RSS

Hari ke-4 (Phi – Phi Island)

21 Mar

Oleh  : Vicky Kurniawan

Tanggal                       : 13 November 2010

Tempat Wisata            : Monkey Beach, Phi-Phi Don, Phi-Phi Leh Island, Maya Bay, Loh Samah Bay, Pileh Cave and Viking Cave

Maya Bay

 

Hari ini akan saya habiskan untuk mengeskplorasi salah satu pulau paling terkenal di Thailand yaitu Phi-Phi Island. Pulau ini menjadi sangat popular ketika Leonardo Di Caprio menjadikannya sebagai salah satu tempat syuting film ‘The Beach’ (saya malah belum pernah menonton). Tapi di luar hal tersebut, saya mengunjungi pulau ini karena tertarik dengan keindahan pantai dan lautnya. Berdasarkan riset di internet, akhirnya saya putuskan untuk mengikuti salah satu Phi-Phi Day tour dari Phuket. Informasi mengenai day tour ke Phi-Phi Island antara lain dapat dilihat disini http://www.phuket-travel.com/destinations/phiphi.htm. Saya pilih yang paling murah yaitu menggunakan ferry. Harga resmi sekitar 1125 B, bila kita beli langsung (tidak On Line) harganya berkisar antara 800-1000 B tergantung kepandaian kita menawar.

Sesuai dengan jadwal, pagi-pagi sekali saya sudah dijemput di hotel dengan minivan dan dibawa langsung menuju Rassada Port. Sesampai disana saya diberi stiker yang harus ditempel di baju dan tidak boleh hilang. Jenis stikernya berwarna-warni tergantung tujuan kita. Ada yang hanya numpang sampai Phi-Phi, ada yang ikut day tour, ada yang numpang ke pulau lain. Kapalnya sendiri terdiri dari tiga tingkat. Mulanya kami dapat tingkat terbawah, terbayang bisa mabuk laut karena jarak tempat duduknya sempit, penumpang penuh dan ruangannya serba tertutup tanpa ada kesempatan melihat laut. Akhirnya, setelah aktif mencari kami dapat tempat duduk di tingkat kedua yang nyaman. Ada TV layar lebar dan disekelilingnya banyak terdapat jendela berkaca yang memungkinkan kita melihat pemandangan laut lepas

 

Kapal Sea Angel

 

Di dalam kapal ini juga disediakan snack dan minuman gratis. Bila tidak ingin duduk-duduk saja, kita dapat keluar dan berfoto-foto di dek. Di kapal ini saya bertemu dengan serombongan orang Indonesia (lagi-lagi asal Jakarta) yang juga berlibut tanpa ikut tur seperti saya.

 

Mbak-mbak penunggu snack gratis di kapal

 

Suasana di Dek

 

Setelah menurunkan penumpang di Phi-Phi Don, kapal melanjutkan perjalanan mengelilingi Phi-Phi Leh Island untuk melihat-lihat Maya Bay, Loh Samah Bay, Pileh Cave and Viking Cave. Di Monkey Beach kapal berhenti sebentar untuk memberi kesempatan kepada para penumpang untuk snorkeling dan memberi makan ikan. Snorkelingnya tidak terlalu lama kurang lebih hanya setengah jam (sama sekali tidak puas). Kalau mau yang lebih lama sebaiknya menyewa day tour yang lebih mahal dan menggunakan kapal yang kapasitas penumpang tidak banyak sehingga tidak uyel-uyelan saat snorkeling (penumpangnya lebih banyak dari ikannya).

 

Viking Cave

 

Setelah snorkeling sejenak, kapal melanjutkan perjalanan kembali ke Phi-Phi Don untuk makan siang dan jalan-jalan mengekplorasi pulau ini.

 

Phi-Phi Don Island

 

Makanan yang disajikan tidak terlalu istimewa, tapi lumayanlah untuk mengganjal perut setelah snorkeling. Sehabis makan siang, saya bersantai-santai sejenak di pantainya. Sayang, karena waktu yang terbatas saya tidak sempat mengeskporasi pulau ini dengan seksama.

 

Makan Siang Di Phi-Phi Don

 

Dalam perjalanan pulang, saya memutuskan untuk duduk di dek teratas. Ternyata hal tersebut adalah pilihan yang tepat (bila cuaca tidak hujan). Duduk di dek atas, disiram sinar matahari yang cerah dan dihembus angin sepoi-sepoi serta disuguhi pemandangan yang menawan, duh rasanya seperti di surga. Apalagi dengan perut kenyang dan mata mulai mengantuk, jadilah sepanjang perjalanan dijadikan tempat merenung sekaligus bersyukur akan keindahan alam yang diciptakan Tuhan. Setelah sampai di Rassada Port, mulailah kami diantar pulang ke hotel masing-masing.

 

Suasana Tempat Duduk Dek Atas

 

Sehabis mandi, saya memutuskan untuk mencuci baju kotor yang sudah menumpuk selama 4 hari. Akhirnya saya naik ke Social Area. Sambil menunggu baju selesai dicuci, saya bersurfing ria di dunia maya sambil makan mie rebus yang dibawa dari Indonesia (nyamannya tinggal di hotel yang juga hostel). Sehabis mencuci, mulailah saya menjelajah area sekitar hotel untuk makan malam dan tentu saja mencari oleh-oleh.

Di dekat hotel terdapat Pensri, Phuket Square dan Expo Market yand banyak menjual baju dan makanan. Paling tertarik melihat-lihat makanan yang dijual, kemasannya menarik dan isinya aneh-aneh. Ada vegetable dried lengkap dengan sausnya, ada krupuk ikan yang bentuknya panjang-panjang seperti mie. Kemasannya yang full berbahasa Thai dengan gambar ikan besar didepannya membuat saya mengira itu makanan ikan (ada tulisan bahasa Inggris ‘Fish Snack’). Sempat otot-ototan sama si penjual yang tidak bisa berbahasa Inggris ini makanan ikan atau makanan manusia (nggak lucu dong kalo saya beli makanan ikan untuk oleh-oleh).

 

Pensri

Makanan Ikan atau Snack Ikan?

Akhirnya hari itu saya tutup dengan makan malam di sebuah warung pinggir jalan yang ternyata makanannya tidak kalah enak dengan makanan di mall yang saya makan sehari sebelumnya. Foto dari Lonely Planet ini bisa menangkap suasana pasar malam tempat saya makan saat itu.

 

Warung Malam Pinggir Jalan

Biaya Hari Ke-4

Biaya Day Tour Ke Phi-Phi Island                 Rp.   300.000

Tiket masuk Phi-Phi                                        Rp.       6.000

Makan Malam                                                    Rp.     13.000

Total                                                                    Rp.   319.000

 

 

 

 

Advertisements
 
22 Comments

Posted by on March 21, 2011 in Phi-Phi Islands, Phuket, Thailand

 

Tags: , , , , ,

22 responses to “Hari ke-4 (Phi – Phi Island)

  1. iqbal kibi

    April 15, 2011 at 9:11 pm

    Kalo ke thailand tp ga ke phuket rasanya kurang nampol, krn begitu sampe di phiphi island semua yg namanya capek, pusing, masalah idup, stress kerjaan, dll bakalan ilang,hehehehe.. krn phiphi island itu begitu indah baik pemandangan sampe dunia bawah laut nya, air nya bening biru ke hijau-hijauan, byk ikan2 laut yg jrg di temui di daerah2 diving lainnya, dipinggir pantai pun byk ikan yg berenang, budget kesana pun murah bgt dan ga sebanding dg apa yg kita dapetin, pastikan ke phiphi pas summer.

     
    • aremaronny

      April 16, 2011 at 5:40 am

      setuju Iqbal…sayang saya nggak nginep disana..jadi tidak bisa mengeksplorasi dengan menyeluruh…

       
  2. itha

    February 25, 2012 at 9:22 am

    mba, perjalanan bis dari bangkok ke phuket berapa jam

     
    • aremaronny

      February 25, 2012 at 10:20 am

      Halo Itha..perjalanan bis dari Bangkok ke Phuket memakan waktu kurang lebih 12 jam dengan satu kali berhenti untuk istirahat.

       
  3. winda

    June 11, 2012 at 6:43 pm

    mbak, tur ke phi-phi bisa beli langsung dmana? jd lebih murah ya drpd beli online? sy rencana mau ke phuket bulan desember nanti, apa sebaiknya dibeli online saja ya karena peak season? mohon saran mbak

     
    • aremaronny

      June 12, 2012 at 7:14 am

      Halo Winda. Paket tur ke Phi-Phi Island saya beli dari Sun Shine Tour Phuket Company yang terletak di ruko sebelah Thavorn Grand Plaza Hotel. Website resminya bisa diakses disini http://www.sunshinephuket.com/excursion/ex_phiphi. Harga resminya sih 1050 B tapi rasanya saya dulu tawar menawar sama pemiliknya dan dapat harga nggak sampai segitu. Apalagi kalau belinya barengan sama paket lain. Tidak perlu beli On line..

       
      • Yessika

        July 2, 2012 at 8:59 pm

        Ooh jadi apa kita bisa langsung membeli H-1?

         
      • aremaronny

        July 2, 2012 at 9:36 pm

        Bisa mbak Yessika dan jangan lupa ditawar ya..

         
  4. Yessika

    July 3, 2012 at 10:43 am

    Ya terima kasih infonya.. Nanti jika saya sudah fix mau ke sana, boleh kan saya bertanya2? hehe

     
    • aremaronny

      July 3, 2012 at 12:41 pm

      Boleh saja mbak Yessika. Jangan sungkan-sungkan ya..

       
  5. noe

    April 1, 2013 at 3:21 pm

    Hallo mba Vicky 🙂 lagi cari info buat ke phiphi island dari krabi. mau dong mba di share kali aja mba punya info paket tour klo ke phiphi via krabi. aku tiba di krabi sekitar jam 8 pagi.

     
    • aremaronny

      April 2, 2013 at 3:32 pm

      Halo mbak Noe, untuk tur ke Phi-Phi Island dari Krabi coba cek harganya disini http://www.hotels2thailand.com/krabi-water-activity/Phi-Phi-Island-Tour.asp. Nanti waktu sampai di Krabi mbak cari tur agen yang harganya kalo bisa dibawah atau sama dengan harga disitus ini.

       
      • noe

        April 8, 2013 at 9:09 am

        oke mba, terima kasih ya infonya. jadi memang lebih baik cari langsung taour agent disana ya siapa tau bisa nawar 🙂

         
      • aremaronny

        April 9, 2013 at 5:58 am

        Iya mbak Noe..semoga perjalanannya lancar dan menyenangkan yah..

         
  6. yoza

    September 30, 2013 at 4:46 pm

    Mbak vicky, daytour phiphi islandnya dari jam brp smp jam brp y?

     
    • aremaronny

      October 2, 2013 at 3:25 pm

      Dari pagi jam 7 sampai kira-kira jam 4 sore

       
  7. Memes

    April 23, 2015 at 8:31 am

    Halo mbak…salam kenal 🙂
    Seneng banget bisa nemu blog nya mbak vicky :’) rencana agustus sy mau ke bangkok, kalo dari bangkok ke phuket apa ada transport lain selain bis? Dan kira2 biayanya berapa ya mbak? Oiya satu lg..kalo mau ikut tour ky mbak gt..langsung dateng ke travel agent setempat atau gimana ya? Thanks 🙂

     
    • Vicky Kurniawan

      April 28, 2015 at 3:54 pm

      Halo mbak Memes..salam kenal juga..
      Selain dengan bis ke Phuket bisa juga dengan pesawat terbang. Kalau naik kereta api tidak bisa langsung turun di Phuket tapi harus turun di Surat Thani baru naik bis lagi ke Phuket. Kalau mau ikut tur datang aja langsung ke agennya. Untuk tur yang memerlukan durasi panjang (sehari) pesan dulu sehari sebelumnya. Kalau durasinya pendek (2 sampai 3 jam) bisa pesan dadakan.

       
  8. Lidia

    July 28, 2015 at 10:28 am

    Kalo ke phi phi itu cuman bisa one day tour gitu ya? Kalo yang mbak vicky pake, gabisa snorkling gitu dong?

     
    • Vicky Kurniawan

      August 5, 2015 at 12:48 pm

      Sebenarnya paket tur Phi Phi Island itu macam-macam mbak Lidia. Hanya karena keterbatasan waktu saya hanya bisa ambil yang one day tour saja. Di one day tour itu kita tetap bisa snorkeling walaupun menurut saya kurang lama dan kurang puas. Salah satu contoh paket tur ke Phi Phi Island bisa dilihat disini http://www.phuket.com/tours/phiphi/#promo

       
  9. chenshiqing

    December 5, 2015 at 5:34 pm

    mbak vicky…kalo tour ke phi phi island lbh murah berangkat dari mana ya? phuket or krabi?

     
    • Vicky Kurniawan

      December 5, 2015 at 7:20 pm

      Lebih murah dari Krabi karena lebih dekat

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: