RSS

Berburu Visa Australia Melalui Pos

01 May

Oleh : Vicky Kurniawan

Kalau terbayang kata “VISA” apa sih yang ada di benak kita?. Pasti satu kata yaitu “RUWET” :). Apalagi kalau kedutaannya hanya ada di Jakarta sementara kita tinggal di belahan Indonesia yang lain. Nah, setelah saya berhasil mengurus sendiri visa Australia beberapa waktu yang lalu, ternyata tidak ada kata ruwet kalau kita telaten. Bagi yang berdomisili jauh dari Jakarta ternyata ada beberapa kedutaan yang memberikan fasilitas pelayanan pengajuan visa melalui pos dan salah satunya adalah Kedutaan Australia.

Visa Australia

Pengalaman ini saya dapat karena terlalu pelit ngasih uang ke Travel Agent untuk mengurus visa :). Bukan apa-apa, saya hanya ingin tahu bagaimana alurnya,  benarkah kita bisa apply melalui pos dan berapa lama prosesnya. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang membuat saya memutuskan untuk mengurus sendiri visa Australia saya. Padahal waktu itu saya hanya punya waktu 2 minggu dari jadwal keberangkatan. Setelah dipotong hari libur dan waktu yang terbuang untuk pengiriman, praktis hanya 4 hari untuk proses visanya. Sempat ragu dan deg-degan juga karena di situs AVAC dan Kedutaan Australia sudah tertulis jelas bahwa proses visa berlangsung minimal 5 hari kerja.

Dua hari sekali bolak-balik kirim e-mail ke AVAC maupun ke Kedutaan Australia memohon-mohon (kalau e-mail bisa menangis mungkin sampai seember kali yah) supaya paspor saya dikembalikan tepat pada waktunya baik disetujui atau tidak karena saat itu saya punya tiket Surabaya – Kuala Lumpur – Sydney dan baliknya Melbourne – Kuala Lumpur – Surabaya sehingga kalau visa Australia tidak disetujui saya berencana memanfaatkan tiket Surabaya – Kuala Lumpur pp untuk keliling Malaysia saja. Mungkin orang AVAC dan kedubes Australia juga sebel banget sama saya. Udah ngirimnya mepet minta cepet lagi :).

Kantor AVAC dan Kedutaan Australia

Tapi Alhamdulillah, 3 hari sebelum hari keberangkatan paspor saya dikembalikan dengan gambar kangguru tertempel manis didalamnya. Terima Kasih AVAC dan Kedutaan Australia atas pelayanannya yang super duper incredible :). Dari pengalaman ini satu yang saya pesankan : bila tidak ingin jantungan dan berkeringat dingin sebisa mungkin permohonan visa diajukan jauh-jauh hari sebelumnya (minimal 1 bulan sebelum hari H). Nah, sekarang belajar sedikit yuk tentang seluk beluk Visa Australia.

Seperti kita ketahui semua permohonan Visa untuk bepergian ke Australia harus diajukan di kantor AVAC di Jakarta atau di Denpasar Bali dan kemudian diteruskan untuk masuk ke tahapan proses selanjutnya di Kedutaan Australia di Jakarta atau Konsulat Jenderal Australia di Denpasar. Jadi ingat, AVAC disini hanya berfungsi sebagai agen, segala keputusan dan berapa lama proses yang dibutuhkan tetap menjadi wewenang Kedutaan atau Konsulat. Yang termasuk dalam layanan AVAC adalah penerimaan dokumen-dokumen permohonan Visa dan biayanya, serta pengembalian paspor kepada pemohon yang bersangkutan. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk mendapatkan Tourist Visa.

Before You Apply

Pertama, sebelum mengajukan aplikasi, kita harus menentukan dahulu jenis visa yang kita perlukan. Jenis visa yang saya ajukan adalah Tourist Visa (Subclass 600) yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin berkunjung ke Australia dalam rangka liburan, mengunjungi sanak saudara, atau belajar (dalam jangka waktu tidak lebih dari 3 bulan) dan tidak diperbolehkan untuk bekerja atau untuk tujuan berobat. Bila tidak yakin jenis visa yang akan diapply (maklum jenisnya banyak sekali), kita dapat mencarinya melalui Visa Wizard

Visa Wizard

Kedua, Download Application Form yang diperlukan. Untuk Tourist Visa kita harus mengisi Application form 1419 yang bisa didownload disini. Setelah itu isi dan lengkapi Formulir Aplikasi tersebut. Lengkapi pula dengan 1 lembar pas foto terbaru ukuran foto paspor (45mm x 35 mm) dengan background bebas yang ditempelkan di halaman depan formulir permohonan (kepastian mengenai ukuran dan warna background sudah saya konfirmasi dengan AVAC melalui e-mail)

Ketiga, Lengkapi Application Form dengan berkas-berkas yang diperlukan. Berkas-berkas tersebut antara lain :

1. Bukti Asli Pembayaran Permohonan Visa.

Dokumen ini tidak dibutuhkan bagi yang datang sendiri ke AVAC untuk mengurus visanya. Tapi bagi yang mengajukan permohonan Visa melalui pos diwajibkan untuk menyertakannya. Khusus bagi pemohon melalui pos, sebenarnya AVAC mengharuskan pembayaran dengan menggunakan Cek Bank atau Bilyet Giro saja. Tetapi karena saya tidak mempunyai tabungan Giro atau Deposito maka setelah saling berbalas e-mail antara saya, AVAC dan Kedutaan Australia akhirnya pihak Kedutaan membolehkan pembayaran dengan menggunakan Credit Card atau melalui transfer bank yang ditujukan kepada :

IDR A/c no. 08222210001
AUSTRALIAN EMBASSY
PT Bank ANZ Indonesia
ANZ Tower, Jl. Jend. Sudirman Kav. 33A
Jakarta 10220

Biaya permohonan Visa Turis (676) adalah sebesar Rp. 1.040.000,- (untuk lebih updatenya dapat dilihat disini). Bila transfernya dilakukan dari bank yang berbeda pastikan bahwa kita sudah membayar biaya administrasinya sehingga jumlah yang diterima Kedutaan Australia utuh dan tidak terpotong biaya transfer antar bank.

Harga Aplikasi Visa Australia

2. Paspor Asli yang masih berlaku. Nah, ini yang paling deg-degan. Menyerahkan paspor pada kurir (jasa pengiriman) yang bisa saja hilang atau keselip secara paspor adalah nyawa seorang traveler. Update : Per 1 Juli 2012 traveler ke Australia tidak memerlukan label visa di paspornya (label free). Jadi tidak perlu menyerahkan paspor asli melainkan hanya fotokopinya saja yang meliputi halaman biodata, perubahan/tambahan-jika ada, halaman visa dan cap imigrasi yang masih berlaku paling tidak 12 bulan dan paspor lama (jika ada).

3. Fotokopi kartu keluarga, Akte Kelahiran dan KTP. Bila berangkat bersama suami sertakan juga Surat Nikah. Hal ini diperlukan untuk menyatakan hubungan kekerabatan, apalagi bila yang dipakai sebagai bukti kecukupan dana berasal dari satu buku tabungan milik suami atau istri.

4. Surat Keterangan dari Perusahaan bagi yang masih berstatus karyawan seperti saya. Surat tersebut harus berisi keterangan tentang jabatan dalam perusahaan, lama bekerja, gaji (yang ini tidak saya cantumkan), dan berapa lama mengambil cuti untuk pergi ke Australia.

5. Bukti kecukupan dana berupa fotokopi tabungan selama 3 bulan terakhir. Untuk lebih meyakinkan mintalah bank membuat referensi (tiap bank menerapkan biaya administrasi yang berbeda). Tapi waktu itu saya hanya mengfotokopi buku tabungan saja tanpa referensi dari bank karena ternyata biaya administrasinya lumayan juga (he he dasar pelit). Ada sedikit tips dari teman yang pernah bekerja di AVAC dan kedutaan Australia bahwa pada dasarnya yang dilihat adalah aliran kasnya. Jadi tidak tiba-tiba ada pemasukan dalam jumlah besar terus mengendap tanpa nambah-nambah selama 3 bulan. Sedangkan jumlah tabungan yang kita punyai harus proporsional dengan rencana perjalanan, misal bila kita berencana menjelajah Australia selama sepuluh hari maka jumlah tabungan kita minimal 10 juta dengan asumsi biaya hidup di Australia adalah 1 juta perhari (kalau yang ini saya kutip tidak persis dari buku mas Sonson “Panduan Hemat Keliling Australia :)).

Contoh Surat Referensi Dari Bank

6. Bukti-bukti lain yang mendukung aplikasi. Walaupun Kedutaan Australia secara tegas melarang untuk bertransaksi apapun (booking hotel atau pembelian tiket pesawat) sebelum visa disetujui tapi sebagai pendukung saya lampirkan juga tiket pesawat pulang pergi dan bukti pemesanan hotel di kota-kota yang saya singgahi. Maksud hati sih biar mereka tidak tega menolak visa saya :).

Applying

Pertama, setelah berkas visa sudah benar-benar siap. Isi daftar isian atau checklist layanan penjemputan permohonan Visa melalui pos yang bisa di download disini.

Kedua, Lengkapi juga daftar isian tersebut dengan Bukti Asli Pembayaran Biaya Logistik AVAC yang terdiri dari :

  1. Biaya Logistik sebesar Rp. 180.000 perpaspor (biaya per 1 Mei 2012)
  2. Biaya Penjemputan sebesar Rp. 50.000 perpenjemputan untuk wilayah Sumatera, Jawa, Bali (Untuk daerah-daerah lain berkisar Rp.100.000 s/d Rp. 150.000)
  3. Biaya Pengantaran sebesar Rp. 50.000 perpaspor untuk wilayah Sumatera, Jawa, Bali.
  4. Biaya Informasi status permohonan visa melalui 3 SMS dan 3 Email otomatis sebesar Rp. 20.000 perpaspor.

Biaya-biaya tersebut bisa ditransfer antar bank yang ditujukan kepada :

PT VFS SERVICES
STANDARD CHARTERED BANK, SUDIRMAN, JAKARTA
No. Rekening 306 014306 86

Contoh Daftar Layanan Penjemputan Visa Melalui Pos

Ketiga, Bila formulir sudah diisi dan ditandatangani serta semua dokumen pendukung sudah dilengkapi masukkan ke dalam amplop yang di alamatkan kepada:

PT VFS Services Indonesia (Australia)
Plaza ASIA lantai 22
Jl. Jend. Sudirman Kav 59
Jakarta 12190, Indonesia

Keempat, Kirimkan e-mail dengan judul “Konfirmasi Postal Pick Up {Cantumkan nama pehonon utama}” ke info.diacid@vfshelpline.com . Email konfirmasi berisi pernyataan bahwa anda ingin agar dokumen permohonan Visa dijemput. Cantumkan alamat lengkap, nama pemohon, nomor passport, nomor yang dapat dihubungi (disarankan agar lebih dari 1 pilihan nomor kontak) dan lampirkan scan daftar isian diatas serta hasil scan dari bukti pembayaran.

Kelima, Dokumen akan dijemput oleh kurir paling cepat 1 hari kerja setelah pemberian konfirmasi ke AVAC mengenai penjemputan dokumen (H+1) (saya dulu kebagian 3 hari). Nah, setelah proses ini selesai tinggal ongkang-ongkang kaki dan berdoa sekuat tenaga semoga visanya diterima :).

After You Apply

Uang sebesar Rp. 20.000 yang kita bayarkan sebelumnya akan digunakan oleh AVAC untuk mengirim e-mail dan SMS kepada kita bila :

  1. Dokumen Visa kita sudah diterima oleh AVAC
  2. Dokumen kita sudah diteruskan untuk selanjutnya akan diproses di Kedutaan atau Konsulat
  3. Dokumen sudah diterima dari Kedutaan atau Konsulat dan sudah dikirim kembali ke alamat kita.

Tapi sambil deg-degan dan membayang-bayangkan setiap hari kita juga bisa melacak status permohonan visa kita melalui alamat ini.

AVAC akan mengirim kembali paspor kita baik diterima atau ditolak segera setelah Kedutaan atau Konsulat selesai memprosesnya. Bila visa diterima sih tidak masalah, tapi bagaimana kalau ditolak?.

If The Visa is Rejected

Pada dasarnya ada 3 sebab mengapa visa ditolak :

  1. Keadaan keuangan yang meragukan dilihat dari fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir.
  2. Dokumen yang kurang lengkap.
  3. Kurang menunjukkan ikatan dengan negara asal misalnya : tidak ada pekerjaan, tidak ada keluarga, tidak ada tempat tinggal dan tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa orang tersebut akan kembali ke negaranya sebelum masa visa berakhir.

Jadi berhati-hatilah saat mengisi formulir aplikasinya begitu juga saat menyertakan dokumen pendukung. Bila visa kita ditolak, biasanya di surat penolakan (Refusal Letter) disebutkan alasan kenapa ditolak, berapa lama bisa apply lagi dan dokumen-dokumen mana yang belum lengkap. Nah, aplikan boleh mengajukan permohonan lagi dengan melengkapi dokumen-dokumen yang diminta disertai dengan Appeal Letter alias surat permohonan buat meyakinkan pihak kedutaan kalau kita benar-benar genuine visitor dan tidak ada niatan untuk tinggal atau kerja ilegal.

Contoh Surat Penolakan (Refusal Letter) dari Kedutaan Amerika

Begitulah sedikit seluk beluk Visa Australia. Semoga apa yang saya tuliskan disini tidak terlalu teknikal dan bisa dimengerti karena pada dasarnya saya mencoba menyederhanakan proses yang sudah ditulis AVAC di website resminya (http://www.vfs-au-id.com/index.html) digabungkan dengan keterangan dari Kedutaan Australia dalam websitenya http://www.indonesia.embassy.gov.au/jakt/home.html. Serta keterangan tambahan dari Department of Immigration and Citizenship (DIAC) di websitenya http://www.immi.gov.au

Selamat berjuang dan Happy Traveling..

About these ads
 
290 Comments

Posted by on May 1, 2012 in Australia, Panduan

 

Tags: , , , ,

290 responses to “Berburu Visa Australia Melalui Pos

  1. mila said

    May 1, 2012 at 11:38 am

    wah seru nih mba apply visa lewat pos. deg2annya kyk gimana ya? saya aja yg dianteirn sendiri udah mau copot jantung rasanya hahahaa…..

    lagi2 kita menempuh jalan yang berlawanan, aku dari melbourne trus ke sydney. Klo mba vicky dari sydney trus ke melbourne ya hehehe…

     
    • aremaronny

      May 1, 2012 at 9:13 pm

      Ha ha..iya aku udah baca postinganmu waktu apply visa di AVAC..he he seru. Aku berencana mampir ke Canberra tapi nggak kesampaian :(

       
      • syukri

        October 26, 2013 at 8:43 pm

        minta tolong sms saya sekali ja mbak.. saya ingin bertanya sama mbak tentang visa.. tolong sekali ja mbak hp. 085934506362

         
      • aremaronny

        October 28, 2013 at 8:51 am

        Halo mas Syukri..kalau kelamaan bertanya disini bisa add friend FB saya..

         
  2. Geetz

    May 1, 2012 at 12:19 pm

    thx mba vicky atas infonya. selain Australia, visa yang bisa diurus lewat pos apa aja mba?

     
    • aremaronny

      May 1, 2012 at 9:17 pm

      Terima Kasih Geetz. Selain Australia, kedutaan India juga menawarkan pelayanan serupa..

       
  3. iis aja

    May 2, 2012 at 1:38 am

    wahh keren bmak infonya sangat amat berguna secara aku di kaliman tan ribet juga bolak-balik dokumen doang hahah

     
    • aremaronny

      May 2, 2012 at 12:43 pm

      Terima Kasih juga Iis..

       
  4. indah2306

    May 2, 2012 at 11:57 am

    Wah seru ya.. It’s remind me apply dulu, bedanya aku PR.. Semua lewat pos.. Anak daerah siy..hehe

     
    • aremaronny

      May 3, 2012 at 7:12 pm

      Ha ha ha..boleh juga tuh mbak perjuangannya. Padahal visa untuk PR lebih susah lho..

       
  5. mahadewi

    May 5, 2012 at 2:11 pm

    mbak vicky..info-infonya menarik banget..saya jadi seneng bacanya…sptnya mbak skrg lagi tour ke melbourne ya..wah, saya tunggu loh cerita jalan2nya..pasti seru …november nanti saya rencana ke phuket, melihat tour mbak vicky ke Ao Nang..saya jadi pengen…hehehheheh

     
    • aremaronny

      May 5, 2012 at 5:38 pm

      Terimakasih..he he he iya baru datang dari Sydney dan Melbourne. Sekarang sedang berusaha menulis. Semoga sukses Phuketnya ya..

       
  6. hendra14486

    May 19, 2012 at 10:54 pm

    Hehe, coba waktu itu saya udah baca blog mbak ya, bisa saya bantu mungkin. Soalnya saya mantan anak CAVAC (Canadian), dan kebetulan semua VAC emang satu gedung dan satu lantai.

     
    • aremaronny

      May 20, 2012 at 5:39 am

      Ha ha terima kasih Hendra..ntar dah saya tanya-tanya kalo mau pergi ke Canada. BTW, foto dengan komodonya kereennn

       
      • hendra14486

        May 20, 2012 at 11:42 am

        hehe, itu motonya pake parno bin panik mba, takut kalo kalo dia nengok ke belakang trus lompat wkwkw.

        Btw di plasa ABDA sekarang udah mulai banyak tuh VACnya, mereka dah nambah VAC baru, itali, spanyol, denmark kalo nggak salah.

         
      • aremaronny

        May 20, 2012 at 2:51 pm

        ooo..asik dong kalau makin banyak Vacnya. he he he, iya komodo walaupun kelihatannya slow, jalannya bisa kenceng banget. Kamu berani banget foto model gitu..

         
  7. Dahlan

    June 6, 2012 at 6:48 am

    Jiah gitu to

     
    • aremaronny

      June 6, 2012 at 7:46 am

      he he he…

       
  8. Raldi

    June 8, 2012 at 6:13 pm

    Mbak,terima kasih ya mbak buat infonya,saya mau ke sydney-gold coast melbourne agustus ini,di point no. 6 mbak bilang “Walaupun Kedutaan Australia secara tegas melarang untuk bertransaksi apapun (booking hotel atau pembelian tiket pesawat) sebelum visa disetujui ” apakah ini benar mbak?karena saya sedang ragu untuk maju apply vis akarena belum punya bookingan hotel.karena baik saya dan orang tua saya gak ada yang punya kartu kredit:(.jika benar tidak usah menyertakan booking hotel,saya jadi mantap untuk ajuin senin atau selasa depan :).terima kasih mbak untuk penjelasannya:)

     
    • aremaronny

      June 9, 2012 at 7:41 am

      Tidak perlu menyertakan bookingan hotel, karena beberapa teman saya yang pakai Couch Surfing juga tidak menyertakan bukti book hotel. Untuk lebih jelasnya mas Raldi bisa juga mengirim e-mail ke kedutaan Australia untuk menanyakan hal tersebut.

       
  9. Raldi

    June 9, 2012 at 9:57 am

    Alhamdulillah kalau begitu,mudah-mudahan selasa besok saya bisa apply visanya..ayo mbak ditunggu lanjutan trip reportnya,untuk tambahan referensi saya,hehehe :)

     
    • aremaronny

      June 11, 2012 at 7:04 am

      Mas Raldi selamat berjuang ya..semoga Agustus nanti sudah selesai reportnya dan yang utama semoga visanya keluar ya….

       
  10. Fany

    June 21, 2012 at 9:33 am

    Mba jadi kalo ajuin visa australia ngga perlu booking tiket dan hotel dulu ya seperti eropa?

     
    • aremaronny

      June 21, 2012 at 11:34 am

      Tidak perlu Fanny. Tapi bagi saya pribadi kurang sreg rasanya. Jadi saya cantumkan semua. Untuk hotel saya pakai HostelWorld karena hanya bayar DP 10 % dulu. Kalau batal kan nggak rugi-rugi amat.

       
  11. dodo

    June 21, 2012 at 2:51 pm

    halo mbak , saya mau apply untuk akhir taun ini, tau ga mbak klo misalkan saya di pake sponsor untuk fanancial nya , sponsor nya itu di australia . butuh bank statement saya dan si sponsor juga ga ya? si sponsor bisa kasi akomodasi dan financial nya,rencana nya cmn 10 hri di PERTH mau liburan.saya sudah kerja juga sih cmn klo hrus di atas 50 juta hrus cari dari sekarang neh….
    makasi ya mbak and have fun !!..

     
    • aremaronny

      June 21, 2012 at 3:52 pm

      Kalau mas Dodo punya sponsor yang bersedia mengsupport secara finansial, berarti si sponsor yang harus menyertakan bank statementnya (Mas Dodo tidak perlu menyertakan bank statement juga). Sedangkan bila si sponsor bersedia mengsupport akomodasi juga berarti dia harus menyertakan bukti kepemilikan rumah (kalau rumahnya milik sendiri) atau Tenancy agreement/Rental Documents (kalau rumahnya sewa dari pihak lain). Untuk liburan 10 juta sepertinya tidak perlu tabungan sampai 50 juta. Minimal 10 kali Rp.1.000.000 = Rp. 10.000.000,-. Sebenarnya yang dilihat bukan jumlahnya tapi aliran dananya. Jadi usahakan setiap bulan ada aliran kas yang masuk.

       
      • dodo

        June 22, 2012 at 2:50 pm

        makasih tips2 nya ya mba… abis banyak org bilang hrus 50 juta atau 100 juta untuk turis , untungnya saya kerja full time jdi setiap bulan pasti ada pemasukan .., cuman karena belum pernah travel ke negara yang membutuhkan visa , agak takut ditolak, pengalaman2 teman saya di tolak karena DIAC Australia takut mereka ga balik ke indonesia lg.. dengan alasan blum pernah travel ke negara yang membutuhkan visa spt US or Europe , ada juga alasan tp saya akan tetep coba december nanti.makasih skali lagi =)

         
      • aremaronny

        June 22, 2012 at 7:07 pm

        ha ha gitu dong semangat..pokoknya kita bisa melampirkan bukti-bukti kalau kita bakalan akan kembali ke Indonesia dan kita mampu membiayai hidup kita selama disana tanpa harus cari kerja di Australia, pasti visanya akan dikabulkan. Soal tabungan, ini ada cerita dari teman saya Mila yang mengajukan visa hanya berbekal tabungan 20 juta dan hanya menyertakan tiket pesawat tanpa bukti book hotel (http://ceritanyamila.blogspot.com/2012/03/karena-visa-aku-galaaaaauuuu.html)

         
  12. anie

    June 26, 2012 at 3:05 pm

    berguna banget ini pngalaman sebagai bahan masukan, mau tanya mba, apa bisa tidak melampirkan refrensi bank , cuma melampirkan rek koran 3 bln terkahir saja, karena ada tunangan saya yg mensponsori disana

     
    • aremaronny

      June 27, 2012 at 8:36 am

      Yang dimaksud referensi bank adalah rekening koran itu mbak. Kalau tunangan mbak mensponsori secara finansial, berarti si sponsor yang harus menyertakan rekening korannya (Mbak Anie tidak perlu menyertakan rekening koran juga).

       
  13. lutfi hamzah

    June 28, 2012 at 12:42 pm

    Hy nama saya lutfi hamzah saya sudah 2kali apply visa tourist tapi ditolak dengan alasan 1. Tidak ada catatan kalo saya pernah keluar negeri sebelumnya. 2. Bank statmentnya tidak relevan. Semua alasan ditolaknya sama. 1. Saya memang belom pernah keluar negeri tapi australia yang pertama saya mau kunjungi. 2. Nominal yang ada dibank sekitar Rp300juta katanya tidak relevan. Memang angka Rp300juta itu karena ada transaksi 2 bulan terakhir dan belum mengendap selama 3 bulan. Tapi sebelum ada transaksi Rp300juta saya sudah memiliki tabungan yang nominalnya sekitar Rp20jutaan. Selebihnya document saya lengkap termasuk sponsor. Pertanyaannya adalah 1. Apakah jika saya ingin berkunjung ke australia saya harus mempunyai catatan perjalanan ke negara lain dulu?
    2. Apakah bank statement saya yang ada transaksi Rp300juta didua bulan terakhir harus mengendap dahulu selama 3 bulan? Dan memakai rumusan?.
    Mohon dijawab karena saya ingin mencoba lagi untuk apply jika kesalahannya sudah dapat saya pahami dan bisa saya perbaiki.

     
    • aremaronny

      June 28, 2012 at 3:26 pm

      Mas Lutfi :
      1. Sepanjang pengetahuan saya tidak ada keharusan sebelum berkunjung ke Australia harus memiliki stempel keluar masuk negara lain.
      2. Tidak ada ketentuan sejumlah dana harus mengendap dahulu selama tiga bulan. Mengenai besarannya pun, ada teman saya yang hanya punya tabungan 20 juta juga bisa lolos.
      Menurut saya, visa mas lutfi ditolak karena mereka tidak yakin akan 2 hal :
      1. Ketidak yakinan bahwa mas Lutfi akan kembali ke Indonesia. Yang biasanya didasarkan pada ada tidaknya keluarga yang ditinggal (dibuktikan dengan KK, KTP), dan pekerjaan atau usaha yang ditinggalkan (Surat Keterangan dari Perusahaan). Bila mereka ragu akan hal tersebut setidak-tidaknya cap keluar masuk negara lain juga akan sangat membantu (yang dalam kasus ini mas juga belum punya).
      2. Ketidakyakinan bahwa mas Lutfi dapat membiayai pengeluaran selama di Australia tanpa bekerja disana. Dalam rekening koran sekali lagi yang ditekankan disini bukan jumlah besarannya tapi arus keluar masuknya. Apalagi jika langsung ada transferan sebesar Rp.300 juta tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.
      Jadi saran saya :
      1. Percantik dulu passportnya dengan stempel negara-negara lain. Yang dekat-dekat saja dulu seperti Singapura dan Malaysia atau kalau tidak perkuat surat keterangan dari perusahaan yang bisa menunjukkan kalau mas punya pekerjaan yang bagus dan pasti akan kembali ke Indonesia.
      2. Percantik juga tabungan dengan bertindak lebih cerdik. Misalnya dengan memecah setoran masuk (disetor perminggu atau perbulan dalam jumlah kecil tapi ajeg) dan memperkecil pengeluaran.
      Semoga jawaban saya ini bisa membantu ya mas

       
  14. Nara

    July 3, 2012 at 10:36 am

    Hai…
    tanya dong… visa australia berlaku berapa lama ya? Saya sudah beli tiket (promo airasia) untuk 22-28 Nopember 2012. So, sebaiknya kapan ya saya mengajukan visa ?
    Saya berencana ke australia mengunjungi keluarga (kakak kandung nenek saya), tapi kami tidak punya bukti dokumen yang menyatakan kami related. Terlebih lagi kakek saya tersebut warga negara australia, bukan indonesia. Apakah kira-kira itu akan menyulitkan atau sebaliknya ?
    Untuk bank statement, bisakah kita melampirkan beberapa rekening yang kita miliki ?

     
    • aremaronny

      July 3, 2012 at 12:40 pm

      1. Masa berlakunya sesuai dengan jenis visa yang diajukan. Kalau mbak berangkat bulan November, mending visanya diajukan bulan September atau Oktober.
      2. Saya kurang tahu apakah hubungan tersebut akan menyulitkan atau justru memudahkan. Tetapi kalau tidak ada bukti tertulis mending tidak usah disebutkan. Hanya saja pada kolom alamat yang akan dituju tulis saja alamat kakek mbak tersebut.
      3. Sepertinya tidak ada larangan untuk melampirkan beberapa rekening jadi mbak boleh melampirkan beberapa rekening yang mbak miliki sebagai bukti kekuatan finansial.

       
  15. felicia

    July 13, 2012 at 7:30 pm

    nanyaa dong..tanggal 28 juni kemarin sudah apply visa…rencana berangkat tgl 24july..sampai sekarang blm ada kabarnya =(( katanya lagi ramai banyak yang mengajukan untuk libur lebaran juga..dan keputusan akan keluar tgl 19 nanti =(( dalam dokumen saya tidak menyertakan rekening koran selama 3bulan karena arus uang memang kecil, namun saya menyertakan bukti deposito senilai 500jt serta refrensi bank bahwa memiliki hubungan yang baik..jadi deg2an banget nih karena tanggal keputusan dan keberangkatan sangat mepet..apabila di kabari tanggal 19 apakah sempat paspor bisa kembali ke tangan saya sebelum 24 july?trims

     
    • aremaronny

      July 14, 2012 at 7:35 am

      Saya cek terakhir masa proses visanya memang sudah berubah mbak, dari 7 hari menjadi 10 hari kerja untuk visa turis. Kalau mbak mengajukan visanya tidak melalui pos, mungkin masih bisa langsung diterima tanggal 19,20 atau 23. Tapi kalau melalui pos waktu terimanya akan terlalu mepet. Saran saya, sebaiknya mbak mengirimkan e-mail langsung ke kedutaan Australia (bukan AVAC) di Jakarta yang isinya mengajukan permohonan supaya visa mbak dipercepat. Kalau bisa tanggal 19 itu paspor plus visanya sudah ditangan. Jangan lupa cantumkan alasan yang kuat. Saya dulu juga begitu mbak, mohon-mohon sama pihak kedutaan supaya visa saya didahulukan karena waktunya mepet sekali :)

       
  16. Ton

    July 25, 2012 at 3:27 pm

    numpang nanya yah…. saya udah apply visa dan sudah 12 hari kerja menunggu dan pas track application di website tulisan statusnya seperti ini: The passport has been received from Australian Embassy/Consulate General, please collect the same from the Australia Visa Application Center where it was submitted.
    Ini artinya sudah di proses atau belum? di terima atau tidak yah? Tidak ada kejelasan sama sekali. Saya coba telpon ke nomor 62 21 514 01590 tidak ada yg angkat. Apa ada nomor telpon yang lain?
    Thanks

     
    • aremaronny

      July 25, 2012 at 10:39 pm

      Mas Ton, itu artinya paspor anda sudah dikembalikan oleh Kedutaan Australia ke AVAC tempat anda mengajukan aplikasi. Passpornya sudah bisa diambil di AVAC tetapi belum tentu visanya dikabulkan atau tidak. Waktu saya menerima pesan beginian saya juga deg-degan soalnya nggak tahu dikabulkan atau tidak, karena pemberitahuan ini pada dasarnya hanya menginformasikan bahwa proses aplikasi visanya telah selesai. Semoga diterima ya..

       
      • Ton

        July 31, 2012 at 8:02 am

        Makasih yahh, sudah di ambil di AVAC bbrp hari lalu, dan dapat surat kalau visanya di granted =D

         
      • aremaronny

        July 31, 2012 at 12:28 pm

        Yipeee..Alhamdulillah..jadi ikut seneng. Enjoy the trip ya…

         
  17. Rosha Matteo

    July 27, 2012 at 1:22 pm

    mbak saya mau nanya. rencana saya mau liburan nih mengunjung tunangan saya di Oz. trus saya bingung. kartu keluarga saya sendiri gak disertakan nama orang tua. dan saya baru kerja nih pendapatan belum banyak trus. baiknya saya minta surat kuasa ke org tua bahwa mereka mau bertanggung jawab atas saya. dan satu lagi. saya sudah apply visa untuk prospective married ke australia. dan sekarang sedang proses dan sudah medical chek up untk visa prospective married nya. apakah aku masi bisa pergi mengunjungi tunangan saya kesana? dengan visa turis sedangkan saya jg sedang proses visa rencana nikah. soalnya lama banget proses visa rencana nikah udah 6 bulan lebih ngurusnya. susah banget. takutnya kalau saya pergi kesana sebagai turis, visa rencana nikah saya jadi di tolak. jadi takut saya. karna juga saya baru kerja di jakarta pindahan dr medan.
    tolong bantu yah mbak.

     
    • aremaronny

      July 28, 2012 at 1:07 am

      Halo mbak Rosa, mungkin saya bukan orang yang tepat untuk menjawab pertanyaan mbak. Karena terus terang ilmu saya belum seluas itu. Kalau mbak mau berangkat dengan visa turis, harus ada bukti yang menguatkan bahwa : 1). Mbak mampu membiayai hidup selama di Australia tanpa bekerja (minta tunangan sebagai sponsor utama mungkin akan lebih menguatkan). 2) Mbak akan kembali ke Indonesia dan tidak berkeinginan untuk menetap disana. Cantumkan saja bukti-bukti yang menguatkan kedua hal tersebut. Visa turis mungkin tidak akan mengganggu proses visa prospective married karena keduanya adalah hal yang berbeda. Tetapi untuk lebih meyakinkan lebih baik mbak juga bertanya di Kedutaan Australia, di AVAC atau di milis-milis Bacpacker Dunia.

       
    • rosa

      July 30, 2012 at 8:11 am

      Rosha Matteo: maaf ikut nimbrung… cuma mau berbagi pengalaman aja nih..sy menikah dgn wrg aussie… skg udh tinggal di Brisbane hampir 3 thn, awal thn dpn sy udh dpt PR… kalau boleh kasih saran… kalau emang kalian mau menikah lebih baik menikah di indo terlebih dahulu krn sy jg seperti itu… kami menikah di bali sedangkan sy domisili di jkt tp kami menggunakan EO jd mrk yg mengurus semua kita tinggal terima beres.. setelah itu utk masuk australia di jamin gampang…. sy urus sendiri loh visa spouse sy…. klu km butuh info tentang spouse visa bisa hubungi sy… ocha_r76@yahoo.com… tdk ada maksud apa2 sy hanya mau bantu info aja…

       
      • aremaronny

        July 31, 2012 at 3:11 am

        Terima kasih banyak mbak Rosa atas bantuan informasinya…

         
      • Rosha Matteo

        August 1, 2012 at 3:35 pm

        makasih mbak
        mbak rosa. hahhaha namanya sama. mbak saya udah apply untuk visanya. dan sudah bayar visa 19 juta beserta agentnya jadi 40 juta. mahal banget. udah nunggu 5 bulan masih jg blm ada hasil. ini baru medical check up. dan kata tunangan saya munkin agak lama butuh waktu 6 bulan lagi. kalau nikah di indo duluan katanya malah semakin sulit untuk visanya. trus aku tanya lagi cowoku katanya gak boleh kesananya kalau selagi mengurus visa prospective married nya. ntar kalau di reject malah bermasalah ke visa yang lain. aku jadi bingung. mbak aku udah add mbak di ym.

         
  18. Papi Julio

    July 31, 2012 at 11:18 am

    Halo mbak ‘n mas, mohon share infonya : kpn hr sy pergi ke Aussie dg visa warna merah yg di print di paspor itu. Berhubung itu visa single entry dan sy ingin kesana lg, akhirnya apply lg dan hr ini sy dapat visa lg. Cuma kok nggak warna merah trus di print di paspor ya? Visanya berupa kertas putih 3 lembar yg mencantumkan application ID dan Visa Grant ID. Tercantum disitu visa type : temporary, multiple, dan last date to arrive : 13 March 2014. Karena ini baru pertama kali sy dapat visa yg tidak ‘tercetak’ di paspor terus terang sy bingung dan ragu. Ini benar atau tidak ya? Soalnya selama ini sy dapatnya selalu visa yg tercetak di paspor.
    Mohon bantuan rekan2 semua atas hal ini. Mohon maaf kalau sy katro..!! :)

     
    • aremaronny

      July 31, 2012 at 9:44 pm

      Halo Papi Julio dari informasi yang saya dapat dari teman yang pernah bekerja di AVAC dan Kedutaan Australia bahwa dengan system visa electronic yg baru dari IMMI aussie, tidak mengharuskan adanya visa label tertempel dipassport, karena applicant bisa mengakses status keimigrasiannya secara electronic melalui Visa Entitlement verification online (VEVO). Tapi kalau sudah mau pergi ke Aussie, tetap harus ada visa label dipassport, untuk itu silakan bawa granted letter beserta passportnya ke AVAC untuk visa label evidencing. Siap2 bayar logistik fee lagi yaaa :)

       
      • Astrid

        December 6, 2012 at 7:42 am

        Baru baca postingan ini *telat banget ya* padahal besok berangkat. Trus panik deh. Serius ya, harus minta visa label evidencing? Aku pikir *asumsiii..hadeuhhh nggek bener banget* dengan e-visa ini ya kaya e-ticket juga, nggak diprint nggak papa. Papi Julio bisa sharing mungkin? Atau Mbak Vicky tau?

         
      • Astrid

        December 6, 2012 at 8:02 am

        Maaafffff… baru baca comment2 berikutnya. My bad. Ternyata mbak vicky udah kasih link aturan e-visa per November 2012. Kesimpulan : visa label evidencing tidak wajib, tapi kalau diperlukan untuk keperluan transit, misalnya, boleh meminta. Terima kasih informasi link-nya :)

         
  19. Rosha Matteo

    August 2, 2012 at 11:28 am

    mbak mau nanya… untuk visa turis nih. kalau ada sponsor dari australianya. apa aja yang di perlukan mbka. dan form berapa aja yang harus di isi sponsor mbak. mohon penjelasannya and linknya yah mbak. soalnya buta banget nih. maklum baru mau urus visa turis dan yang pertama kali nih. tolong yah mbak.

     
    • aremaronny

      August 2, 2012 at 12:08 pm

      Persyaratannya hampir sama dengan yang saya tulis di blog mbak, hanya saja yang disertakan adalah laporan keuangan si sponsor (kalau dia mengsupport pengeluaran) atau bukti kepemilikan atau sewa rumah (bila dia mengsupport akomodasi).

       
    • yuli

      April 15, 2013 at 12:24 am

      Mbak Rosa, salam kenal, nama saya Yuli.
      Mba sudah dapet belum Prospective married visanya??Pake agen resmi ya?soalnya saya mau apply Prospective married visa tapi terbentur sama dokumen dokumennya. Kalau boleh tahu saya ingin tanya tanya ke mbak. Please email aku di yuli.trisnawati83@gmail.com

      Email mbak apa ya?aku mau tanya tanya soal PM visa soalnya. Thanks ya

       
  20. rosa

    August 2, 2012 at 11:51 am

    rosha matteo: sy dulu cuma 16jt udh gitu jalan sendiri pake agent emang mahal… prosessnya jg gampang kok….selama visa PRnya blm keluar kita bisa nunggu di aus….waktu itu sy apply PR tgl 18 dec trs tgl 20 org kedutaan telp sy n di kasih visa turis selama 6bln tinggal di aus tp blm 4 bln visanya udh kelar jd hrs ballik ke jkt utk ambil visanya…. rosha sy menikah di indo loh buktinya sy gampang bgt masuk australia… siapa yg blg di persulit??? bo’ong…. justru klu cuma rencananya mau nikah di aus malah lebih susah… krn banyak org yg kyk gitu hanya pengen masuk aus makanya di persulit… sy dpt info ini dr org kedutaannya langsung… klu dirimu ngak percaya hubungin aja pihak kedutaan… klu ngak km ke avac trs bikin janjian sm org kedutaan utk ngomongin soal ini….

     
  21. rosa sullivan

    August 2, 2012 at 12:05 pm

    rosha matteo: sy jarang ol di ym…. add di fb aja ya…. sy tiap hari ol…. klu mau tanya hub sy di fb or email aja… ok??? moga bisa membantu beri info..

     
    • reelawati steven

      August 4, 2012 at 10:17 pm

      Hallo mba,terimakasih atas infonya insyaalloh sy mau apply visa turis yang ke-2 kali yg pertama sy lewat agency dan visa sy ditolak minggu depan insyaalloh sy apply lg untuk mengunjungi pacar sy di aussie.mba,,mengenai visa PR apa saja persyaratannya,,,??
      mba ROSA SULLVIAN…tolong confirm fb sy ..REELAWATI STEVEN..
      Terimakasih sebelumnya mba……GBU

       
      • aremaronny

        August 6, 2012 at 10:33 am

        Halo mbak Reela..mengenai persyaratan visa Permanent Residence lebih baik mbak mengisi visa wizard ini terlebih dulu untuk mengetahui jenis visa yang mbak inginkan. Link-nya sebagai berikut http://www.immi.gov.au/visawizard. Soalnya visa PR pun jenisnya bermacam-macam..

         
  22. rosa sullivan

    August 6, 2012 at 10:32 am

    Reelawati steven: nama sy di fb bukan rosa sullivan tp ocha sullivan….

     
  23. Indri Wahyuni

    August 8, 2012 at 2:08 pm

    Mbak,sy mau apply visa bwt ke brisbane n melbourne awal desember nanti. Sy sdh buka web avac n disana sdh jelas semua persyaratannya. Apakh formulir 48R yg harus diisi bisa yg dlm bhs indonesia atau hrs yg inggris?. Apakh bisa sy ty2 dl ttg visanya ke avacny dgn dtg lgs?. Berhbg nt sy tgl disana di rmh ortu pcr sya yg berkewarganegaraan new zealand apakh sy perlu mendpt srt rekomendasi dr beliau n bentukny sprt apa y?. Tks.

     
    • aremaronny

      August 9, 2012 at 4:03 am

      Halo Mbak Indri..
      1. Formulir yang diisi bisa pakai formulir yang berbahasa Indonesia (48R IND) tapi ngisinya tetap pakai bahasa Inggris. Karena dipojok kiri atas dokumen sudah disebutkan “Silakan gunakan pena dan tulis dengan rapi dalam bahasa Inggris dengan huruf besar”.
      2. Sepertinya tanya-tanya langsung ke AVAC juga bisa mbak.
      3. Kalau mbak nanti disana tinggal di rumah orang sebenarnya ada beberapa pilihan rekomendasi:
      a). Kalau orangnya mensupport dalam bentuk keuangan maka harus menyertakan rekening koran yang bersangkutan
      b). Kalau orangnya mensupport dalam bentuk akomodasi maka harus menyertakan bukti kepemilikan rumah (kalau rumahnya milik sendiri) atau Tenancy agreement/Rental Documents (kalau rumahnya sewa dari pihak lain).
      Kedua hal diatas harus disertakan bila mbak mencentang pertanyaan no.33 dan 34 pada formulir. Tapi bila orang tersebut tidak mensupport apa-apa dan mbak hanya numpang tinggal disana untuk sementara jangan dicentang point 33 tapi isi dengan lengkap pertanyaan nomor 20 dan 21. Kalau yang ini tidak perlu menyertakan bukti apa-apa dari orang yang akan diinapi.

       
      • Indri Wahyuni

        August 9, 2012 at 3:23 pm

        Mbak, terima kasih atas penjelasan di atas. Saya msh ada beberapa pertanyaan lagi, smg Mbak tdk keberatan menjawabnya:
        1. Surat keterangan dari tempat saya bekerja apakah harus tertulis dalam bahasa Inggris atau bisa dalam bahasa Indonesia?
        2. Saya mempunyai 4 tabungan di 3 Bank berbeda, tapi hanya satu bank yang aktif saya gunakan untuk transaksi sedangkan 2 bank lainnya hanya saya gunakan untuk menabung dan transfer dan transaksi pemakaian sangat jarang, apakah ini nanti tidak menimbulkan kecurigaan apabila saya melampirkan semua bukti finansial saya tersebut?
        3. Seandainya visa di tolak berapa lama waktu saya bisa mengajukan visa kembali?
        Terima kasih.

         
      • aremaronny

        August 10, 2012 at 7:11 am

        Halo Mbak Indri..
        1. Surat keterangan harus tertulis dalam bahasa Inggris mbak. Kalau kesulitan ada banyak contoh referensi untuk visa di internet jadi tinggal nyontek saja.
        2. Lampirkan semua tidak apa-apa mbak. Soalnya mereka melihat bukti kekuatan finansialmu sehingga diharapkan mbak bisa menyokong kehidupan selama kunjungan di Australia tanpa bekerja.
        3. Pada saat penolakan biasanya sudah disertakan alasan penolakan, terkadang karena data kurang lengkap atau bukti yang diragukan. Di surat tersebut biasanya dinyatakan juga periode pengajuan kembali, bila tidak ada periodenya berarti mbak bisa sewaktu-waktu mengajukan kembali bial dirasa data-data yang cacat sudah lengkap atau sudah bisa diperbaiki.

         
  24. Kira

    August 15, 2012 at 9:49 am

    Halo Mbak, sy mau nanya akhir Desember saya berencana utk ke Sydney liburan. Kira2 klo ngurus visanya itu sudah bs dari bulan Agustus y?.. tq sebelumnyaa.

     
    • aremaronny

      August 15, 2012 at 12:46 pm

      Halo Kira..kayaknya kalau mengajukan Agustus masih kepanjangan, mending ajukan awal Oktober saja.

       
  25. marwan

    August 16, 2012 at 12:27 am

    terimakasih mbak infonya,tapi sayang kemaren tgl 7/08/2012 saya ajuin visa aussie…eh hasilnya nihil mbak,alesannya sya punya saldo yg tiba2 muncul dngn jumlah 40 jt padahal bulan sblmnya banyak jumlah yg muncul dgn jumlah yg sama…ya mungkin lagi ga beruntung aja ya.tapi aku akan coba dengan pengalaman mbak…saya akan ajuin kembali sampe dapet…

     
    • aremaronny

      August 16, 2012 at 9:36 am

      Halo mas Marwan..sayang sekali yah visanya belum dapat. Memang mengajukan visa juga ada faktor untung-untungannya juga. Begitulah, hanya Tuhan dan petugas yang tahu mengapa suatu visa bisa ditolak. Yang penting jangan putus asa ya mas dan kalau bisa sharing disini dong surat penolakannya dan kapan boleh mengajukan kembali.

       
  26. Nofi Yanti

    August 17, 2012 at 9:02 am

    Wah seneng banget baca comment2 di blog ini. Bisa jd wadah sharing yg bermanfaat ya. Saya sendiri apply tourist visa juni lalu yg diaponsori pacar. Saya sudah melampirkan invitation lettee, rek koran dari pacar. Plus saya jg attach surat referensi dari kantor. Pacar saya sponsorin smua kebutuhan travel saya mulai dr flight sampai akomodasi. Cuma di invitation letter dia menyebutkan kalau we are friend. Krn sy dpt cerita dr tmn saya yg waktu itu prnh ditolak visanya yg disponsori pacar juga krna dikira akan migrate. Jd dia menyarankan untuk mention as a friend aja. Tp stelah deg-degan setengah mati nunggunya ternyata visaku di tolak juga. Alasanya karna saya ga mencantumkan rekening koran pribadi plus passpor sy msh kosong jd mereka bilang kunjungan saya ga murni. Saya berencana mau apply lg untuk new year holiday nanti, disponsorin pacar lg atau gimana ya baiknya? Atau saya pake rekening pribadi aja tanpa sponsor pacar? Tolong di guide donk biar visa saya ga ditolak lagi. Makasih ya :)

     
    • aremaronny

      August 19, 2012 at 9:05 pm

      Halo mbak Nofi..senang sekali mbak juga mau sharing disini. Menurut pendapat saya, kalau alasan ditolak visa karena dua hal tersebut diatas mending apply lagi pakai rekening sendiri. Selain itu supaya paspornya tidak kosong-kosong amat coba deh mbak dibikin jalan-jalan dulu ke negara-negara tetangga. Mungkin alasan ditolaknya masuk akal juga soalnya kalau dipikir-pikir status hanya teman kok disponsori semua. Mungkin itu yang membuat mereka ragu. Selamat berjuang ya mbak dan jangan putus asa :).

       
  27. fabz

    September 9, 2012 at 8:33 pm

    Mbak Vicky… Aku mau ikutan nimbrung tanya-tanya mbak… Hehehe. Aku google kanan kiri eh keluar blog mbak, tolong di bantu ya, mbak :)

    Jadi gini mbak, aku udah stay di oz for quite a while, rencana pingin ajak mamaku datang ke sini utk natal tahun ini. Kelengkapan dokumen yang diperlukan sudah di kumpulkan dari sekarang-sekarang ini, yang menjadi pertanyaanku, kurir utk pengiriman dokumen yang mbak lakukan kemarin memakai jasa kurir apa mbak? In my humble opinion, total biaya yang 1.3-sekian juta (pembuatan visa mengajukan sendiri) di bandingkan dengan membuat lewat Travel Agent sepertinya tidak begitu jauh, mbak? Aku -yang pelitnya ga kalahin pelitnya mbak- hehehe, rencana akan pakai jasa Avia Tour di Serpong, mereka akan charge pembuatan visa ini 1.4juta…

    Maaf ya mbak komenku puanjang buanget hahaha, mohon guidancenya mbakkk… :)

     
    • aremaronny

      September 14, 2012 at 7:36 am

      Halo mbak Fabrianne..maaf ya baru bisa balas sekarang. Kalau travel agentnya bisa dipercaya dan selisih harganya tidak terlalu jauh mending lewat travel agen saja. Tapi sebelumnya pastikan dulu kredibilitas agennya ya. Jangan sampai ketipu. Ntar pas ditengah-tengah proses minta tambahan biaya.

       
  28. Alice

    September 12, 2012 at 1:44 pm

    Halo mbak, saya mau nanya, untuk biaya permohonan visa sebensar 1,040,000 itu kan mbak transfer antar bank ya akhirnya? brarti mbak hanya menyelipkan bukti asli (kalo saya bukti print e banking boleh tidak yah?) ke amplop yg diserahkan ke kurir penjemput visa, benar begitu mbak? saya jg berencana brkt 26 sept ini dan baru urus hari ini, deg2an minta ampun deh. saya email bbrp kali ke imigrasi maupun avac namun dijawab pake copy paste dr website mrk :(
    tlg bantuannya mbak, thank u

     
    • aremaronny

      September 14, 2012 at 2:01 pm

      Walaupun transfer antar bank mending disetor secara manual saja supaya ada bukti transfer. Bukti transfer asli memang harus dilampirkan pada formulir aplikasi tapi jangan lupa buat fotokopinya dulu.

       
  29. sulis

    September 13, 2012 at 5:33 am

    Halo.sy sulis dr sby.pny rncn traveling ke ausi sekalian cr skul disn.sy msh krg jelas ttg dana dibank, maksudnya yg diliat aliran kasnya itu spt apa? Thx

     
    • aremaronny

      September 14, 2012 at 2:03 pm

      Aliran kas adalah aliran keluar dan masuk rekening. Jangan tiba-tiba ada pemasukan yang besar sedangkan di waktu-waktu yang lain tidak ada pemasukan sama sekali.

       
  30. Andri Dundit

    September 13, 2012 at 11:59 am

    Mba Vicky…dpt masukan byk neh dr komen2 ttg visa aussie. Saya mo crita dikit sama ada yg ditanyakan. Bbrp bln lalu, 2 teman kantor saya mengajukan visa bisnis ke hobart (pake agen sich). Semua dokumen sdh lengkap dan jg srt sponsor. Sdh ditelp jd ke kantor dari immi. Akhirnya, 1 tmn saya lolos tapi yg 1-nya lg gak ada kabar smp berbulan-bulan smp si agen minta dibuatkan srt penarikan paspor. Spt info mba vick diatas, kita akan mendapatkan srt mengenai visa ditolak, tp kenapa kami gak dpt sepatah kata pun ya mengenai knp ditolak.

    terus yg mo sy tanyakan ttg visa turis biasa/sponsored neh mba: sori ya mba byk nanya hehehehe
    di info ada 2 jenis turis visa : biasa dan yg fam sponsor: nah sm dgn mba novi dan mba rossa, sy planning utk visit tunangan disana. Utk bukti keuangan, trs terang, rek aktif tp kegiatan setor tarik :) utk permasalahan ini, tunangan sy akan membiayai semua expenses.
    Jadi apakah sy bisa apply utk turis visa biasa tp dgn mencantumkan semua sponsor letter dr tunangan dgn bukti keuangan tunangan ataukah sy hrs apply yg turis visa sponsored? Sbg catatan: paspor sy gak sm sekali blank…ada bbrp cap negara tetangga :)
    Dan apakah sy hrs melampirkan bukti2 bahwa our relationship is genuine utk menghindari visa ditolak mba? Sama gmn caranya spy diapprove visa multiple entry ya mba?

    thanks bgt ya mba vicky ;)

     
    • aremaronny

      September 14, 2012 at 2:22 pm

      Maaf ya mbak Andri baru bisa balas sekarang.
      1. Seharusnya setiap ada penolakan pasti ada alasannya. Kenapa tidak ditanyakan langsung saja pada kedutaannya (tidak melalui agen)
      2. Pendapat saya pribadi sih, kalau rekening memungkinkan mending saya apply visa turis biasa tanpa mencantumkan sponsor apa-apa. Takutnya kalau menyebutkan tentang tunangan dan sebagainya malah dikira mau stay di Australia dan tidak kembali ke Indonesia. Tapi itu pendapat saya pribadi lho mbak :).

       
  31. Agrie Pratama

    September 17, 2012 at 8:25 pm

    Hy mba vicky,
    saya rencana ambil short-course di melbourne nihh, trus ini lagi siap2 apply buat visitor visa.
    rencananya saya mau brangkat tanggal 8 oktober,soalnya coursenya mulai tanggal 11.
    Kira2 masih sempat nggak yah klo apply visa?? terus ngirimnya bagusan langsung ke embassy nya tau via AVAC?? soalnya aku nangkepnya klo ngirim ke AVAC, nanti orang AVAC nya yg nerusin ke embasssy, jadinya lebih lama dong yahh?
    Terus berhubung saya di support orang tua, apakah saya tetap harus mengirimkan print out rekening tabungan??

    Makasih banyak :D

     
    • aremaronny

      September 19, 2012 at 2:38 am

      Halo Agrie..kalau kamu domisili di Jakarta dan sekitarnya mendingan ngurus sendiri dengan langsung datang sendiri ke AVAC. Tanggalnya sudah mepet banget ya. Karena anda masih di support orang tua sertakan saja print out rekening tabungan orang tua. BTW, foto-foto di Tumblr-nya kerennn……

       
      • Agrie Pratama

        September 19, 2012 at 8:07 am

        Haloo mbak,, Makasih atas bantuannyaa.. Sayang sekali saya domisilinya di makassar, jauh dari ibukotaa. Akhirnya kemarin saya nyerah ngurus sendiri (mentok di pembayaran visa karena gak punya rekening giro T.T), dan nyerahin semua ke travel agent :(.
        Btw, makasih udah ngunjungin tumblr kuu,mdah2an bulan depan bisa ngeposting foto2 kota melbourne,hehehe :D

         
      • aremaronny

        September 19, 2012 at 11:32 am

        he he iya deh semoga sukses ya. Sebenarnya rekeningnya tidak pakai yang giro itu juga tidak apa-apa alias disetor seperti transfer rekening biasa. Tapi kalau waktunya mepet gitu memang mending diurus via agen saja supaya tidak jantungan. Tapi pilihlah agen yang kredibilitasnya baik, sehingga bisa tuntas. Soalnya banyak juga lho agen perjalanan yang ditengah-tengah jalan minta tambahan biaya dengan alasan macam-macam. Jangan lupa upload fotonya yah..

         
  32. aranaseer

    September 24, 2012 at 3:51 pm

    hi mba vicky,seneng baca coment2 semua ,nah aq mw share pengalaman aq waktu buat visa,semoga membantu ya ,saya berencana mengujungin pacar di adelaide di november.awal september aq ngajukan visa melalui konsulat Australia di medan ,total pembayaran Rp 1.600.000 (lumayan mahal si)habis kemarin bingung mau apply dr mana,proses 3 minggu ,ga tw knp lama..nah persyratan yaag aq lampirin lumayan tebal deh,surat undangan dr pacar saya disana,statement bank dan kartu kredit .payrol gaji ,dan copy paspor pacar saya,nah dr saya sendiri Cuma paspor,statement bank yg hanya 12.000.000 itupun besar nya mendadak dangdut,tp rek saya byk transaksi krn ada gaji per bulan,wlo gaji saya kecil (alhamdullilah) ga sampe 3 juta.surat ket dr kantor saya.kartu keluarga,akte lahir,dan ktp ( smuanya copy nya ya),nah di form 48r,saya buat ket kok kalau dia adalah pacar saya,nah setelah 3 minggu ,tepat nya hari ini saya ambil tu passport ,alhamdullilah pengajuan visa saya di terima,

     
    • aremaronny

      September 24, 2012 at 6:30 pm

      Waduh terima kasih ya aranaseer. Senang sekali mau sharing disini. Jadi yang diajukan disini tetap visa turis ya? kalau melihat persyaratan yang dilampirkan berarti disebutkan juga ya kalau selama di Australia pacar mensponsori secara finansial juga.

       
  33. aranaseer

    September 25, 2012 at 8:47 am

    iya mba,visa turis.dan pacar saya menyebutkan mensponsori saya secara finansial,akomodasi dan membayar asuransi selama saya disana mba.

     
  34. Nofi Yanti

    September 25, 2012 at 9:20 am

    Hallo Mba aranaseer, salam kenal :D. first congratz yah visanya granted. By the way di passpor mba kosong atau udah pernah travel overseas mba?

     
    • aranaseer

      September 25, 2012 at 9:46 am

      halo mba nofi,makasih ya mba:).paspor saya uda pernah travel ke kuala lumpur dan penang saja.(dekat doank dr medan ).

       
  35. fin4ry (@fin4ry)

    September 27, 2012 at 10:27 pm

    hi, boleh sharing dan sikusi kan. Saya meyria, hari ini saya baru dapat visa saya setelah 10 hk dengan sponsor pacar saya yang asli aussie. Pengalaman saya sama seperti aranaseer, tabungan saya cuma 18 juta minta 3 bulan stay di australia, tapi Alhamdulillah disetujui. Cuma yang jadi problem tertulis no further stay. Sayang sekali karena setelah 3 bulan saya harus balik ke Jakarta. Apakah ada cara lain agar saya tetap stay di Australia karena rencana bisa saja menikah di sana tiba tiba. Bisa sharing solution tidak?

     
    • aremaronny

      September 28, 2012 at 6:22 am

      Kalau menurut pendapat saya, mending kembali aja dulu mbak. Baru nanti apply lagi atau kalau jadi menikah nanti diurus lagi visa yang benar (bukan apply pakai visa turis) supaya mbak bisa tinggal lebih lama di Australia.

       
  36. REDY

    September 29, 2012 at 10:25 am

    Hi Mba……….mau tanya ni
    apakah saya sudah bisa apply visa OZ 2 bulan sebelum berangkat ?
    kalau jauh2 hari kaya gini ga apa2….

     
    • aremaronny

      September 29, 2012 at 1:28 pm

      Bisa mbak..menurut saya 2 bulan adalah waktu yang ideal, apalagi saat ini waktu prosesnya 10 hari kerja..

       
  37. bb.yatwono

    October 2, 2012 at 10:10 pm

    yth.mbak aremarony, saya ingin penjelasan apa bisa ya? bgni pd desember 2005 saya dpt visa ke aussie cukup dengan distempel dihal.visa pada passpor, yg artinya disetujui. tetapi pd Sept.2012 ini saya dapat visa kunjungan kok lain bentuknya, yaitu bentuk surat pengantar dari australian government dg dilampiri visa grant notice. yang saya tanyakan apakah itu sdh cukup untuk berkunjung ke aussie? Lagian surat2 itu tanpa stempel & tandatangan. saya mengurusi visa tsb melalui travel agent. Katanya travel agent itu sdh cukup. Bgman menurut mbak, saya kwatir itu palsu (?) Trims.

     
  38. dwie

    October 3, 2012 at 8:03 pm

    Sorry nech mba…. sebetulnya sih aku dah 2 minggu ini apply visa ke ausy. soalnya rencananya mo berangkat ke ausi nya pertengahan november. cuma masalahnya saya nggk baca soal pengisian formulir 48R itu harus pake bahasa inggris. saya langsung aja isi semua pake bahasa indonesia. saya sebetulnya udah di telp dari VFS bahwa visa saya sudah dikirim melalui kurir, cuma sekarang ini masih dalam rangka deg-degan soalnya salah pake bahasa ngisi formulirnya. kira2 mba pernah ada temen yang punya pengalaman kaya saya nggk mba ? saya mo nunggu smp dokumen saya terima rasanya nggk kuat. jadi berbagi cerita dulu aja spa tahu ada yang pernah mengalami hal yang serupa :d ……. duch deg degan bange ini………..

     
    • aremaronny

      October 4, 2012 at 6:44 am

      Insyaallah kalau persyaratannya lengkap dan meyakinkan pasti diapprove mbak. Kalau masalah bahasa di Formulir, AVAC pasti akan mengembalikan kalau tidak sesuai. Tapi kalau tidak dikembalikan berarti aman-aman saja walaupun diisi pakai bahasa Indonesia..Nanti beritahukan hasilnya juga ya mbak..biar bisa jadi pengalaman juga buat yang lain..

       
  39. praty

    October 3, 2012 at 8:38 pm

    hi mbk aremaronny

    slam kenal . sya mo tanya ni mbak .bulan february 2012 sya pernah mengajukan visa aus.yg me sponry pcra sya,dan selama sya ber ada di aus pcar sya yg akan tangung semua biaya, cuma waktu itu pcar sya tulis cuma temen, dan document dari pcar sya dah lengkap pcar sya bilang sya gak usah masukin foto copy buku tabungan, ktanya dia yg tangung, akirnya di tolak sedih banget..
    rencana sya bulan depan mau apply visa lagi documen dari pcar sya dah lengkap dan selama sy berada di aus dia yg tangung, dan sya ad bukti tranfer westerunion selama 2 tahun dari pcar sya ,pasport copy akte kk buku tabungan 3 bulan terakir, cuma sya gak ad seponsor kerja bageiman bisa gak ya mbak? klo sya pke agency. agency mana yg bisa bantu trim banget maaf terlalu panjang pertanyan sya!

    trimakasih mbak

    praty
    .

     
    • aremaronny

      October 4, 2012 at 6:45 am

      Maaf mbak Praty..mbak ini mau aplly visa untuk kerja atau visa untuk berkunjung?

       
  40. praty

    October 4, 2012 at 6:21 pm

    hi mbak, sya mau apply visa berkunjung dan sya akan tingal di rumah pcar sya,pcar saya bilang coba apply tourist visa 1 kali lagi klo masih gagal lagi, mau apply fiance visa , yang byar 19juta itu , menurut mbak sya baiknya bagaimana ya ?sya mau coba apply tourist visa lagi cuma sya gak ad sponsor kerja di indo bageimana

    trim mbak,

     
    • aremaronny

      October 5, 2012 at 6:54 am

      Saya sependapat dengan pacar mbak, mending apply visa turis dulu. Tapi memang repot kalau tidak ada pekerjaan karena salah satu syarat yang meyakinkan kalau mbak bakalan kembali ke Indonesia adalah adanya pekerjaan yang mantap. Mbak sebentar saya e mail ya..

       
      • praty

        October 5, 2012 at 2:05 pm

        Siang mbk,trim atas tangapanya,ada agency yang mau bantu sya ,tapi byar 7,jt, mbak ,kya gtu bener gak ya mbk, pcar sya bilang di coba dulu, klo masih gagal apply fiance visa, saya dah ada bukti2 lengkap ma pcar sya,gimana ya mbak sebaiknnya? Apa sya married di indonesia saja! Trim mbak!

         
      • aremaronny

        October 5, 2012 at 11:25 pm

        Mbak, menurut pendapat saya kalau ada waktu mending diurus sendiri saja dulu (tidak usah pakai agen). Satu lagi mengurusnya harus hati-hati jangan tergesa-gesa. Coba perhatikan comment teman-teman di halaman ini juga yang telah berpengalaman mengurus visa menikah mereka, mungkin ada beberapa yang bisa mbak tarik pelajaran dari situ.

         
  41. ardhi

    October 4, 2012 at 11:35 pm

    mbak Viky, mo nanya nih:
    1. Klo dalam passport yg sdh habis masa berlakunya terdapat Visa Ausi yg berlaku s/d 31 Dec 2012, apakah visa tsb msh bisa dugunakan dgn passport baru yg digandengkan dg passport lama tsb atau harus Apply Visa lg
    2.Bila Visa Ausi berlaku s/d 31 Dec 2012 bisakah digunakan untuk kedatangan di Ausi sebelum 31 Dec 2012 tetapi nantinya kepulangan/keluar dari Ausi setelah tgl 31 Dec 2012

    trims mbak untuk tanggapannya

     
    • aremaronny

      October 5, 2012 at 7:32 am

      Halo mas Ardhi..Saya rasa visanya masih berlaku dan tidak perlu apply visa lagi. Tapi apakah kasus seperti ini memungkinkan untuk terjadi? soalnya pada saat akan mengranted visa tentunya petugas akan memperhitungkan masa berlaku paspor. Untuk pertanyaan yang kedua, bisa pulang setelah tanggal 31 Desember tapi perhatikan baik-baik periode stay dan tanggal pertama kali masuk (untuk single entry). Untuk pastinya bisakah mas menuliskan disini keterangan yang tertulis di Visa? kan ada tuh di bagian bawah tulisan kecil yang menunjukkan tanggal granted, batas kedatangan dan perode tinggal…

       
      • ardhi

        October 5, 2012 at 9:34 pm

        Trims mbak Vicky,

        Case ini memang terjadi, Passport berlaku May 2007 s/d May 2012 dan Sept 2007 s/d Sept 2012 dan masing-masing Passport memperoleh Visa Multiple Travel dg masa berlaku 31 Dec 2010 s/d 31 Dec 2012 dan masa tinggal 3 bulan setiap kunjungan (bunyi keterangan di bagian bawah: Granted 31Dec10. Must Not Arrive After 31Dec12. Multiple Travel; Holder(s) Permitted to Remain in Australia for 03 Months fron Date of Each Arrival)

        Monggo ditanggepin, suwun yo mbak

         
      • aremaronny

        October 6, 2012 at 10:53 am

        he he ternyata ada juga ya kasus beginian :). Terima kasih atas sharingnya ya mas. Kalau begitu pada saat mengurus paspor yang baru jangan lupa diminta paspor yang lama karena visanya masih berlaku. Untuk pertanyaan yang kedua, batas waktu kedatangan (bukan batas waktu tinggal) adalah 31 Desember 2012. Jadi kalau semisal mas datang tanggal 30 Desember 2013, mas ardy masih diijinkan untuk tinggal sampai 30 Maret 2012. Sekali lagi terima kasih atas sharenya ya..

         
      • Astrid

        December 6, 2012 at 8:09 am

        Hi… saya mau menambahkan, udah telat belum ya? Saya pernah tanyakan hal ini, dan kalau masih ada visa yang berlaku tidak perlu mengurus visa baru. Tapi sebelum berangkat harus lapor ke kedutaan detail paspor barunya, supaya datanya bisa di-update. Ada teman yang main berangkat saja tanpa lapor, tetap bisa masuk sih tapi pake deg-degan banget karena harus telpon sana-sini, dan dia beruntung karena berangkat di hari kerja jadi kedutaan masih buka.

         
      • aremaronny

        December 6, 2012 at 8:36 pm

        Terima Kasih banyak atas tambahan infonya mbak Astrid. Sekali lagi thank’s karena sudah mau sharing disini.

         
  42. dwie

    October 5, 2012 at 6:19 pm

    siang mba…..
    kemarin saya ada share soal saya salah ngisi bahasa di formulir 48R, hari ini saya terima hasilnya. dan ternyata saya dapat 2 lembar kertas yang menginformasikan bahwa visa saya di granted mba……. duch rasanya berbunga – bunga pegang surat cinta dari kedutaan. padahal saya sempet pesimis sebelumnya karena kondisi paspor saya masih betul – betul bersih karena ini adalah pengalaman pertama kali saya mau melakukan perjalanan ke luar negeri tapi klo memang udah rejeki memang nggk lari kemana hehehe….. tapi sekarang kekhawatiranku beralih pada isi kantong , nipis banget nech. yang mau saya tanyaian : kira-kira saat tiba dibandara nanti apa akan diperiksa berapa uang cash yang kita bawa ? terus untuk ” booking hotel ” apa bagian imigrasi australia di bandara akan langsung mengkonfirmasikan booking hotel kita ditempat hotel yang kita booking ? soalnya saya berencana mau tinggal di rumah temen saya disana. sebelumnya makasih banget atas petunjuk dan jawaban2nya selama ini.

     
    • aremaronny

      October 5, 2012 at 11:29 pm

      Wow..selamat ya mbak atas visanya dan terima kasih karena mau share disini. Saat di bandara tidak diperiksa berapa uang cash yang kita bawa. Untuk booking hotel pihak bandara juga tidak akan mengkonfirmasi. Pokoknya tenang saja mbak, malah yang penting mbak jangan sampai bawa barang-barang yang harus dideclare ya daripada ribet urusannya.

       
    • ardhi

      October 6, 2012 at 11:55 am

      Selamat mbak Dwie,

      Seperti kata mbak Vicky “Tenang Aja”, klo mo tinggal di tmpt teman, yah pakai aja alamatnya, syukur2 warga negara Ausie or minimal Permanent Resident, klo uang cash yg dibawa ndak diperiksa kok (hare gene kan dah hampir semua bisa bayar pake kartu plastik), paling2 pilih contrengan pd kartu kedatangan yg dibagi diatas pesawat saat ketibaan nantinya (mendingan bawa Ausi Dolar aja lsg, sebab nilai tukar AUD vs IDR or AUD vs USD lbh bgs di Indo)

      Selamat menikmati perjalanannya

       
  43. raachel

    October 6, 2012 at 8:55 pm

    met malam mbak,

    aku seneng bgt baca komen2 di blog ini mbak, jd tambah pengetahuan, cm yg mau ku tanya , kan salah satu persyaratan pengajuan visa Akte kelahiran, kalo diganti ijazah bisa gak ya? soalnya aku gak punya akte kelahiran. mohon share nya mbak

     
    • aremaronny

      October 7, 2012 at 4:16 am

      Sebenarnya di website resminya sih tidak disebutkan harus mencantumkan akte kelahiran. Akte kelahiran digunakan sebagai bukti hubungan, jadi jika anda mengunjungi keluarga atau anggota keluarga lain di Australia harus mencantumkan dokumen yang menyatakan bukti hubungan dengan orang tersebut. Contoh: akte nikah, akte lahir, surat keterangan yang menyatakan hubungan, atau kombinasi dari dokumen tersebut. Saya mencantumkan akte kelahiran hanya sebagai bukti pelengkap yang menyatakan bahwa saya benar-benar WNI dan lahir di Indonesia. Mbak Rachel bisa mengecek persyaratan pengajuan visa di sini http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/Checklist_Visitor.html

       
      • aranaseer

        October 7, 2012 at 6:55 am

        Mba saya bingung.mengenai barang yg ga boleh Di bawa kesana.cairan ga boleg lebih 100 ml.Ini utk akumalasI semua botol Ato perbotol nya MBA.krn saya ada bawa 2 parfum.air kontak lens .Dan tonic wajah mba.Gmn ya mba.mhn petunjuknya makasih .Dan ADA ga dalam kertas yg qta ISI dlm pesawat itu nanya ttg cairan yg qta bw..

         
      • aremaronny

        October 7, 2012 at 8:21 am

        Cairan perbotol tidak boleh lebih dari 100 ml tapi akumulasinya tidak boleh lebih dari 1 liter. Jadi mbak boleh membawa kira-kira 10 botol 100 ml ke atas kabin. Tapi ingat ya mbak, lotion itu juga dihitung cairan. Seingat saya cairan tidak ditanyakan dalam kartu declare.

         
  44. aranaseer

    October 8, 2012 at 10:05 am

    aa makasih ya mba :)untuk penjelasannya

     
  45. Ilwan

    October 8, 2012 at 8:41 pm

    Met Malam mba :::::
    mau nanya lagi ni
    semua aplikasi sudah masuk di kantor kedutaan
    sejak tanggal 28 September (yg aku apply mlalui agent travel)
    ::: apa tidak apa-apa kalau aku krim email ke admin-nya tentang status visa aku gimana?
    walaupun skrg belum sampai 10 hari kerja
    :::: apakah aku haru menunggu aja.menunggu kabar dari mereka? :-/

    note :
    semoga pertanyaan aku ini bisa mewakili yg lain :-)

     
  46. boy rolando nainggolan

    October 9, 2012 at 8:54 pm

    pengalamanku hari ini dalam pengurusan visa australia di tolak dengan alasan agent pengurusan visa, dikarenakan paspor saya kosong. padahal sepupu saya sudah mensponsori saya yg tinggal di melbourne katanya takut bekerja dan menjadi ilegal. mohon pencerahaanya atas kegagalan yg saya alami. Agar kedepannya visa saya dapat di approve oleh kedutaan australia

     
    • aremaronny

      October 10, 2012 at 1:09 am

      Turut berduka cita ya mas boy..sebenarnya paspor kosong juga pernah dialami oleh Mbak Dwie (lihat comment-comment diatas), tapi beruntungnya mbak Dwie karena visanya digranted. Mungkin ada beberapa persyaratan di pengajuan visa mas boy yang kurang meyakinkan atau lengkap. Coba minta ke agen surat penolakannya biasanya disitu disebutkan alasan penolakan..

       
  47. chiemayindah

    October 9, 2012 at 8:55 pm

    Reblogged this on Simply Me.

     
    • aremaronny

      October 10, 2012 at 1:09 am

      Terima kasih karena telah mereblog artikel saya di Simply Me..

       
      • chiemayindah

        October 10, 2012 at 6:41 am

        Makasih juga …. informasinya bermanfaat banget… :)

         
  48. Ilwan

    October 10, 2012 at 4:22 pm

    Hello Mba :
    Hari ini saya m’lacak status permohonan visa saya di http://www.vfs-au-id.com/trackyourapplication.html

    dan ada keterangan seperti ini :
    - “The passport has been delivered to the applicant. Case closed”
    - “Paspor telah disampaikan kepada pemohon. Kasus ditutup”

    saya tidak tahu apakah Visa saya di approve atau tidak…?
    saya sangat deg-degan ,,, :-(
    ::: kalau mba saat apply kemarin dan melacak visa mba di atas ada keterangan seperti juga ga?

    +++ semoga pertanyaan saya bisa mewakili yang lainnya :)

    Terima Kasih

     
  49. Ilwan

    October 10, 2012 at 4:34 pm

    Hello Mba . Apa kabar ? semoga dalam keadaan sehat ya :D

    sore ini saya melacak status permohonan visa saya di :
    http://www.vfs-au-id.com/trackyourapplication.html
    dan di sana ada keteranga seperti ini :

    “The passport has been delivered to the applicant. Case closed.”
    = Paspor telah disampaikan kepada pemohon Kasus ditutup.”

    saya sangat deg-degan,soalnya tidak ada keterangan apakah permohonan visa saya diapprove or not :-(
    oh ya, waktu pengalaman mba kemarin saat melacak ada keterangan sperti itu juga ga?

    +++ semoga pertanyaan saya bisa mewakili yang lainnya….

    Terima kasih

     
    • aremaronny

      October 10, 2012 at 5:36 pm

      Halo mas Ilwan, itu berarti kedutaan Australia sudah menyelesaikan proses permohonan visanya dan sekarang surat keputusannya sedang dalam perjalanan. Memang kita baru tahu digranted atau tidak setelah suratnya benar-benar kita terima..he he..Tenang saja ya mas, kalau ditakdirkan Allah untuk berangkat pasti akan berangkat. Nanti dishare disini digranted atau tidak ya..

       
  50. Ilwan

    October 10, 2012 at 9:51 pm

    Hallo Mba., thanks sudah m’jawab pertanyaanku
    oh begitu ya, aduh ! deg-degan banget ni mba hi hi hi
    maksud dari :
    “keputusannya sedang dalam perjalan”
    ”kita baru tahu digranted atau tidak setelah suratnya benar-benar kita terima”
    — berarti agent travel saya juga tidak tahu kalau visa saya diterima atau tidak.
    karena saya sendiri yang akan membuka suratnya?

    amin amin amin,,,,iya Insya Allah, Allah mengtakdirkan saya untuk berangkat tahun ini ya.. dan sudah sangat pasti saya akan share di sini :D
    ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

     
    • aremaronny

      October 11, 2012 at 4:18 am

      Kalau mengurusnya lewat agen, pada umumnya mereka akan tahu lebih dulu karena merekalah yang akan membuka suratnya :)

       
      • Ilwan

        October 11, 2012 at 9:47 pm

        Hi Mba dan semuanya …
        Siang tadi begitu pulang dari kampus, saya tidak sabar untuk mengirim email ke admin Australia, tidak lain lagi hanya untuk menanyakan bagaimana keputusan kedutaan besar Aus- tentang permohonan visa saya.? :D
        begitu emailnya terkirim, dengan waktu yang bersamaan, Hp saya berdering bertanda ada sms masuk, dan ternyata dari mba NUR agent travel saya dengan pesan
        “Hello Mas Ilwan, mau saya info kalo Visa Aussie udah jd,bs diambil dnusantara.tq Nur”
        ((-kata ++udah jadi++ saya masi berpikir udah jadi maksudnya apa? di terima/ga?-))

        tapi saya menghiraukan pesannya dan mata saya langsung tertuju ke layar komputer dan di sana ada balasan email dari admin australia,,, ah masi deg-degan juga, rasanya tidak ingin membuka apa isi balasannya., dan saya coba memberanikan diri untuk membacanya…. dan bilang

        “Dengan Hormat BApak Ilwan,
        Terima kasih telah menghubungi kami.
        Sehubungan dengan email Anda, aplikasi Anda sudah selesai diproses oleh Kedutaan Australia pada tanggal 10 Oktober 2012, dan sudah diserahkan oleh Agent yang mengurusi.
        Kami harap informasi ini berguna untuk Anda”

        sejurus kemudan saya langsung m’replay SMS dari mb Nur dan email admin australia
        1jam kemudian saya sudah berada di agent travel dan mba Nur dari jauh sudah melihat saya dengan senyumnya yang manis. sayapun langsung duduk di depan mejanya….
        me : mba Visa saya diapprove ya?
        nur : iya mas….ini (sambil menunjukan amplop puith,berisikan 2 lembar kertas dan 1passport saya)
        me : di mana,?
        nur : di halaman ke dua

        dengan tak sabar saya membuka isi kertasnya ::: bertuliskan “”””””””
        :::yang Insya Allah berangkat 7 december selama 3 minggu :-)
        :::
        :::

        SARAN ::::
        bagi pemburu visa oz yg lain, saran dri saya, perlu juga melampirkan booking tiket pesawat dan hotel saat mengajukan visa. walaupun kedutaan besar oz tidak mengharuskan/memintanya.
        kata teman saya “itu trik dari mereka” jadi upayakan semua berkas yang menurut anda perlu di lampirkan, lampirkan aja., apalagi itinerary juga sangat dan sangaaaaaattt >_< perlu di lampirkan juga,,,
        biar kedutaan tidak punya rasa keraguan untuk memberikan visa gitu ^_^…

        Sekian ……….

         
      • aremaronny

        October 12, 2012 at 12:23 pm

        Terima kasih mas Ilwan atas sharing-nya yah. Wiii iku seneng visanya digranted, belum lagi jalan-jalannya selama 3 minggu. It’s very exciting news :).

         
  51. dwie

    October 11, 2012 at 8:15 pm

    mba…. sorry mau nanya nech. klo seandainya mau masuk ke ausi, saat di bandara apa boleh bawa roti/snack 1 ato 2 aja mba ya ? sorry soalnya pergi sendirian ma sekalian tunggu penerbangan selanjutny menuju melbourne. jadi mesti nunggu di bandara beberapa jam. dan sambil nunggu sih niatnya bawa cemilan / roti tapi nggk banyak sih. cuma beberapa aja. dan waktu saya baca peraturan nya katanya klo mau masuk ausi gk boleh bawa makanan. trus klo bawa minum sebotol aqua gitu apa juga nggk boleh…. hehehehe……. budgetmepet@otomatisngirit.com ………….. jadi gk ada rencana gampang jajan2 xixixixixixixixixixi…… jadi malu ……….

    buat temen2 yang lagi / berencana aplikasi visa, tetep semangat and be positive aja. jangan takut mencoba, ada kaliamat mba vicky yang selalu terngiang di pikiran saya dan membuat saya tetap semangat yaitu ” kalau berkas pengajuan aplikasi visa kita lengkap, maka TIDAK ADA ALASAN bagi kedutaan untuk menolak pengajuan aplikasi kita ” kasus saya adalah bukti nyatanya ( paspor masih kosong, salah pake bahasa dlm mengisi 48R, tabungan saya juga cuma separo dari 50jt, usia saya 28th yg kata org barat adalah usia produktif sebagai pencari kerja dan berpotensi menjadi penduduk ilegal apalagi status juga masih single, tapi nasib berkata lain hehehe thanks GOD, dan jujur aja saya bisa berhasil karena baca blog nya mba vicky juga, thank you mba vicky ……. so selamat mencoba semua ………….

     
    • aremaronny

      October 12, 2012 at 12:21 pm

      Mbak Dwie, terima kasih atas sharingnya yah. Sangat berguna sekali bagi teman-teman yang lain. Mengenai snack yang dibawa, saya rasa kalau roti dan aqua (asal tidak termasuk barang-barang yang harus dideclare seperti kacang) mestinya boleh dibawa masuk. Tapi menurut saya daripada beresiko harus declare mending jangan bawa makanan.

       
  52. Indri Wahyuni

    October 11, 2012 at 10:35 pm

    Halo mbak, ini indri yg pernah ty seblmnya. Btw, apakh melampirkn tiket pesawat pp n book hotel itu suatu “strategi” br visa kita di terima? krn sy berencana tgl di rmh ortu pcr sy di brisbane n di melbourne mgkn baru akn book hotel stlh di brisbane karena pcr sy py byk tmn di melbourne jd dia pkr nt sj book hotel di melbourne toh dia py byk tmn disana. Btw, kl mslny sy cm numpang tinggal di rmh ortu pcr dan mereka tdk menanggung apa2, apakh perlu sy jelaskn bahwa sy py kontak di aussie dan tujuan sy kesana selain berlibur jg mengunjungi ortu pcr sy? Krn sy tkt nt dipikir sy mau stay lbh lm n nikah disana, slny byk tmn yg blg tujuan kl apply visa turis ya liburan aj g usah ditambhn lain2…gmn mbak?…tks sblmny.

     
    • aremaronny

      October 12, 2012 at 12:31 pm

      Halo mbak Indri, sebenarnya melampirkan bookingan hotel bukan merupakan keharusan (kalau tiket pesawat sih memang menurut saya sebaiknya dilampirkan). Bila mbak hanya numpang tinggal disana untuk sementara di formulir aplikasi visanya jangan dicentang point 33 tapi isi dengan lengkap pertanyaan nomor 20 dan 21. BTW, ini mbak ada cerita dari teman saya Mila yang mengajukan visa hanya menyertakan tiket pesawat tanpa bukti book hotel (http://ceritanyamila.blogspot.com/2012/03/karena-visa-aku-galaaaaauuuu.html).

       
  53. tesya

    October 17, 2012 at 6:29 pm

    Hai mba, salam kenal ya..seneng banget baca cerita ttg apply visa nya. Skrg saya yg baru akan apply visa oz. Mba, kalau form 48R nya itu diisi masing-masing atau gimana ya (kalau pergi berdua suami). Thanks a lot:)

     
    • aremaronny

      October 18, 2012 at 10:01 am

      Halo mbak Tesya, salam kenal juga. Formulir 48 R itu harus diisi sendiri-sendiri, walaupun beberapa persyaratan seperti kartu keluarga cukup dilampirkan satu saja. BTW blognya mbak Tesya keren juga, awet juga ya ngeblog-nya dan pakai Bahasa Inggris :). Jempol..

       
      • tesya

        October 18, 2012 at 5:52 pm

        Ohh masing-masing ya isinya, baiklah, kok skrg jadi deg2an yah hehe..tapi bener juga ya mba, tawakal aja, semoga di approve:) Ngeblog sih awet karena hobby, sempet off for a while sibuk waktu anak masih babies. Pake english karena pengen ngenalin Indonesia aja sih mba, tapi ya kalo grammar salah-salah mohon maaf namanya juga not my mother tounge..hehee

         
      • aremaronny

        October 18, 2012 at 10:06 pm

        Menurut saya sudah sangat bagus mbak, sekalian buat promosi ke luar yah dan sukses buat visanya yah…

         
  54. meta

    October 21, 2012 at 12:40 am

    mba, saya mau nanya nihh..
    saya kan blum pernah keluar negri, tapi saya sudah booking tiket ke aussie untuk bulan februari 2013.. kebetulan saya juga bekerja dan kuliah juga.. naah, klo baca2 comment dr tmen2 ko kayanya scara ga langsung sebelum urus visa, at least harus pernah ke luar negri dulu ya mba?? TT .. klo soal surat keterangan, perlu ga mba klo surat keterangannya dari tempat kerja sama keterangan klo masih kuliah juga? apa salah 1 aja ya?
    saya ke ausiie karena mau ngunjungin kakak sepupu disana selama 7 hari, apa perlu kakak spupu saya buat invitation letter ya mba?
    saya sudah urus cuti kantor selama 7 hari kerja itu juga.. kira2 kmungkinan di approve visanya besar ga ya mba? saya jadii takuuutt…
    makasih mbaa..

     
    • aremaronny

      October 22, 2012 at 9:48 am

      Halo mbak Meta, saya coba jawab pertanyaannya yah :
      1. Tidak ada ketentuan kalau mau mengurus visa harus pernah ke luar negeri dulu. Ada beberap pembaca artikel ini yang visanya digranted walaupun paspornya masih kosong.
      2. Soal surat keterangan, bisa dicantumkan dua-duanya biar lebih meyakinkan. Dengan adanya surat keterangan kerja dan surat keterangan kuliah maka pihak kedutaan akan menilai bahwa mbak masih punya tanggungan kerja dan kuliah di Indonesia sehingga pasti akan kembali.
      3. Kalau bisa memang usahakan mendapat invitation letter karena bisa jadi pertimbangan positif bagi kedutaan besar untuk meloloskan aplikasi visa kita ke negaranya.

       
  55. Rabbittravel

    October 24, 2012 at 9:48 am

    Hallo Mba,boleh mohon info email embassy australia.
    Saya mau minta agar visa ausie saya di percepat juga.
    Karna saya tanggal 2 nov mau ke ausie tapi saya baru tgl 23 oktober ini apply visa nya.
    Terima kasih.

     
    • aremaronny

      October 24, 2012 at 12:04 pm

      Halo mbak Lili..untuk konfirmasi lebih lanjut mengenai visa bisa diajukan melalui email ke immigration.jakarta@dfat.gov.au atau melalui telepon +62 21 2550 5700 dari Senin sampai Jumat, antara pukul 09.00 – 12.00 dan dari Senin sampai Kamis, antara pukul 14.00 – 16.00.

       
  56. Yulia Restu

    October 24, 2012 at 11:29 am

    Hallo mba salam kenal,,
    sangat bermanfaat aku baca artikel ini,jujur dari kmrn cari-cari tau ttg pembuatan visa yang mudah dan tidak byk butuh tabungan,,dan ternyata byk teman-teman yang share disini dan smua pun bermanfaat,,
    aku kan rencana mau ke aussy bln january,,smua disponsori pacar saya yang bekerja diausy tapi dia asli spain,dia mau membelikan tiket saya di november karna saya bilang ke dia kalau buat visa harus melampirkani tiket pp,,tapi aku takut ditolak visanya,,karna dia smpat blg tiketnya jangan disia-siakan,dia takut aku tidak jadi ksna,,nah ada beberapa yang mau aku tnyakan:
    1. lebih baik aku beli tiket dulu utk dilampirkan ke kedutaan atau tidak?tpi kalau misalnya aku menyertakan tiket pp tapi ternyata ditolak jika aku buat di nov,tapi aku pergi january 2013 kira” kapan aku bisa apply lg?
    2. apakah berpengaruh kalau kalau dia bukan org asli aussy tpi ternyata org spain jika dia membuat invitation letter dan paspornya?
    3. maksudnya untuk document rmh itu seperti apa mba?soalnya dia itu rental rumah disana
    4.jujur untuk tabungan saya sangat minim,,makanya dia yang sponsorin saya dari mulai tiket, kehidupan disana dan tempat tinggal dan asuransi,,tapi saya pun pnya gaji perbulan tepatnya 2x dalam sebulan,,dan saya pernah ke singapore jg,,mudah-mudahan itu bisa mendukung,,apakah kalau untuk asuransi yg dia sponsori itu dibayar dikedutaan sini?
    5. 1 lagi ya mba,,kata teman saya klo kita sudah punya npwp apakah lebih mudah dan tidak dikenakan biaya?tolong djelaskan ya mbak..
    terima kasih :)

     
    • aremaronny

      October 25, 2012 at 7:01 am

      Halo mbak Yulia salam kenal juga ya..saya akan coba jawab pertanyaan mbak satu persatu, tapi kalau saya tidak tau akan saya jawab jujur tidak tahu he he
      1. Walaupun kedutaan Australia tidak secara tegas meminta melampirkan tiket pesawat pp, menurut saya alangkah baiknya jika disertakan sehingga memperkuat keyakinan bahwa kita akan kembali ke Indonesia. Bila visa ditolak akan ada surat resmi mengapa ditolak (karena kurang dokumenkah, dokumen kurang meyakinkan), bila mbak sudah bisa memenuhi kembali syarat-syarat yang ditolak, mbak bisa apply lagi.
      2. Sebenarnya bukan kelahiran asli orang tersebut yang dipertimbangkan tapi kewarganegaraannya. Walaupun dia orang Spain tapi sudah warga negara Australia saya kira boleh-boleh saja membikin invitation letter.
      3. Biasanya kalau rental rumah itu ada dokumen yang menyatakan bahwa dia rental rumah dan jangka waktu sewanya. Nah dokumen itu yang harus disertakan,
      4. Saat itu saya tidak menyertakan asuransi perjalanan karena dari website kedutaan australia hanya diharuskan untuk aplikan usia 75 tahun keatas. Tapi untuk amannya memang ada yang menyertakan asuransi perjalanan yang dibayar ke pihak asuransinya (bukan kedutaannya)
      5. NPWP berhubungan dengan biaya fiskal, sedangkan biaya fiskal sudah dihapuskan sejak 2011.

       
  57. INDRA

    October 24, 2012 at 12:13 pm

    Selamat siang Mba Vicky,Salam Kenal ya…saya bersama istri adl pecinta traveller tp baru x pertama ini travelling dg “VISA” jd gini Mba,mohon Bantu pencerahannya,krn sy Ada bbrp problem ketakutan/kekhawatiran dengan pengajuan visa ausie,yaitu :
    * Sy menikah awal taon lalu,dan baru di taon 2012 ini mau berlibur bersama istri (bayi saya titipkan pd mertua sy) d ausie Sidney-Goldcoast-Melbourne pd bln DES 25 besok,passport saya yg lama hilang saat pindahan rumah d bln Mei 2012 lalu,dan sy buat passport baru bersamaan dengan istri (pertama kali punya passport) bulan Juli kmrn,dan udh bepergian hingga bln Oktober ini ke 4 negara,Singapore,Malaysia,Thailand,dan Vietnam.Apakah saya masih Ada peluang bersama istri mengunjungi Ausie?
    * Sy usaha sendiri slm 6 taon ini tp NPWP serta SIUP br sy miliki d September kmrn dan istri adl ibu rumah tangga,mengingat masih Ada bayi usia 7 bulan,serta istri tdk mempunyai tabungan.Dalam hal ini sy yg mensponsori istri sy tetapi dengan keuangan yg dana hanya ada 120jutaan dr keuntungan usaha sy slm bekerja,serta aset toko dengan kepemilikan nama 2 orang yaitu sy dengan adik saya,serta rumah yg masih cicil….apa ada kendala dg bukti” surat sy ya Mba serta peluangnya?strategy apa ya Mba yg hrs sy terapkan mengingat kelengkapan document sy SIUP,NPWP,TDP yg masih baru berjalan 1 bulanan krn kesalahan sy lambat tdk urus d awal ….

    Mohon maaf bila byk tny dan terima masih atas penjelasannya…

     
    • aremaronny

      October 25, 2012 at 7:14 am

      Halo mas Indra…salut juga kepada mas Indra dan istri yang tetap semangat jalan-jalan…(gitu dong…)
      Saya yakin 100% peluangnya masih ada mas. Menurut saya tidak ada alasan bagi kedutaan Australia untuk tidak menggranted visa karena ada dua alasan yang menurut saya akan sangat meyakinkan bahwa mas pasti akan kembali ke Indonesia. Yang pertama, adalah soal anak, mas meninggalkan anak kecil di Indonesia (pastikan bahwa nama anak sudah tercantum di kartu keluarga) nanti pada saat apply visa di formulirnya akan ditanya siapa saja dari daftar dalam kartu keluarga yang ditinggal di Indonesia. Yang kedua, adalah soal usaha, dari surat-surat yang mas miliki akan tampak bahwa mas memiliki usaha yang mantap di Indonesia dan memberikan penghasilan yang cukup sehingga tidak mungkin akan ditinggalkan. Kalau soal paspor yang hilang, walaupun dalam bentuk fisik tidak tampak stempel dari negara-negara yang sebelumnya sempat dikunjungi tapi saya yakin semua data perjalanan yang telah mas lakukan telah tercantum di komputer.

      Jadi jangan ragu untuk apply visa selama niat mas memang untuk berlibur dan buktikan bahwa mas adalah genuine visitor dengan tujuan utama bukan bekerja, dan perkuat bukti bahwa mas pasti akan kembali ke Indonesia..

       
  58. Raina

    October 30, 2012 at 2:01 pm

    Halo Mba..saya tadi siang mengajukan aplikasi visa turis untuk mengunjungi suami saya di Sydney. Sekadar informasi saja, sekarang proses aplikasi visa turis itu 15 hari, per 5 oktober 2012 kemarin. Situasi saya sekarang adalah, saya baru mengajukan spouse visa awal oktober 2012. Saya tanya ke embassy katanya saya boleh mengajukan visa turis selama spouse visa saya sedang diproses.

    Nah kekhawatiran saya visa turis ini akan ditolak embassy..karena ternyata ada juga visitor visa – sponsored family. Yang saya ajukan tadi itu adalah tourist visa..walalupun saya melampirkan letter of guarantee dari suami saya di Sydney, dan bukti-bukti pendukung lainnya bahwa suami saya akan bertanggung jawab membiayai kebutuhan finansial selama di Aussie dan menjamin kepulangan saya kembali ke Indonesia. Pihak embassy pun memberitahunya tourist visa, bukan visitor visa-sponsored family. Kira-kira visa yang saya ajukan itu sudah tepat belum ya mba?

     
    • aremaronny

      October 31, 2012 at 6:37 am

      Halo juga mbak Raina…Sebenarnya sebelum proses pengajuan visa dilakukan, bila mbak tidak yakin jenis visa yang akan diapply (maklum jenisnya banyak sekali), mbak dapat mencarinya melalui Visa Wizard di http://www.immi.gov.au/visawizard/. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di link ini, nanti akan ditentukan jenis visa apa yang mbak butuhkan. Tapi karena mbak sudah terlanjur mengajukan turis visa yah ditunggu aja hasilnya. Insyaallah kalu dokumen-dokumen lengkap dan mendukung apa yang ditulis dalam formulir aplikasi, pasti visanya akan digranted.

       
      • Raina

        October 31, 2012 at 7:19 pm

        Thanks so much mba! Saya sudah coba linknya..ternyata saya eligible untuk apply tourist visa :) Yupss berdoa saja semoga digranted..

         
      • Vicky Kurniawan

        November 1, 2012 at 7:30 am

        Saya doakan semoga lancar ya mbak Raina..

         
  59. Jane

    November 5, 2012 at 4:54 pm

    hallo, vicky… seneng baca blognya..sgt informatif..

    aku rencana akan liburan akhir tahun (27des’12 – 4jan’13) di sydney bersama keluarga (suami dan 2 anak), dan baru mau mengajukan visa turis.
    tiket pesawat dan hotel sudah dibooked, surat sponsor dari kantor suami (kebetulan kantor suami adalah bank Australia) dan invitation letter dari boss suami yg WN Australia sudah siap juga. dokumen2 lain (KTP, KK, dll.) semua juga sdh siap.
    tp ada bbrp hal yg mau aku tanyakan:
    1. kalau statement bank itu baru 2 bulan yg tercetak (sept-okt’12), bisa ngga ya? atau apply visa-nya nunggu statement bln november aja?
    2. formulir 48R itu u sekeluarga ngisinya satu aja atau 2 form terpisah? krn setelah aku baca, disitu ga ada pertanyaan ttg spouse yg ikut serta dlm perjalanan, hanya anak2 saja yg ditanyakan.
    3. kalo ternyata hrs 2 form, keterangan ttg anak2 kami ditulisnya di form aku atau suami? karena kan mrk punya paspor masing2 dan tidak nempel lagi di paspor salah satu ortu.

    pls advise ya… thanks sebelumnya…

     
    • aremaronny

      November 6, 2012 at 6:44 am

      Halo mbak Jane..saya coba menjawab beberapa pertanyaan mbak ya, tapi jangan percaya 100% pada saya :).
      1. Di situsnya memang hanya tertulis “Bukti anda mempunyai keuangan yang cukup (dana) atau akses ke dana tersebut untuk menyokong anda (dan anggota keluarga yang berpergian bersama) selama anda tinggal di Australia”. Tanpa menyebutkan periode waktu tapi di contohnya memang jelas dinyatakan untuk melampirkan buku bank terakhir atau rekening koran 3 bulan terakhir. Kalau menunggu statement yang bulan November takutnya tidak keburu mbak. Adakah statement bank bulan agustus? bila tidak ada, mau tidak mau sepertinya memang harus menunggu yang bulan november. Saya sarankan untuk lebih akuratnya mbak juga berkonsultasi kepada petugas AVAC.
      2. Memang di situsnya tidak dinyatakan secara jelas harus diisi jadi satu atau diisi per masing-masing orang. Jadi selama ini ada 2 pendapat yang berkembang : Pertama,untuk keluarga inti cukup diisi satu formulir saja. Kedua, satu orang satu formulir dengan alasan walaupun anak-anak mereka sudah punya paspor terpisah. Kalau saya dulu mengisi dua formulir mbak, masing-masing satu untuk saya dan suami walaupun dokumen pendukung seperti bank statement jadi satu. Untuk itu mbak juga perlu berkonsultasi dengan petugas AVAC dan jangan lupa cantumkan umur masing-masing anak.
      3. Kalau harus 2 form, biasanya anak-anak akan dituliskan di form suami.
      BTW liat blognya mbak Jane jadi tambah ngiler :).

       
      • Indri Wahyuni

        November 7, 2012 at 10:05 pm

        Hi Mbak Vicky,
        Senin kemaren baru saja dpt kbr dr agen saya kalo visa sy di granted, well it works on the first try :). Skrg sy siap2 buat ke brisbane, gold coast n melbourne krn flight sy tgl 30 nov ini. Btw, skdr info kmrn di form dr embassy sy tulis tujuan ke sana cm skdr bwt liburan n sy prg sndri pdhl sy berencana mengunjungi ortu pcr sy n brkt dgn pcr sy, bhkn saudara pcr sy pun sy tulis sbg sister dr tmn sy spy ttp sy ad kontak utk disana. Well just keep it simple rather than must explain much then. Thanks anyway mbak, berkat blog ini sy py byk ilmu bwt apply visa. Next year, sy berencana ke spain…mudah2n bs lancar kyk aussie…cheers :)

         
      • aremaronny

        November 9, 2012 at 7:21 am

        He he jadi ikut seneng nih mbak Indri..betul itu mbak, make it simple aja daripada ditanya macam-macam..Have a safe and nice trip yah..dan terima kasih karena sudah mau sharing disini..

         
  60. widya

    November 10, 2012 at 1:36 pm

    mbak indri,
    bisa dijelaskan dokument apa saja yang sdh mbak lampirkan waktu apply? apakah pake sponsor mbak?
    thanks a lot….

     
  61. Indri Wahyuni

    November 11, 2012 at 11:13 am

    Hello Mbak Widya,
    Kmrn sy hy melampirkan semua persyaratan yg dibutuhkn yg sdh dicantumkan di web avac sprt: form aplikasi visa dlm bhs inggris, paspor, pasfoto 4×6, fotokp ktp n kk, surat rekomedasi kantor yg tegas menjelaskan bhw sy bekerja disana sdh sekian thn, jabatn sy, dan sy cm dikash cuti sekian lama dan akan kembl bkrj stlhnya juga biaya sy tanggung sndri (dlm b. Inggris), fotokp akte klhran, semua bukti keuangan sy 3bln terakhr, serta bukti booking tiket. Sy tdk mencantumkan sponsor wlpn saudara perempuan pcr sy yg sdh jd wn australia bersedia memberi surat sponsor krn sy pikir kl sy hy bertujuan bwt liburan kan shrsny tdk perlu surat sponsor toh mrk tdk memberi bantuan akomodasi ataupun financial, wlpn nantinya sy akn tgl di rmh ortu pcr sy dan saudara perempuannya tsb di brisbane. Kl pake sponsor nt repot dan dibthkan bukti lbh lanjut utk yg mensponsori kita tsb. Bhkn saudara pcr sy itu sy tulis sbg sister of my friend br ttp sy dianggap ad kontak org sana seandainya ada emergency situation. Itu aj mbak widya, just make it as simple as we can mbak. Toh kita hy lbrn tdk berniat yg lain2…good luck ;)

     
  62. ketut widia

    November 11, 2012 at 2:35 pm

    Thanks Mbak Indri,
    Penjelasan yang sangat membantu, kebetulan besok saya mo apply di AVAC Denpasar.
    Mudah – mudahan di setujui

     
    • dwie dee

      November 13, 2012 at 10:03 pm

      mba, mhon infonya donk. jumat bsk sya brkt k ausi. kira2 nanti saat di bandara ausi apa stiap orang akn di introgasi yg smp msk ruangan gt gk ya mba? deg2an sya mhon pnjlasam n doanya ya. mkasih

       
  63. Nathan

    November 12, 2012 at 1:49 pm

    Blog ini sangat membantu untuk mengurus visa sendiri melalui AVAC postal service

    Sy hanya ingin menambahkan bahwa pembayaran visa application fee bisa dibayar tunai dengan setoran tunai ke bank ANZ terdekat
    Begitu juga dengan biaya untuk logistik VFS nya bisa disetor tunai melalui bank StanChart terdekat
    Jadi kalau yg tidak punya credit card, biylet giro atau cek bisa setor tunai aja biasa tanpa ada biaya tambahan apa2 lagi

    Sy mengurus visa sendiri kemarin ini, dijemput tgl 1 November, hari ini tgl 11 sudah beres dan paspornya sudah diteruskan melalui kurir untuk dikirim balik

    Proses aplikasi visa nya betul 5 hari kerja untuk visa TR 676, dengan antar jemput kurir kira2 totalnya max 8-10 hari kerja

    Respon AVAC juga sangat cepat dan profesional ketika sy komplen tentang kinerja kurir yg tidak profesional saat mengambil dokumen sy sehingga sy kehilangan 1 hari

    Lokasi sy di Bandung dan mengurus permohonan visa melalui AVAC Jakarta

    Semoga membantu

     
    • aremaronny

      November 16, 2012 at 12:43 pm

      Terima kasih Mas Nathan atas sharing dan tambahan infonya..Enjoy Australia yah..

       
  64. dwie

    November 14, 2012 at 10:35 am

    mba, sorry nech. hari jumat besok saya mau berangkat ke ausi. rencananya mau bawa flashdisk. kira2 falsh disk itu ntar kedeteksi nggk ya saat di bandara. ntar takutnya flash disk nya di obok2 sama petugas imigrasi di bandara ausi. klo seandainya tidak terdeteksi saya mo bawa flashdsk saya, terima kasih atas info dan bantuannya

     
    • aremaronny

      November 16, 2012 at 1:15 pm

      He he he, saya kira nggak apa-apa bawa flash disk. Lebih baik Flash Disknya kosongan aja mbak. kalau sewaktu-waktu disita tidak akan ada data yang hilang.

       
  65. deny

    November 14, 2012 at 6:56 pm

    halo salam kenal, saya deny ingin bertanya. 4 tahun yang lalu saya pernah holiday ke sydney selama hampir 4 bulan, padahal visa saya hanya 3 bulan. hmm kira kira kalau skg saya mau ke sana lagi peluang untuk dapat visa turis lagi bisa gak ya ? soal persyaratan semua udah ok. hanya cm yang mengganjal soal over stay ini loo. mohon penjelasannya… thanks

     
    • aremaronny

      November 16, 2012 at 1:21 pm

      Dicoba aja mas Deny, mungkin kalau sudah 4 tahun sudah terampuni segala dosa. Kalau boleh saya sarankan lain kali jangan “nakal” lagi yah. Tuh jadi bingung sendiri kalau mau ngurus visa :).

       
  66. Isye

    November 24, 2012 at 10:19 pm

    Makasihhh mba atas infox… Detail bgt… Aseekk.. Rncnx sihh taon dpn mw ksna jd skrg bru mulai cari infox pas baca ini puas bgt. Btw jd klo ngurus visa aussie ga perlu wawancara yaa mb? Makasihh

     
    • aremaronny

      November 25, 2012 at 11:24 am

      he he tidak perlu mbak Isye…senang sekali bisa membantu..

       
  67. novi poespita dewi

    November 25, 2012 at 9:51 pm

    kalo mo buat spousal visa lewat pos bisa jg ga mba…
    pls bantuin donk mba..lwt tulisannya.aku tgg bener lo..tq y

     
    • aremaronny

      November 26, 2012 at 9:46 am

      Halo mbak Novi, mohon maaf saya tidak bisa menuliskan proses pengajuan spousal visa lewat pos karena saya sendiri tidak pernah mengalaminya. Semua tulisan yang saya buat disini berdasarkan pada pengalaman yang saya alami sendiri jadi saya tahu betul seluk beluknya. Coba deh nanti saya minta bantuan teman-teman yang sudah pernah apply spousal visa untuk menuliskan pengalamannya di blog saya.

       
  68. INDRA

    November 26, 2012 at 11:21 am

    Halo Salam sukses dan hebat luar biasa Ibu Vicky.ini adalah posting’an saya yg kedua di blog Ibu sejak 24 Okt 2012 kmrn.Saat ini visa saya bersama istri sedang dlm proses di Jkt.Akhirnya kami ikut tour Surabaya-Singapore-Ausie-Singapore-Surabaya dg pesawat SQ,(baby sy tinggal d rumah bersama ortu saya).nah ini ada sedikit kekhawatiran kami dan pastinya jg dag dig dug menunggu report visa’nya…
    1. statement bank saya mulai tanggal 03 Sept hingga 22 Nov kmrn yg sy masukkan,dg byk transaksi putar terus untuk bbrp pekerjaan,rata” perputaran uang tiap bulan sbsr 300juta hingga 500juta,rata” saldo mengendap 120juta,dan akhirnya tgl 21 kmrn sblm sy serahkan data sy,sy setorkan tunai 38juta,sehingga saldo mengendap 160jutaan..Apakah peluangnya tetap ada?takutnya saya di curigain aja dana yg terakir,krn dlm periode tsb nominal saldo 38jt itu yg plg besar masuknya,krn uang tsp sblmnya sy dptkan dr pembyran pelanggan sy yg Bon 2 bulan lalu…
    2. Apakah pihak kedubes ausi akan tlp kita utk konfirmasi pekerjaan,dll sbgnya?Dan biasanya pertanyaan apakah yg sering mereka tanyakan saat tlp ke kita?takutnya salah menjawab pertnyaan mrk…
    3. USIA sy ama istri kan tergolong masih USIA produktif,dg kami mengajukan visa dan sponsor serta biaya sendiri,tentunya dg bukti” pendukung kami memiliki usaha serta toko sendiri,tp tempt usaha HGB…apa masih bisa kami menikmati liburan ke Ausie?saat ini dag dig dug menunggu putusan dr kedubes ausi.
    4. Paspor sy yg hilang lalu,akirnya sy meminta surat ket kehilangan,yg jadi soal,kita baru sadar kalo kepolisian tsb salah ketik kalimatnya dg benar,dg pernyataan sbg berikut “lokasi hilang saat pindah rumah dr jln a ke jln b pd bln Mei 2012″…Sedangkan sy pindah dr rmh ortu ke rmh sy sendiri (karena udh menikah) bln Mei, 2 taon yg lalu..data udh terlanjur masuk kedubes ausi d Jkt,apakah kelalaian sy tsb dpt di ampuni/dmaklumi?istri sy sgt khawatir sekali,krn istri sy sgt ingin sekali liburan taon baru di Ausi.

    Mohon info serta jawaban pencerahannya Bu Vicky…demikian pertanyaan kekhawatiran kami,terima kasih. . .

     
    • aremaronny

      November 27, 2012 at 11:06 am

      Mohon maaf pak Indra..jadi bapak mau berangkat sendiri atau ikut tur? soalnya kalau ikut tur sih tidak perlu sekuatir ini masalah visa. Maaf karena diatas ada kata-kata “Akhirnya kami ikut tour Surabaya-Singapore-Ausie-Singapore-Surabaya dg pesawat SQ”.

       
      • INDRA

        November 27, 2012 at 11:11 am

        istri saya lbh prefer ikut tour melalui travel agent d Surabaya,kalo saya sbnrnya suka brkt sendiri,tp krn istri agak khawatir,akhirnya sy pilihkan jalur melalui travel agen.

         
      • aremaronny

        November 27, 2012 at 12:05 pm

        ooo…kalau bapak perginya ikutan tur, tidak usah kuatir masalah visa. Dengan persyaratan yang sudah bapak sertakan pasti akan digranted. Kenapa? karena tur pasti akan menjamin kepulangan bapak ke Indonesia dan dengan ikut tur pada dasarnya bapak sudah membayar semua biaya hidup selama di sana. Jadi kalau ikut tur dont worry to much about visa. Asal sudah memberikan persyaratan yang diminta oleh travel agennya, bapak sudah bisa tenang-tenang menunggu keberangkatan.

         
  69. INDRA

    November 26, 2012 at 11:32 am

    Oh ya sbg info tambahannya Ibu Vicky,dlm paspor yg hilang tsb,pd Oktober taon 2008 visa Canada sy dpt tolakan,di karenakan saat itu selain blm berkeluarga,jg keuangan sy hanya 30jutaan(perputaran byk tp tdk sebyk stlh sy menikah,serta saldo mengendap sering kali naik turun),apakah bakal pengaruh di permohonan visa ausi sy dan istri walau paspor nya telah hilang dan apakah data Canada dg Ausi mempengaruhi permohonan appky visa sy saat ini…
    Terima kasih banyak Bu.

     
  70. tesya

    November 26, 2012 at 4:52 pm

    Mba Vicky!! Akhinya visa kami di approve…saya share ceritanya di link ini ya http://www.tesyasblog.com/2012/11/mengajukan-visa-australia.html

    Thanks Mba Vicky, posting mba memberikan keberanian kepada kami untuk apply visa australia tanpa agent

     
    • aremaronny

      November 27, 2012 at 11:23 am

      He he he senang juga akhirnya diapproved..langsung saya cek ke TKP yah….

       
  71. Ratna Nounit

    November 27, 2012 at 10:01 pm

    Assalamu’alaikum mba Vicky!saya lagi bingung nih..
    saya ingin mengajukan dependent visa tujuannya untuk menemani suami sekolah di Perth
    nah, masalahnya saya tidak cukup dana untuk lampiran bank statement yang sebesar Rp. 550jt
    sedangkan saya juga tidak punya sponsor yang mendukung dana saya,gimana yang caranya cari sponsor?klo cari bantuan dari bank kira2 bisa g yah?
    mohon pencerahannya dari mba vicky dan teman2 lain2nya..Terima Kasih :)

     
    • aremaronny

      November 28, 2012 at 7:22 am

      Sayang saya tidak punya pengalaman untuk mengajukan visa yang beginian, coba nanti saya minta bantuan teman-teman yang sudah pernah mengajukan.

       
  72. fitri

    December 3, 2012 at 3:16 pm

    Seharian baca blognya mbak vicky bkin pengen jalan2 mulu nih……. tulisannya bermanfaat bgt mbak….. rencananya pngen backpacker gitu k bangkok bulan maret nanti tapi masih ngitung2 bagusnya ambil hotel yang mana hehehe….. tiba d bandara don muang-nya sabtu malam trus senin siang dah balik lg, jd bentar bgt dsnanya…. temenku sukanya blanja murah tp sy sukanya foto2 doang hehehehe pngen nginep d tune hotel asoka bangkok tp dapat yg lebih murah di Ramkhamhaeng Rd, Bangkok….. bagusnya ambil hotel yg mn y mbak?

    liat cara bkin visa australia jd pngen ksna juga, anak daerah susah bkin visa sih mbak heheheh

    kalo visa korea ma jepang bisa lewat pos jg g mbak?

    maap aja mbak kalo banyak tanya hehehehe

     
    • aremaronny

      December 4, 2012 at 6:18 pm

      1. Tune Hotel recommended mbak, tapi kemarin saya nginap di Nasa Vegas Ramkhamhaeng juga oke. Lokasi bagus dekat City Line. Misalnya harga bukan kendala saya pilih Tune Hotel karena lokasinya ada di persimpangan antara skytrain sama MRT, jadi mbak punya dua pilihan jalur disana.
      2. Domisili tidak mempengaruhi sebuah visa digranted atau tidak mbak, kalau dibilang anak daerah, saya juga anak daerah soalnya domisili saya di Malang.
      3. Sayangnya kalo visa Korea sama Jepang belum bisa lewat pos.

       
      • fitri

        December 5, 2012 at 2:32 pm

        kalo dari bandara don mueng ke nasa vegas hotel gmn caranya? trus nasa vegas hotel deket ma bts apa? kalo dr nasa vegas hotel k pasar pratunam bisa naik apa? hehehehehe banyak tanya lg gpp y mbak…. belom pernah ksna, takut nyasar….. trima kasih :)

         
      • aremaronny

        December 5, 2012 at 7:19 pm

        Waktu itu saya pilih Nasa Vegas karena dekat dengan stasiun Ramkhamhaeng jalur City Line (kereta menuju bandara Suvarnabhumi). Tapi kalau mbak mendaratnya di Don Mueang mending jangan nginap disana mbak, kejauhan. Tune Hotel itu cukup bagus lokasinya.

         
  73. novijanuar

    December 4, 2012 at 2:28 pm

    Maaf saya mau tanya saya mau transfer biaya visa ke anz, tp saya bingung sama biaya kliring itu apa. Misalnya saya bayar 1.140.000 + 5000 untuk cek giro atau bukan. Terus untu pembayarn logistik vsf bisa menggunakan internet bnking gak yah. Atau semuanya boleh menggunakan internet banking untuk memudahkan, karena jika saya tanya selalu jawabannya baca di webnya mereka.
    Terimakasih sebelumnya

     
    • aremaronny

      December 5, 2012 at 6:47 am

      Halo mbak Novi…
      1. Biaya kliring itu arti kasarnya sih biaya transfer antar bank. Kalau mbak punya rekening ANZ tidak perlu biaya kliring lagi.
      2. Menurut saya sih mending setor tunai manual aja mbak, karena bukti pembayaran harus discan dan di email ke mereka dan harus dilampirkan juga di form aplikasinya.

       
  74. Jane

    December 10, 2012 at 9:48 am

    Hallo, Vicky…mo sharing berita gembira…akhirnya visa ku sekeluarga di-granted….yay!!!
    submit application tgl 28 nov, resultnya tgl 4 des…cepet juga..pdhl udah deg2an takut beneran 15 hari kerja…wadauwww….mepet bgt sm tgl brgkt…hehe

    fyi, anak2 harus pake form aplikasi sendiri sendiri krn mrk punya paspor masing2….
    biaya pengurusan visa, Rp 1.320.000/org..jadi aku kmrn (aku, suami dan 2 anak), total 4 x Rp 1.320.000 = Rp 5.280.000.. pembayarannya harus cash/uang tunai…ga bisa pake kartu debit/kredit…

    trus visanya cuma berupa surat keterangan di kertas berkop AUS embassy…jadi tidak ada tulisan apa2 di paspor kita… kata petugas AVAC, itu cm buat pegangan aja..pas brgkt ga dibawa juga ga apa apa krn semuanya udah tercatat di database mrk…. ishhh, rada kuciwa..pengennya ada gambar kanguru di paspor kyk fotomu di atas ituu…hehehe

    skrg tinggal nunggu brgkt tgl 27….mudah2an sehat semua (khususnya anak2) biar bisa menikmati liburan natal dan tahun baru di Sydney…. amiinn…

    Sydney, wait for us….we’re comiiinnngg….:D

    thanks so much ya, Vicky…

     
    • aremaronny

      December 10, 2012 at 4:55 pm

      Halo mbak Jane…wahhhh ikut seneennnggg banget visanya digranted :). Iya mbak, sejak 1 Juli 2012 kedutaan Australia memberlakukan pengaturan Visa tanpa label. Jadi orang-orang yang akan bepergian ke Australia tidak memerlukan visa yang tertempel di passport (label free). Kalau mau label visa, mereka harus membayar biaya untuk label visa disebut Visa Evidence Charge (VEC) sebesar AUD 70 (IDR 700,000).

      Nanti seminggu sebelum keberangkatan anak-anak mulai diboost aja imunitasnya pakai sirup-sirup imunitas seperti stimuno. Saya tunggu cerita jalan-jalannya di myfunkitchen.blogspot.com yah..:) dan terima kasih sudah mau sharing disini..

       
  75. Yulia Restu

    December 11, 2012 at 1:27 pm

    Hei mba vicki,,
    Mau cerita nih,, aku sudah apply visa hari ini untuk keberangkatan 18 January,,
    Menyesal sangat karena dadakan urus visanya,karena baru sempet sekarang,
    dan visaku keptusannya itu minggu ke 2 january,agak lama karna kepotong hari natal dan tahun baru :”(,,
    Galau banget nih nunggu keputusannya,,bener-bener galau menunggu keputusannya,,
    mudah”an ada keajaiban dan cepat ada keputusan sebelum january,,
    oh ya mbak td sempat tanya ke petugas AVAC katanya sih klo misal visanya di tolak,aku bisa langsung apply lagi dihari itu juga,
    Doain ya mbak mudah”an di approved ya..
    Thanku

     
    • aremaronny

      December 11, 2012 at 7:32 pm

      Saya doakan visanya digranted ya mbak dan terima kasih sudah mau sharing disini.

       
  76. Yulia Restu

    December 18, 2012 at 10:53 am

    hei mbak vicki,,
    mau cerita sedikit,,
    kemarin tepatnya tgl 17 des 2012,aku iseng cek status visa ku,,ternyata sudah jdi dan diserahkan ke AVAC,,aku langsung segera tanya ke travel dan travelnya akan ambil besok(hari ini)
    Pagi ini aku cek status lagi ternyata sudah disampaikan oleh pemohon artinya kayanya sudah diambil sama travel aku,,
    dan alhamdulillah visaku di granted,,:D untuk 1 bulan tinggal. hanya 5 hari kerja (sama kaya si http://www.tesyasblog.com/2012/11/mengajukan-visa-australia.html ) bisa seberuntung tesya,,
    Rasanya berbunga” dan tdak sabar untuk liburan tgl 18 Jan-28 jan 2013,,
    Oh ya sekedar sharing nih,,
    awalnya aku gak yakin kalau visaku diapproved,,karna tabungan yang tidak memungkinkan dan sedikit mendadak ada uang,dan boleh percaya ga percaya duit saya tidak lebih dari 6juta,,saya mengajukan untuk 10 hari,,tapi memang aliran uang saya selalu ada uang masuk dari kantor,,walau ujung-ujungnya habis juga,,hehhe pemborosan dan memang saya ada sponsor dari pacar saya yang kerja diAustralia,,padahal dia org Spain,bukan asli aussie,
    Jadi aku punya kesimpulan kalau kita apply visa,benar kata mbak vicki disertakan tiket PP,karna pihak kedutaan akan lebih percaya kalau kita akan kembali lagi kesini,
    dan surat keterangan dari perusahaan itu penting bgt,,aku pikir akan ditelp dr sana,,ternyata aku tidak dicek ke perusahaan,,aku sempat tnya HRD ternyata mungkin kalau dataku sudah lengkap aku tidak perlu ditlp dan biasanya mereka punya database perusahaan-perusahaan besar,,kebetulan kantor aku sering apply visa ke australia untuk bos-bos..hehheh,,
    dan kebetulan aku sendri sudah 3 tahun bekerja diperusahaan ini dan agar lebih meyakinkan aku serahkan jg copy kartu nama dan NPWP,,dan alhamdulillah smua berjalan lancar,,
    Thanku ya mbak vicki atas doanya visa ku di granted,,
    Untuk yang lain yang ingin apply visa aussie lebih baik urus sndri,,karna ternyata mudah sekali,,kalau saya karna tidak ada waktu untuk izin kluar kntor(padahal kantornya 5 gedung disamping kantor saya hhehe) akhirnya pake travel yang didpan kantor saya,,dan pastikan travel itu bagus,,:)
    Thanku n goodluck

     
    • aremaronny

      December 18, 2012 at 1:39 pm

      Terima kasih atas sharingnya ya mbak, akhirnya digranted juga yah..met berlibur dan have a safe and nice trip.

       
  77. Yulia Restu

    December 19, 2012 at 12:17 pm

    thanku mba vicki :)

     
  78. praty

    December 20, 2012 at 1:39 am

    hiii mbak viky, pa kbar ? ni sya praty yg pernah tanya tentang visa yg pernah visa sya di tolak.

    aduh sya mengajukan visa lagi december tangal 3 ,,visa saya keluar tangal 7 december , aduh rasanya seneng banget.mbak, tangal 21 saya berangkat ke melbourne, ,, cowok sya di aus seneng banget saya dapet visa dan kita akan menikah tangl 10 bulan january , di melbourne..
    ,,.

     
    • aremaronny

      December 20, 2012 at 6:32 am

      He he he ikut senang juga mendengarnya. Waktu itu jadi apply visa sendiri atau lewat agen yang 7 juta itu? terus applynya pakai visa turis ya?

       
  79. praty

    December 20, 2012 at 10:31 pm

    he he iya mbak viky pake agency,iya saya mengajukan visa tourist yg kata mbak viky bilang,dan menyertakan documen dari cwok saya , banyak buaanget bukan cuma invitation latter atau sponsor,,bnyak banget ,,di kasih visa 3 bulan mbak, seneng banget saya rasanya,.tngl 21 december saya berangkat, ma kasih mbak !

     
    • aremaronny

      December 21, 2012 at 7:02 am

      Terima kasih juga karena sudah mau sharing disini ya mbak. Semoga perjalanannya lancar dan semua urusan dapat segera diselesaikan..

       
  80. max

    December 21, 2012 at 6:10 pm

    hallo ba vicky…..saya max, saya baru apply visa turis oz untuk tanggal keberangkatan 20 januari 2013,seandainya visa saya keluar sebelum tanggal 10 januari 2013 apa saya udah boleh berangkat dibawah tanggal 20 januari,soalnya ada perubahan rencana…….ditunggu jawabannya…..terima kasih sebelumnya…………….

     
    • aremaronny

      December 21, 2012 at 8:34 pm

      Boleh mas, biasanya yang dicantumkan di visa adalah batas maksimal tanggal kedatangan, contoh : Untuk visa yang berlaku dalam masa 3 bulan biasanya tertulis “Granted 3 April 2012 (tanggal visa di granted), must not arrive after 3 Juli 2012 (tanggal ini merupakan tanggal maksimal kedatangan)”. Jadi kalau visa mas sudah keluar tanggal 10 januari 2013 boleh saja berangkat lebih maju dari tanggal tiket (tanggal 20).

       
      • max

        December 21, 2012 at 10:59 pm

        O gitu ya……makasih banyak ya atas pencerahannya……

         
      • aremaronny

        December 22, 2012 at 5:00 pm

        Terima kasih kembali :).

         
  81. praty

    December 23, 2012 at 11:38 am

    hi mbak vicky mat siang , ni saya dah sampe melbourne,, saya terbang sendiri, saya di imigrasi di tanyain , hi, apakah km pernah ke australi, sya jawab no never,ben here,ini pertama kali km datang ke australia, sya jwab ya, di australia km tingal di mana, sya jwb, di alamat ini, siapa yg tingal di alamat ini. sya jwab my BF,your bf ,is indonesia or australian citizens, sya jwb australia citizen,how manydays you wil stay in here , sya jwb 67,days i wil stay here. terus imigrasi bilang gini ma sya , have anice trip in australia,enjoy sya jwb thank you, sya bwa nastar 3box,tapi lolos hehe he,

     
    • aremaronny

      December 24, 2012 at 7:16 am

      he he he senengnya rek..di imigrasi ini juga bikin deg-degan mbak, karena walaupun kita sudah pegang visa, petugas di imigrasi bandara masih punya hak untuk tidak membolehkan masuk dan mendeportasi. jadi big horay untuk nastar dan boleh masuknya :).

       
  82. Yulia Restu

    December 24, 2012 at 11:22 am

    hei mbak vicki, aku mau tnya,,aku kan dpt visa yang 1 bulan,
    Grantednya tgl :14 December 2012
    last date to arrive 14 March 2013
    itu maksudnya apa ya?
    1 bulannya terhitung dr tgl brp smp brp?
    aku berangkat tgl 18 jan – 28 Jan 2013
    last date to arrive itu mksdnya aku harus smp jakarta lagi sebelum tgl 14 maret?
    tpi seandainya aku perpanjang kunjungan aku bisa tdk ya?
    misalnya jdi 3 minggu disna,,
    apakah nanti pas pengurusan visa lagi tidak apa-apa?
    karana kemungkinan pulang dr liburan aku urus visa lagi buat liburan dan kerja disna,,
    thanku mbak,,

     
    • aremaronny

      December 24, 2012 at 7:33 pm

      Halo mbak Yulia. Itu maksudnya mbak harus datang ke Australia tidak boleh lebih dari tanggal 14 Maret 2013. Visa hanya berlaku 1 bulan dari tanggal kedatangan. Jadi misalnya mbak tiba di Australia tanggal 18 Januari 2013, masa visanya akan berakhir tanggal 18 Pebruari 2013.

       
  83. yulia

    January 14, 2013 at 7:11 pm

    hi mb vicki,salam kenal,,,
    suami saya berencana mengajak saya liburan ke ausie,,tp paspor saya masih kosong dan tidak ada surat sponsor dari tmn atau family d ausie, suami saya berkebangsaan spanyol,dia sdh beberapa kali liburan ke ausie n negara2 lain dan apply visanya pun sangat gampang(online) hanya dlm 1×24 jam n approve,,pertanyaan saya,,apakah visa saya bisa di approve ??
    trima kasih

     
    • aremaronny

      January 14, 2013 at 7:49 pm

      Halo mbak Yulia salam kenal juga, apakah paspor mbak masih pakai paspor Indonesia ? dalam arti tidak pindah kewarganegaraankah?. Kalau mbak masih pegang paspor Indonesia, mending untuk kali ini suami mbak saya sarankan apply visa Australianya tidak online tapi manual (diantar atau dikirim via pos) bersamaan dengan punya mbak. Dengan demikian mbak tidak perlu melampirkan rekening koran karena sudah bersamaan dengan suami.

       
    • fitri

      January 15, 2013 at 10:30 am

      mbak vicki…… sy dah booking hotel di pratunam city inn
      gimana caranya ke hotel itu dr bandara don mueng, trus kalo mw k pasar pratunam lewat mana?

      maaf banget kalo banyak tanya y mbak…. hehehehe makasih :)

       
      • aremaronny

        January 15, 2013 at 2:46 pm

        Pratunam City Inn letaknya kurang lebih 500 mt dari stasiun kereta Makassan. Kalau tidak punya barang bawaan yang berat mending keluar dari Don Mueang naik kereta sampai stasiun Hua Lampong disambung naik MRT Metro turun di stasiun Makkassan. Tapi kalau kopernya berat, perginya lebih dari 2 orang dan datangnya di Don Mueang malam hari mending langsung naik taksi aja mbak. Dari Pratunam City Inn ke Pratunam Market sangat dekat. Coba cek di Google Map tentang arahnya.

         
      • fitri

        January 15, 2013 at 3:48 pm

        oh ia……. makasih mbak…… kalo dr hongkong mw ke macau gmn mbak? kalo mbak kan lewat shenzen, sy mw langsung aja mbak dr hongkong ke macau….. trus di 2 kota itu gak pake visa kan?
        trima kasih :)
        rencana mw ksana bln okt…..
        mumpung lagi promo tiketnya

         
      • aremaronny

        January 15, 2013 at 9:41 pm

        Dari Hongkong ke Macau bisa ditempuh dengan menggunakan ferry. Pelabuhan ferrynya ada dua (mbak pilih mana yang lebih dekat) :
        1. Turbo jet berangkat dari pelabuhan Shun Tak di Hong Kong Island dekat Sheung Wan.
        2. First Ferry berangkat dari China Ferry Terminal di Tsim Sha Tsui (TST) Kowloon.

         
      • fitri

        January 16, 2013 at 2:54 pm

        oh gitu y mbak….. mbak, kalo booking hotel di crown hongkong itu bayar dluan pake CC ato cuma booking aja trus bayarnya nanti pas disna y?

         
      • aremaronny

        January 16, 2013 at 10:03 pm

        Booking saja nanti bayar di tempat pada saat check inn.

         
  84. yelin

    January 18, 2013 at 1:30 pm

    hallo mba vicky salam kenal, saya ada rencana untuk ke aussie bln juni ini bersama suami dan 2 anak. sebenarnya nekad jg sih krn qt blm pernah kesana dan tdk pk tour. Yang ingin saya tanyakan berapa jumlah uang yg hrs ada di rekening tabungan untuk kami pergi? krn dari info yg saya dpt dari agent, minimal 1 org 50 juta…waduh 200 jt dong kl ber 4, bener ga sih mba? mhn info nya. dan untuk surat sponsor dari kantor ada contohnya ga mba? tks byk infonya

     
    • aremaronny

      January 18, 2013 at 3:17 pm

      Salam kenal juga mbak Yelin..sebenarnya yang dilihat itu bukan hanya besarannya saja tapi juga arus tabungannya. Ada teman saya yang hanya punya tabungan 25 juta bisa tembus tapi ada juga yang tabungannya sampai ratusan tidak tembus. Pada dasarnya mereka mensyaratkan 1 hari perjalanan Rp. 1.000.000 jadi tinggal menghitung saja berapa hari perjalanan dikalikan 4 dikalikan 1 juta. Untuk surat sponsor dari kantor sudah saya contohkan di beberapa pertanyaan diatas.

       
  85. melly

    January 27, 2013 at 9:51 pm

    hallo mba vicky.. sy rencana maret ini ke ausie – nz, sdh ajuin visa ausie & di setujui, cm masalahnya dptnya single entry..

    Krn sy k NZ via ausie dgn pesawat yg berbeda maka harus keluar immigrasi sehingga visa single akan terpakai, sdgkan kami plg melalui ausie kembali jd tidak akan bisa masuk lg..

    1. Bila sy ajukan kembali untuk minta multiple, apa visanya nti d cancel smua gk ya? takutnya malah gk dikasih lg.

    2. Bila sudah punya visa single entry apa boleh ajukan transit visa, trus yg sdh dpt singlenya nti di cancel gk ya?

    Thks infonya

     
    • aremaronny

      January 28, 2013 at 6:01 am

      Halo mbak Melly, sayang saya tidak punya pengalaman tentang visa Australia seluas itu. Saran saya mending mbak langsung datang saja ke kedutaan dan berkonsultasi langsung sama petugasnya. Btw apakah saat mengajukan visa sudah dicentang pilihan visa multiple?

       
  86. ema

    February 1, 2013 at 8:24 am

    hallo mbak vicky, saya kebetulan ada rencana untuk berlibur ke aussie, memang masih lama tepatnya januari 2014, tp saya ingin mempersiapkan data2 dari sekarang terutama keuangan agar terlihat lebih ‘rapi’ hehe, yang mau saya tanyakan, perlu nda kita beli asuransi, kebetulan saya akan pergi bersama suami dan 1 anak saya. thanks

     
    • aremaronny

      February 1, 2013 at 8:30 pm

      Halo mbak Ema, sebenarnya kedutaan Australia tidak mensyaratkan pembelian asuransi untuk apply visa turis biasa. Tapi bila dilihat dari manfaatnya tidak ada salahnya untuk membeli.

       
  87. ayu

    February 11, 2013 at 11:55 pm

    Mbak Vicky saya mau merid bulan Juni ini lalu awal Juli pengen honeymoon ke Australia, saya rencana ngurus visa bulan Mei, biar ga terlalu lama ke bulan Juli. Tapi ada masalah yaitu :
    1. Tabungan saya yg cuma sekitar 10 juta bakalan jadi ratusan ribu aja menjelang Juni krn buat bayar tetek bengek wedding. Jadi saya ga mungkin ngelampirin rek. koran saya kan? Memang calon suami yang bakal mensponsorin saya. Apakah bisa mencantumkan rekening calon suami saya (walaupun statusnya belum jadi suami pas bulan Mei).
    2. Saya juga mau resign dari kantor awal April untuk persiapan menjelang merried. jadi pas ngurus visa bulan Mei status saya kemungkinan jobless. Bisa ga saya bilang kalau saya tidak bekerja dan tidak juga mahasiswa?

    Mohon pencerahannya. NB : calon suami saya WN Singapura bekerja di negaranya, jadi begitu menikah saya diboyong kesana.

     
    • aremaronny

      February 12, 2013 at 6:12 am

      Mbak Ayu, jawabannya saya tulis via e mail yah…

       
  88. Yana z

    February 19, 2013 at 4:57 pm

    Salam Kenal nbak vicky… Aduh.. Coba saya ketemu blok nya nbak sebelum apply visa kemaren. :( pasti ga kacau begini… Maaf nbak saya mau info dan saran nya, 2 hari lalu visa saya di tolak.. Padahal saya sdh mengajukan cuti bln depan, kalau saya apply visa lagi dan saya ikut tour.. Dalam jangka waktu dekat ini, maybe bln depan krn saya cuti nya akhir bln depan.. Menurut nbak apa saya masih bisa apply visa ? Kemungkinan nya kira kira bagaimana nbak? Dengan catatan saya melengkapi smua data yg kurang kmrn, dan jika data nya berbeda dgn yg kmrn apa bermasalah? Mohon saran dan info nya nbak vicky.. :) .. Thankq so much..

     
    • aremaronny

      February 20, 2013 at 6:29 am

      Halo mbak Yana, turut prihatin atas penolakan visanya. Kalau perginya ikut tur kemungkinan besar visanya aman mbak, karena tur berarti sudah ada jaminan kalau mbak akan kembali, tidak bakalan bekerja disana dan tidak terlantar karena semua biaya hidup sudah dibayar. Cuman masalahnya biasanya pihak kedutaan memberlakukan masa tenggang untuk apply visa selanjutnya dan periodenya bermacam-macam ada yang 3 bulan dan ada yang 6 bulan. Untuk hal ini saya sarankan mbak berkonsultasi juga dengan pihak tur dan kedutaan. Kalau tidak berkeberatan maukah mbak membagi hasilnya disini, supaya menjadi tambahan informasi bagi saya dan teman-teman yang lain.

       
  89. tata_purple

    February 22, 2013 at 7:09 pm

    mba aku mau tanya.. apakah mba tau ukuran foto dan warna back ground yang harus di serahkan pada saat pengurusan visa tinggal (permanent residence) .. trima kasih sebelumnya…

     
  90. tata_purple

    February 23, 2013 at 6:18 pm

    ooohh oke.. makasih ya mba infonya

     
    • aremaronny

      February 25, 2013 at 6:27 am

      Sama-sama mbak Tata, maaf yah kurang bisa membantu.

       
  91. Yana z

    February 24, 2013 at 8:46 am

    Hallo.. Nbak vicky..
    Saya boleh minta email nbak vicky utk share soal visa, krn ini ada hall yg menyangkut kridibilitas seorang agent, stelah itu kita share di blok agar para temen disini juga tau.. Saya sangat berharap dapet balasan alamat email dr nbak.. Ini email saya : Febryana_dz2002@yahoo.com thankq so much nbak

     
  92. ayu

    March 15, 2013 at 11:13 am

    hallo mbak vicky,mau tanya donk. kalau kita memberikan surat sponsor dari perusahaan untuk keperluan visa,apakan pihak kedutaan akan menghubungi perusahaan tempat saya bekerja untuk mengkonfirmasi?

     
    • aremaronny

      March 16, 2013 at 11:34 pm

      Halo mbak Ayu, terkadang dihubungi terkadang juga tidak.

       
      • ayu

        March 18, 2013 at 10:23 am

        terima kasih infonya,mba. :)

         
      • aremaronny

        March 19, 2013 at 6:00 am

        Sama-sama mbak Ayu

         
  93. yuni

    March 16, 2013 at 8:57 am

    Hallo mbak, saya awal april pergi ke aussie bersama agen your selama 6 hari. Masa berlaku visa adalah 3 bulan. Pihak agen menyatakan visa saya hanya sekali kunjungan. Visa berlaku samapai juni 2013. Kalau sya mau ke australia lagi dengan berangkat seniri bisa gak ya? Terima kasih mba atas infonya. Di tungguya

     
    • aremaronny

      March 17, 2013 at 12:01 am

      Halo mbak Yuni, kalau visanya hanya sekali kunjungan berarti mbak tidak bisa masuk lagi ke Australia kecuali apply visa baru lagi. Kalau visanya berjenis multiple entry baru bisa bolak-balik ke Australia.

       
  94. yuni

    March 17, 2013 at 8:42 am

    Terima kasih mbak atas infonya, saya mau tanya lagi nih. Jika saya membatalkan kunjungan ke australia melalui paket wisata yang telah membuatkan visa saya, dapatkah saya berkunjung sendiri ke australia ? Karenasaya berniat untuk mengunjungi teman saya di sana. Alasan saya membatalkan perjalanan saya melalui tour karena tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Lalu bermasalahkah visa saya ketika berkunjung ke australia ? Terima kasih mba atas infonya

     
    • aremaronny

      March 18, 2013 at 7:12 am

      Insyallah bisa mbak kalau visanya sudah disetujui, karena visa dan tour adalah dua hal yang tidak berkaitan.

       
  95. ayu

    March 27, 2013 at 6:52 pm

    hallo mba’ vicky… aku mau sedikit bertanya..2minggu yang lalu saya sudah mengajukan visa australia lewat agency… dan ternyata visa saya ditolak dengan alasan kondisi keuangan saya tidak mencukupi. ya memang uang yang saya miliki cuma 30 juta… saya ingin bertanya berapa lama saya boleh mengajukan visa lagi setelah ditolak dan dokumen apa yang saya perlukan jika kakak saya mau mendanai perjalanan saya? terima kasih.

     
    • aremaronny

      March 28, 2013 at 6:36 am

      Mbak Ayu saya turut prihatin atas penolakan visanya yah. Kalau di surat penolakan tidak dicantumkan kapan boleh apply lagi, maka biasanya batas minimal pengajuan visa lagi adalah 6 bulan. Jika kakak yang akan mendanai perjalanan maka rekening koran kakak harus dicantumkan selain itu harus ada bukti dokumen yang menyatakan hubungan mbak Ayu dengan kakak. Menurut pendapat saya, cara itu akan jauh lebih rumit. Usulan saya bagaimana kalau mbak Ayu minta kakak untuk mempercantik tabungan mbak Ayu dengan cara menyetor sedikit demi sedikit ke tabungan sehingga tampak ada penerimaan rutin.

       
  96. ayu

    March 28, 2013 at 5:40 pm

    terima kasih atas jawabannya mba’. mungkin saya akan menunggu beberapa bulan ke depan sambil menambah jumlah tabungan saya. doakan saya semoga saya beruntung di kedua kalinya saya mencoba. terima kasih mba’. :)

     
    • aremaronny

      March 28, 2013 at 10:39 pm

      Iya mbak Ayu, semoga usaha yang kedua kalinya bisa berhasil. Yakinlah kalau sekarang bukan waktu yang terbaik bagi mbak Ayu untuk pergi ke Australia, bagaimanapun Tuhan lebih tahu yang terbaik bagi diri kita :).

       
      • dwie dee

        March 28, 2013 at 10:46 pm

        O ya mb vicky, sya mo nanya. Dgr2 untk pengurusan visa holiday it katanya klo bulan2 mei-juli bkal sdkt sulit dpt approve mbk ya? Soalnya kedutaan lbh mendahulukan org2 yg mau aplikasi visa pelajar, apa it bner mbk, soalnya tmen sya ada rncna mo pengajuan blm mei nya. Thanx mba atas sharingnya.

         
      • aremaronny

        April 2, 2013 at 1:01 pm

        Insyaalah sepertinya tidak mbak, cuman mungkin waktu pengurusannya yang agak lama.

         
  97. Issy

    April 3, 2013 at 11:28 pm

    Mbak Vicky.. seperti temen2 yg lain.. saya jug alagi galau masalah visa Oz nich.. sebenernya saya udah baca semua comment n tanggapan dr awal sampai akhir.. tapi blm puas juga rasanya sebelum menanyakan langsung hiks…

    Rencana minggu depan saya mau apply visa, segala sesuatu sudah di siapkan, walopun dengan tabungan yg di bawah 10juta… hikshiks mengenaskan…

    Yg menjadi pertanyaan saya adalah:
    1. Apakah saya perlu melampirkan bukti rekening Bank saya? (karena saya di support teman saya(pacar) WN Australia). support yg diberikan berupa asuransi, supporting letter, slip gaji n rekening koran, copy passport, membayar applikasi visa dr embassy Australia, akomodasi dll

    2. Rencana saya akan mengajukan visa untuk 12 bulan, apakah akan memberatkan visa untuk bisa granted? ( saya juga mendapat letter To Whom it May Concern dr perusahaan yg menyatakan saya akan kembali bekerja setelah trip saya dlm waktu 12 bulan.
    Kemungkinan saya juga akan mengurus pernikahan kami dlm waktu 12 bulan tersebut dan mungkin akan bolak-balik Jakarta-Melbourne untuk mengurus semuanya. makanya apply sekalian 12 bln.

    3. Apakah saya perlu medical check up dan police report?

    Kira2 sudah bisa meyakinkan pihak immi untuk memberikan visa blm ya..? duch nervous pake banget dech pokoknya…

    Di tunggu sarannya ya Mbak Vicky.. makasih sebelumnya..

     
    • aremaronny

      April 4, 2013 at 6:43 am

      Halo mbak Issy..
      1. Kalau semuanya akan disuport dari pacar termasuk keuangan, mbak tidak perlu mencantumkan bukti rekening bank.
      2. Kalau mbak berencana akan bolak balik ke Australia di formulirnya harus diterangkan secara detail alasannya. Insyaallah kalau jelas dan masuk akal tidak akan ada alasan untuk tidak digranted. Dalam hal ini mbak harus memposisikan diri sebagai pemerintah Australia yang akan menerima pengunjung asing, apakah alasannya masuk akal? apakah bukti2 dokumen yang dilampirkan mendukung hal tersebut?
      3. Saya kira tidak perlu medical check up dan police report.

       
  98. Issy

    April 4, 2013 at 12:22 pm

    Terimakasih mbak Vicky untuk respon yg super cepat.. wah udah kayak autoresponder aja nich mbak hehhehe…..

    Yup, dalam suppur letter bf saya sudah di jelaskan alasan untuk meng-invite saya… mudah2an semua berjalan lancar.. Do’ain ya Mbak…
    Semua bukti document sudah lengkap tinggal meluncur ke AVAC minggu depan… InsyaAllah hasilnya akan saya share kesini.. siapa tau bermanfaat untuk teman2 yang lain…

    Sekali lagi terimakasih dukungannya yg menambah pede untuk segera apply dlm waktu dekat..:-)
    Pokoknya Bismillahirrahmanirrahim… Dan berdo’a sekuat tenaga…:-)

     
    • aremaronny

      April 4, 2013 at 8:41 pm

      Semoga lancar ya mbak Issy.

       
  99. lenny dd

    April 5, 2013 at 11:40 am

    siang mba vicky…………
    temen saya mau aplikasi visa turis ke oz, dia nanya2 sama saya soal aplikasi visa tapi saya dpti ada beberapa perubahan yang membuat saya sedikit ragu buat kasih info ke temen saya itu, jadi saya minta pertolongan ke mba dech hehehehehehehehe…………….
    sorry mau nanya, sekarang form 48R udah diganti jadi form 1419 mba ya ? karena waktu masuk link dari mba, yang ada form 1419 dan bukan form 48R.
    sekarang untuk visa tourist masuk subclass 600 ya?apa ada bedanya dengan subclass 676 ?
    untuk biayanya juga sudah mengalami perubahan.
    mohon informasinya tentang visa ETA subclass 676 ? maaf mba ya, soalnya saya baca2 web dari di kedutaan banyak perubahan jadi saya makin bingung, mungkin penjelasan yang lebih sederhana dari mba vicky bisa sangat membantu saya sekali mba, maaf banget soalnya pertanyaanya banyak banget. makasih sebelumnya………. salam buat semua, dan buat yang lagi aplikasi visa semoga sukses ya.

     
    • aremaronny

      April 6, 2013 at 11:42 am

      Halo mbak Lenny, idealnya memang saya harus mengupdate info2 di blog saya ini. Memang ada beberapa perubahan mbak antara lain :
      1. Formulir 48R memang sudah diganti dengan Form 1419 (untuk Turis)
      2. Untuk visa kunjungan sementara (turis)memang sudah masuk Subclas 600. Semenjak 23 Maret 2013 Subclass 676 sudah ditiadakan.
      3. Untuk biaya memang sudah mengalami perubahan tahun 2012 kemarin. Untuk tabel biaya dapat dilihat disini http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/VisaFees.html
      4. Mohon maaf apakah yang dimaksud ETA 976?. ETA 976 untuk visitor sudah diganti dengan ETA subclas 601. Informasi tentang ETA 601 dapat dilihat disini http://www.immi.gov.au/visas/visitor/.
      Semoga saya segera punya waktu untuk mengupdate informasi di blog saya ini ya mbak Lenny. Terima kasih karena mau meluangkan waktu untuk membaca.

       
  100. Tomy

    April 12, 2013 at 9:50 pm

    Salam knal mbk.
    Aq mw tnya,kbetulan da rekanan wn ausy yg undang saya bwt dateng ksana n mw jadi sponsor.
    Terus trang keuangan d rekening tiap blan kluar masuk cm skitar 20jtan j,trus aq hrus persiapin pa j n kl bwt rekan sy untuk jd sponsor d rek dy hrus da brp y nominalny n data apa yang hrus sy minta dr bakal sponsor sy.?
    N pa iya status bujang bs jd nilai negatif.?Tolong dkasih blesan y mbk,,makasih.

     
    • aremaronny

      April 13, 2013 at 6:19 pm

      Halo mas Tommy, kalau temannya bersedia jadi sponsor maka harus mencantumkan surat undangan yang berisi tujuan dari kunjungan, lama kunjungan, hubungan dengan yang mensponsori dan bentuk sponsor yang diterima (eg. financial (berarti harus mencantumkan rekening koran pesponsor), accommodation (harus mencantumkan bukti sewa atau kepemilikan tanah)). Selain itu dia juga harus mencantumkan status kewarganegaraannya di Australia (eg. copy of Australian passport/visa).

       
  101. Issy

    April 26, 2013 at 10:35 pm

    Hello Mbak Vicky..

    Pa kabar..? smoga makin sukses yaa..

    Oh ya mbak.. sesuai janji saya untuk share hasil aplikasi visa Australia.
    Saya tanggal 11 April kemarin sudah apply visa.. dan kebetulan proses juga jam 11 dan nomer urut 111.. ckckckkck… kebetulan aja kali yaa…

    Dan benar Mbak Tuhan memang berbelas kasih pada saya, kemarin seorang dg suara Bapak2 dr kedutaan tlp dengan ramahnya bahwa visa saya GRANTED… woooowww.. kebayang dech betapa saya koprol kegirangan xixiixii… :-D

    Memang sich prosesnya bikin nervous se nervous2nya… tapi dengan mudah saya bisa lalui semuanya..
    Benar kata Mbak Vicky.. karena saya di sponsori pacar saya.. saya tidak perlu melampirkan copy rekening saya… tidak perlu medical.. tidak perlu police report..
    Saya mengajukan utk 1 tahun tapi ternyata hanya utk 3 bulan saja… Dr pihak konsulat bilang karena ini baru pertama kalinya trip saya ke Australia… dan saya belum pernah ke luar negeri.. passport masih belum ade cap apapun.. hadeehhh….. memang bener perlu banget kok di warnai dikit gitu kali ya.. ke spore atawa m’sia yg murah2 di tetangga…

    Tapi bersyukur juga… keberanian saya menuju AVAC membuahkan hasil yg akan membawa saya ke calon mertua…
    Sekali lagi terimakasih Mbak Vicky… atas dukungan dan sarannya.. semua itu sangat bermanfaat buat saya.. Semoga ini bisa jadi semangat juga saudara2 yang akan apply visa ke Australia…
    Tidak separah yang kita bayangkan…Tidak semenakutkan yg kita bayangkan… dan benar.. Kalau semua persyaratan kita lengkap…TIDAK ADA ALASAN UNTUK TIDAK DI GRANTED.

    Many Thanks

     
    • aremaronny

      April 27, 2013 at 9:53 am

      He..he..he mbak sungguh beruntung bisa digranted. Jadi kita bisa berkesimpulan kalau paspor masih kosong dan tabungan tidak cukup mending cari sponsor dan undangan dari teman atau saudara di Australia yah. Have a nice trip ya mbak, enjoy Australia deh…

       
  102. Issy

    April 27, 2013 at 1:48 pm

    Iya betul Mbak….

    Buat teman2 yg sekitar jabodetabek ga usah sungkan2 dech kalo mau apply sendiri ke AVAC atau ke Embassy langsung… Prosesnya cuma kayak kita ngantri di Bank mau buka rekening baru xixixixi…

    DI website di jelaskan ga boleh bawa tas hp dll… (waktu itu nekad aja bawa… ga pede kalo ga bawa tas hikz..) Dan ternyata emang ga masalah… boleh bawa tas bahkan ransel pun di perbolehkan… cuma di sana memang melalui beberapa satpam yg akan memeriksa kita dan disuruh membuka tas alakadarnya… di dlm kantor AVAC hp harus dimatikan…

    Waktu saya ke sana juga ga rame2 amat kok.. kebanyakan malah org2 travel agent yg membawa segebok document… padahal kalo kita ngurus sendiri segitu gampangnya yaaa… :-D
    so… jangan ragu2 dech… ga serem .. its fun… bahkan dpt gratis perdana Australia, lumayan… hehehhehe..

    Thanks again

     
    • aremaronny

      May 17, 2013 at 9:18 am

      Semoga sukses dengan perjalanannya ya mbak Ida, Wish your dream will come true

       
  103. Dimas P Muharam (@DimasMuharam)

    June 17, 2013 at 4:22 pm

    terima kasih informasinya.. berarti total biaya kurir 100rb ya?

     
    • aremaronny

      June 17, 2013 at 6:16 pm

      Iya mas, jemput dan antar

       
  104. susan

    August 22, 2013 at 11:29 pm

    Mbak, saya mau tanya. Apakah ada ketentuan, kapan batas waktu antara keberangkatan dengan wkt apply visa? Apakah benar jika kita harus apply visa paling cepat 3bulan sblm berangkat?

     
    • aremaronny

      August 23, 2013 at 1:19 pm

      Kebanyakan kedutaan memang menyarankan 90 hari sebelum keberangkatan mbak, tapi ada juga yang 6 bulan sebelumnya. Tapi saran saya sih jangan terlalu mepet. Untuk jaga-jaga saja siapa tahu applynya pas high season sehingga prosesnya bisa lebih lama dari seharusnya.

       
  105. Prita Dwi Kurniawati

    September 5, 2013 at 4:20 pm

    hai mbak Vicky, salam kenal. Informatif banget ini. saya juga rencana apply visa via pos
    karena akomodasi + semua pengeluaran liburan saya selama di Australia di support teman saya ( dokumen penunjang spt : invitation letter dll sudah komplit). Apakah saya masih harus membuat itinerary ? karena sifat liburan saya disana hanya mengunjungi dia dan keliling sekitar Melbourne saja. Saya baca di blog lain, itinerary bukan kewajban. Apa mbak Vicky bisa kasih contoh itinerary yang simple saja?

    Terima Kasih :)

     
    • aremaronny

      September 5, 2013 at 10:23 pm

      Kalau untuk visa Australia tidak usah bikin itinerary tambahan kecuali yang sudah ditulis di form aplikasinya mbak. Itinerary disitu saja sudah cukup kok tidak perlu terlalu mendetail. Waktu itu saya cuman tulis tanggal sekian sampai sekian di Sydney, tanggal sekian sampai sekian di Melbourne.

       
      • Prita Dwi Kurniawati

        September 6, 2013 at 9:36 am

        Terima kasih responnya. Oh ya mbak, kalau ada pertanyaan seputar cara pengisian aplikasi visa, harus menghubungi mana? saya ada pertanyaan soal pengisian given name dan family name. :)))

         
      • aremaronny

        September 9, 2013 at 7:11 pm

        Kalau ragu tentang pengisiannya bisa email ke kedutaan Australia saja mbak karena AVAC biasanya tidak melayani pertanyaan-pertanyaan seputar persyaratan dan pengisian Visa. Given Name adalah nama depan mbak sedang family name nama belakangnya. Jadi Given Name-nya mbak adalah Prita Dwi sedangkan Family Namenya adalah Kurniawati

         
      • The Rain Admirer

        September 6, 2013 at 3:14 pm

        Oh ya, saya bisa minta contoh email supaya saya bisa bayar VISA via transfer bank? karena sama seperti mbak Vicky, saya tidak punya giro dan deposito. untuk buka giro di Bank ANZ harus buka rekening baru dengan saldo minimal 25 juta :( saya sudah bayar logistic VFS nya tinggal bayar visanya ini yang bikin down. jika bisa , minta diemail ke : iamgirlmaro@yahoo.co.id
        terima kasih

         
      • aremaronny

        September 9, 2013 at 7:16 pm

        Langsung saja transfer seperti saya mbak (tidak usah pakai surat)

         
  106. Prita Dwi Kurniawati

    September 26, 2013 at 10:37 am

    mbak Vicky, bisa diemail Appeal Letter ke email saya : iamgirlmaro@yahoo.co.id ? pengajuan visa saya ditolak. alasannya karena mereka nggak yakin kalo saya akan balik ke indonesia. dan mungkin karena saya belum pernah ke LN (lah iya makanya saya mo liburan ke Aussie hehehhe ) padahal sudah melampirkan surat keterangan perusahaan, slip gaji dll. memang saya ngga melampirkan booking tiket karena resiko. sponsor saya disana pemegang student visa dan dia yang menanggung akomodasi.

    di refusal letter disebutkan saya bisa apply lagi dengan melengkapi dokumen2.
    Thanks mbak

     
    • aremaronny

      October 2, 2013 at 3:21 pm

      Kalau masih ingin pergi mending dilengkapi aja dengan bookingan tiket (bisa minta di travel agen dan tanpa biaya)juga lengkapi dengan bookingan hotel yang bisa dibook lewat booking.com. Jangan lupa ambil yang free cancelation supaya tidak dikenakan biaya pemesanan.

       
  107. iskandar idhaq

    October 29, 2013 at 3:00 am

    Sya mau urus visa autralia turis.syukur syukur visa bisnis.mohon info

     
  108. steffi

    November 28, 2013 at 8:15 pm

    Halo mbak vicky, salam kenal..
    Saya berencana apply visa OZ lewat pos juga. Maklum, saya tinggal di daerah.. Yang mau saya tanyakan, sayanberencana mengunjungi australia di bulan july, bila saya apply sekitar januart apakah waktunya pas? Berapa lama visa saya bertahan bila ternyata disetujui. Lalu, tujuan saya ke australia bukan untuk liburan, saya berencana melakukan kegiatan volunteer. Saya ikut helpx. Dimana saya menukar tenaga saya selama jam yang disetujui dengan accomodation and meals. Jenis visa apa yang harus saya apply? Dan tempat saya melakukan volunteer tidak bisa menjadi sponsor. Keterangan apa yang harus saya isi saat saya apply visa? Maaf pertanyaannya banyak mbak. Mohon dibantu pencerahanya…. Saya udah ngubek2 dari atas sampai bawah tapi ngga ada yang punya pengalaman sama.. Hehehehe… Thank you mbak.,.

     
    • aremaronny

      November 29, 2013 at 9:10 am

      Halo mbak Steffi…
      1. Kalau berangkatnya bulan Juli apply visa paling tidak 3 bulan sebelumnya yaitu sekitar bulan Mei. Periode visanya nanti tergantung kedutaan mau dikasih berapa lama. Untuk yang pertama kali apply, biasanya disesuaikan dengan masa tinggal dimana salah satu pertimbangannya adalah tanggal pulang pergi pada tiket pesawat.
      2. Untuk visa for Volunteer, sepanjang yang saya tahu kalau Help X tidak bisa menjadi sponsor maka mbak bisa apply visa turis sambil bekerja sebagai volunteer dengan syarat :
      • Tujuan utama mengunjungi Australia adalah sebagai turis dan bekerja sebaga sukarelawan hanyalah bersifat incidental.
      • Tidak menerima gaji atau imbalan dari pekerjaan sebagai Volunteer.
      3. Bila mbak masih ragu tentang visa for volunteer ini, layangkan e-mail ke immigration.jakarta@dfat.gov.au

       
  109. mank ajus

    December 17, 2013 at 7:07 pm

    infonya bagus banget, pengalaman saya pernah apply visa ausie di AVAC hampir 3 minggu baru keluar hasilnya degdegan banget nunggunya, minggu pertama sy dapat email dari embassy diminta untuk mengirim buku tabungan saya yg asli, padahal daalam aplikasi sudah sy sertakan photocopy yg sudah dilegalisir dan surat referensi dari bank. apa dikira saya boong ya :-). tapi akhirnya dapat visanya dan kaget juga dikasi multiple entry visa selama 1 tahun padahal hanya untuk single entry .

     
    • aremaronny

      December 18, 2013 at 11:28 am

      He he..how lucky you are..walaupun lama tapi hasilnya kan top habis. Itulah sebabnya mengapa pengajuan visa sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Senang sekali mank Ajus bisa sharing disini.

       
  110. Dina Amaludin

    January 8, 2014 at 5:13 pm

    sangat membantu nih blognya. Visa tourist saya baru saja di grant dan prosesnya singkat hanya 3 hari kerja. saya di sponsori tunangan saya yang warga Negara Australia. memang document yang saya masukan lumayan banyak karna memang harus lengkap.

    Pihak Saya
    1. KTP dan KK
    2. Keterangan bekerja dari Perusahaan
    3. Slip gaji
    3. Photo copy passport dan passport aslinya harap dibawa

    Pihak Sponsor :
    1. Invitation letter
    2. Surat keterangan bekerja cantumkan juga penghasilannya
    3. Copy passport
    4. SIM

    Semoga bermanfaat ya..

     
    • aremaronny

      January 10, 2014 at 1:55 pm

      Terima kasih mbak Dina atas sharingnya yah…

       
  111. hidayatush

    January 13, 2014 at 5:02 pm

    Sungguh menginspirasi sekali pengalamannya. mbak bolehkah saya minta no.hp.ato.contact person untuk.bisa d hubungi.. Saya juga ad rencana k.aussie untuk.conference.. Tapi terkendala dana..
    mohon balasannya . Thanks

     
    • aremaronny

      January 16, 2014 at 8:18 am

      Coba add saya di FB nanti saya inbox no telpnya yah…

       
  112. Ayyu

    January 19, 2014 at 4:58 am

    Hallo salam kenal
    Nama saya ayyu, saya lagi deg deg an huhuhu
    Ibu saya sedang mengajukan permohonan visa sjak akhir desember 2013, ditunggu tunggu sampai tanggal 18 jan blm ada keterangan lewat email, nah tiba tiba ada email tnggal 19 jan tapi di email itu sudah sejak 11 hari lalu tepatnya sudah sejak tanggal 7, menyatakan bahwa ibu saya harus melakukan medical exam. Yang jadi masalah di email menyatakan dalam waktu 7 hari harus ada data dari medical dan bila tidak mereka akan memutuskan dengan hanya dokumen yang ada, lalu masalah kedua knapa gmail bisa melakukan telat email seperti itu, dan sudah saya cari di internet banyak orang yang mengalami masalah keterlambatan email.
    Karena itu saya lagi stress dan pusing gak bs tidur padahal lagi hamil, dan saya ingin ibu saya menemani saya dalam persalinan, persalinan tersebut pada awal maret,
    Kira2 visa turis ibu saya bakal diterima tidak ya? Karena ibu mengajukan visa untuk 6 bulan maka di suruh melakukan medical exam, jika hal ini sudah terjadi bisa gak ya kira2 merka tetap memberikan visa untuk 3 bulan aja .
    Kemana kira2 saya bisa menghubungi dan meminta tolong dengan masalah ini?
    Terima kasih

     
    • aremaronny

      January 19, 2014 at 1:15 pm

      He he halo mbak Ayu…Kalau saran saya :
      1. Mending mbak telepon ke Kedutaan Australia untuk memberitahu mengenai keterlambatan e mail yang mbak terima.
      2. Selanjutnya mbak tanyakan pula apakah medical examnya masih diperlukan.
      3. Kalau masih diperlukan segera lakukan Medical Exam dan susulkan dokumen tersebut ke Kedutaan Australia.
      4. Bila sudah tidak diperlukan yah tidak usah dilakukan dan tinggal berdoa sebanyak-banyaknya :).
      Pasrah saja ya mbak yang penting sudah usaha. Saya yakin Insyaallah keinginan mbak untuk melahirkan dengan ditunggui ibu pasti akan tercapai. Kalau tidak bisa ditunggui, percayalah itu sudah kehendak Allah dan Allah selalu memberikan yang terbaik jauh diluar batas pengetahuan manusia. Semoga kelahirannya lancar ya mbak.

       
  113. Ayyu

    January 19, 2014 at 2:53 pm

    Amin amin..Makasih atas support dan doanya :) iya deh besok mau coba telpon kedutaan australia
    Tp td ibu udah ke rumah sakit, udah bikin appointment buat x ray besok.
    Saya sih udah kirim email ke avac mengenai apa yang terjadi, tp belom dibales
    Saya si berharap ibu saya tetep dikasih visa walopun cm 3 bln gk papa deh.
    Skali lagi terima kasih atas sarannya :) hope u have a lovely day…

     
  114. Ayyu

    January 23, 2014 at 7:27 pm

    Hallo mbak vicky, ibu saya udah depet visanya :) yg telat email nggak dipermasalhkan.

     
    • aremaronny

      January 24, 2014 at 5:08 pm

      He he wah saya jadi ikutan seneng mbak Ayu…semoga kelahirannya lancar, bayi dan ibunya sehat…

       
  115. Qibil

    February 7, 2014 at 2:09 am

    Mbak saya mau apply visa untuk maret sekarang, memang agak mepet sih, sebaiknya melalui agent ato urus sendiri ya? Oh iya satu lagi ktp saya juga udh exipred..apa itu jd kendala?

     
    • aremaronny

      February 7, 2014 at 7:10 am

      Sebaiknya KTPnya jangan expired mas, soalnya kan itu merupakan bukti domisili juga. Mengenai mau mengurus via agen atau tidak, coba dihitung-hitung dulu mana yang lebih hemat dan menguntungkan.

       
      • Astrid

        April 4, 2014 at 11:04 pm

        Aku sudah urus visa di Avac tgl 26 Maret 2014 sampai saat ini belum ada jawabannya..galau berat karena tgl 16 April ke Brisbane.semua dokumen sudah dilengkapi dengan semua support dari pacar yg citizen NZ tp permanet resident 0Z…saya daftar yg sms informasi, tp gak ada pernah dpt smsnya, diinfokan melalui email..apa memang seperti itu, kalo sdh diinfokan menggunakan email tidak lagi dikirimkan sms…

         
      • aremaronny

        April 6, 2014 at 10:55 am

        Saya dulu dapat sms juga email mbak, kalau mbak kurang puas coba ditelepon aja. Saya dulu juga sempat kirim email minta supaya sedikit dipercepat prosesnya soalnya waktunya mepet banget. Saya ingatkan lagi tanggal tiket penerbangan saya (walaupun sebenarnya itu bukan urusan mereka).

         
  116. Eka

    April 28, 2014 at 2:24 pm

    Mba, mau tanya soal transfer biaya visanya dong. Saya sdh coba 2x lewat mandiri, tapi ga ketemu rekeningnya ANZ, coba cari di atm dl juga ga ada..
    Saya sudah coba email AVAC, tapi sampai sekarang ga ada balasan mengenai rekeningnya itu.
    Kemarin mba ngirimnya lewat bank apa?
    Makasih :)

     
    • aremaronny

      April 29, 2014 at 6:05 am

      Kemarin saya ngirimnya lewat Bank BCA.Mohon maaf barusan saya cek nomor rekeningnya jadi 082222-01-00001.

       
      • eka (@febrina_eka)

        April 30, 2014 at 8:26 am

        oohh noo mba, saya ngirimnya ke norek yg sebelumnya sama dengan yang tertera di http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/apply_info.html
        dan transfernya berhasil mba, artinya rekening yang kemarin itu masih ada. Kira-kira itu gimana ya mba? *panik

         
      • Eka

        April 30, 2014 at 11:44 am

        Ohh nooooo, saya ngirimnya ke norek yg lama 082222-10001 sama dengan yang tertera si http://www.indonesia.embassy.gov.au
        Tadi pagi ngecek ke mandiri katanya tdk ada pengembalian yg artinya tansfernya berhasil. Saya juga baru merhatiin kalo yg dari VFS noreknya sdh ganti
        Hadeuh! *panik
        Lagi nunggu jam 2 buat nelpon ke embassynya..
        Kok bisa beda ya?

         
      • aremaronny

        April 30, 2014 at 1:25 pm

        Insyaallah nggak apa-apa mungkin mbak, karena waktu itu saya email ke Kedutaan dikasih nomor rekening yang lama. Lagian kalau memang no rekening itu tidak berlaku nggak mungkin dipajang disitu. Semoga lancar yah, kabari juga update terbaru.

         
  117. Dina Amaludin

    May 2, 2014 at 5:03 pm

    Hi, saya mau bagi informasi az sih berhubung visa tourist pertama dan kedua saya sudah di granted dan visa kedua saya dapat multiple 3 tahun, itu karena di surat undangan tunangan saya meminta untuk saya diberikan multiple visa. intinya di surat undangan kedua ini, tunangan saya kaya curhat hehehe.. dijelaskan dari mulai kita bertemu dan kunjungan pertama saya ke aussie dan dia berkunjung balik ke Jakarta.

    gudluck all

     
    • aremaronny

      May 4, 2014 at 4:14 am

      He he selamat ya mbak, visanya sudah digranted. Semoga perjalanannya lancar.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 168 other followers

%d bloggers like this: