RSS

8 Hari Keliling Bangkok

29 Nov

Oleh : Vicky Kurniawan

Ke Bangkok lagi? 8 hari? waduh kemana aja tuh !, begitu pikir saya ketika bulan April 2012 mendapat tiket promo dari Air Asia untuk penerbangan bulan September tahun yang sama. Apalagi kali ini saya perginya bukan cuma berdua seperti biasa, melainkan berempat (salah satunya adalah orang tua) sehingga rencana awal untuk pergi menjelajah sampai Chiang Mai dan Chiang Rai terpaksa disimpan dulu. Terus terang membuat itenerary untuk kunjungan kedua memang agak sulit karena beberapa landmark utama seperti Grand Place, Wat Arun dan Wat Pho sudah pernah dikunjungi dan tetap harus dikunjungi karena bagi kedua teman seperjalanan yang lain ini adalah kali pertama mereka pergi ke Bangkok. Jadi kunjungan keketiga tempat tersebut wajib hukumnya.

Grand Palace

Untuk itu saat membuat rencana perjalanan, saya mencoba menggabungkan tempat wisata yang sudah pernah dikunjungi dan yang belum sehingga sama-sama tidak bosan. Tapi Bangkok memang tidak mengecewakan, walaupun kunjungan terakhir saya baru terjadi sekitar 2 tahun yang lalu (2010), pariwisata Thailand tidak pernah diam. Mereka selalu membuat hal-hal baru sehingga orang tidak bosan untuk kembali kesana. Jangankan tempat wisata, bentuk dan ragam souvenirnya pun juga berubah. Sama-sama berbentuk tas tapi motif, warna dan bahan hiasannya sudah berubah, begitu juga dengan motif-motif dompet dan kaos. Dibandingkan souvenir yang kami beli 2 tahun lalu memang terasa berbeda. Pariwisata memang seperti mode, harus selalu berubah dan up to date, hal inilah yang harusnya ditiru oleh negara kita tercinta Indonesia :(.

Beberapa Souvenir Yang Bisa Dibeli Di Bangkok

Perjalanan ini saya lakukan selama 8 hari dari tanggal 5 sampai 12 September 2012 dengan biaya kurang lebih Rp. 3,1 juta per orang (asumsi 1 Baht = Rp. 300) dengan rincian sebagai berikut :

  • Tiket pesawat pulang pergi, airport tax dan bagasi Rp. 751.000.
  • Transport di Bangkok dan Indonesia Rp. 629.000.
  • Makan Rp. 521.000.
  • Hotel Rp. 418.000.
  • Tiket atraksi Rp. 822.000.

Mengapa tiket atraksinya begitu besar? kan di Bangkok banyak tempat-tempat wisata yang tiketnya murah dan gratis?. Biaya atraksi tersebut menjadi besar karena di dalamnya saya masukkan biaya Dinner Cruise dan biaya untuk mengikuti Full Day Tour ke Koh Samet. Kalau dihitung-hitung sih beda tipis aja sama anggaran yang telah direncanakan :(.

Dalam penyusunan itenerary, selain menggunakan sumber-sumber dari internet saya juga banyak terbantu oleh buku “Rp. 1 Jutaan Keliling Thailand Dalam 10 Hari” karangan Ariyanto, buku “Frommers : Thailand” karangan : Charles Agar dan buku “The Rough Guide to Thailand’s Beaches & Islands” oleh Paul Gray dan Lucy Ridout. Dua buku terakhir adalah hasil sumbangan teman Backpacker Dunia (special thanks buat mas Deni’s Deni).

Jadi teman, bosankah saya menghabiskan waktu 8 hari hanya di Bangkok dan sekitarnya? he he ternyata tidak, banyak tempat yang bisa dijelajahi. Bahkan kunjungan kedua ke suatu tempat ternyata memiliki kenikmatan tersendiri karena jadi jarang tersesat dan lebih santai. Hal-hal detail yang dulunya kurang diperhatikan sekarang bisa dinikmati dengan lebih mendalam. Contohnya : kalau ini adalah kunjungan keduamu ke Wat Pho tentu saja kamu sudah tidak lagi memperhatikan Reclining Budha-nya tapi pada hal-hal lain seperti sekolah memijatnya atau detail ornamen pada kumpulan chedinya.

Melihat antusiasme teman-teman dan banyaknya pertanyaan tentang Bangkok yang mampir di Email maupun di inbox FB , saya harap catatan perjalanan ini bisa membantu. Saya akan berusaha memberikan informasi yang lebih detail sehingga memudahkan teman-teman mencontoh itenerarynya.

Finally, Happy traveling dan selalu buka mata dan hatimu untuk menjelajah dunia….

Advertisements
 
31 Comments

Posted by on November 29, 2012 in Bangkok

 

Tags: , , ,

31 responses to “8 Hari Keliling Bangkok

  1. nurul yahyami

    December 3, 2012 at 6:33 am

    Mba vicky, sy rencana mau travelling ke bkk bln jan 2013 selama 9 hari, dari bkk sy lanjut ke laos dan plg ke jkt via kualalumpur. Sy mau tny penginapan di bkk selain di kaosan road yg nyaman dmn ya mba? Sy sampa bkk sabtu mlm naik pswt aa, rencana bsknya mgg mau ke chatucak market dl dan keliling siam square, menurut sy lbh enak stay di daerah dkt chatucak or siam. Senin pagi sy brkt ke ayyuthaya by bus. Selasa rencana keliling grand palace, wat po, wat arun, etc sekalian pindah hostel ke daerah kaosan. Rabu mlm sy brkt ke laos by train. Menurut mba, pengaturan hostelnya enaknya bgmana ya, yg sesuai itenerary sy? Krn sy cenderung lbh suka nginep dilbh dari 1 hostel dibanding 1 hostel utk 4 hari. Terima kasih sblmnya mbak.. 🙂

     
    • aremaronny

      December 4, 2012 at 7:19 am

      Halo mbak Nurul…
      1. Penginapan yang nyaman selain di Khaosan Road menurut saya adalah di Soi Rambuttri.
      2. Lebih enak stay di daerah Siam karena dekat kemana-mana.
      3. he he he nggak capek tuh mbak, packing-unpack, check inn-check out..

       
  2. mila said

    December 4, 2012 at 8:00 am

    Ckckckck… Udah sampe bangkok lg aja nih mba

     
    • aremaronny

      December 4, 2012 at 2:15 pm

      He he he…ayo mil..kemana lagi tahun depan?..

       
  3. fitri

    December 6, 2012 at 3:26 pm

    kuil terbesar di asia tenggara itu grand palace y mbak? kalo dr tune hotel bisa naik apa? jauh g dr tune hotel? trus kalo dari tune hotel k pasar pratunam gmn caranya? searah ma grand palace g?

    maaf y mbak banyak nanya hehehehe^^
    trima kasih

     
    • aremaronny

      December 6, 2012 at 9:40 pm

      He he he..kalau Grand Palace bukan kuil terbesar mbak, tapi istana terbesar di Bangkok.
      1. Dari Tune Hotel Asoka ke Grand Palace : jalan kaki ke stasiun MRT Sumkhuvit, naik MRT sampai stasiun Sala Daeng. Dari stasiun Sala Daeng jalan sampai stasiun BTS Silom, naik Sky Train sampai Saphan Taksin dilanjutkan nai ferry sampai Tha Cang Pier. Terus tinggal jalan kaki ke Grand Palace.
      2. Pratunam Market tidak searah dengan Grand Palace mbak. Dari Tune Hotel ke Pratunam : jalan kaki ke Stasiun BTS Asoke, naik skytrain sampai stasiun Siam dilanjutkan jalan kaki ke Pratunam (kurang lebih 1 km)

       
  4. yustika

    December 6, 2012 at 4:14 pm

    mba vicky… ditunggu lanjutan ceritanya, soalnya aku bulan April 2013 mau kesana, mau nyontek itinerarynya hehe..:-)

     
    • aremaronny

      December 6, 2012 at 8:37 pm

      he he iya mbak yustika, akan saya usahakan selesai sebelum April deh :).

       
  5. hilda

    December 9, 2012 at 7:04 am

    mbak vicky,bisa minta contoh literary bangkok-phuket-chiangmai? kirim ke email saya hilda.situmorang@ymail.com. thx b4

     
    • aremaronny

      December 9, 2012 at 11:38 am

      Maaf mbak Hilda maksudnya itinerary atau literatur?

       
  6. Surya

    December 11, 2012 at 8:27 am

    Wah, ke Bangkok lagi Mbak Vicky.. 🙂
    Aku juga pengen ke sana lagi, ngajakin istri, soalnya yang pertama dulu gak bareng dia, tapi masih berburu tiket promo dulu, he he he
    Anyway happy traveling ya.. trus yg rencana ke Medan kemarin sudah jalan mbak??

     
    • aremaronny

      December 11, 2012 at 7:27 pm

      Halo mas Surya, he he terima kasih atas informasi di blognya ya mas. Sangat membantu sekali. Jadi saya persis ngikutin jalurnya mas Surya, nginep di Pandu Lake Side dan My Dream Hotel (sekarang jadi hotel Swiss Bellin Medan). Tapi saya hanya sempat maen ke Danau Toba, ke Masjid Raya dan Istana Maemun. Tidak sempat kemana-mana. Waktu pulang langsung buka blognya mas Surya, maksud hati mau mengucapkan terima kasih. Ternyata templatenya sudah berubah dan saya kesulitan mencari postingan yang 3 hari perjalanan ke Medan. Sekali lagi terima kasih atas sharingnya ya mas.

       
  7. Laksmi

    January 19, 2013 at 8:48 pm

    Halo mba salam kenal…saya rencana September ke Bangkok dan phuket. pengen ke chiang mai juga tapi pas mba kesana bulan September hujan nggak ya ?

     
    • aremaronny

      January 21, 2013 at 10:22 am

      Salam kenal juga mbak Laksmi, bulan September memang musim hujan di Thailand. Jadi jangan lupa bawa jas hujan dan payung yah..

       
  8. siwaJ

    February 15, 2013 at 11:14 am

    holla m’vicky salam kenal….maret besok aku mau ke bangkok selama 4 hr . aku juga ingin ke phi-phi island, kira2 sempat ga ya? dr jkt tgl 26 mart’13 jm 7 pagi sampai sana kira2 10 pg wktu thailand. n pulangnya tgl 29 mart jam 12an waktu thailnd. bantu in aku jga dunk mba buatin itenerary nya. enaknya naik apa ya kalu mo ke phi-phi, ikut travel atau bis dr bangkok ke phi-phi. in emailku j.siwa@ymail.com. thx ya m’vicky

     
    • aremaronny

      February 16, 2013 at 6:52 am

      Halo Siwa, sepertinya tur Phi-Phi Island yang berangkat langsung dari Bangkok itu durasi turnya panjang (kurang lebih 7 hari). Kalau mau berangkat sendiri mungkin itennya akan seperti ini : Day 1 Bangkok, malamnya berangkat ke Phuket naik bis malam. Day 2 : Phi-Phi Island, Day : Phuket, malamnya berangkat naik bis ke Bangkok, Day 4 : Bangkok langsung ke airport.

       
  9. desie

    February 17, 2013 at 9:46 pm

    hai mba vicky.. salam kenal.. aku rencananya ke bangkok akh maret bsk 4 hari.. kira2 iten nya sprti apa ya mba..paling aku mau keliling bangkok aja dulu krn baru pertama kali ke bangkok..kl nginapnya selain di khaosan road kira2 mba ada referensi hotel yg dekat sm grand palace + budha tidur + wat arun gk? kl berkenan bolehkah iten nya mba kirim ke email aku? desie_2771@yahoo.com.. makasih banyak ya mba..:)

     
  10. icha

    April 4, 2013 at 2:20 pm

    haiii mba viky salam kenal….. sy ada rencana mau ke bangkok tgl 4-8 Juni 2013. minta saran untuk penginapan yg murah dimana aja. sy dpt tiketnya JKT-BKK-JKK, sy berencana mau keberapa kota dithailand, mba viky ada saran sy bisa kemana dg waktu sesingkat itu.

     
    • aremaronny

      April 4, 2013 at 8:43 pm

      Salam kenal juga mbak Icha, penginapan termurah banyak terdapat di area Khaosan Road Bangkok mbak. Untuk 5 hari mbak bisa ikutin iten saya di blog ini, atau kalau mau agak jauh bisa diganti destinasinya ke Chiangmai dan Chiang Rai.

       
  11. prayini

    April 11, 2013 at 8:58 pm

    salam hormat, perkenalkan saya mahasiswa UPI bandung, sedang melaksanakan Penelitian skripsi mengenai Thailand, maka dari itu mohon bantuannya untuk meluangkan sedikit waktu untuk mengisi kuesioner online saya di link http://urlke.com/2c2736 , jasa kalian sangat berharga demi kelancaran skripsi saya. semoga tuhan membalas kebaikan saudara” sekalian. terima kasih

     
  12. Celoteh Panda

    May 9, 2013 at 4:58 pm

    selesai sudah traveling saya ke BKK-KL kemarin mba.. Alhamdulillah semua sukses karena baca blog mba sampe rute2nya tepaaaattt bangeett.. maaf kemarin2 banyak banget nanya hehhehe…
    hebat ihh mba vicky… tiap mau traveling pasti blok yg pertama aku buka blog ini..aaahh senangnyaa.. sukses terus buat mba vicky… sekali lagi terima kasih mbaaaa 😀 😀

     
    • aremaronny

      May 10, 2013 at 9:15 am

      He he he seneng sekali mbak Rena sukses perjalanannya, terima kasih juga karena sudah membaca blog saya :). Jadi semangat untuk menulis lagi nih…

       
  13. Arif

    August 29, 2013 at 2:12 pm

    Mbak… Saya rencana mau ke Bangkok September ini. Apakah ada tip untuk transportasi dari Svarnabhumi ke Siam Square? Karena dengar2 sopir taksi atau orang2 sana jarang yang bisa bahasa inggris dan baca huruf latin? Kalo biaya taksi dari Bandara Svarnabhumi ke Siam Square kira2 berapa bath ya? Mohon informasinya. Terima kasih dan salam Kenal. Arif

     
    • aremaronny

      August 30, 2013 at 10:12 am

      Salam kenal juga mas Arif, ini ada tips untuk naik taksi di Bangkok. Pertama, tidak semua sopir taksi di Bangkok bisa dan paham bahasa Inggris, jadi sebelum masuk ke dalam taksi pastikan dia tahu alamat yang akan dituju. Lebih baik lagi kalau alamatnya disalin ke dalam bahasa Thai yang bentuknya mirip aksara Jawa. Kedua, karena kebanyakan taksi Bangkok tidak pakai argometer, tawar menawar dan pastikan dahulu harga yang akan dibayar sebelum kita masuk ke dalam taksi. Tapi kalau naiknya dari Suvarnabhumi mending beli di booth resminya saja jadi tidak perlu tawar menawar. Kalau mas Arif perginya tidak ramai-ramai mending naik kereta saja.

       
      • arif

        August 30, 2013 at 11:14 am

        Terima kasih mbak. Saya rencananya memang sendirian. Kalau naik kereta ada informasi caranya mbak? Apa setiap waktu ada kereta seperti di MRT Singapore? Atau jam2 tertentu saja?

         
      • aremaronny

        August 31, 2013 at 10:32 am

        Iya mas, caranya sama dengan naik MRT di Singapura. Kalau mau ke siam, dari Suvarnabhumi naik kereta ARL ke Phaya Thai. Dari stasiun Phaya Thai naik BTS Skytrain Sumkhuvit Line turun di stasiun Siam.

         
  14. Celoteh Angin

    December 11, 2013 at 1:42 pm

    halo mba, aku rencananya mau ke bangkok 2hr dan pattaya 2hr, kira2 tmp mana yah yang oke dan bs dijangkau dgn 2hr tsb?

     
    • aremaronny

      December 12, 2013 at 8:57 am

      Mbak bisa ikuti contoh itinerary yang ditulis di blog ini, ambil saja mana yang sesuai dengan keinginan mbak. Untuk mencari linknya mbak tinggal pilih di kolom Daftar isi atau klik link ke sambungan tulisan berikutnya di bagian kanan atas atau kanan bawah dari tiap artikel.

       
  15. Chikano

    January 16, 2015 at 11:45 am

    Haii, sy planning mw ke bkk pas songkran 13-15 april 2015, cuma sy jg pgn nginep di phuket dan krabi jg… Dan pas songkran sy sdh ad di bkk lagi… Kira2 perjalanan sy seperti ini, sekitar 8 april Jkt-phuket lsg by AA, stay 2mlm di phuket mw tour jg ke pulau2, trus lanjut ke krabi lewat jln darat (selain bus bisa naik ap lg ya? Taxi maybe?), stay 2mlm di krabi mw tour juga ke tmp2 bgs (recommend dong mana aj), trus balik ke phuket lg ato lsg dr krabi menuju bkk pake pswt nok air? Dan stay bbrp hari di bkk smp wiken supaya bisa ke chatutak market… Any better idea guys? Tx alot… Gaush mahal2 hotel/tour/transportny.. Yg penting bersih & ga campur dgn org lain… Btw sy b2 dgn suami sy… Tq

     
    • aremaronny

      January 21, 2015 at 6:53 am

      Halo Chikano..
      1. lanjut ke krabi lewat jln darat (selain bus bisa naik ap lg ya? Taxi maybe?)? Naik bis atau sewa mini van, kalau taxi terlalu mahal.
      2. stay 2mlm di krabi mw tour juga ke tmp2 bgs (recommend dong mana aj)? Pantai Ao Nang tempat yang recommended.
      3. Dari Krabi mending langsung naik pesawat aja ke Bangkok.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: