RSS

PANDUAN BERBURU HOTEL MURAH VIA INTERNET

24 Apr

Oleh : Vicky Kurniawan

Ketrampilan kedua yang harus dikuasai oleh seorang independent traveler adalah memperoleh hotel yang murah, aman, bersih dan nyaman. Untuk itu tidak perlu khawatir karena di jaman serba online seperti sekarang ini kita pun bisa memilih dan memesan hotel yang kita inginkan lewat internet. Saat ini ada berbagai macam situs di internet yang menawarkan jasa pemesanan hotel antara lain : Agoda (http://www.agoda.web.id/), Asia Room (http://www.asiarooms.com), Hostelbookers (http://www.hostelbookers.com) dan lain-lain.

 

Hotelnya sendiri terletak di belahan dunia manapun (kecuali Antartika mungkin ya) dan harga yang kita bayar umumnya jauh lebih murah daripada pemesanan langsung via website resmi hotel yang bersangkutan. Supaya berhasil dengan baik berikut ini ada beberapa trik dan tips pemesanan hotel via internet yang semoga dapat diterapkan terutama bagi teman-teman yang belum pernah sama sekali memesan hotel dengan cara ini.

Perbedaan Hotel dan Hostel

Seperti juga penerbangan, pada dasarnya penginapan dibagi menjadi dua, yaitu : Hotel dan Hostel. Ada beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya. Pertama, layout kamarnya. Di Hostel kamarnya berbentuk dorm (asrama) dengan tempat tidur bersusun walaupun sekarang beberapa hostel sudah menyediakan kamar private. Ada yang mix (campuran laki-laki dan perempuan) dan ada yang Female atau Male only.

Contoh Dormitory Room

Suasana Tidur di Hostel

Kedua, privasi yang didapat. Hostel memungkinkan para penginap untuk berinteraksi satu dengan yang lain (tidurnya aja campur). Umumnya mereka juga menyediakan ‘Social Area’ yang ditata mirip ruang tamu atau ruang keluarga dengan rak buku-buku dan TV layar lebar.

Social Area di Hostel

Ketiga, fasilitas yang didapat. Ada beberapa fasilitas di hotel yang tidak kita dapat di hostel begitu juga sebaliknya contohnya : perlengkapan mandi (di hostel harus bawa sendiri),  dapur dan laundry (hostel biasanya menyediakan fasilitas ini).

Contoh Dapur Di Hostel

Setelah mengetahui perbedaan diatas, kita dapat memilih mana yang sesuai dengan kantong dan selera kita. Saya pribadi lebih suka tinggal di hostel, karena fasilitas dapur dan laundrynya memungkinkan untuk masak dan mencuci tanpa keluar biaya mahal (maklum turis yang bener-bener kere).

Cara Memilih Situs Pemesanan Yang Baik

Selanjutnya bagaimana caranya memilih situs yang baik untuk bertransaksi?. Ada cara yang sangat mudah untuk mengujinya. Kita tinggal mengetikkan nama situsnya di kolom “search” pada http://www.tripadvisor.com dan akan keluar berbagai macam opini dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya. Dari situ kita bisa menilai apakah situs tersebut baik atau tidak.


Pada umumnya, Situs pemesanan yang baik harus memenuhi syarat berikut :

  • Dapat mengkonfirmasi ketersediaan kamar dengan cepat.Begitu harga dibayarkan, dalam hitungan detik situs tersebut sudah harus mengirim nota konfirmasi ke email kita. Nota konfirmasi tersebut akan menyertakan voucher hotel yang harus kita cetak untuk bukti pada saat check in.
  • Harga akhir yang dibayarkan sesuai dengan total yang tercantum tanpa ada biaya tambahan pada saat checkout. Banyak situs pemesanan hotel yang tidak mencantumkan “Hotel Tax and Service Fees” sehingga pada saat check out kita masih ditarik biaya diluar yang sudah kita bayarkan. Besarnya fee tersebut umumnya sampai 30% dari total biaya permalam tergantung pada letak hotelnya.
  • Dapat menjamin keamanan bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit. Pastikan situs tersebut memiliki encrypted technology yang baik sehingga dapat menjamin keamanan proses pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Beberapa situs seperti Agoda bahkan mengharuskan pengisian form tambahan bila nama yang tercantum pada kartu kredit yang digunakan dalam pembayaran berbeda dengan nama pemesan.
  • Memiliki respon yang cepat dan baik bila terdapat masalah.Customer Supportnya harus dapat dihubungi 24/7 dan segera memberikan solusi bila terdapat kendala pemesanan.

Cara Memilih Hotel

Setelah mengetahui situs pemesanan yang baik, tibalah saatnya untuk mulai berbelanja. Pemilihan suatu hotel memang bersifat personal artinya tergantung pada pribadi masing-masing. Saya sendiri lebih senang hotel yang dekat dengan MRT, terminal atau stasiun karena tidak perlu keluar biaya ekstra untuk naik taksi. Tapi bagaimana sih cara mengetahui kualitas suatu hotel?. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa digunakan:

  • Cara yang paling mudah adalah dengan memperhatikan ratingnya (very good sampai pleasant). Pada umumnya rating sudah tercantum dalam situs pemesanan. Perhatikan juga besaran reviewnya karena jumlah tersebut sangat menentukan keakuratan. Seperti contoh di bawah ini : hotel Horizon jelas ratingnya lebih baik daripada Baan Lamai tapi lihatlah jumlah reviewnya 404 banding 93 jadi dalam hal ini Baan Lamai lebih baik dari Horizon. Tapi hal tersebut bukan kunci mati lho ! banyak juga pertimbangan-pertimbangan lain misal kedekatannya dengan sarana transportasi dan lain-lain.

Cara Mendapatkan Hotel Murah

Murah disini bukan berarti murahan lho!. Yang menjadi idaman tentu saja harga miring tapi kualitas tetap baik. Cara yang sering saya gunakan untuk mendapatkan harga murah antara lain:

  • Menjadi member berbagai situs pemesanan hotel yang baik. Dengan menjadi member kita akan menerima email yang umumnya berisi informasi promosi dan diskon terbaru.
  • Sering browsing harga melalui situs-situs tersebut. Harga suatu hotel dapat berubah dari hari ke hari bahkan jam ke jam. Jadi jangan bosan-bosan browsing dan mencari harga.

Sharing sedikit tentang pengalaman saya mencari hotel murah. Kira-kira 3 minggu sebelum berangkat saya terbangun tengah malam. Iseng-iseng karena tidak bisa tidur saya mulai browsing di situs Agoda. Eh, kok ya ada hotel di phuket yang menawarkan harga Rp. 30.000 permalam (besok paginya saya cek, harga sudah berubah). Tanpa pikir panjang langsung saja saya sambar tanpa mengecek apakah hotelnya bagus atau tidak. Saya pikir kalaupun itu bohong toh saya hanya kehilangan uang sebesar Rp. 62.000 (plus tax) dan sedikit repot karena harus mencari hotel lagi. Pada saat check in sempat deg-degan juga jangan-jangan mereka hanya bergurau dan akan mencharge biaya tambahan atau paling apes kita diberi kamar pelayan atau kamar berhantu. Ternyata diluar dugaan kita diberi kamar sesuai gambar dengan fasilitas lengkap dan letaknya juga tidak di nyempil-nyempil amat. Alhamdulillah. Sejak itu jadi ngefans banget sama Agoda walaupun terkadang tergoda juga dengan Asia Rooms yang lebih unggul dengan mencantumkan harga total daripada harga perkamar permalam seperti Agoda.

Kamar Rp. 30.000

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berburu hotel murah. Kuncinya adalah KESABARAN dan KETELATENAN. Jangan lupa, setelah menginap berikan review dan sedikit tulisan tentang hotel yang kita tinggali karena informasi tersebut akan sangat bermanfaat bagi traveler yang lain….




Advertisements
 
39 Comments

Posted by on April 24, 2011 in Panduan

 

Tags: , ,

39 responses to “PANDUAN BERBURU HOTEL MURAH VIA INTERNET

  1. Lusiana

    May 23, 2011 at 4:27 pm

    kalau saya sukanya memakai agoda.web.id 🙂 versi indonesianya soalnya bisa langsung bayar dalam rupiah dan lebih familiar aja hehehehehehe

     
    • aremaronny

      May 24, 2011 at 6:14 am

      he he he..terima kasih mbak lusi atas infonya..saya malah belum pernah pakai yang itu…nanti lain kali saya coba

       
  2. Budi

    July 28, 2011 at 9:29 pm

    pembayarannya gimana ya kalau memakai agoda.web.id?

     
    • Vicky Kurniawan

      July 29, 2011 at 7:02 am

      Kalau agoda, pembayaran menggunakan kartu kredit pak..

       
  3. shabri salam

    October 23, 2011 at 11:24 am

    di indonesia ada ga hotel dgn harga segitu dgn fasilitas yg sama.. trus kl ga ada kartu kredit ada cara lain ga utk pembayarannya

     
    • Vicky Kurniawan

      October 25, 2011 at 2:31 pm

      Saya kurang tahu kalau di Indonesia, tapi saya yakin pasti ada..kalau ingin keliling Indonesia dengan murah, pakai saja buku-buku seri “Travelicious” sebagai panduan. Sepengetahuan saya memang harus pakai kartu kredit terutama untuk website luar negri macam agoda, hostelbookers.

       
  4. Ira

    January 24, 2012 at 8:03 am

    Bgmn proses pembatalan via manage my booking di agoda untuk pemesanan yg free cancelations? Apakah pengembalian uang kita aman ? Sebagai bukti pembtlan, apa yg jadi pegangan kita ? sorry, banyak pertanyaan, soalnya masih baru pertama kali . Terimakasih

     
    • aremaronny

      January 24, 2012 at 11:57 am

      Proses pembatalan :
      1. Sebelum tanggal jatuh tempo pembatalan yang tertera pada e-mail konfirmasi, tidak dikenakan biaya pemrosesan untuk pembatalan.
      2. Setelah tanggal jatuh tempo pembatalan yang tertera pada e-mail konfirmasi akan dikenakan biaya pembatalan sebesar minimum 1 (SATU) malam.
      Ketidakhadiran di hotel dianggap sebagai keterlambatan pembatalan dan dikenakan biaya pembatalan minimum sebesar 1 (satu) malam per kamar.
      Pengembalian uang langsung dimasukkan kartu kredit. Sebagai bukti pembatalan, akan ada e-mail konfirmasi.

       
      • eno

        June 27, 2012 at 5:16 pm

        Biasanya proses dananya masuk ke kartu kredit berapa lama?

         
      • aremaronny

        June 28, 2012 at 2:19 pm

        Tergantung tanggal cetaknya mbak. Misal mbak tanggal cetak tanggal 2 berarti kalau mbak bayarnya tanggal 1 yah langsung masuk tagihan. Kalau mbak bayar tanggal 3 nanti tagihannya masuk bulan berikutnya.

         
  5. dianitacandra

    February 2, 2012 at 7:00 am

    kalau memakai kartu kredit orang lain, tapi orang tersebut tidak ikut menginap bisa tidak?

     
    • aremaronny

      February 3, 2012 at 8:28 pm

      Kalau bookingnya via agoda mesti ada tambahan dokumen yang harus diisi dan di fax ke Agodanya. Mungkin untuk berjaga-jaga agar tidak menggunakan kartu kredit curian. Kalau pesan lewat situs yang lain belum pernah dicoba karena selalu pakai kartu kredit sendiri :)..

       
  6. hani wijaya

    June 26, 2012 at 6:53 pm

    Bagaimana cara pembayaran lewat internet? Apakah ada panduannya karna saya baru pertama pesan hotel lewat internet

     
    • aremaronny

      June 27, 2012 at 8:38 am

      Pembayarannya kebanyakan menggunakan kartu kredit. Tinggal mengikuti instruksi-instruksi yang disertakan di websitenya. Kalau mau aman dibayar pakai paypal aja.

       
  7. desy

    January 24, 2013 at 8:13 am

    mbak vicky, perasaan dirimu selalu beruntung ya..hehehe ..dapet hotel yg murah selain Rp 30.000 ini jug yg di Ibis Novena singapore …:D tiket pesawat pun bisa dapat murah2…dewi fortuna selalu mengiringi nih kyknya ya…*ngiri.com….

     
    • aremaronny

      January 24, 2013 at 9:45 am

      he he iya Alhamdulillah mbak Desy..

       
  8. Ayu Ummahat

    February 6, 2013 at 9:41 pm

    iya mbak, kadang agoda tuh cepet banget berubah harganya klo pas harga murah, kemarin saya baru lihat harga hotel yang semurah harga hostel, tapi gak langsung disamber soalnya visa lom di approve, ehh buka besoknya malahan sudah berubah -nangisbombay 😦

     
    • aremaronny

      February 7, 2013 at 6:08 am

      He he he…BTW apply visa kan juga pakai bukti bookingan hotel..

       
  9. intan

    November 6, 2013 at 1:44 pm

    kalo itu harganya per bed, klo mau buat 4orang berarti kita pesennya 4rooms?? tolong petunjuknya.. makasih…

     
    • aremaronny

      November 7, 2013 at 4:27 pm

      Kalau belakangnya sudah room berarti harganya peroom mbak intan, tapi kalau belakangnya bed berarti perkepala. Kalau boleh tau pesannya di situs mana dan hotel apa?

       
      • intan

        November 8, 2013 at 9:28 am

        Klo moni gallery di agoda? Atau punya review hotel yg buat rame2 tp bayarnya per room jd ga ribet pas booking di agoda, mksh

         
      • aremaronny

        November 8, 2013 at 9:25 pm

        Kalau di Moni Galerry Singapura itu harganya perkepala mbak Intan. Kalau tdak ingin ribet itu langsung diklik aja jumlah orangnya

         
  10. fidia

    February 16, 2014 at 2:50 pm

    mba, mohon bantuannya,sy td mengerti tetang pemesanan hostel mitra inn di agoda,kami rencana ber5,3 dewasa, 2 anak kecil.dsitu tampilan harga per malam,yg sytanyakan apa kah perkamar kita kilik pesan 1 kamar itu buat kita b5,semua masuk kamar tsb?

     
    • aremaronny

      February 16, 2014 at 7:25 pm

      Iya mbak itu diklik berapa jumlah kamar yang dikehendaki. Kecuali kalau jenis kamarnya Dorm berarti mbak harus mengklik jumlah orangnya.

       
  11. liburan singapore

    July 5, 2014 at 11:47 am

    best info gan….
    sip buat referensi ke SG…

     
  12. M

    March 23, 2015 at 2:59 pm

    Gan, mau tanya. Mendingan booking langsung di hotelnya atau lewat agoda? karena pas saya cek di hotelnya, harga nya lebih murah. Gimana ya? Thanks

     
    • Vicky Kurniawan

      March 26, 2015 at 6:24 pm

      Kalau kondisinya seperti itu mending langsung booking di hotelnya aja mbak.

       
  13. Lia

    July 2, 2015 at 12:02 pm

    mas vicky yg sdh pengalaman booking di agoda, mau tanya. ketika kita mengklik pesan skrg kan maka muncul harga total yg hrs kita bayarkan (harga permalam + tax). Lalu, apakah harga total yg kita bayar ke agoda itu sdh merupakan harga total? apakah sewaktu check in atau check out kita ditarik fee lagi dr hotelnya?

     
    • Vicky Kurniawan

      July 2, 2015 at 4:20 pm

      Tidak ditarik lagi dari hotelnya mbak. Itu sudah semua.

       
  14. momogrosir

    November 5, 2015 at 11:22 am

    murah amat hotel yang didapat

     
    • Vicky Kurniawan

      November 5, 2015 at 1:17 pm

      He he kalau sekarang sudah susah dapat yang beginian..

       
  15. Pusatpay

    November 25, 2015 at 8:30 am

    Situs travel lokal lebih menarik menurut saya dan harganya juga lebih murah murah

     
    • Vicky Kurniawan

      November 28, 2015 at 7:25 pm

      Iya betul itu. Kita memang tidak harus terpaku pada satu website, harus pandai-pandai membandingkan.

       
  16. Arzi

    February 25, 2016 at 11:16 am

    Aku rencana pergi ke europe (uk dan schengen) bln mei awal. Kami ber4, bagpackeran gituu😁U/ visa bagusny booking hotel/hostel yg gmn ya? Mksdnya aku blm fix sbnrnya ittinerary dll. This is our 1st time. Konfirm hotel niatnya u/ pengurusan visa aja. Bisa gt gk ya? Pls bantu. Thx

     
    • Vicky Kurniawan

      February 25, 2016 at 4:09 pm

      Untuk bukti pemesanan hotel, pesan dan pilih hotel-hotel yang tidak memerlukan uang muka dan tidak ada biaya bila dibatalkan. Pemesanan ini bisa dilakukan melalui website-website pemesanan hotel seperti booking.com atau agoda.com. Untuk lebih lengkapnya tentang apply Visa Schengen bisa dilihat disini https://jejakvicky.com/2015/08/16/berburu-visa-schengen/

       
  17. frodie

    March 4, 2016 at 10:51 pm

    Bro vicky, saya mau pesen kamar dormitory utk sekeluarga. Itu cara pesennya bukan per kamar tapi per kasur. Nah itu, bookingnya atas nama 1 orang saja atau harus setiap anggota keluarga yg akan menginap?

     
    • Vicky Kurniawan

      March 5, 2016 at 12:25 pm

      Kalau saya biasanya saya isi nama satu orang saja mas. Tapi di beberapa website ada juga yang mengharuskan per nama tamu. Nah kalau begitu baru saya isi nama peranggota keluarga.

       
  18. Sumber

    June 21, 2016 at 9:37 pm

    Terima kasih panduannya mas Vicky,,

     
  19. Frutablend

    September 1, 2016 at 11:32 am

    Thank panduannya Mas, akan saya coba semoga berhasil dapat hotel murah,,

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: