RSS

8 Hari Keliling Singapura Dan Kuala Lumpur

22 May

Oleh : Vicky Kurniawan

Perjalanan saya kali ini terasa istimewa karena saya tidak pergi berdua seperti biasanya tapi berombongan. Kami berlima, saya, suami, kedua putri kami (usia 7 tahun) dan ibu tercinta (usia 56 tahun). Ini pertama kalinya saya harus membuat rencana perjalanan untuk keluarga dengan usia dan kegemaran yang berbeda. Tentu saja ini menjadi suatu tantangan karena saya harus memilih atraksi yang menarik hati mereka semua sekaligus tidak terlalu melelahkan (lelah artinya bad mood dan buntutnya pasti rewel). Untunglah kedua negara yang saya pilih (terutama Singapura) memiliki banyak atraksi untuk keluarga. Selain itu penunjuk jalan yang jelas membuat perjalanan berlangsung mulus dan tidak ada acara nyasar segala.

Untuk menghemat biaya seperti biasa saya sisipkan beberapa rute walking tour singkat, tapi dalam prakteknya ternyata walking tour tidak mungkin dilakukan karena terlalu melelahkan untuk mereka. Sebagai gantinya, saya memutuskan untuk ikut Hop and Off bus yang sangat direkomendasikan oleh Trip Advisor. Lumayanlah menambah pengetahuan saya tentang Tur Hop and Off.

Secara keseluruhan panduan yang saya tulis kali ini cocok untuk keluarga dan independent traveler yang pertamakali berangkat ke luar negeri atau pertamakali pergi ke Singapura dan Kuala Lumpur. Perjalanan ini saya tempuh selama 8 hari dari tanggal 11 s/d 18 Mei 2011. Seperti biasa akan saya cantumkan rincian biaya perhari sebagai bahan perbandingan bagi teman-teman. Biaya selama 8 hari perjalanan untuk satu orang dewasa adalah sekitar Rp. 3,5 juta rupiah dengan kurs 1 RM = Rp. 3.000 dan 1 S$ = Rp. 7.100. sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi, akomodasi, makan dan tiket atraksi. Tiket pesawat saya dapat dari Air Asia 8 bulan sebelum bulan keberangkatan dan hotel saya pesan via Agoda dan Accor Grup 2 bulan sebelumnya. Panduan ini akan saya tulis menjadi 8 bagian sesuai hari-hari istimewa yang telah saya lalui.

Semoga bermanfaat dan Happy Traveling…..

Advertisements
 
18 Comments

Posted by on May 22, 2011 in Kuala Lumpur, Singapura

 

Tags: , , ,

18 responses to “8 Hari Keliling Singapura Dan Kuala Lumpur

  1. Risma

    November 14, 2011 at 2:48 pm

    thanks for the review…I wanna go to singapore and KL next time insyaAllah.
    http://kafebuku.com/rp500-ribu-keliling-singapura/

     
    • aremaronny

      November 14, 2011 at 6:38 pm

      terima kasih juga mbak Risma atas apresiasinya..Blog mbak belum aktif?

       
  2. bryan007

    December 29, 2011 at 8:44 am

    Halo Mbak,,terimaksh banyk buat info2nya yang super2 lengkap,,sangat2 membantu 🙂

     
    • aremaronny

      December 29, 2011 at 10:52 am

      Terima kasih Bryan…:)

       
  3. Niken

    March 4, 2012 at 12:43 am

    Hai Mbak Vicky,

    I enjoy reading your blog, sangat informatif *thumbs up*
    Insya Allah akhir Juni family trip ke KL, krn Ibu saya sdh tidak kuat jalan kaki jauh, Tour Hop and Off Bus sounds a great idea.
    thanks Mbak

     
    • aremaronny

      March 5, 2012 at 9:28 am

      Terima Kasih Niken.

       
  4. Lia Nurmalasari

    October 31, 2012 at 2:45 pm

    wah2.. harus disimak nih. insya allah april besok saya ke singapura dengan suami, anak dan 2 adik saya. sangat membantu sharingnya mba. salam kenal ya 🙂

     
    • Vicky Kurniawan

      November 1, 2012 at 7:23 am

      Salam kenal juga mbak Lia..

       
  5. Andri Dundit

    February 1, 2013 at 10:31 am

    Mba..tny dong: juni nanti saya akan bepergian ke spore dengan membawa 2 ponakan (umur 8 dan 12 th). Krn ini kali pertama bawa krucil (biasanya single’an perginya), pas di cek point imigrasi, apakah ponakan2 saya bisa sendiri atau saya harus dampingi mereka, pas pemeriksaan paspor?? jadi kita b’3 atau b’2 bisa langsung maju bareng2 ke meja petugas cek point??
    terus utk kartu kedatangan: yg usia 8 th apakah hrs jg tandatangan?? (blm bisa ttd) dan yg utk 12 th apakah jg hrs ttd sendiri atau bisa diwakilkan saya??
    ataukah hrs ada dokumen2 pernyataan dr ortu mereka bahwa mereka bepergian dgn tanteny??
    terima kasih 😉

     
    • aremaronny

      February 1, 2013 at 8:52 pm

      Halo mbak Andri, pas cek point imigrasi bisa langsung maju berbarengan. Jadi paspornya ditumpuk terus pas petugasnya memanggil nama tunjukkan saja anaknya. Untuk kartu kedatangan bisa diwakilkan dan ditanda tangani mbak Andri. Seingat saya dokumen pernyataan dari orang tua tidak diperlukan, tapi sebaiknya buat saja untuk jaga-jaga.

       
      • Andri Dundit

        February 4, 2013 at 12:04 pm

        terima kasih mba utk masukannya 😉

         
      • aremaronny

        February 4, 2013 at 10:35 pm

        Sama-sama Mbak Andri..

         
  6. Tika

    December 6, 2013 at 3:21 pm

    Mba, blog nya super duper lengkap & inspiring….mba, Januari nanti sy mau ke KL, rencananya lanjut ke SIN, sementara pesawat landing jam 20.45 di LCCT, menurut mba, masih memungkinkan enggak ya untuk ngejar KTM ke SIN yg jam 2230, & dari LCCT ke KL Sentral sebaiknya pake kendaraan apa ya? mohn infonya mba, thanks a bunch 🙂

     
    • aremaronny

      December 9, 2013 at 3:47 pm

      Halo mbak Tika, kalau pesawatnya landing jam 20.40 sepertinya tidak akan terkejar kereta malam ke Singapura. Setelah pesawat mendarat, mbak harus mempertimbangkan waktu untuk imigrasi dan ambil bagasi. Katakanlah untuk kedua hal tersebet memakan waktu 1 jam. Perjalanan LCCT ke KL Sentral memakan waktu kurang lebih 2 jam kalau naik bis biasa sedangkan kalau naik taksi kurang lebih 1 jam. Daripada tergesa-gesa dan sport jantung saya sarankan lebih baik jangan pergi dengan kereta ke SIN malam itu.

       
  7. rizka

    January 23, 2014 at 2:58 am

    halo permisi kak.. rencananya saya dan teman2 saya akan berlibur ke singapore April nanti dan sudah membeli tiket. kami baru berumur 16tahun (2bulan lagi saya dan teman saya 17 sebenernya..) jadi kami termasuk YPTA atau engga ya? kira-kira kita akan dibolehin ga sama orang imigrasinya? saya sudah beli tiket soalnya :”( mohon bantuannya..

     
    • aremaronny

      January 23, 2014 at 4:05 pm

      Tiap maskapai memiliki persyaratan yang berbeda soal umur yang dikategorikan dalam YPTA. Tapi pada dasarnya adalah kategori umur 12 sampai 16 tahun. Umur 17 – 18 tahun sudah diperlakukan sama seperti orang dewasa walaupun tetap tidak boleh berpergian dengan anak dibawah usia 12 tahun. Asal punya paspor, tujuan jelas, tinggal di mana jelas, nomor kontak orang tua jelas, tiket pulang sudah ada, uang cukup, saya rasa tidak akan ada masalah.

       
  8. vina

    April 1, 2014 at 4:26 pm

    mb Vicky, tempat untuk mencari taxi di Chagi di bagian mana ya? kr pesawat kami (rombongan 7 orang) berangkat tgl 3 April dari Jkt, tiba jam 10.30 malam, sedangkan MRT sdh tdk beroperasi. tujuan kami ke beach 95 hotel di bugis area. trims ya mba…

     
    • aremaronny

      April 3, 2014 at 6:29 am

      Taxi tersedia di taxi stands di Arrival levels tiap terminal mbak Vina. Perkiraan biaya perjalanan ke kota antara $18.00 dan $38.00 dengan waktu kurang lebih 30 menit. Ada airport surcharge-nya, kalau malam sekitar $5.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: