservations (seperti gambar dibawah) di Eurail Timetable. Nanti mereka akan memilihkan alternatif jenis kereta lain yang tidak memerlukan reservasi. Tapi berdasarkan pengalaman, alternatif kereta tanpa reservasi biasanya memiliki waktu tempuh lebih lama dan perlu beberapa kali berganti jalur.

avoidtrainswithreservations

Faktor ketiga yang juga perlu perhatian adalah gaya traveling kita. Kalau kita suka berpindah-pindah kota setiap hari maka pembelian pass akan sangat efektif. Tapi kalau kita suka santai dan gemar berlama-lama disuatu tempat maka beli tiket per single trip (ketengan) akan lebih hemat. Nah, dengan mempertimbangkan ketiga faktor diatas, barulah kita bisa memutuskan apakah kita perlu membeli pass atau tidak.

Salah Satu Itinerary Dari Eurail

Salah Satu Itinerary Dari Eurail

Jadi faktor utama disini terletak pada itinerary kita. Itinerary yang baik akan membantu kita memutuskan perlu tidaknya membeli pass sekaligus membantu kita memilih jenis pass yang tepat. Bila malas atau tidak punya waktu menyusun itinerary, kita bisa mengikuti salah satu itin yang disusunkan oleh Eurail yang bisa diakses disini .

Saat Membeli

a. Memilih Pass Yang Tepat

Ada 4 jenis Eurail Pass yang ditawarkan kepada kita :

  1. Global Pass (mencakup 28 negara)
  2. Select Pass (mencakup 4 negara yang saling berbatasan, seperti Perancis, Italia, Spanyol dan Benelux).
  3. Regional Pass (mencakup 2 negara pilihan kita seperti Austria dan Swiss)
  4. One Country Pass (mencakup 1 negara pilihan kita)

4 pilihan tersebut diatas masih ditambah lagi dengan 2 pilihan : continuous atau flexible. Nah, bagaimana cara menentukan pass yang tepat?. Ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pass. Pertama, Jumlah negara yang akan dikunjungi. Bila itin kita mencakup lebih dari 4 negara, maka Global Pass adalah pilihan yang tepat. Tapi kalau kurang dari 3 maka Select Pass dan Regional Pass merupakan pilihan yang lebih baik. Faktor kedua, jangka waktu dan frekuensi bepergian. Tiap Eurail Pass memiliki masa berlaku yang berbeda mulai dari 5 hari sampai 3 bulan. Bila dari itinerary sudah terlihat bahwa kita akan naik kereta setiap hari maka pilih Eurail Pass Continous yang memungkinkan untuk naik kereta selama beberapa hari berturut turut. Tapi bila kita naik keretanya jarang-jarang (tidak setiap hari) maka pilih Eurail Pass Flexible dimana kita bisa memilih jumlah hari yang akan digunakan dalam periode tertentu, contohnya : Eurail Global Pass 15 hari dalam jangka waktu 2 bulan akan memungkinkan kita memilih 15 hari tertentu yang akan kita gunakan untuk traveling dalam kurun waktu 2 bulan.

Contoh Eurail Select Pass 3 Country

Contoh Eurail Select Pass 3 Country

Faktor ketiga, cermati apakah kita berhak untuk mendapat harga diskon. Eurail pass menawarkan diskon bagi :

  • Penumpang dibawah 26 tahun (makanya pergilah ke Eropa sebelum umur 26) yang bisa bepergian menggunakan Youth Pass dengan pilihan fasilitas kelas 2.
  • 2 orang dewasa atau lebih bisa membeli Saver Pass dengan diskon 15 persen lebih rendah. Tapi syaratnya mereka harus berpergian bersama-sama karena mereka hanya memiliki satu pass.
  • Gratis bagi anak dibawah usia 12 tahun (kecuali untuk reservasi tempat duduk).

Faktor terakhir yang harus dipertimbangkan adalah pilihan kelas. Sayangnya pilihan kelas ini hanya tersedia untuk Youth Pass dan Regional Pass. Untuk Global dan Select Pass hanya tersedia layanan kelas 1 saja bagi orang dewasa diatas usia 26 tahun.

b. Cara Membeli

Ada berbagai cara pembelian pass ini. Pertama, kita bisa membeli langsung lewat website resminya disini . Passnya bisa dikirim ke stasiun kereta, hotel atau hostel kita di Eropa. Bila ingin dikirim ke Indonesia biayanya berkisar antara 9 (untuk 4 hari ) dan 20 (3 hari kerja) Euro. Kedua, kita bisa membelinya di Eropa. Kalau di website resminya disebutkan bahwa hanya pass tertentu saja yang bisa dibeli di Eropa. Itupun mereka menyebutkan kalau harganya akan lebih mahal dibanding beli via online. Tapi ada seorang ibu yang anaknya pernah membeli Eurail Pass di Eropa malah mendapat harga yang lebih murah. Pengalaman ibu tersebut bisa dibaca disini . Ketiga, beli di perwakilan resmi Eurail Pass di Indonesia yang saat ini hanya berada di Jakarta dan Surabaya. Bila domisilinya jauh dari kedua kota tersebut bisa dibeli secara online di website resmi Eurail Indonesia yang bisa diakses disini . Karena saya berdomisili di Malang, maka saya memutuskan membeli langsung di kantor perwakilan Eurail di Surabaya yang beralamat di Golden City Mall, Lt. UG Blok A No. 05-06, Jl. Abdul Wahab Siamin 2-8 Surabaya, Telp. 031-5652372, Fax : 031-5652372. Peta menuju Golden City Mall dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

untitled

Kantornya sendiri sangat sederhana, sampai saya tidak yakin kalau ini memang perwakilan resminya. Apalagi saat saya kesana mereka baru pindahan, jadi setelah belipun saya masih bertanya untuk meyakinkan diri “bener ya mas, ini kantornya?” πŸ™‚ . Harga yang dibeli disini sama dengan harga yang tercantum di websitenya. Untuk reservasi bisa juga diurus disini dengan mengenakan booking fee dan reservation fee. Jadi bila ingin murah, reservasi saja di salah satu stasiun kereta di Eropa karena disana mereka hanya mengenakan reservasi fee tanpa booking fee yang menurut saya besarnya lumayan juga (5 Euro perreservasi per tiket).

Kantor Eurail Pass di Surabaya (Photo by : Andreas Prayoga)

Kantor Eurail Pass di Surabaya (Photo by : Andreas Prayoga)

Cara pembayaran bisa menggunakan rupiah (dengan besarnya kurs sama dengan kurs bank notes BCA), USD atau Euro. Jadi kalau sudah punya Euro lebih baik dibayar dengan Euro saja, jadi tidak ada selisih kurs. Untuk pembayaran ini mohon dikonfirmasikan kembali karena kabar terakhir mereka hanya mau menerima pembayaran dalam bentuk rupiah saja.

Setelah Membeli

Sebelum meninggalkan tempat jangan lupa dicek kembali kelengkapannya. Selain pass kita juga mendapat tas dan buku panduan penggunaan. Nah sebelum menggunakannya ada 3 hal yang harus kita lakukan :

Pertama, mengaktifkan Eurail Pass. Sebelum digunakan Eurail Pass harus diaktifkan terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya mudah saja, kita tinggal mendatangi Ticket Office di stasiun negara mana saja yang berpartisipasi dalam program Eurail dan meminta petugas mengaktifkan pass kita. Petugas akan mengisi nomor paspor serta tanggal awal dan akhir penggunaan pass. Selanjutnya dia akan menstempel pass kita sebagai bukti pengesahan. Ingat pass ini hanya bisa diaktifkan dalam kurun waktu 6 bulan setelah tanggal penerbitan. Sebagai contoh bila passnya dibeli atau diterbitkan bulan September maka masa akhir pengaktifan adalah bulan Maret. Selewat Maret, pass dianggap hangus dan tidak dapat diaktifkan. Untuk merefund pass yang tidak digunakan atau diaktifkan ikuti petunjuk disini .

eurail-flexi-sample

Contoh Eurail Pass Yang Telah Diaktifkan

Kedua, jangan lupa menulis Travel Report yang berada dalam pass sebelum naik kereta api, bis atau boat. Pertama kali menggunakan pass ini saya tidak begitu memperhatikan pencatatannya. Saya pikir terlalu ribet dan terkadang karena tergesa-gesa naik saya lupa data-datanya. Tapi ternyata Travel Report ini memang wajib diisi karena kondektur akan memeriksa, malah ada beberapa yang ditempeli stiker sebagai penanda. Saya juga sempat ditegur karena tidak menulis secara lengkap travel report-nya.

Cara Penulisan Travel Report

Cara Penulisan Travel Report

Ketiga, pelajari dan manfaatkan benefit-nya. Tiap Eurail Pass memiliki beberapa benefit atau keuntungan berupa diskon atau penawaran khusus yang berbeda di tiap negara. Jadi sebelum masuk ke suatu negara, pelajari lebih dahulu benefitnya supaya kita bisa memanfaatkannya secara maksimal. Beberapa benefitnya sangat lumayan seperti bisa masuk secara gratis di SBB Lounge Zurich HB Train Station atau gratis naik cruise di danau Brienz dan Thun. Benefit di tiap negara bisa dicek disini .

SBB Lounge di Zurich HB Train Station

SBB Lounge di Zurich HB Train Station

Keempat, jagalah baik-baik pass yang telah dibeli. Salah satu kelemahan Eurail Pass adalah sifatnya yangΒ  non-replaceable. Jadi kalau hilang atau dicuri yah bye bye deh padahal harganya sangat mahal. Sebagai contoh harga untuk Global Pass Continuous 15 hari setara dengan 7 sampai 8 juta rupiah . Tapi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindunginya antara lain dengan menggunakan Pass Loss & Theft Coverage. Dengan membayar biaya tambahan 14 Euro, Eurail akan mengganti pass yang hilang atau dicuri. Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah memecah pass yang kita beli. Sebagai contoh semisal kita pergi ke Eropa berempat, maka kita bisa memecah pembelian pass menjadi 2. Bila berenam, maka kita bisa memecahnya menjadi 3.

Nah, sekian dulu pelajaran tentang Eurail Pass. Semoga bermanfaat dan Happy Traveling.

Advertisements
 
 

Tags: , , ,

72 responses to “Panduan Penggunaan Eurail Pass

  1. Singgih

    September 14, 2015 at 10:36 am

    Ayo Mba…ditunggu cerita selanjutnya. Sy senang sekali nemu blog ini. Sangat informatif. Yg Jepang kita udh nyontek abis perjalanan Mba Vicky. Skrg giliran yg Eropa juga. Aminnn….sklian mw nanya Mba, kalau kita cm mau ke Prancis, Swiss, Jerman n Belanda apakah bisa dicover dengan Eurail Select Pass? Thx πŸ™‚

     
    • Vicky Kurniawan

      September 14, 2015 at 6:45 pm

      He he terima kasih karena sudah mampir ya mas Singgih. Eurail Select Pass bisa mengcover Perancis, Swiss, Jerman dan Belanda (masuk dalam Benelux). Harganya bisa dilihat disini http://www.eurail.com/eurail-passes/select-pass

       
  2. Nurul

    September 14, 2015 at 1:30 pm

    Wah Mbak Vicky , pakai Eurorail Pass ternyata beribet ( pake banget ) he he he ….

     
    • Vicky Kurniawan

      September 14, 2015 at 6:45 pm

      He he nggawene sih gak ribet mbak, tukune iku sing ribet mikire..soale larang..ha ha ha

       
      • Nurul

        September 15, 2015 at 10:50 am

        betul betul betul … ke Eropa gitu loh Mbak Vicky , mana ada yang murah he3 …

         
  3. Singgih

    September 14, 2015 at 2:47 pm

    Mba…ditunggu lanjutannya ya. Yg Jepang udh kita contek abis dan kt bnr2 terbantu berkat blog Mba Vicky. Mdh2an yg Eropa jg bisa kesampaian. Aminn….kl utk bahasa gmn Mba? Kendala banget g ya?

     
    • Vicky Kurniawan

      September 14, 2015 at 6:47 pm

      Kalau kendala yang terlalu berat sih nggak mas Singgih. Cuman kadang agak bingung juga karena kita tanya pakai bahasa Inggris tapi dijawabnya pakai bahasa Perancis, Jerman atau Belanda. Jadi biasanya saya amati aja gerak tubuh sama mimiknya. Ajaibnya saya kok ngerti ya..ha ha ha

       
  4. ceritariyanti

    September 15, 2015 at 7:31 am

    Wah… terimakasih banget sharenya… berguna banget buat suatu hari nanti.

     
    • Vicky Kurniawan

      September 16, 2015 at 4:51 am

      Terima Kasih sudah mampir ya mbak Yanti…

       
  5. Tony

    September 17, 2015 at 8:26 am

    Eurail memang convenient tapi mahalnya itu lho
    Belum lagi kalau harus pakai reservasi dengan tambahan biaya (karena ada beberapa reservasi yang gratis – first come first served basis) πŸ™‚
    Untuk yang waktu liburannya mepet & jadwalnya padat memang tidak ada pilihan lain selain kereta karena dari Indonesia kita sudah bisa merancang itinerary detail kereta apa saja & jam berapa yang akan kita pakai, perlu reservasi atau tidak, ganti kereta di stasiun mana saja, benefit tambahan (free) apa saja yang bisa kita gunakan.
    Kalau waktunya banyak dan biaya yang jauh lebih murah memang cocok pakai bis (cth: Eurolines), pesawat juga bisa dipakai kalau jaraknya cukup jauh (misalkan dari Italy ke Norway), walaupun untuk penerbangan murah sepert Ryanair, airportnya ada di luar kota dan butuh waktu untuk mencapainya.

    Oya, mbak. Semoga tidak lupa pada saat mau pulang dari yurop (entah di airport atau di stasiun kereta terakhir) untuk mengirim balik tiket Eurail yang sudah terpakai ke alamat Eurail yang tertera di amplopnya, free lho, tinggal dilem & berikan ke salah satu kantor pos di yurop πŸ™‚
    Bulan depannya (tergantung layanan pos snail mail dari sana) biasanya ada souvenir cantik yang dikirim langsung dari Eurail ke alamat rumah di Indonesia, biasanya flash disk kereta api atau mouse pad atau souvenir Eurail lainnya πŸ˜€

    Regards πŸ™‚

     
    • Vicky Kurniawan

      September 17, 2015 at 9:50 pm

      Wuah, saya juga baca tentang hal itu. Karena saya pikir souvenirnya pasti ecek-ecek jadi nggak saya kirim, pikirnya sih untuk kenang-kenangan. Eh sekarang saat mau nulis malah hilang (salah siapa lama banget nulisnya)

       
  6. Irein

    October 15, 2015 at 12:15 pm

    Mba Vicky, kl utk antar kota dalam 1 negara apakah cukup dengan Eurail Pass atau kita harus beli tiket tersendiri. Ex: Munich-Frankfurt di Jerman or Lucerne-Zurich di Swiss. Thx in advance dan ditungguuuuuu lanjutan Eropanya :))

     
    • Vicky Kurniawan

      October 17, 2015 at 4:04 am

      Munich – Frankfurt atau Lucerne – Zurich bisa pakai Eurail Pass mbak Irein.

       
  7. Rianti

    October 17, 2015 at 10:08 am

    mantap infonya Mbak Vicky , gak sengaja googling ini info contekan yg saya perlukan

    eurail kalau di sby bisa dibeli dimana ya ?

     
    • Vicky Kurniawan

      October 17, 2015 at 1:51 pm

      kantor perwakilan Eurail di Surabaya yang beralamat di Golden City Mall, Lt. UG Blok A No. 05-06, Jl. Abdul Wahab Siamin 2-8 Surabaya, Telp. 031-5652372, Fax : 031-5652372. Petanya sudah ada di blog mbak Rianti

       
      • Rianti

        October 18, 2015 at 11:22 am

        terima kasih banyak mbak πŸ˜€

         
  8. Huminca S (@ichaview)

    November 22, 2015 at 11:01 pm

    Thank you so much for the info. It is really helpful πŸ™‚

     
  9. tiara

    January 23, 2016 at 4:03 pm

    MB maksutnya Sebagai contoh semisal kita pergi ke Eropa berempat, maka kita bisa memecah pembelian pass menjadi 2. Bila berenam, maka kita bisa memecahnya menjadi 3. ?
    apa yang dipecah, 1 orang 1 Eurail pass kan ?

     
    • Vicky Kurniawan

      January 23, 2016 at 6:14 pm

      Halo mbak Tiara, yang dipecah 1 Eurail Pass untuk 2 orang. Pembelian Eurail Pass lebih dari 1 berhak mendapat diskon 15 persen apabila perginya selalu bersama-sama.

       
      • Ardhio Dafa Daniswara

        July 3, 2017 at 9:08 pm

        Kak mau bertanya
        1.maksud pass nya dipecah tu bagaimana ya?
        2.untuk mengirim kartunya berapa lama ya?
        3.jika kita telah membeli eurail pass, apakah kita tetap harus membeli tiket dan reservasi lagi?
        4.apakah jika kita menggunakan eurail pass kita dapat keliling kota dengan kereta secara geratis? (Perancis, amsterdam, swiss)

        Terima kasih kak πŸ™‚ mohon dijawab secepatnya ya kak…

         
      • Vicky Kurniawan

        July 11, 2017 at 6:21 pm

        Halo mas Dafa

        1. Maksudnya kalau perginya berbanyak mending beli passnya ber 2 atau bertiga. Jangan beli satu untuk banyak supaya kalau hilang tidak rugi semuanya.
        2. Kalau kita beli langsung di agennya, pass langsung diberikan setelah selesai transaksi.
        3. Untuk beberapa jenis kereta kita harus reservasi lagi.
        4. Kalau kereta antar kota bisa naik gratis tapi kalau kereta dalam kota seperti trem atau subway mesti bayar lagi

         
  10. Irien

    January 27, 2016 at 5:02 pm

    Mba..tanya lagi. Untuk reservasi apakah bisa dilakukan dari stasiun lain? Mislnya: sy mau naik kereta malam tujuan amsterdam dr munich. Apakah sy bisa reservasi krt itu dr stasiun salzburg? Thx 😊

     
    • Vicky Kurniawan

      January 28, 2016 at 8:04 pm

      Nah itu mbak sayangnya nggak bisa. Kalau Amsterdam – Munich reservasinya harus dari Amsterdam. Waktu itu karena ogah harus reservasi terus akhirnya waktu di Amsterdam Centraal saya sodorkan semua jadwal reservasi kereta sepanjang perjalanan saya tapi sama petugasnya ditolak. Mungkin ini karena tiap negara akan dioperasikan oleh perusahaan yang berbeda walaupun passnya sama.

       
  11. The Mardensyah Kingdom

    March 7, 2016 at 10:23 am

    Halo mba, utk reservasi tiap rutenya bisakah kita reservasi dr indo? Ribet sepertinya ya mba utk mslh reservasi, aku jd bingung. Hehee.,oiya kalo hanya 10 hari disana apakah worth it memakai eurorail? Atau beli ketengan saja? Maaf ya mba banyak nanya. Hehee. Terimakasih banyak

     
    • Vicky Kurniawan

      March 7, 2016 at 7:38 pm

      Reservasinya bisa dilakukan di Indonesia mbak.

       
  12. tiara

    March 8, 2016 at 10:09 am

    mb masih bingung dgn memecah pass ? Sebagai contoh semisal kita pergi ke Eropa berempat, maka kita bisa memecah pembelian pass menjadi 2. Bila berenam, maka kita bisa memecahnya menjadi 3.. misal harga Eurpo pass 1 orang harga nya 8 juta, nah kalau 2 orang 16 juta ya ? atau 8 juta bisa dipake berdua ? makasi ya

     
    • Vicky Kurniawan

      March 8, 2016 at 11:31 am

      Tetap harganya 8 juta perorang mbak Tiara, dipecah itu hanya untuk keamanan saja supaya kalau hilang tidak hilang semuanya. Tapi harganya tetap sama dihitung perorang.

       
  13. tiara

    March 16, 2016 at 12:14 pm

    jadi artinya yang dipecah itu euraillpassnya ya ? dipecah alias dirobek? satu saya pegang, robekan satu lg disimpen sm temen seperjalannan ? gitu mb ?

     
  14. Dewi

    March 20, 2016 at 6:27 am

    Mba Vicky.. Terima kasih atas info nya yg detail yang sangat bermanfaat untuk orang2 yg senang travel.. God bless you atas kebaikannya.. Bila saya mau jalan apkh boleh tanya2..

     
    • Vicky Kurniawan

      March 20, 2016 at 8:48 am

      Terima kasih sudah mampir kesini ya mbak. Mbak dewi bisa inbox saya di fb,dikirim di email, atau nulis aja disini

       
  15. Jamil

    April 7, 2016 at 7:11 pm

    terima kasih ulasannya Mba Vicky..nyari-nyari mengenai ini nemu nya disini..lagi nabung buat jalan-jalan ke Eropa hehe..bravo Mba Vicky..:)

     
    • Vicky Kurniawan

      April 7, 2016 at 10:17 pm

      Insyallah pasti kesampaian mas Jamil πŸ™‚ . Ayo semangat…

       
  16. Stratia

    April 11, 2016 at 11:42 pm

    alamat eurail jakarta dimana ya …

     
    • Vicky Kurniawan

      April 12, 2016 at 7:35 pm

      Alamatnya ada 3 seperti ditunjukkan di bagian bawah website ini http://eurobytrain.com/

       
  17. betari

    May 8, 2016 at 8:11 am

    halo mba vicky, saya mau tanya waktu mba beli eurail global pass memilih validity yang berapa hari ya? karena ada pilihan 15 atau 22 days continous atau 1 month continous. bedanya dengan pilihan 5 days within 1 month apa ya? makasih πŸ™‚

     
    • Vicky Kurniawan

      May 9, 2016 at 1:07 pm

      Halo mbak Betari, waktu itu saya beli yang 15 days Continous karena menurut itinerary saya akan naik kereta terus setiap hari

       
  18. Johan

    August 7, 2016 at 12:42 pm

    Cita cita semoga bisa jalan ke erop

     
    • Vicky Kurniawan

      August 8, 2016 at 9:56 pm

      Amin..pasti akan terkabul mas Johan

       
  19. Nikita

    August 25, 2016 at 10:07 pm

    Mba, mau tanya, kalau beli eurail itu bisa dipake kereta antar kota, misal dari roma ke florence, florence ke pisa, milan ke venice??

     
    • Vicky Kurniawan

      August 30, 2016 at 9:43 pm

      Eurail memang kebanyakan digunakan untuk kereta antar kota mbak Nikita.

       
      • Nikita

        September 1, 2016 at 3:03 pm

        makasi mba infonya hehe… webnya bermanfaat sekaliiiii…. salam kenal….

         
      • Vicky Kurniawan

        September 1, 2016 at 10:19 pm

        Salam kenal juga mbak Nikita. Terima kasih sudah mampir kesini ya.

         
  20. Agus Syahdan

    September 8, 2016 at 3:39 pm

    keren bgt webnya inspired. rencana nov 2016 mau keliling eropa udaah dpt eurorail 15 day continues, boleh minta emailnya mbak?

     
    • Vicky Kurniawan

      September 8, 2016 at 7:22 pm

      Oktavi23@yahoo.com. Terima kasih sudah mampir kesini ya mas

       
  21. erni

    October 24, 2016 at 1:02 pm

    salam kenal mbak,… mau Tanya apakah ada perbandingan dengan menggunakan/sewa mobil disana ? mohon masukan nya ya mbak. thanks

     
    • Vicky Kurniawan

      October 28, 2016 at 4:14 pm

      Halo mbak Erni, banyak pertimbangan yang harus diperhitungkan dalam memilih naik kereta atau sewa mobil. Beberapa hal antara lain : jumlah peserta yang akan ikut jalan-jalan, destinasi yang akan dituju dsb. Mungkin artikel ini bisa membantu mbak Erni memutuskan untuk naik kereta atau sewa mobil saja https://www.ricksteves.com/travel-tips/transportation/car-or-train

       
  22. winnymarlina

    November 8, 2016 at 11:08 am

    kak sebulan perlu gk membeli Eurail Pass rencanaya sih lebih dari 4 negara atau buss pass? itu train nya antra negara aja atau bisa antar wilayah dalam satu negara kak?

     
    • Vicky Kurniawan

      November 9, 2016 at 2:06 am

      Kalau durasinya panjang mending naik bis aja Winny karena lebih murah. Coba cek beberapa website bis seperti megabus atau eurolines. Semoga website ini bisa membantu http://budgettraveller.org/the-cheapest-way-to-travel-across-europe/ . Keretanya bisa antar wilayah dalam satu negara.

       
      • winnymarlina

        November 9, 2016 at 2:14 pm

        mega bus udah gk ada yang dapt 1 euro ya kak tp durasi 1 bulan sih kak

         
  23. Nisa

    December 5, 2016 at 7:49 pm

    Halo mbak, mau tanya nih dalam 1 hari itu bebas kan mau naik keretanya berapa kali?

     
    • Vicky Kurniawan

      December 5, 2016 at 10:39 pm

      Bebas mbak, asal masih masuk dalam jaringan Eurail Pass

       
  24. Panca

    January 30, 2017 at 10:04 am

    Mba vicky mau nanya mengenai koneksi internet?
    Waktu travel ke europe memakai koneksi internet apa ya ? bisa diceritakan?
    atau membeli sim card apa disana ? yang terjangkau harganya?
    terimakasih.

     
    • Vicky Kurniawan

      February 5, 2017 at 2:09 pm

      Waktu itu saya tidak membeli sim card mas Panca. Saya hanya menggandalkan wifi gratis yang ada di hostel saja. Untuk peta saya pakai aplikasi offline jadi tidak perlu pakai jaringan internet

       
  25. dewi

    February 20, 2017 at 10:09 am

    Mba vicky, kalo kita beli global pass, bgmn cara reservasi keretanya? apakah seperti japan rail pass?

     
  26. Raden Aldi

    February 23, 2017 at 3:07 am

    Halo Mba Vicky.
    Terima kasih atas artikelnya yang sangat membantu dan menarik. Namun, tetap saja perasaan khawatir atau ragu masih saja ada bila ingin membeli Eurail Pass (karena harganya cukup mahal, hehehe).

    Pertanyaan saya,
    maksud dari Global Pass 15 continues days yang Mbak Vicky gunakan itu, apakah benar seperti di bawah ini ya :
    1. Dapat digunakan diseluruh Negara yang dicover oleh Global Pass ?
    2. Dapat digunakan berturut-turut selama 15 hari mulai dari waktu digunakan, sebebas-bebasnya baik antar Kota atau Negara (selama ada dalam daftar Time Table Eurail) ?
    3. Hanya membayar biaya tambahan untuk kereta yang khusus memerlukan reservasi ?

    8 days in 1 month Global Eurail Pass, berarti maksudnya adalah : dalam jangka waktu 1 bulan, hanya boleh digunakan 8 hari travel day saja ?

    Benar begitu, Mbak ?

     
    • Vicky Kurniawan

      February 23, 2017 at 8:20 pm

      Bener banget itu mas Aldi. Udah pinter gitu loh, ayo berangkat. Jangan terlalu banyak mikir πŸ™‚ .

       
  27. Agus Priady

    March 4, 2017 at 9:25 pm

    Hallo Mbak Vicky,
    Kalo kita sudah membeli Global Eurail Pass, yg bisa di gunakan antar negara dan dalam kota, perlu nggak kita beli lagi day pass di kota yg kita tuju? Mohon pencerahannya Mbak ..,

     
    • Vicky Kurniawan

      March 9, 2017 at 7:00 am

      Ada beberapa kota seperti Amsterdam yang metro atau tram dalam kotanya tidak tercover dalam Eurail Pass. Jadi yah kita mesti beli lagi day pass di masing masing kota itu.

       
      • Agus Priady

        March 9, 2017 at 7:26 am

        Thanks Mbak Infonya, jd global euro pass ini hanya bisa di gunakan utk antar negara ya, dan di kotanya kita beli day pass nya,
        Mbak, saya mau ke eropa dgn tujuan 5 negara selama 15 hari : belanda, brussel, german, austria dan swiss msg2 3 hari, apakah saya beli euro pass yg 15 hari atau euro pass yg mana yg mbak saranin, mohon infonya Mbak πŸ™, thanks

         
      • Vicky Kurniawan

        March 16, 2017 at 11:08 am

        Kalau dalam waktu 15 hari banyak pindah pindah kota saya sarankan beli eurail global pass yang continous 15 hari aja.

         
      • Agus Priady

        March 16, 2017 at 6:02 pm

        Dear Mbak Vicky, terima kasih info dan sharingnya …πŸ™

         
  28. cut julia

    March 19, 2017 at 7:14 pm

    thanks mbk vicky infonya… saya insya allah dec 2017 ber 5 tour eropah tanpa travel tour dengan trips plan : Paris >> Brussel>>Amsterdam>>>Zurich>>>Rome>>Venice>>Milan>>>Paris : 15hari .

    apa bisa beli Eurail Global pass atau Selected pass? Zurich ke Rome rencana by Flight.
    selebihnya by Train.

    terus transportasi dalam kota masing2 negara apa pakai Pass ini juga? atau beli terpisah untuk bis atau train?

    thanks atas replynya
    cut julia

     
    • Vicky Kurniawan

      March 25, 2017 at 9:50 am

      Kalau banyak negara dan sering pindah pindah kota gitu mending beli yang global pass mbak. Transportasi dalam kota kebanyakan tidak tercover dalam pass jadi harus beli sendiri lagi.

       
    • Vicky Kurniawan

      May 15, 2017 at 4:04 pm

      Perlu tidaknya membeli pass sangat tergantung itinerary kita. Sebelumnya cobalah menyusun itin kasar dulu kira-kira kota-kota mana yang akan kita kunjungi. Setelah itu diperhalus lagi dengan menetapkan destinasi atau atraksinya. Selanjutnya buatlah tabel perhitungan sederhana yang berisi perbandingan bila menggunakan Eurail Pass, dan bila beli ketengan (per single trip). Nah dari tabel itu akan terlihat mana yang lebih murah.

       
  29. budi

    March 28, 2017 at 11:22 pm

    Dear Mbak Vicky
    Saya rencana traveling london-eropa tgl 17 juni sd 2 Juli 2017 dng itinerary sbb
    London (3 malam)–>paris (2 malam)->swiss (ke bbrp kota total 3 malam)–>italy(milan,venezia,rome total 4 malam)–> amsterdam (2 malam) –>balik ke london (krn tiket terlanjur beli jkt-london pp, london-jkt night filght).
    Sebaiknya saya beli eurail pass atau tidak?
    jenis eurail pass apa yg bisa cover semua?
    terimakasih banyak atas informasinya

    Regards
    Budi

     
  30. Linda

    May 13, 2017 at 8:42 am

    Mbak Vicky,
    Kalau beli eurail pass, saya bisa naik semua kereta yang bekerja sama dengan eurail termasuk kereta regionalnya?

     
    • Vicky Kurniawan

      May 15, 2017 at 4:25 pm

      Bisa mbak Linda. Asal bukan kayak trem dalam kota gitu ya. Kalau yang itu kita mesti beli tiket lagi.

       
  31. Nonik

    May 24, 2017 at 5:07 pm

    Saya baru iseng2 baca soal europass ini, terima kasih banyak krn penjelasannya lumayan kasi pencerahan. Tp saat saya iseng ke webnya langsung, dan masukkan kota asal dan tujuan, kebetulan ada transfer time nya, berarti butuh pindah kereta gitu ya? Cara liatnya gimana? Apakah ada cara mudah lihat nomer kereta, tujuan atau infornasi lainnya waktu di stasiun nya? Terima kasih

     
  32. linda

    June 8, 2017 at 10:54 pm

    Mbak Vicky,
    Jika saya mengaktifkan eurail pass di stasiun kereta di Eropa pada tanggal 13 Juni, apakah tanggal 13 Juni langsung dihitung sebagai awal penggunaan eurail pass atau saya boleh minta petugas untuk mengisi tanggal awal penggunaan eurail pass dengan tanggal 14 karena saya baru akan memulai perjalanan pada keesokan harinya?

     
    • Vicky Kurniawan

      June 10, 2017 at 5:43 am

      Tanggal 13 juni sudah langsung terhitung aktif mbak Linda. Kalau ragu, besok pas mengaktifkan coba ditanyakan sama petugasnya apakah bisa dibikin seperti itu.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: