RSS

Hari Ke-4 (Hongkong – Shenzhen)

15 Nov

Oleh : Vicky Kurniawan

Begitu bangun keesokan paginya, saya langsung melihat siaran televisi. Curiga banget dengan suara angin semalam yang menderu-deru sampai mimpi sedang jalan ditengah badai. Betul juga Typhoon Nesat rupanya sedang “mampir” ke Hongkong. Typhoon Signal naik menjadi 8 yang menjadi pertanda bahwa sekolah dan kantor diliburkan, banyak penerbangan akan dibatalkan dan kebanyakan alat transportasi tidak akan beroperasi terutama ferry yang pakai nyebrang-nyebrang laut segala. Semua orang dihimbau untuk tinggal di rumah bila tidak ada keperluan (apalagi keperluan jalan-jalan seperti saya :)).

Typhoon Nesat Menghantam Hongkong Menggulingkan Lampion-Lampin Di Clock Tower Yang Saya Kunjungi Kemarin (Photo By : m.ibtimes.com)

Sejauh ini saya cukup beruntung, karena hari ini adalah hari terakhir di Hongkong sebelum melanjutkan perjalanan ke Shenzhen dengan MTR yang saya yakin akan tetap berjalan. Setelah sarapan sisa makanan semalam, jam 7 pagi kami cepat-cepat check-out dan bergegas menuju stasiun MTR Tsim Sha Tsui. Begitu keluar dari hostel langsung disambut angin yang cukup kencang, berat juga jalan menentang angin sambil mengendong backpack. Untung saja pintu masuknya sangat dekat, kalau di Indonesia mah..hujan badai sebesar apapun sekolah dan kantor tidak akan diliburkan secara resmi seperti ini apalagi sampai disiarkan di TV.

Lo Wu/Luohu

Untuk mencapai perbatasan Lo Wu sebenarnya ada cara yang paling mudah yaitu jalan ke stasiun East Tsim Sha Tsui, naik MTR sampai Hung Hom dan dari sana naik KCR sampai Lowu. Tapi sehari sebelumnya waktu berjalan ke Avenue Of The Stars, kami menyempatkan jalan ke stasiun East Tsim Sha Tsui yang ternyata jaraknya cukup jauh (kebayang sambil mengendong backpack). Akhirnya diputuskan naik MTR dari Tsim Sha Tsui sampai Prince Edward kemudian interchange jalur hijau ke Kowloon Tong selanjutnya naik KCR ke Lo Wu.

Kereta Dari Hongkong Ke Shenzhen

Perjalanan dari hostel ke Lo Wu ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Sebelum keluar dari perbatasan kami menukar Octopus Card yang masih tersisa sekitar HK$55. Lumayan juga ! karena tanpa banyak cingcong petugasnya langsung memberi pengembalian. Selanjutnya kami menuju lantai 2 untuk apply VOA (Visa On Arrival) menuju Shenzhen. Berbeda sekali dengan Hongkong, di stasiun ini tidak tampak ada peta gratis atau leaflet informasi wisata yang biasanya banyak tersebar di tempat-tempat strategis. Peta Shenzhen malah banyak dijual di kios-kios majalah.

Visa On Arrival ke Shenzhen

Sebenarnya saya tidak berharap banyak akan mendapatkan visa karena sampai riset terakhirpun tidak ada informasi VOA di Shenzhen ini akan buka atau tidak (mereka sering buka tutup seenaknya). Oleh sebab itu, saya sengaja tidak pesan hostel di Shenzhen bahkan membuat tinerary tambahan bila VOA-nya tutup. Tapi sekali lagi, saya masih beruntung karena VOA-nya buka dan prosesnya sangat lancar. Hanya 15 menit, paspor saya sudah ditempeli visa Shenzhen yang berlaku selama 5 hari.

Kantor VOA Shenzhen di Luohu

Prosesnya sangatlah mudah. Pertama, sediakan uang sebesar Y 168 sebagai biaya visa perorang. Bila tidak punya yuan tukar saja di money changer di lantai yang sama. Kedua, isi formulir yang telah disediakan. Formulir ini tersedia di depan pintu masuk. Ketiga, setelah formulir dan uang siap, ambil nomor antrian seperti kalau kita antri di bank. Tunggu sampai nomor kita dipanggil ke loket. Keempat, Bila dipanggil serahkan formulir, paspor dan nomor antrian. Selanjutnya kita akan diminta membayar. Tunggu lagi sampai dipanggil nomor antrian. Kelima, ambil paspor begitu nomor dipanggil. Sincai kan…:)

Hotel di Shenzhen

Bila kita cek di Agoda, banyak sekali pilihan hotel murah di Shenzhen. Di kota ini kami menginap di Shenzhen Huizhange Hotel. Dari stasiun Luohu jalan saja keluar kearah East Side, exit ke Jianshe Road. Begitu keluar akan langsung terlihat Hotel Shangrila Shenzhen (hiks..tidak mampu menginap disitu), Shenzhen Huizhange Hotel terletak di sebuh gedung persis dibelakang hotel Shangrila . Hotel ini kami dapat dari calo-calo yang banyak berkeliaran di depannya.  Gedung tersebut mungkin semacam Chungking atau Mirador Mansion karena didalamnya terdiri dari banyak hotel. Harga kamar yang ditawarkan kepada kami Y150 permalam (sekitar Rp. 195.000, saya yakin masih bisa ditawar). Kamarnya ternyata cukup luas (2,5 kali ukuran kamar hostel di Hongkong) dengan double bed, sofa dan sepasang kursi-meja, bahkan ada meja riasnya juga.

Bagian Dalam Hotel Kami Di Shenzhen

Walaupun secara naluri kamar ini agak menakutkan (entah kenapa), akhirnya kami setuju menginap disini selama 2 hari. Resepsionisnya terletak di lantai 3 dan sayangnya sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris. Dia meminta kami membayar harga kamar selama 2 malam plus deposit kunci Y100. Perlu setengah jam gerakan pantomim untuk menerangkan bahwa kami tidak punya uang Yuan sebanyak itu dan berencana mengambil backpack dulu di luggage storage sambil menukarkan uang. Karena kami pemain drama yang baik :), akhirnya si dia ngarti juga…

Bagian Depan Gedung

Diperlukan waktu hampir sekitar 2 jam untuk mencari hostel, check inn dan mengambil barang di luggage storage. Setelah check inn kami makan siang di Mc Donald yang harganya cukup murah dibandingkan makanan di Hongkong. Tapi usut punya usut sebenarnya harga makanan di McD dan KFC Shenzhen ternyata cukup mahal juga bila dibandingkan dengan harga makanan di warung lokal. Kenyang dengan makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke Window Of The World.

Shenzhen Metro

Pertama kali naik metro di Shenzhen berasa aneh juga. Metro Shenzhen sebenarnya punya kartu sakti, namanya Shenzhen Tong Card yang dapat dibeli di loket-loket stasiun metro. Herannya tidak banyak orang yang menggunakan kartu ini karena saya lihat antrian untuk membeli tiket single journey selalu penuh dan panjang. Tiket single journey-nya berbentuk sangat unik, berupa token hijau bundar kecil dengan tulisan Cina dan lambang metro ditengahnya. Yang lebih menyebalkan, karena adanya event Universiade, kalau mau naik semua barang bawaan harus  melewati pemeriksaan x-ray seperti di bandara padahal petugasnya kadang memperhatikan layar kadang juga tidak.

Metro Shenzhen

Keretanya sendiri sangat bersih dan modern sayang exit keluar masuknya jarang pakai eskalator. Seperti MTR di Hongkong, pintu keluar di setiap stasiun banyak menggunakan tangga biasa. Bahkan stasiun Luohu yang sangat luas itu tidak menggunakan travelator tidak seperti MRT Singapura yang sedikit-sedikit ada eskalator dan travelator jadi kaki nggak pegel. Mungkin itu sebabnya jarang terlihat orang gemuk di Shenzhen karena mereka kuat jalan :). Jalur-jalur metro di Shenzhen dapat dilihat juga disini

Window Of The World

Taman seluas 48 hektar ini berisi 130 replika tempat-tempat paling terkenal didunia seperti : Menara Eiffel, Candi Borobudur, Taj Mahal, sampai air terjun Niagara. Dari Luohu, tempat ini dapat dicapai dengan Shenzhen metro Line 1 (jalur hijau) yang berhenti di stasiun Windows Of The World. Perjalanan dari Luohu ke WOW ditempuh selama 45 menit.

Window Of The World

Secara keseluruhan taman ini memang layak untuk dikunjungi walaupun disana-sini banyak replika yang terlihat kusam dan kotor. Saran saya, naik saja Regular Car, kereta bermuatan 10 orang dengan tarif Y20 perorang (lumayan Rp. 28.000 tapi kaki nggak pegal). Kereta ini berhenti di replika-replika yang menjadi highlight WOW seperti piramida Mesir, Menara Pisa dan air terjun Niagara untuk memberi kesempatan penumpang berfoto ria. Setelahnya barulah kita mengunjungi kembali replika-replika yang terlewat saat naik Regular Car. Jangan bayangkan replikanya berukuran kecil saja, ada beberapa replika yang berukuran sangat besar sehingga kita bisa masuk kedalamnya. Website resmi WOW dapat diakses disini. Setelah hampir 3 jam menjelajahi taman ini kami melanjutkan perjalanan ke Splendid China.

Splendid China & China Folk Cultural Garden

Inilah satu-satunya tempat rekreasi yang sampai dua kali didatangi tapi tidak rejeki bisa masuk ke dalamnya. Sekitar jam 2 siang saya sudah keluar dari WOW dan bermaksud mengunjungi kedua taman yang notabene jaraknya sangat dekat. Dari stasiun Window Of The World kami naik Shenzhen Subway Line 1 dan turun di stasiun Overseas China Town keluar di exit D. Begitu keluar dari stasiun hujan turun deras mengguyur sehingga banyak pertunjukkan di China Folk Cultural Garden yang batal dilaksanakan terutama performance yang bersifat outdoor. Akhirnya kami memutuskan pergi besok saja siapa tahu besok lebih beruntung. Tapi keesokan harinya hujan malah lebih deras lagi dan tamannya malah tutup (he he he).

Pintu Gerbang Splendid China

Splendid China sebenarnya hampir mirip dengan WOW, bedanya replika di taman ini khusus bagi bangunan-bangunan yang berasal dari Cina. Sekitar 100 replika dengan ukuran 1:15 diletakkan sesuai dengan tempatnya di peta Cina. Bangunan-bangunan terkemuka yang ada disana antara lain : Tembok Besar Cina, Forbidden City, Prajurit Terra Cotta dan Old Summer Palace yang megah.

Replika di Splendid China (Photo By : theadventuretravelsite.com)

China Folk Cultural Garden, mungkin bisa disebut taman mini-nya Cina. Berisi 24 gambaran suku-suku di Cina lengkap dengan kebudayaan dan rumah adat mereka. Di tempat-tempat tersebut kita juga disuguhi beberapa tarian dan pertunjukkan gratis sesuai dengan daerahnya. Selain pertunjukkan kecil-kecil tersebut ada tiga pertunjukkan besar yang tidak gratis yaitu :

  • Large horse war show ( jam pertunjukkan : 11:30, 14:00, 16:10. dengan tiket 10Y perorang)
  • Oriental costume show (jam 17:00 dengan tiket 30Y untuk kelas ekonomi dan 80Y untuk VIP seat
  • Dragon and Phoenix show (jam 19:30 dengan tiket 20Y untuk ekonomi dan 50Y perorang untuk VIP.

Dari beberapa artikel yang saya baca, Splendid Cina agak membosankan tapi banyak sekali yang merekomendasikan kunjungan ke China Folk Cultural Garden dan menonton ketiga pertunjukkan besarnya. Tiket masuk untuk kedua taman diatas adalah Y120 dengan jam buka dari jam 09.00 – 21.30.

Pertunjukkan Dragon & Phoenix Show (Photo By : The Oye Times)

Batal pergi ke Splendid Cina, kami memutuskan kembali lagi ke hotel untuk sholat dan ganti baju yang basah kuyup (padahal sudah pakai jas hujan). Setelah istirahat dan makan sore di KFC,  jam 4 sore kami melanjutkan perjalanan ke Dongmen Shopping Street.

Dongmen Shopping Street

Berkembang dengan sangat pesat, dari sebuah desa nelayan kecil menjadi salah satu kota terkaya di Cina hanya dalam waktu 31 tahun, tidaklah mengherankan kalau Shenzhen menjadi salah satu contoh kesuksesan pembentukan SEZ (Special Economic Zone) di Cina. Sebagai surga belanja, Shenzhen membagi beberapa pusat perbelanjaannya menjadi beberapa area. Selain Dongmen ada Dafen Village dan Huaqiang Bei Commercial St yang masing-masing memiliki komoditas tersendiri. Dari Luohu, Dongmen dapat dicapai dengan naik Shenzhen Subway Line 1 dan turun di stasiun Laojie exit A. Berbeda dengan stasiun metro atau MRT di tempat lain, jalur exit-nyapun dimanfaatkan sebagai tempat jualan sehingga terkadang penunjuk arahnyapun menjadi tidak terlihat karena tertutup berbagai macam tulisan dan gambar.

Dongmen Pedestrian Street

Bila suka berbagai macam produk fashion dan kosmetik seperti baju, sepatu, tas, jam tangan dan aksesoris yang asli maupun tiruan Dongmen merupakan tempat yang tepat. Tapi jangan mencari barang-barang souvenir turis karena tidak tersedia disini. Pertama kali saya bayangkan tempatnya seperti pasar biasa, tidak tahunya benar-benar seperti surga belanja. Dongmen ternyata sangat luas, campur aduk antara mall, pasar, toko, berbagai macam barang dijual disini. Seperti biasa, untuk toko-toko kecil harga-harga masih bisa ditawar. Walaupun kebanyakan penjualnya tidak bisa berbahasa Inggris masih bisalah memilih walaupun pakai bahasa tarzan. Satu lagi, mereka adalah penjual-penjual yang tangguh jadi pintar-pintarlah menawar dan jangan tergoda dengan bujuk rayunya. Orang yang tidak suka belanjapun pasti akan tertarik membeli satu dua barang di Dongmen.

Tidak Suka Belanja Akhirnya Beli Juga

Setelah puas melihat-lihat akhirnya sekitar jam 80.30 malam kami memutuskan pulang ke hotel yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan dengan kereta.

Biaya Hari Ke 4

About these ads
 
190 Comments

Posted by on November 15, 2011 in Hongkong, Shenzhen

 

Tags: , , , , , , ,

190 responses to “Hari Ke-4 (Hongkong – Shenzhen)

  1. Dinni

    November 23, 2011 at 10:11 am

    masih bersambung kan mba ? hehe *terus menyimak* soalnya tulisan mba vicky mudah dimengerti dan liat foto2nya jadi kebayang. design standard mah gapapa yang penting isi blognya dong :) btw itu calo yang nawarin hotel di shenzen juga pasti pada pantomim ya ? kudu belajar banyak. eh mba sempet mampir ke wanchai ga, jauh ga sih dr crown ? soalnya di mesjid wanchai ada dimsum halal yang terkenal enak, seagai pecinta dimsum aku pengen kesana sekalian shalat di mesjidnya. mau dimasukin di itinerary tp slain itu bisa nyambi jalan2 kemana ya di wanchai

     
    • aremaronny

      November 24, 2011 at 10:39 am

      Masih bersambung terus mbak. Calo hotelnya memang tidak bisa berbahasa Inggris. Dia ngomong bahasa Cina, kita ngomong bahasa Inggris, nggak nyambung dah. Sayang saya nggak mampir ke Wanchai. Letaknya diantara Causeway Bay dan Central, dulunya merupakan Red Districnya Hongkong tapi sekarang bukan lagi. Dari Golden Court Crown dapat dicapai dengan naik MTR dari stasiun Tsim Sha Tsui turun di stasiun Admiralty terus interchange jalur ungu ke stasiun Wanchai. Ada beberapa tempat di Wanchai yang menarik untuk dikunjungi antara lain : Central Placa, Golden Bauhinia dan 55 Nam Koo Terrace, rumah paling berhantu di seluruh Hongkong :).

       
  2. outbound malang

    November 25, 2011 at 2:48 pm

    wah..mbk vicky keren…

     
    • aremaronny

      November 26, 2011 at 6:41 am

      terima kasih..bagaimana jawaban pertanyaan saya? :)

       
  3. mila

    November 27, 2011 at 9:07 am

    waaaah.. tnyt seru ya si Shenzhen… boleh juga nih sijadikan referensi hihihiii..
    oh iya, salam kenal ya mba ^____^

     
    • aremaronny

      November 27, 2011 at 10:27 am

      salam kenal juga Mila..sebenarnya sudah lama saya sering baca-baca tulisan di blogmu..lucu dan seru..di beberapa tempat sudah pernah saya kunjungi tapi ceritamu tetap menarik karena kamu menceritakan sisi lain yang belum saya tahu..

       
  4. delny

    January 26, 2012 at 10:05 pm

    Mbak Vicky, thanks banget untuk info dari Shenzhen ke Macau. Jadi ada bayangan rutenya soalnya aku sudah coba googling, tapi tidak ada yang menjelaskan secara detail dari shenzhen ke macau seperti mbak vicky jelaskan.
    Btw delny mau tanya donk, kalau dari Stasiun Lo Wu ke Luo Hu – tepatnya Hotel Home Inn Luohu ( Rekomendasi buku Claudia Kaunang ), bagaimana caranya ya? Apakah ada cara lain selain naik taxi? Aq sudah tanya ke China Travel, dianjurkan naik taxi. Mohon bantuannya ya mbak vicky. Thanks banget ya…

     
    • aremaronny

      January 27, 2012 at 1:32 pm

      Halo Delny, senang sekali kalau blog saya bisa membantumu. Pada mulanya saya juga tertarik dengan rekomendasi Mbak Claudia Kaunang untuk menginap di Home Inn Luoho. Tapi setelah saya lihat di peta jaraknya sekitar 1 km dari stasiun Luo Hu, kalau jalan kaki mungkin sekitar 15 menit dan naik bis no.302 sekitar 5 menit. Mungkin betul saran dari China Travel untuk naik taksi. Dengan pertimbangan itu akhirnya saya batal menginap disana dan mencari hotel yang dekat dengan stasiun karena saya akan banyak menggunakan kereta.

       
      • delny

        January 27, 2012 at 4:32 pm

        Thanks Mbak Vicky dah mau reply email aq. Sory aq mau tanya lagi donks, jadi menurut mbak vicky enaknya nginap di hotel apa ya yg dekat stasiun biar ga terlalu jauh jalan kakinya.
        Delny coba googling ternyata home inn luohu itu ada 2 di luohu – kelihatan dari alamat dan no telp yang berbeda. Mohon petunjuknya ya mbak apakah memang benar ada 2 home inn luohu. Soale googling ada yang home inn luohu port dan home inn luohu railway station. Jadi bingung yang mana yang di rekomen mbak CK.
        Btw sekalian mau tanya lagi, kalau delny mau ke macau naik ferry dari home inn luohu, apakah petunjuk mbak vicky bisa di jadikan patokan menuju terminal fery? Apakah hotel tempat mbak vicky inap dengan home inn luohu masih 1 rute?
        Sory nanya melulu soale masih tidak ada bayangan euy. Hehehehe… Thx yach mbak.

         
      • aremaronny

        January 29, 2012 at 12:07 am

        Waktu ke Shenzhen saya memang sengaja tidak booking hotel dulu karena takut VOA-nya tutup. Googling di Google maps juga tidak banyak membantu karena daerah seputaran Shenzhen Railway Station juga tidak jelas petanya. Jadi saya memutuskan gimana nanti saja. Begitu sampai di Luohu langkah pertama adalah menitipkan backpack dulu di luggage storage di stasiun biar enak muter2 cari hotelnya. Di seputaran komplek stasiun ada hotel tapi mahal. Hotel yang saya tempati itu lebih murah. Dari stasiun Luohu jalan saja keluar kearah East Side, exit ke Jianshe Road. Begitu keluar akan langsung terlihat Hotel Shangrila Shenzhen. Di belakangnya ada gedung tinggi tempat berbagai macam hotel.Tinggal pilih aja. Jangan lupa ditawar.

        Home inn memang ada banyak di Shenzhen (mungkin sekitar 10-an). Mbak Claudia merekomendasikan 2 diantaranya yaitu Home inn Luohu yang ada restoran muslimnya dan Home Inn Dongmen yang dekat dengan Dongmen Shopping Street. Sayang websitenya berbahasa China. Kalau lihat alamatnya yang direkomendasikan adalah Home inn Luohu Port (lebih lanjut ini linknya http://www.travelchinaguide.com/hotel/luohu-shenzhen.htm).

        Kalau mau ke Macau naik ferry, dari stasiun Luohu naik metro ke stasiun Window Of The World interchange ke Jalur kuning menuju stasiun Shekou Port dan keluar di exit C. Perjalanan dari Luohu ke Shekou Port ini memakan waktu kurang lebih 1 jam 45 menit. Nah ya itu Delny. Sayangnya saya tidak menemukan Hotel Home inn yang direkomedasikan mbak Claudia (menurut mbak CK sih jalan kaki via underground) karena malas naik taksi dan malas nanya2 (soalnya jarang yang bisa berbahasa Inggris). Tapi kemungkinan besar sih masih di satu rute yang sama kalau dilihat dari alamatnya.

         
  5. tyas

    February 12, 2012 at 4:39 pm

    salam kenal mba..saya tertarik sekali dengan cerita ceritanya..mbak,mohon infonya, maret ini saya mau ke hk-shenz-macau-hk. tapi jadi bingung karena denger2 kabar kalau VOA shenzhen sering ditutup. gmn ya mba?padahal saya pengen banget ke shenzhen. klo aplikasi visa china dari indonesia kok mahal dan ribet kayaknya. lalu, ada kabar juga klo kita masuk dari louhu, keluar harus dari lou hu juga? padahal saya mau ke macau.makasih ya mba..mohon bantuan

     
    • aremaronny

      February 12, 2012 at 5:30 pm

      HAlo Tyas..iya VOA shenzhen memang sering buka tutup seenaknya. Menurut saya, kalau tujuanmu hanya ke Shenzhen rugi kalau mengurus Visa China. Waktu saya kesana tidak ada ketentuan masuk dari Luohu harus keluar dari Luohu juga, karena dari Shenzhen saya keluar ke Macau via Shekou Port.

       
    • lili

      July 26, 2012 at 8:15 am

      Hallo Mbak…. Salam kenal !!! Saya Lili mau nanya kalau VOA yg di dapet dr Lou Hou bisa nggak kita keluar lewat Shen Zhen Airport karena penerbangan selanjutnya dari Shenzhen ke Jakarta ???? Karena dari yg aku pernah baca kalau keluar nya harus dari Lou hou lagi kalau keluar lewat airport Shen zhen mesti minta visa nya di Indonesia….Thanks ya…

       
      • aremaronny

        July 27, 2012 at 2:43 pm

        Halo juga lili…VOA Shenzhen bisa keluar dari imigrasi lain, karena waktu itu saya masuk dari Luohu dan keluar ke Macau via Shekou Port.

         
  6. anastasia

    February 12, 2012 at 5:15 pm

    Hello ms vicky,
    Boleh tanya tentang VOA shenzhen? Setelah baca sampai akhir ternyata VOA shenzhen bisa keluar dari pintu imigrasi lain untuk? Tidak harus dari luohu juga? Tx

     
    • aremaronny

      February 12, 2012 at 5:31 pm

      Halo Anastasia..VOA Shenzhen bisa keluar dari imigrasi lain, karena waktu itu saya masuk dari Luohu dan keluar ke Macau via Shekou Port.

       
  7. maria

    February 13, 2012 at 8:22 pm

    Salam kenal mbak…
    Mohon info dong,
    Saya rcnnya mau ke hongkong ,macau,shenzhen,hongkong..
    untuk pengurusan VOA nya bagaimana ya mbak..?
    Dari Huizhange Hotel ke Window Of The World.nae Metro? turunnya di mana ya..?.ma kasih ya..

     
    • aremaronny

      February 14, 2012 at 6:36 am

      Salam kenal juga Maria, kalau mbak dari Macau mau ke Shenzhen nanti VOAnya bisa diurus di Shekou Port pada saat turun dari ferry. Jam pengurusan VOA di Shekou Port adalah 8:45am-12:30pm, 14:30pm-17:30pm. Dari Huizhange Hotel, jalan kaki ke stasiun metro Luohu. Dari Luohu, tempat ini dapat dicapai dengan Shenzhen metro Line 1 (jalur hijau) yang berhenti di stasiun Windows Of The World. Perjalanan dari Luohu ke WOW ditempuh selama 45 menit.

       
      • estrellita

        August 12, 2013 at 3:57 pm

        Maaf tiba2 mau tanya, ttg VOA dari macao ke shenzhen ini bs diurus di shekou port kan ya?
        Kenapa banyak blog (blog luar) yg bilang harus buat visa CHina ya??

        Boleh rekomennya? Karena saya minggu ini akan kesana.

        Thanks

         
      • aremaronny

        August 12, 2013 at 8:49 pm

        Kalau perginya hanya ke Shenzhen buat VOA saja sudah cukup mbak. Tapi kalau mau menjelajah sampai ke Beijing atau Shanghai baru mengurus visa Cina. Kebanyakan memang mengusulkan buat visa Cina karena VOA Shenzhen suka tidak stabil, kadang buka atau tutup terganung ada tidaknya event di Shenzhen.

         
      • estrellita

        August 12, 2013 at 9:23 pm

        Oke tks a lot ya mba, semoga pas kesana VOA nya lg bisa, soalnya cm mau ke shenzhen aja dan sdh booking hotel.

        Ada kabar ga mba untuk VOA di minggu2 ini tutup atau tidaknya?

        Thanks lagi

         
  8. winda

    February 21, 2012 at 4:33 pm

    mba vicky…kalo sy rencananya Hkg-Shenzen hanya berkunjung 1 hr aja, trus balik ke hkg lg alias ga nginep…tetep perlu visa ya? hehehe… Repot ga ya mba hkg-shenzen-hkg bw 2 anak usia 8 n 4 th, krn tujuan di shenzen cm WOW, splendid china n belanja2 dkt di dongmen…ngebayang males nginep di shenzen krn males geret2 koper…heheh… Trus info jam buka pengurusan VOA shenzen bs diakses via website imigrasi china gak ya mba? Tks infonya mba ;)

     
  9. Sylvia

    March 19, 2012 at 10:40 pm

    Mba Vicky.. salam kenal ya…
    rencananya saya dan keluarga mau ke shenzhen – HK – Macau – shenzhen. Saya lagi cari info mengenai visanya. Lebih baik saya urus China Visa atau VOA aja ya ?? saran donk mba. thanks

     
    • aremaronny

      March 20, 2012 at 9:01 am

      Salam kenal juga mbak Sylvia…menurut hemat saya, kalau ke Cina-nya hanya ke Shenzhen mending tidak usah mengurus visa cina tapi pakai VOA saja. Cuman resikonya kalau VOA pas ditutup ya tidak bisa ke Shenzhen. Lain kalau mbak Sylvi pengen menjelajah Cina (ke Beijing, Shanghai) memang disarankan untuk mengurus visa. Tapi itu menurut saya lho :)

       
      • Sylvia

        March 21, 2012 at 8:52 am

        makasih buat responnya mba Vicky,
        tapi saya kurang mengerti mengenai VOA, apa VOA punya masa berlaku ya ? kan tiketnya saya itu KL – Shenzen (return). Rencana dari Shenzen mau ke Hongkong dan Macau, lalu balik lagi ke Shenzen, karena tiket pulangnya dari Shenzen mba. Apa VOA yang awal masih bisa dipakai ? thanks ya mba.

         
      • Vicky Kurniawan

        March 21, 2012 at 3:39 pm

        Wah, kalau gitu nggak bisa mbak. VOA Shenzhen hanya berlaku selama 5 hari dengan catatan mbak harus terus berada di wilayah Shenzhen. Kalau mbak keluar dari Shenzhen masuknya harus buat lagi. Kalau masih mau keliling-keliling ya mending bikin Visa Cina aja.

         
  10. Pradany

    April 10, 2012 at 5:03 pm

    Dear Mbak Vicky, kasus saya sama kayak kasus mbak Syliva. Itinerary saya adalah SZ-Macau-HK-SZ karena saya sudah punya tiket KL-SZ (return). Apakah memungkinkan kalau apply VOA dua kali? terima kasih ya.

     
    • Vicky Kurniawan

      April 20, 2012 at 6:35 am

      Setahu saya tidak ada pembatasan untuk memperoleh VOA Shenzhen, jadi masih memungkinkan untuk apply VOA dua kali. Untuk amannya lebih baik apply visa Cina yang multiple entry cuman harganya akan jauh lebih mahal.

       
      • santi pras

        February 23, 2013 at 9:50 am

        mba vicky… klo transportasi di hk kan kita bisa pake octopus… klo di sz gimana, mba? tks yaa

         
      • aremaronny

        February 23, 2013 at 10:51 am

        Di Shenzhen tidak ada kartu multi fungsi seperti Octopus mbak, adanya hanya Shenzhen Tong Card untuk naik Metro Shenzhen.

         
  11. Ruben

    May 2, 2012 at 8:11 pm

    Halo mbak Vicky mau tanya apakah di station WoW ada tempat penyimpanan koper?
    thanks

     
    • aremaronny

      May 3, 2012 at 7:15 pm

      Di dekat WOW ada sebuah Digital Photo Print Shop yang juga buka Luggage storage service. Jam buka sampai 9 malam dengan tarif 20 rmb.

       
  12. mels

    May 8, 2012 at 12:26 pm

    Mbak, numpang tanya. Kalau mau bikin VOA di Shekou Port, paspor Indonesia diterima ga? Karena orang2 kbanyakan masuk dari Luohu ya…

     
    • aremaronny

      May 8, 2012 at 1:58 pm

      Saya rasa diterima karena tidak ada diskriminasi atau aturan Paspor Indonesia harus lewat Luohu.

       
  13. Arnold

    May 19, 2012 at 1:39 pm

    mbak untuk bisa bikin VOA di Senzhen, apa perlu menyiapkan/bawa pasfoto sendiri, kalo perlu bawa ukurannya brapa ? photo hitam putih atau berwarna

     
    • aremaronny

      May 19, 2012 at 4:49 pm

      Tidak perlu membawa pas foto.

       
  14. rena

    June 16, 2012 at 4:20 pm

    Halo Mba Vicoy, rencananya saya mau ke HK, ada itinerary HK-SZ Salam 1 hari saja. Karena saya hanya berniat ke wow dan splendid china. kira2 sempet ga ya mba kalau hanya 1 hari?

    trus saya masih agak bingung dari HK ke SZ. kan itu naek MTR pokonya turun di kowloon tong ya? terus untuk sampai ke lo wu nya naik kcr, kcr itu apa dan bisa naik di mana ya mba?

    nanti sesampainya di sz, langsung ke wow sebaiknya naik apa ya mba?

    mohon infonya ya mba. terima kasih banyak :) :) :)

     
    • aremaronny

      June 17, 2012 at 5:58 pm

      WOW dan Splendid China bisa dilakukan dalam waktu sehari. KCR itu kereta singkatan dari Kowloon – Canton Railway yang sekarang berintegrasi dengan MTR. Naiknya biasa aja kok mbak seperti MTR langsung ganti jalur seperti di MRT interchange. Dari Lo Wu ada kereta langsung jurusan WOW langsung berhenti di gerbang depannya.

       
  15. rena

    June 16, 2012 at 4:21 pm

    maaf mba vicky, ada typo. mohon maaf ya, gara2 autocorrection :)

     
    • aremaronny

      June 17, 2012 at 5:58 pm

      :) nggak apa-apa..

       
  16. rena

    June 22, 2012 at 4:04 pm

    terima kasih mba vicky :) sangat membantu para rookie :)

     
    • aremaronny

      June 22, 2012 at 7:08 pm

      ha ha ini kan ceritanya dari Rookie untuk Rookie juga…:)

       
  17. hilda

    July 22, 2012 at 9:05 am

    maaf mbak mau tanya, rencana saya mau pergi dari mdn-kl-shenzhen-beijing. apa voa yg kita urus dishenzhen bisa dibawa ke beijing? kalau naik train dr shenzhen ke beijing brp lama? biaya brp? truz..mata uang di shenzhen n beijing samakah. mau lihat nilai tukarnya dengan mata uang rupiah berapaan yah?

     
    • aremaronny

      July 22, 2012 at 7:01 pm

      Halo mbak Hilda :
      1. VOA yang kita urus di Shenzhen tentu saja tidak bisa dibawa sampai Beijing karena hanya berlaku di daerah Shenzhen saja.
      2. Kereta dari Shenzhen ke Beijing kurang lebih memakan waktu 23 sampai 30 jam.
      3. Biayanya sekitar 200 sampai 700 RMB
      4. Mata uangnya sama pakai Renmimbi (yuan)
      5. 1 RMB atau yuan = Rp. 1484

       
  18. reynard

    September 27, 2012 at 8:03 am

    Blognya mantap mba , makasih infonya , saya di hongkong mau ke shenzhen tpi takut voa tidak diizinkan buat org indonesia tpi baca2 blog ini saya jadi yakin bisa ke shenzhen dengan VOA trimakasih bantuannya, sangat berguna untuk saya

     
    • aremaronny

      September 28, 2012 at 6:18 am

      Terima Kasih juga Reynard karena mau berkunjung ke blog saya..

       
  19. zephiranty roselina

    October 8, 2012 at 5:42 pm

    mba saya punya tiket jkt-singapore-shenzhen-hongkong-singapore-jkt, visa shenzhen nya bisa dibuat di airport shenzhen ya? (pdahal sy sampai sana jam 23.00) apa bisa langsung dapat VOA disana ya? (yg sy baca selalu bikin urus VOA di luo hu ya….) ..mohon info nya , terima kasih

     
    • aremaronny

      October 8, 2012 at 6:25 pm

      Maaf mbak, kalau tidak salah VOA Shenzhen hanya ada di 3 titik yaitu Luohu (Lo Wu) Port, Huanggang Port, Shekou Port dan Fuyong Port.

       
  20. echy

    November 20, 2012 at 1:53 pm

    hai mbak salam kenal.. aku mo tnykan saat kita sampai di stasiun Lo Wu HK, tempat urus VOA nya di gedung stasiun tsb? trs kl urus VOA udah kelar kan kita masuk ke Shenzhen. Nah drsitu ke Luohu naik train lg apa gmn? trims

     
    • aremaronny

      November 21, 2012 at 9:26 am

      Salm kenal juga mbak Ecy. Urus VOAnya di gedung yang tersambung dengan stasiun Lo Wu. Begitu keluar dari dari gedung, mbak langsung akan berada di stasiun Luohu, jadi tidak usah naik train lagi.

       
  21. Kris

    December 20, 2012 at 2:15 pm

    saya mau tanya mbak, apakah skrg masih valid, bisa VOA di shenzhen ?
    barusan saya telp keduaan china di jkt, sudah tidak bisa :(

     
    • aremaronny

      December 20, 2012 at 2:41 pm

      Wah begitu ya mas, kalau informasinya berasal dari kedutaan Cina mestinya ya bener juga. Walaupun saya meragukan juga karena tidak ada kabar soal ditutupnya VOA Shenzhen bagi pemegang paspor Indonesia. Sebentar saya minta informasi dari teman-teman di kumpulan FB Backpacker Dunia yah karena per oktober kemarin masih bisa.

       
  22. Kris

    December 20, 2012 at 2:50 pm

    tolong di bantu ya mbak infonya.. karena saya rencana pergi senin ini, saya berharap bisa VOA
    terimakasih

     
    • aremaronny

      December 21, 2012 at 3:17 pm

      Mas Kris, teman saya sudah menelepon kedutaan Cina juga dan katanya memang sudah tidak bisa. Tapi teman-teman saya di kumpulan Backpacker Dunia bilang masih bisa per November kemarin. Saran saya karena mas sudah tidak keburu mengurus visa Cina, mending dicoba dulu lansung pergi ke Shenzhen. Kalau memang tidak bisa, toh mas tinggal naik kereta lagi kembali ke Hongkong. Sebagai tambahan informasi ada jasa pengurusan visa Cina kilat (sehari jadi) tapi harganya mahal.

       
  23. eddy

    December 27, 2012 at 3:25 pm

    sori mbak…..tanya lagi…. apa memang sudah benar2 tidak bisa ya urus VOA di shenzhen? karena saya berangkat bulan depan nih….thanks

     
    • aremaronny

      December 27, 2012 at 8:01 pm

      Masih diragukan mas Eddy.

       
      • eddy

        December 28, 2012 at 8:04 am

        mba vicky…. kira2 kalau mau cari tau, mau tanya kemana ya? plis infonya donk…. thanks

         
      • aremaronny

        December 28, 2012 at 2:09 pm

        Sebaiknya memang menelepon kedutaan Cina mas, tapi telp ke kedutaan Cina jawabannya tidak bisa VOA. Coba mas telepon sekali lagi untuk memastikan tidak bisanya sampai kapan dan mulai kapan.

         
  24. Nadia Risa

    January 9, 2013 at 9:26 am

    selamat pagi mbak vicky..sya mw tanya soal jam operasi METRO shenzen dan jam operasi kerja imigrasi shenzen?..sya rencana ke HK-MACAU-SHENZEN. dan ke shenzen tgl 9 maret 13..rencana tgl 9 adalah one day @ shenzen berangkat dari kowloon by MTR. iti saya selama di shenzen adalah wow,splendid of china dan dongmen pesetrian street. berngkat mulai jam 7 dan kelihatannya sampai tengah malam lgsg balik lg ke kowloon. bisa nggak jika tengah malam kita balik ke kowloon..apakah imigrasi shenzen masi buka/masi mengijinkan kita buat balik ke kowloon dan masih beroperasikah metro dan MTR. terimakasih banyak mb vicky,slam kenal.

     
    • aremaronny

      January 9, 2013 at 10:55 pm

      Halo mbak Nadia, kalau soal keluar dari imigrasi Shenzhen tengah malam sepertinya tidak ada masalah. Metro Shenzhen beroperasi sampai jam 23.00 sedangkan MTR Hongkong beroperasi sampai jam 01.00 dini hari.

       
  25. nadya

    January 9, 2013 at 9:12 pm

    salam kenal mbak viki, sya mw tanya jam operasi METRO shenzen dan MRT HK jam brp sampe jam brp ya? maksimal sampe jam berapa ya buat bisa balik dari shenzen menuju kowloon? Apakah masi bisa balik k kowloon tengah malam dari shenzen? karena rencana sya d shenzen tgl 9 maret 2013 one day at shenzen mengunjungi wow,splendid of china dan dongmen street..trims mb viki

     
  26. Kris

    January 10, 2013 at 4:37 pm

    terima kasih mbak untuk infonya, helpful :)

     
    • aremaronny

      January 10, 2013 at 7:11 pm

      Sama-sama…

       
  27. nadya

    January 11, 2013 at 9:34 am

    mbak viki permisi tanya lagi yahh hehehee…sampe d stasiun SZ bisa g nitip luggage kita? biar g repot klo mw jalan2 sharian di SZ….info ttg penitipan luggage d SZ donk mb viky? setiap saya book golden crown buat 9-11 mar kok slalu penuh yah, gmn ya mbak vick soal book golden crown..? makasi banyak lg mbak viki

     
    • aremaronny

      January 12, 2013 at 12:25 pm

      Di stasiun Shenzhen ada dua luggage storage, satu di dalam stasiun dan satunya di luar dekat dengan hotel Shangrila. Golden Crown sayaa book langsung di websitenya mbak.

       
  28. maremon

    January 17, 2013 at 1:13 pm

    mau tanya donk mba klo dari airport HK mau ke shenzhen saya naek xpress train turun di kowloon ato di central ya mba? makasih mba

     
    • aremaronny

      January 17, 2013 at 3:44 pm

      Lebih baik turun di Kowloon saja mbak lebih dekat

       
      • maremon

        January 17, 2013 at 7:01 pm

        setalah turun d kowloon naek mrt ke louhu ya mba… bener mba? makasih banyak mba

         
  29. maia

    January 30, 2013 at 11:04 am

    Halo mba vicky salam kenal,mohon info kl ke HK Shenzen dgn 3 anak umur 9,8 sama 6 hotelnya pilih dimana y daerahnya yg ada swimmingpoolnya.Trys kl ke schenzen ga nginep bisa ga ya cuma ke WOW Splendid sama LOwu Market

     
    • Vicky Kurniawan

      January 31, 2013 at 10:29 am

      Salam kenal juga mbak Maia, saran saya kalau datangnya menggunakan kereta mending menginapnya di daerah Luohu saja. Hotel yang ada kolam renangnya dekat situ adalah The Shangrila Hotel Shenzhen, letaknya persis didepan stasiun kereta Luohu. Kalau ke Shenzhen bisa saja kalau mau sehari.

       
      • maia

        January 31, 2013 at 10:33 am

        Kl di HK bgs nginep dimana?yg dkt ke avenue of the star?Makasih udh add aq di FB ya mba.

         
  30. kadek vina ardiana dewi

    January 30, 2013 at 9:27 pm

    Mba Vicky, mau tanya ya..Yiu Fai guest house lokasinya strtegis nggak? kl guest house seperti ini, tersedia air panaskah di kamar mandi? trims ya Mba…

     
    • aremaronny

      January 31, 2013 at 11:37 am

      Yiu Fai terletak di gedung Golden Crown Court mbak, satu gedung dengan hostel Golden Crown yang pernah saya inapi. Insyaallah tersedia air panas mbak :).

       
  31. kadek vina ardiana dewi

    January 31, 2013 at 3:00 pm

    siiipp…makasih Mba. jangan bosen ya Mba…saya ingin anak2 dan mertua nyaman saat liburan, tp hemat juga di kantong hehe…atau ada ide tempat menginap yg lain ? kl di Shenzen dan Macau di mana ya tempat menginap yg strategis dekat stasiun? yg murmer juga tentunya…thks Mba

     
    • aremaronny

      February 1, 2013 at 7:10 am

      Di Shenzhen yang dekat dengan stasiun adalah Shangrila sama hotel yang saya tempat itu mbak. Kalau di Macau saya sarankan menginap di Ole London Hotel karena hotelnya enak (http://www.olelondonhotel.com/en/index.aspx). Harga di website resminya itu coba bandingkan kalau pesan lewat agoda atau booking.com.

       
  32. maia

    February 1, 2013 at 10:24 am

    Mba vicky,kl ke scz ga nginep bisa ga ya tujuannya hanya wow,splendid sama dongmen market aja.Terus kalo dari splendid mau ke dongmen naek apa?Ada info hrg sewa ELF ga utk seharian dgn tujuan 3 tempt tsb trs malem balik HK lagi mba

     
    • aremaronny

      February 1, 2013 at 8:49 pm

      Bisa mbak Maia, tapi nggak bisa santai dan lama-lama. Dari Splendid mau ke Dongmen naik Shenzhen Subway Line 1 dari stasiun OCT (stasiun Overseas China Town) turun di stasiun Laojie exit A. Sayang saya kurang tahu tentang sewa kendaraan di Shenzhen.

       
  33. kadek vina ardiana dewi

    February 1, 2013 at 4:38 pm

    oke, makasih infonya, mba..

     
    • aremaronny

      February 1, 2013 at 8:53 pm

      Sama-sama mbak Kadek.

       
  34. maia annas

    February 5, 2013 at 11:10 am

    Mbak vicky tanya lageee hehe,tlg bantu suggest ittenary yah aq dah nyontek punya mba sih cm kan aq jalan bawa anak 3 nih umur 9,8 sama 6 rencana ke HK mau ke the peak avenue disney mongkok victoria park causeway bay tp 2 tempat trakir liat sikon aja mbak.Abs tu mau ke schenzen ke WOW Splendid sama ke Lowu Mall (mall yg jual tas kw bagus tuh) sama Dongmen (kl ga kburu ga usah).Baiknya aku nginep ga di schz?Trus enaknya pswt yg jam 12 malam atau pagi aj mbak?Hotelnya mau yg ada swimming pool enaknya daerah mana yg deket MRT aja deh.Thax yah

     
    • aremaronny

      February 6, 2013 at 7:05 am

      Bisa mbak nggak nginep di Shenzhen, cuman jangan lama-lama aja di ketiga tempat itu. BTW pesawatnya dari mana kemana? ini yang ditanyakan hotel di Shenzhen atau Hongkong?

       
      • maia

        February 6, 2013 at 7:14 am

        Pswt dari jakarta mba vicky,oia mall di schzn yg ada jual tas kw bgs lowu mall ato apa y,itu dimana.Hotelnya tlg info utk di HK aj dulu d.Mksih bnk y

         
      • aremaronny

        February 6, 2013 at 7:46 am

        Mbak Maia sudah punya visa Cina kah? soalnya kalau pakai VOA pas VOAnya tutup tiket pesawatnya jadi hangus. Menurut saya mending belanja di Dongmen daripada di Lowu, lebih banyak pilihan. Soal hotel berkolam renang, ad 2 yang direkomendasikan Lonely Planet yaitu Hotel Jen (www.hoteljen.com) dan Salisbury (www.ymcahk.org.hk) tapi sayangnya dua-duanya tidak dekat dengan MRT

         
      • maia

        February 6, 2013 at 9:43 am

        Aq udh buat ittnry,asumsi sampe HK jam 6pagi,seblm check in ke Avenue of The star,hari ke 2 Disney dan Mongkok ,Hari ke 3 The Peak Madamme Tsd,Victoria Park dan Temple Street Market,Hari ke 4 pagi ke Schenzen,nginap 1 malam .Menurut mba vicky gmn?

         
      • aremaronny

        February 6, 2013 at 12:46 pm

        Itennya sudah oke mbak.

         
      • maia

        February 6, 2013 at 9:49 am

        Aq belum ada VOA,mkdnya tiket hangus gmn ya?Krg paham nih mba hehe bolot ya.Mba aq dah bkin itnry mohon dikoreksi and saran ya

         
      • aremaronny

        February 6, 2013 at 12:45 pm

        Visa on Arival Shenzhen itu terkenal suka buka tutup seenaknya mbak, kalau pas kantor VOA nya tutup, mbak tidak bisa aplikasi visa jadi otomatis tidak bisa masuk ke Shenzhen. Terkecuali kalau mbak punya visa Cina, walaupun kantor VOA nya tutup mbak tetap bisa masuk. Jadi sebaiknya kalau belum punya visa Cina mending jangan pesan penerbangan atau hotel di Shenzhen.

         
    • Miming

      March 31, 2013 at 9:57 am

      waduh Mbak maia apa ngak kasihan dengan anak2? untuk rute dr indonesia gak ada yg tujuan langsung ke shenzhen, Garuda adanya ke JKT – (HK, GZ, BEIJING) itu PP direct langsung,
      Kalo naik AA, Jestar, Tiger, harus transit di KL dan sing minimal 4-9 jam di bandara transit, apa ngak boring dan pegel2 nanti anaknya? belum lagi nyampe di Shenzhen/HK subuh jam 1. kasihan loh mbak. nanti bukannya rekreasi bagi mereka, nyampe hotel tepar semua kelelahan menunggu.

       
  35. lisa

    February 6, 2013 at 7:34 am

    Salam kenal mba, saya mo tany mengenai shenzen, apahkah mtr hk dan shenzen nyambung? Mba aku kan mo pesen hotel prince inn via agoda, tertulis 2 max n no extra bed… peraturan hotel di shenzen ketat ga ya? Soalny mau isi 3 orang.. tq y mba.

     
    • aremaronny

      February 6, 2013 at 12:38 pm

      Salam kenal juga mbak Lisa, MTR Hongkong dan Shenzhen tidak nyambung. Peraturan hotelnya samalah kayak di Indonesia mbak, masih bisa diselip-selipin, tapi tetap perhatikan kenyamanan yah :).

       
      • lisa

        February 6, 2013 at 5:53 pm

        Tq y mba… terus keluar dri mtr hk mo lanjut ke mtr shenzen bisa jalan kaki atau harus naik kendaraan mba? Thanks: )

         
      • aremaronny

        February 7, 2013 at 6:07 am

        Jalan kaki saja mbak Lisa. Jangan kuatir karena stasiunnya nyambung terus dan penunjuk jalannya sangat jelas.

         
  36. Angel

    February 6, 2013 at 9:43 am

    Mbak mau nanya. Apakah akses Metro di Shenzhen memungkinkan bagi orangtua yang pakai kursi roda? Ada lift ga ya ya di Metro nya. Thank you.

     
    • aremaronny

      February 6, 2013 at 12:43 pm

      Sekarang Metro Shenzhen punya fasilitas untuk pemakai kursi roda mbak, jadi kalau mau keluar cari aja yang exitnya ada elevatornya yah.

       
      • maia

        February 6, 2013 at 1:09 pm

        Yah aq taro itn ke schz last day lg,kl ga bs msuk schz gmn y?ke macau need voa ga?atau ittnnya dirubah jd ,asumsi sampe HK sore (pswt pagi),pas sampe malem ke temple street atau avunue,hari ke 2 disney mongkok,hari 3 the peak and vic park,hari ke 4 schz ga nginep,hari ke 5 muter2x HK lg gt?

         
      • aremaronny

        February 7, 2013 at 6:06 am

        Ke Macau tidak perlu Visa jadi juga bisa itennya dirubah seperti itu. Kalau tidak bisa masuk Shenzhen pergi ke Macau saja, karena ada teman saya yang dari Hongkong One Day Tour ke Macau.

         
      • maia

        February 7, 2013 at 10:37 am

        Mba vicky beneran nih ittn aq dah ok?mba ksi saran dong hehe.Sebnrnya aq ke macau krg suka,ga bnk yg bisa dinikmatin anak2x ya.2010 dah pnh ksana outing ktr mba.Kl ga bs ke schenzen,kmana lg y pas balik HK?

         
      • aremaronny

        February 8, 2013 at 4:37 am

        Kalau tidak suka Macau dan tidak bisa ke Shenzhen, di Hongkong banyak juga mbak tempat -tempat yang bisa dijelajahi. Yang paling recommended Ocean Park. Nah kalau sudah ke Ocean Park bisa juga main ke Repulse Bay dan Stanley Market.

         
  37. gilang

    February 17, 2013 at 2:17 pm

    Hi mbak vicky,

    Thanks bgt buat info2nya. bener2 berguna buat sy yg rencana ke hk-sz-macau maret ini. Sy mau nanya ttg hotel di sz, sy baca diatas ditulis 195rb permalam, tetapi di tabel biaya di bawah biaya hotel di sz 210 untuk 2 mlm. Yg bener yg mana yah? hehehhe thanks a bunch!

     
    • aremaronny

      February 18, 2013 at 9:20 am

      Halo mas Gilang, maaf karena sudah membingungkan. Yang benar adalah perhitungan biaya yang dibawah yaitu Rp. 210.000,- permalam, karena itu kamar double untuk berdua jadi saya bagi lagi menjadi dua. Jadi bersihnya Rp.105.000 permalam per satu orang dewasa :). Terima kasih atas mata jelinya yah..

       
  38. nadya

    February 17, 2013 at 7:13 pm

    mbak vicky untuk pembuatan voa di SZ butuh pas foto ga? trims banyak

     
    • aremaronny

      February 18, 2013 at 9:30 am

      Tidak perlu pas foto mbak Nadya.

       
  39. santi

    February 27, 2013 at 12:57 pm

    mba… Sz tong card bisa dibeli dimana? dan harganya berapa?

     
    • aremaronny

      February 27, 2013 at 2:15 pm

      Belinya di service centre stasiun Luohu. Harganya waktu itu sekitar Rp. 140.000.

       
  40. fitra_krisan

    March 11, 2013 at 10:10 am

    Salam kenal mba Vicky…mau tanya soal VOA shenzhen…updatenya bgmn skrg? apa benar passport indonesia sudah tidak bisa lagi? Rencana akan berkunjung ke shenzhen melalui shekou port akhir bulan ini…

     
    • aremaronny

      March 16, 2013 at 8:16 pm

      Update informasi terbaru masih bisa mbak. Semoga perjalanannya lancar dan menyenangkan yah…

       
  41. jessica

    March 14, 2013 at 6:30 pm

    Hai saya mau nanya kalau dari hk ke shenzhen kan naik kereta ke louhu trus buat visa. Bvosa . Nahkmudian kalau sudah dishenzchen .mau balik ke macau bisa langsung apa harus balik lagi ke hongkong? Thanks ya.

     
    • aremaronny

      March 16, 2013 at 10:58 pm

      Bisa langsung balik ke Macau mbak, tidak usah ke Hongkong lagi.

       
  42. jessica

    March 14, 2013 at 6:33 pm

    Oh ia kalau belanja tas yang murah dan bermerek dimana ya? Katanya di shenzhen cm aku krg tau dmnnya . Infonya ya

     
    • aremaronny

      March 16, 2013 at 11:29 pm

      Ini mbak kalau mau belanja di Shenzhen, coba cek website ini http://shenzhenshopper.com

       
    • Miming

      March 31, 2013 at 10:04 am

      untuk belanja Tas KW murah dan Tas Premium AAA (98% like original) pusatnya di Guangzhou, khusus Premium AAA sangat ketat untuk customer yg boleh liat produk di showroom, alias penjualannya secara sembunyi2. kalau mau beli tas Proemium AAA, kami bisa guide anda ke lokasi.

       
  43. ririn

    March 29, 2013 at 8:53 pm

    Hai mbak vicky, saya rencana pergi ke hongkong awal mei ini, pulangnya dari shenzhen. Agak deg2an jg nih mbak, takut VoAnya ga dapet karena tiket udh ditangan. Kira2 kabar terbaru VoA shenzhen gmn ya mbak? Apa msh srg buka tutup? Klo pun buka, passport indonesia ga ada masalah kan ya? Klo urus visa nya di indonesia, ada ga yg khusus shenzhen aja, kira2 biayanyanya brp ya mbak? Mohon pencerahannya :D. Makasih byk ya mbak sblmnya..

     
    • aremaronny

      April 2, 2013 at 1:38 pm

      Halo mbak Ririn, kabar terbaru VOA masih lancar. Tapi kalau mbak kuatir mending langsung urus visa China. Biayanya hampir sama dengan VOA tapi memang lebih ribet :).

       
    • fitra_krisan

      April 2, 2013 at 4:49 pm

      Hallo mbak ririn dan mbak Vicky….minggu lalu saya baru masuk Shenzhen via shekou port dari macau…VOA untuk Indonesian passport masih berlaku koq…

       
      • estrellita

        August 12, 2013 at 4:05 pm

        Mau tanya mba fitra, salam kenal sebelumnya.

        Untuk VOA di shekou port masih bisa yah pas April?
        Lama tidak mba prosesnya dan harganya brp ya??

        Thanks infonya ya mba…

        Saya tunggu balesannya soalnya minggu ini saya mau ke shenzhen lewat macau.

         
      • fitra_krisan

        August 12, 2013 at 8:58 pm

        Hi esterlita…salam kenal juga…prosesnya singkat banget gak sampai 10mins per orangnya…harganya 168rmb

         
      • estrellita

        August 12, 2013 at 9:24 pm

        Ok tks a lot ya mba fitra, doakan saya juga lancar ya mba urus VOA nya :)

         
      • yuanintan

        February 22, 2014 at 12:45 pm

        Hallo mbak fitrah,
        Salam kenal, mohon bantuannya mbak
        Rencananya bulan maret ini saya sama kaka mau liburan
        HK-macau-Shenzen,
        Nt mau ke shenzen lewt macau.. Rada2 takut ne mba soalnya kbnyakan baca diblog liburan pengrsn VOAnya lewt hongkong,
        Nah klw urus VOAnya dari macau bisa gak mbak trs gimana caranya ya mbak.. Tolong ya mbak.. Pemula soalnya..hehehe mksh

         
      • aremaronny

        February 22, 2014 at 1:51 pm

        Urus VOAnya nggak bisa langsung di Macau mbak, mesti nyebrang dulu ke Shenzhen baru ngurus disana. Nah, kenapa kok kebanyakan ngurusnya lewat Hongkong? karena kalau VOAnya pas tutup tinggal naik kereta aja kembali ke Hongkong. Tapi kalau masuknya via Macau, mbak mesti naik ferry lagi untuk kembali ke Macau. Jauh lebih mahal dan ribet daripada lewat Hongkong.

         
  44. Miming

    March 31, 2013 at 10:14 am

    Untuk memasuki Shenzhen dari Hongkong, anda bisa menggunakan MTR menuju stasiun Lo Wu. Stasiun tersebut langsung menghubungkan anda dengan imigrasi Hongkong dan RRC. Perjalanan dari tengah kota, kurang lebih memakan waktu 45 menit.Sepanjang perjalananan, anda akan melewati kawasan New Territory yang agak sedikit berbeda dengan tiga pulau Hongkong lainnya yang gemerlap. New Territory nampak seperti kota satelit yang kebanyakan diisi oleh gedung-gedung apartemen yang menjadi tempat tinggal banyak penduduk.Karena merupakan wilayah RRC, maka WNI membutuhkan visa untuk masuk ke Shenzhen. Ada dua pilihan untuk WNI, anda bisa mengurus visa RRC langsung dari Indonesia atau masuk menggunakan visa on arrival (VOA) yang bisa diurus di kantor imigrasi di perbatasan Lo Wu.
    Cara mengurus VOA relatif mudah. Setelah melalui imigrasi Hongkong, anda akan digiring masuk ke imigrasi RRC. Kantor imigrasi tempat mengurus VOA ada di lantai 2, ikuti petunjuk yang tertera jelas beberapa puluh meter sebelum tempat pengecekan paspor.Setelah naik ke lantai 2, anda harus mengisi formulir VOA yang disediakan beserta dengan seluruh kelengkapannya dan melakukan pembayaran biaya VOA. Siapkan uang RMB 168 (Renmibi atau Yuan), yang merupakan mata uang resmi RRC. Ada juga penukaran uang di salah satu sudut kantor ini.

    Proses selanjutnya adalah mensubmit seluruh formulir itu dan menunggu VOAnya selesai. Waktu yang diperlukan tergantung dengan tingkat kepadatan antrian. Kadang hanya perlu waktu lima menit, kadang juga perlu waktu tiga puluh menit.

    Harap dipahami bahwa VOA ini hanya berlaku selama lima hari dan dipergunakan khusus untuk kota Shenzhen. Anda tidak diperkenankan untuk keluar dari zona ekonomi khusus Shenzhen yang memberikan fasilitas VOA ini. Sangat tidak disarankan untuk bepergian keluar kota Shenzhen karena itu berarti melanggar aturan keimigrasian RRC yang bisa mengakibatkan anda dideportasi oleh pemerintah setempat.

    Kalau anda sudah mengurus visa di Indonesia, tentu saja aturan ini tidak berlaku.

     
  45. Henny Chanya

    May 11, 2013 at 11:27 am

    Salam kenal mbak Vicky…….asyik bgt baca critanya. Mau tanya ya mbak, 28 Juni ini saya rombongan ber 6 mau ke Shenzhen masuk dr Shekou (HK-Macau-Shenzhen-HK) VOA nya msh bisa g ya? Agak deg2 an juga sich makanya aku belum book hotel. Menurut mbak gimana? Apa aku go show aja, gimana ntar nasib. Klo sampe kejadian g bisa msk apa aku bisa nerusin ke HK atau hrs balik lg ke Macau soalnya aku blk ke Jktnya dr HK. Thanks berat ya mbak…..

     
    • aremaronny

      May 13, 2013 at 6:01 am

      Salam kenal juga mbak Henny. Go show aja mbak, nanti kalau VOA nya tutup mbak masih bisa balik lagi ke Hongkong kok. Berita terbaru VOAnya masih bisa, tapi lebih baik jangan ambil resiko dengan membooking hotel, tetep go show saja dulu.

       
      • Henny Chanya

        May 13, 2013 at 2:33 pm

        Aku n gank ber 6 (1 anak,1 rmj,4 org lg dah 50 th an). Ke SZ by ferry dr Macau Ferry Term, dah bener terminalnya? Mana yg lbh efisien mbak lgs ke SZ atau ke HK dulu baru nyambung MTR mengingat VOA yg blm jls. Aku kan brk akhir Juni ini pas lg peak season, klo di SZ pas hari H nya baru booking htl apa msh bs dpt? Tadinya aku rencana pake Sunon Holiday Villa (Dongmen) via Agoda tp msh pending. Recomended g mbak htlnya? Sorry pertanyaannya borongan,he..he..maklum perdana.Thanks ya mbak….

         
      • aremaronny

        May 13, 2013 at 6:49 pm

        Halo mbak Henny, saya coba jawab pertanyaannya yah :
        1. Sudah benar naik dari Macau Ferry Terminal.
        2. Kalau menurut pendapat saya mending ke Shezhennya lewat Hongkong saja mbak, jadi kalau VOAnya tutup tinggal naik kereta balik lagi ke Hongkong.
        3. Insyaallah masih bisa dapat mbak.
        4. Kalau lihat reviewnya di trip advisor sih Sunon Holiday Villa (Dongmen) tergolong bagus mbak. Terutama karena lokasinya yang strategis.

         
  46. Henny Chanya

    May 14, 2013 at 8:31 am

    Dear mbak Vicky….thanks bgt ya dah jwb pertanyaanku yg segambreng. Kapan nich ngadain acara “pergi bareng” sama mbak Vicky kan jd bs menghindari resiko sekecil mungkin. Insya ALLAH aku peserta pertamanya.He..he..he…ngarep.com. Kapan2 aku tanya lagee boleh ya mbak. Ok mbak sukses selalu ya….

     
    • aremaronny

      May 14, 2013 at 8:57 am

      He he he terima kasih mbak Henny…Saya juga belum begitu pinter dan masih sering nyasar juga kok mbak, kalau capek saya juga masih sering marah dan satu lagi suka nggak sabaran kalau dapat teman seperjalanan yang lelet :)…

       
      • Henny Chanya

        May 14, 2013 at 4:56 pm

        Siiiip dech ….., abis ini aku mau nyoba nyusun ittenarynya. Mungkin nanti aku banyak nanya2 lagi, jgn bosen ya mbak.Thanks bgt sama infonya, banyak ngebantu aku.

         
      • aremaronny

        May 14, 2013 at 8:33 pm

        Sama-sama mbak Henny :)

         
  47. susan

    May 14, 2013 at 10:43 pm

    mbak kalo wow ke splendid itu dekat ya??butuh berapa lama utk sampe disana?

     
    • aremaronny

      May 15, 2013 at 6:24 am

      Dekat mbak, paling butuh waktu 15-30 menit naik kereta.

       
  48. mockingjaysan

    May 23, 2013 at 11:05 pm

    Wah, jadi pengen ke SZ nih mbak tapi karena dah bayar hotel di HK jadi paling one day tour aza ke SZ, cuma ragu nih mbak keburu gak ya karena ada rencana ke Macau juga. Jadwal trip Jkt-HK sampe jam 6 pagi Kamis dan HK-Jkt Senin pagi jam 9. Minta pencerahannya ya mbak. Mumpung gitu mbak sekalian bisa dapat HK, Macau, SZ. Thanks a lot mbak.

     
    • aremaronny

      May 24, 2013 at 6:59 am

      Kalau mau One day Tour ke Shenzhen sebenarnya masih kburu juga mbak, tapi kalau ke Shenzhen sih menurut saya jangan sehari, rugi sama VOAnya mbak :)

       
  49. nita

    May 24, 2013 at 9:24 am

    Halloww mbak, mau tanya dunk…suamiku dan adeknya pesan tiket Jkt-Shenzhen pp pergi tgl 22 May 2013 pulang tgl 26 May 2013 pake tiger air, di Spore tnyt diinfokan bahwa VOA hanya bisa melalui Lou Wu, akhirnya tiket mereka hangus yang Spore – Shenzhen karena mereka sudah datangi kedutaan China di Spore tetapi prosesnya 2-4 hari tidak ada yang kilat, mereka beli tiket lagi yang Spore – Hongkong dan masuk Shenzhen lewat Hongkong.
    Yang saya mau tanyakan, karena tiket pulang ke Jkt lewat Shenzhen Bao Int’l apakah ada masalah diimigrasi ?
    Mohon informasinya yah mbak…thx

     
    • aremaronny

      May 25, 2013 at 6:57 am

      Halo mbak Nita, sayang sekali tiketnya hangus yah..memang di Shenzhen Airport tidak ada kantor VOA nya yang ada hanya di Luohu Port, Huanggang Port, Shekou Port dan Fuyong Port. Jadi memang tidak memungkinkan masuk lewat Shenzhen Airport kecuali sudah punya visa China. Kalau proses pulangnya saya kira tidak akan ada masalah.

       
  50. Rhony

    May 28, 2013 at 10:45 pm

    Malam Mbak Vicky..
    Saya mau tanya, tanggal 20 Juni nanti saya berencana akan jalan dari Hongkong ke Shenzhen, yang saya ingin tanyakan adalah, apakah saya bisa mengurus Visa langsung di Shenzhen (Sistem VOA)?

    Terima kasih

     
    • aremaronny

      May 29, 2013 at 6:43 am

      Informasi terakhir VOA nya masih buka mas Rhony tapi perhatikan baik-baik entry port yang ada VOAnya yaitu di:
      Luohu Port: 09:00 – 22:30
      Huanggang Port: 09:00 – 13:00, 14:30 – 17:00
      Shekou Port: 08:45 – 12:30, 14:30 -17:30
      Fuyong Port: 08:30 – 17:30

       
      • estrellita

        August 12, 2013 at 4:07 pm

        Dear Mba Vicky,

        Sorry banyak tanya, kl dr shekou harus keluar di shekou lg kah kalo VOA nya dapet drsana??

        Thanks

         
      • aremaronny

        August 12, 2013 at 8:50 pm

        Tidak harus keluar dari Shekou lagi mbak, tapi bisa keluar dari tempat yang lain seperti Louhu

         
      • estrellita

        August 12, 2013 at 9:25 pm

        Tks a lot ya mba vicky :D

         
  51. yoza

    June 1, 2013 at 8:36 am

    Mbak vicky, sy rencananya ke sz dari tst via luohu port menuju wow dan soc tapi plngnya mau lewat shekou port,pertanyaannya 1) kalo dr sekhou port ke tin shui wai hnya bisa naik ferry y mbak,krn dipeta sy lihat corridor msh u/c yah? artinya blm ada mtr yg nyambung dgn kcr west rail? 2) dari tin shui wai sptnya harus jalan lg y kestasiun terdekat di kcr networknya? 3)untuk makanan halal rata2 sekali makan habis berp duit mbak? boleh dishare list nya mbak? Mohon sarannya, tks b4 mb vicky..

     
    • aremaronny

      June 3, 2013 at 6:40 am

      Halo mas Yoza :
      1. Dari Shekou Port ke Tin Shui Wai memang hanya bisa naik Ferry karena memang belum ada MTR yang nyambung.
      2. Dari Shekou naik ferry turun di Hongkong – Macau Ferry Terminal di Central Hongkong Islan disambung naik MTR ke Tin Shui Wa. Sebenarnya kalau mau ke Tin Shui Wai kejauhan kalau naik ferry via Shekou Port. Naiknya dari Shenzhen Wan Port-Hongkong. Bus menuju Shenzhen Wan Port adalah 31, 90, 98, 217, 245, B602 dan M 206. Dari situ naik bis B2 Line dan B2P Line yang menuju Yuen Long West Rail Line Station, melewati Tin Shui Wai Station dari West Rail Line, tapi bus B2P hanya tersedia tiap weekend. Selain itu bisa naik Bus B3 dan bus B3X dengan rute Tuen Mun Central.
      3. Anggarkan saja sekali makan 35 HK$. Halal Food di Hongkong bisa dilihat disini http://210.0.141.99/eng/e-islamfoodstore.asp

       
  52. Rhony

    June 3, 2013 at 8:16 pm

    Mbak Vicky, saya akan nginap di Honkong daerah Tsim tsa tsui, paling dekat untuk ngurus voa nya harus ke port mana ya?
    Terus untuk ke port tersebut biasanya naik apa ya?
    Terimakasi

     
    • aremaronny

      June 4, 2013 at 4:53 am

      Via Luohu saja mas seperti saya.

       
  53. Tania

    June 18, 2013 at 5:11 pm

    sore mba..mau tanya dong, utk pembuatan voa di shenzhen(via macau) for indonesian msh berlaku ga ya? saya actually udah beli tiket dan udah book hotel di shenzhen..hahaha aagak deg2an jadinya skr…>.<

     
    • aremaronny

      June 18, 2013 at 5:26 pm

      Dari Update terakhir masih berlaku mbak Tania

       
  54. Henny Chanya

    July 6, 2013 at 12:24 pm

    Hi……mbak Vicky pa khabar ? Makasih banyak sarannya ya u/ nggak booking hotel dulu di Shenzhen. Ternyata benar lho mbak VOAnya tutup mungkin krn tgl 1 Julinya kan hari penyerahan Hongkong jadi mrk antisipasi keadaan. Alhamdulillah aku taunya wkt mau plng dr Macau jd aku nggak perlu ke Luohu lg. Cuman babak belur juga 1/2 harian nyari hotel di hongkong maklum libur panjang jadi syusyahhhhhh bgt udah gitu jg lebih mahal. Sekali lg thanks ya mbak.

     
    • aremaronny

      July 6, 2013 at 3:38 pm

      Wah pengalaman yang mengesankan yah..akhirnya dapat hotel di mana?

       
      • Henny Chanya

        July 9, 2013 at 10:21 pm

        Maaf ya mbak baru liat replynya, maklum kemaren kelamaan libur jadi banyak yg hrs dilembur. Aku stay di Lee Garden Guest House tmpnya nggak terlalu jauh dr mesjid Kowloon sekitar 600 m. Kamarnya ac,bersih, ada KM di dlm, Fasilitas :air panas,air minum,wifi, disediain jg microwave & refrigerator di lantai kamarku (ada 4 kmr). Kasurnya jg mentul2 kaya standard htl. Ratenya HK $ 625/mlm, cuman uk kmrnya kecil = 6 m2.Ternyata banyak jg yg nasibnya lbh parah dr aku lho mbak krn mrk baru tau klo VOA ttp stlh mrk smp di Louhu padahal mrk jg dah psn hotel jauh hari. Mungkin blm rezekiku liat Shenzhen tp paling nggak aku dah banyak tau dr crita2 mbak Vicky. Tetap semangat utk terus berbagi pengalamannya ya mbak. Rencana trip selanjutnya mau ke negara mana lagi nich ?

         
      • aremaronny

        July 10, 2013 at 8:32 pm

        Terima kasih atas sharingnya ya mbak. Lee Garden Guest House berarti bisa direkomendasikan ya mbak. Shenzhen cuman gitu-gitu aja kok mbak, menyenangkan buat yang senang belanja. Trip selanjutnya Insyaallah ke Philipina mbak.

         
  55. Inya Malonda

    July 8, 2013 at 6:32 pm

    halo mbak, mau tanya nih.. katanya voa shenzhen via luohu itu suka ditutup kalo ada event atau pameran di shenzhen ya? kalo iya, biar tau jadwal event yang akurat dimana ya dari web apa gitu?takut tiba2 dateng sana trus ditutup.

    makasih mbak :)

     
    • aremaronny

      July 9, 2013 at 7:35 am

      Nah itulah mbak yang masih menjadi misteri karena tidak ada web resmi tentang hal ini. Website kedutaan Cina juga tidak pernah memberikan pengumuman tentang hal tersebut

       
  56. Henny Chanya

    July 11, 2013 at 9:18 am

    Wach …….pasti asyik tuch, have fun ya mbak. Sedikit tambahan u/ Lee Garden Guest House klo disana managernya ramah dan bisa bhs .Ind namanya Mr.Charlie n ada restaurant Ind dkt sana juga. Oya mbak, rate kmr yg aku ksh tau itu u/ 3 beds. Insya ALLAH awal Juli tahun depan aku n gank mau ke Korea rencananya 9 hari. Mohon saran ya mbak, thanks banget

     
    • aremaronny

      July 11, 2013 at 4:50 pm

      He he he kalau soal Korea sepertinya nanti akan terbalik, saya yang akan belajar banyak dari mbak Henny soalnya saya juga belum pernah kesana.

       
    • izaku

      September 21, 2013 at 2:34 pm

      Maaf Mbk Henny, numpang nanya untuk Lee Graden Guest House yg pernah mbk inap itu harganya HKD $625/malam untuk 3 bed yaa? semisal saya booking untuk 1 kamar dengan double bed (1 tempat tidur untuk 2 orang) kira2 setau mbk henny apakah harga yg diberikan lebih mahalkah? berapa yaa? Booking lewat web mana yaa mbk? mohon infonya….Thx so mucchhh;-)

       
  57. Henny Chanya

    July 12, 2013 at 5:44 am

    Sebenarnya masih bingung jg antara Korea n Jepang krn gankku terpecah. Apalagi katanya visa ke Jepang itu syusyah. Jadi final destination belum diputuskan, maklum gankku ini kan multi umur….. jadi yach gitu dech banyak pertimbangannya. Kenapa ya mbak aku jarang ketemu blogger yg ngebahas ttg Korea ini ? Memang ada sich beberapa tapi banyakan dari Malaysia. Sarannya aku tunggu ya mbak , thanks.

     
  58. lilik

    July 16, 2013 at 8:01 am

    slmt pagi, salam aremania…duh…sampek belekan mataku mantheng tulisannya mbak. kabeh tak baca soalnya tgl 24 juli ini kita sekelg mw brkt ke HK macau SZ. utk di HK Macau nya sdh jelas, yg agak bingung ke SZ nya. jd klo ke SZ by macau hrs urus VOA nya di Shekou port ya? dari ole london hotel naik apa ke Shekou Port? mnrut mbak enak e aku dr macau lgsg ke SZ ato balik dl ke HK br urus VOA Louhu POrt? mata uang yuan kita beli dimana? tukar dollar ke yuan/RMB aja?
    sesampai di SZ lgsg beli Tong Card aja ya mbak? jd kita ber4 lgsg beli 4 card yg isi brp? ntar bisa di top up lg? rcn kt nginap di SZ 2hr.
    mbak……..tuooollllooonnggg ya, wkt pembrktan sdh dekat tp aku kok msh nol puthul ngene mbak…mumet aku mbak. mtrnwn infonya…

     
    • aremaronny

      July 16, 2013 at 10:31 am

      Halo mbak Lilik
      1. Kalau ke Shenzhen dari Macau urus VOA nya di Shekou Port. Tapi nggak enaknya kalau VOAnya sedang ditiadakan mbak harus naik kapal lagi kembali ke Macau.
      2. Dari Ole London Hotel naik bis no. 10 A arah Macau Ferry Terminal kemudian naik ferry ke Shekou Port
      3. Kalau menurut saya tergantung mbak mendarat dan tinggal landas dimana, dan VOA paling enak diurus via Louhu karena kalau VOAnya tutup tinggal naik kereta kembali ke Hongkong.
      3. Waktu itu saya bawa Dollar US dan tukar Yuan di Shenzhen

       
      • lilik

        July 20, 2013 at 8:55 pm

        xri mbak baru sempet ngucapin mtrnwn nya saiki. ojo nesu yo mbak…
        nywnngpunten mbak, klo liat tulisan mbak jd sebaiknya kita beli kartu sakti shenzen ato ga? kita mau ikutan nginap di tmpt mbak aj biar ga mumet. mtrnwn lagi mbak…

         
      • aremaronny

        July 21, 2013 at 5:23 pm

        Sesuaikan saja dengan itenerary mbak Lilik, kalau banyak naik kereta mending beli Shenzhen Tong Card.

         
  59. toni

    July 23, 2013 at 2:29 am

    jadi ingat waktu ke shenzen, pernah menginap di shanghai hotel. Kamarnya bagus, dan ada perpustakaannya loh : ) terus ada buku menarik bgt, sampulnya gambar kartun cowok dan cewek, pelukan romantis hehehe tapi sayang gak bisa bahasa mandarin jadi gak ngerti arti tulisannya apa heuheu

     
    • aremaronny

      July 23, 2013 at 6:25 am

      Wk wk wk pasti mas toni sampai sekarang penasaran..apa yah isinya?…

       
  60. winda

    August 17, 2013 at 11:09 am

    mba vicky…kalo hari minggu mau ke shenzen, kantor VOA yg di Luohu buka gak ya? temen sy prnh kesana ktnya tutup…jd balik lg ke hkg.. apa sebaiknya ke shenzen jgn weekend? Atau ada pengalaman teman2 disini yg berhasil ke shenzen pas weekend? Mohon infonya yaa… Sy lg nyusun itinerary nih..utk 2 minggu lg…makasih mbak..

     
    • aremaronny

      August 17, 2013 at 2:14 pm

      VOA Shenzhen setiap hari buka mbak, cuman mereka memang punya jam-jam tertentu sebagai berikut : Luohu Port: 09:00 – 22:30, Huanggang Port: 09:00 – 13:00 dan 14:30 – 17:00, Shekou Port: 08:45 – 12:30 dan 14:30 -17:30
      serta Fuyong Port: 08:30 – 17:30. Kecuali kalau ada event tertentu mereka malah tutup sepanjang peride tertentu

       
  61. Dee

    August 23, 2013 at 1:00 am

    Sasaji mbak….
    Mau nanya nih.. Aku rencana mau ke hk- macau- shenzen and balik hk lagi. Tuker duit masing- masing mata uang daerah tsb dari Indonesia langsung semuanya atau di sana saja mbak enaknya…l thanks

     
    • aremaronny

      August 23, 2013 at 1:20 pm

      Waktu itu saya tukar sedikit saja di Indonesia, selanjutnya saya bawa dollar Amerika untuk ditukarkan langsung disana

       
      • puput

        February 10, 2014 at 9:35 am

        mbak, jadi untuk tukar ke yuan pake US dolar aja ya ? klo macau bisa pake HKD kan ?

         
      • aremaronny

        February 10, 2014 at 3:48 pm

        Waktu itu memang say tukar USD ke Yuan. Di Macau bisa juga menggunakan HKD.

         
  62. estrellita

    August 24, 2013 at 7:16 am

    Dear Mba Vicky,
    Tks a lot buat saran2nya kmrn, sukses trip HK – Macao – Shenzhen – HK lg nya hehehe..
    VOA gampang bgt ya mba,di shekou port, udah serem aja takut tutup krn udh jam 4an pas smp disana. Lalu ke HK nya lg lewat lo wu. Senang bs nyobain 2 tmpt keluar masuk shz nya :D

    Tks again ya mba untuk smua saran2 d blog ini, sangat bermanfaat bgt untuk trip kemarin….

     
    • aremaronny

      August 24, 2013 at 5:49 pm

      Sama-sama mbak Estrelitta, senang banget bisa membantu :)

       
  63. Rara

    August 28, 2013 at 2:50 pm

    Mbak Vicky, saya mau ada bbrp pertanyaan.. Mudah2an Mbak berkenan jawab yah..
    Berhubung di HK cuma sebentar tp begitu ngeliat tulisan Mbak saya jd ngiler jg mau ke Macau n Shenzen.. Hehe.. (Centil)

    Pertanyaannya :
    1. Dalam 1 hari apa memungkinkan utk jalan ke Shenzen (cuma mau ke WOW), trus setelah itu lsg balik lagi nyambung ke The Peak? Perkiraan berangkat jam 8 pagi, ke Sz dulu baru ke The Peak, syukur2 klo bisa ke Dongmen sekalian.. :-D Stay nya di TST..
    2. Menurut Mbak Vicky worth the time n money ga klo ke Sz cuma ke WOW aja? Trus minimal brp jam muter2 WOW? (Intinya sih cuma mau nginjakin kaki aja di SZ.. Hehe..)
    3. Tulisan Mbak cuma ngejelasin arah ke The Peak naik bis dr Causeway Bay, tp klo dr SZ setelah turun KCR n transit naik MTR ke arah HK Island mau ke The Peak, itu turun stasiun MTR mana ya? Dari stasiun MTR itu jalan ke Tram Lowest Terminusnya naik apa lagi?
    4. Muter2 di Avenue of The Stars cukupkah hnya dengan waktu 2 jam aja?

    Terima kasih bnyk atas jawabannya, Mbak..

     
    • aremaronny

      August 28, 2013 at 6:31 pm

      Halo mbak Rara..
      1. Memungkinkan kok mbak kalau mau ke WOW. Pagi berangkat jam 7 sampai jam 12 ke WOW dilanjut ke Dongmen dari jam 12 sampai jam 3, jam 3 sampai jam 8 ke The Peak.
      2. He he he sebetulnya sih nggak mbak, kalau cuman sehari rugi sama VOAnya. Tapi kalau waktu yang dimiliki terbatas yah mau gimana lagi.
      3. Dari Lowu mesti oper 3 kali. Pertama, naik MRT East Line arah Hung Hom turun di stasiun Kowloon Tong. Dua, naik MRT Kwun Tong Line arah Yau Ma Tei turun di stasiun Prince Edward. Ketiga, naik MRT Tsuen Wan Line arah Central turun di Central. Dari Central jalan kaki kurang lebih 15 menit ke Tram Lower Terminus.
      4. Cukup 2 jam di Avenue of the Star

       
  64. Rara

    August 28, 2013 at 9:04 pm

    Makasih bnyk jawabannya, Mbak.. Paling seneng klo nanya ama Mbak Vicky, bukan cuma tulisannya aja yg keren n deskriptif, menjawab pertanyaan org2 juga ramah n detil.. Keep on writing ya, Mbak.. Supaya org2 kyk saya juga jd semangat jalan2 aplg ada contekan.. Hihi..

     
    • aremaronny

      August 29, 2013 at 6:21 am

      He he he terima kasih banyak juga mbak Rara karena sudah mampir disini.

       
  65. winda

    September 5, 2013 at 11:20 am

    mba vicky…tks bgt utk info2nya…alhamdulillah kamis minggu lalu tgl 29 sy sekeluarga ma suami n anak 2 mendarat di hkg… Qta nginep di daerah causeway bay, dgn pertimbangan deket sm kampungnya TKI indo, banyak makanan halal, bs nyobain naik tram ding2…ke shenzen jg dianterin sm mbak2 TKI sampe stasiun Kowloon Tong…alhamdulillah…
    Trus ngurus voa di luo hu jg cepet cm 15 menit…sayang sampe sana udah siang, slesai wow jam 6 sore, sempet naik ‘menara eiffel’ di wow hehehe…trus sempet belanja di luo hu lmyn mba murah2…walau ga smpt ke splendid china n dongmen…overall puas lah…
    Tengkyu mba vicky yaaa n smua teman2 disini…bs sharing info n berbagi…

     
    • aremaronny

      September 5, 2013 at 10:20 pm

      He he he jadi seneng juga baca cerita mbak Winda. Terima kasih atas sharingnya juga yah. Penginapan di daerah Causeway Bay berarti bisa saya rekomendasikan juga buat traveler yang lain.

       
  66. izaku

    September 21, 2013 at 2:30 pm

    Siang Mbk Vicky, Salam kenal yaa…. saya ada beberapa pertanyaan, mohon bantuan jawabannya yaa mbk:-)
    1. Tgl 13 Oct ini saya kan tiba di Hongkong International airport jam 10:05 Pagi, saya berencana mau langsung ke Shenzhen, dan saya uda booking hotel di City ConvenienceInn yg berlokasi di Shenzhen Chun Feng Road. Yang jadi pertanyaan saya apakah VoA bisa saya buat langsung disana? mengingat itu hari minggu. Lalu bagaimana cara terdekat dan termurah dari Hkg International Airport Menuju Shenzhen? (Maklum modal backpacker hehehehe). Berapa lama waktu yg ditempuh dari hongkong airport ke Shenzhen? Mohon Info detailnya yaa mbk….. Makasi banyak sebelumnya.
    2. Saran dari Mbk vicky sebaiknya hari pertama tgl 13 Oct saya melakukan aktivitas apa yaa di shenzhen? Saya berencana stay di Shenzhen dari tgl 13 Oct s/d tgl 16 Oct, lalu balik ke hongkong dan menginap di Wan chai, maka bagaimana rute balik dari Shenzhen ke Hongkong yaa mbk? Maklum buta arah hehehehehe……

     
    • aremaronny

      October 2, 2013 at 2:59 pm

      Halo Izaku..maaf baru bisa balas sekarang…
      1. VOA insyaallah kalau sedang tidak ada event khusus bisa dibuat disana ealaupun hari Minggu. Kalau dari airport ada dua pilihan, yang pertama naik kereta sampai ke Luohu dan masuk lewat sana atau naik ferry dan masuk via Shekou Port atau Fuyong Port. Tergantung aja senang jalur laut atau darat. Ferry dari Hongkong Airport ke Shekou Port dan Fuyong Port dapat dilihat disini http://www.travelchinaguide.com/cityguides/hongkong/airport-shenzhen-ferry.htm
      2. Saya merekomendasikan Splendid China daripada WOW.

       
      • Aa

        October 2, 2013 at 9:56 pm

        Salam kenal mba Vicky, saya tambahkan info yang ingin langsung ke Shenzhen dari airport HK dapat melalui Huanggang Port, prosesnya :
        1. Melewati imigrasi HK
        2. Langsung menuju terminal 2, lihat sign Mainland China, saya memilih transport agent CTS, harga tiket 150 HKD per orang
        3. Keberangkatan 10 menit sekali dengan taxi Alphard hitam, kapasitas untuk 7 orang.
        4. Airport HK ke Huanggang Port sekitar 20 menit dan akan melalui pos cross-border imigrasi (seperti pintu tol).
        5. Menyerahkan paspor di pos tersebut, cukup dari mobil ke petugas imigrasi HK
        6. 100 meter dari point cross-border, tiba di Huanggang Port
        7. Apply VOA, tempat sbelah kiri pintu masuk Huanggang Port, kurang dari 10 menit selesai, biaya RMB 168
        8. Langsung ke imigrasi China, dan jangan lupa mengisi form arrival
        9. Tiba di Shenzhen :)

         
      • aremaronny

        October 3, 2013 at 12:17 pm

        Terima kasih mas Herdian atas sharing infonya, sangat bermanfaat sekali :)

         
  67. wiwid

    October 12, 2013 at 7:11 am

    pagi mbak vicky, mbak mo nanya dung.. klo mau buat VoA untuk 5 orang (aku, suami, 3 anak) di lo wu apakah harus ambil 5 nomor antrian ato satu aja untuk 5 orang? makasih ya mbak :)

     
    • aremaronny

      October 12, 2013 at 11:23 am

      waktu itu saya sama suami ambil nomor antrian satu-satu mbak.

       
  68. indah

    December 4, 2013 at 10:55 pm

    Hi Mba vicky..ada bbrpa pertanyaan :
    1.krn saya ke macau dulu, Kalo dari macau ke shenzhen sebaiknya pagi atau sore ya supaya masih bisa process VOA dishekou?
    2.Pelabuhan ferry di macau utk ke shekou apa ya namanya mba dan apa nama ferry nya ?
    3.setelah sampai shekou ke tmpt penginapan yg ada MTR nya (misal ke Louwu) transportasi apa ya mba ? dikarenakan saya akan nginep 1 malem di shenzhen dan bsknya ke HK lwt louwu

    trims

     
    • aremaronny

      December 5, 2013 at 11:20 am

      Halo mbak indah :
      1. Jam buka VOA di Shekou Port adalah 08:45 – 12:30, 14:30 -17:30 perhitungkan juga jam keberangkatan ferrynya.
      2. Ada 2 pelabuhan yang melayani ferry ke Shenzhen Macau Maritime Ferry Terminal dan Macau Taipa Temporary Ferry Terminal. Ferrynya juga ada dua Turbojet sama ferry biasa.
      3. Dari Shekou ke Lowu naik metro. Jalurnya bisa dibaca di blog.

       
  69. sulek

    January 5, 2014 at 5:36 pm

    Mbak klw misalkan kantor VOA ny tutup gmn?, apa yg harus kita lakuin masak kita harus balik ke HK.! Tq

     
    • aremaronny

      January 6, 2014 at 12:13 pm

      he he sayangnya iya. Makanya sering saya sarankan jangan booking apa-apa dulu di Shenzhen dan mending masuknya via Hongkong karena kalau kantornya tutup tinggal balik naik kereta. Kalau masuknya via Macau jadi susah karena harus naik ferry untuk kembali.

       
      • sulek

        January 6, 2014 at 4:08 pm

        Ok, tq mbak atas infony sangat membantu.:-)

         
  70. Nita

    February 14, 2014 at 7:07 am

    Halo mba salam kenal,infonya lengkap bermanfaat banget..mau nanya mba aku nyampe hkia sabtu malem jam 20.30..klo mau lgsg ke shenzen imigrasinya msh buka kan ya mba?sy baca di atas sampe jam 22.30..sempet ga ya kira2?dan klo misalnya ditolak sy harus balik lg ke hk,bs rekomendasiin penginapan apa ya yg plg deket?trims ya mba

     
    • aremaronny

      February 16, 2014 at 6:41 pm

      Halo mbak Nita apakah jam 20.30 itu jam pendaratan pesawat? kalau iya mbak mesti nambah kurang lebih 1 jam untuk keluar imigrasi dan ngurus bagasi. Kalau menurut saya jangan langsung ke Shenzhen dulu, pertama takutnya nggak keburu dan yang kedua karena saat itu hari sudah sangat malam saya rasa demi keamanan mending nginep aja di Hongkong dulu.

       
  71. Aries

    June 20, 2014 at 4:22 pm

    Halo mba ^^
    Saya ada rencana ke shenzhen via HK november 2014, passport indonesia masih bisa apply VOA tidak yach ? Sebab saya baca di : http://www.travelchinaguide.com/embassy/visa/service.htm tertulis : “Some may apply for it showing passports with proof that they have been issued Chinese visa before by embassies and consulates, such as Indonesians and Philippines” ditambah lagi isu agak sulit untuk di approved VOAnya : “Yes, the visa on arrival at Shenzhen is available for an Indonesian citizen, however, I can’t sure you can get one, sometimes, the visa office at the Shenzhen border, such as Lo Wu, refuses to issue a visa on arrival to aliens who come to Mainland China for the first time”. Saya jadi ragu, apakah saya perlu apply visa china dari indonesia ? Mohon pencerahannya :) Thanks before.

     
    • aremaronny

      June 20, 2014 at 6:20 pm

      Halo….sepengetahuan saya masih bisa apply VOA. Begini saja, kalau memang tujuannya hanya ke Shenzhen tidak perlu apply visa China. Andalkan VOA saja, kalau ditolakpun tidak rugi-rugi amat kok kalau tidak ke Shenzhen. Lain halnya kalau memang ingin eksplore Cina lebih mendalam (tidak ke Shenzhen saja). Nah itu bari worth it kalau mau apply visa Cina.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 170 other followers

%d bloggers like this: