RSS

Hari Ke-2 (Hongkong)

31 Oct

Oleh : Vicky Kurniawan

Di hari ke dua ini kami berencana mengunjungi Pulau Lantau di sebelah barat Kowloon. Ada dua atraksi di pulau ini yang kami pikir cukup menarik yaitu : Ngong Ping 360 dan Hongkong Disneyland.   Lantau (dalam bahasa Cantonese artinya “Broken Head) adalah pulau terbesar di Hongkong yang dulunya adalah pulau para perompak dan penyelundup. Sebelum tahun 1997, pulau ini hanya bisa diakses dengan menggunakan ferry tapi sekarang sejak adanya Lantau Link kita bisa datang ke pulau ini menggunakan MTR, bis dan taxi.

Giant Budha di Lantau Island (Photo by : chinadaily.com.cn)

Selain Ngong Ping dan Disneyland, pulau ini juga memiliki beberapa atraksi lain yang walaupun tidak sepopuler kedua atraksi diatas tetap menarik untuk dikunjungi seperti:Tai O (kalau ingin tahu desa nelayan tradisional Hongkong yah disinilah tempatnya), Cheung Sha (pantai terpanjang dan katanya sih paling indah di Hongkong) dan tentu saja Lantau Peak (gunung setinggi 934 M yang bila cuaca cerah dari puncaknya bisa terlihat Macau dan Zhuhai).

Pantai Cheung Sha (Atas), Tai O (Kiri), Lantau Peak (Kanan)

Agar dapat mengeksplorasi Ngong Ping 360 dan Hongkong Disneyland secara maksimal, sekitar jam 7 pagi kami sudah cabut dari guest house. Dari stasiun Tsim Sha Tsui naik MTR ke stasiun Lai King untuk selanjutnya ganti jalur ke stasiun Tung Chung. Update peta jalur MTR terbaru dapat diklik disini http://www.mtr.com.hk/eng/homepage/cust_index.html. Bila bingung mau naik jalur apa, di sebelah kanan atas terdapat kotak Journey Planner. Di kotak ini kita tinggal mengisi nama stasiun awal dan akhir selanjutnya akan keluar informasi detail mengenai jalur yang harus diambil, letak stasiun interchange, waktu tempuh dan biaya yang harus dikeluarkan. Bukan itu saja, journey planner ini juga bisa digunakan untuk mencari jalur metro di Shenzhen, asyik bukan..! (selalu berangan-angan suatu saat Indonesia akan punya MTR tapi hiks..entah kapan).

Hongkong MTR

Untuk menuju Lantau dari stasiun Tung Chung ambil exit B ke arah Citygate Outlet. Di luar mall ini ikuti petunjuk ke arah Cable Car Ngong Ping 360 tapi jangan naik cable car dulu (karena belum buka), persis dibawah tangga ke arah Cable Car terdapat pemberhentian bis New Lantao No. 23 yang akan membawa kita ke Ngong Ping. Informasi tentang rute bis ini dapat dilihat di http://www.newlantaobus.com/road_23.htm dan bayarnya bisa pakai Octopus.

Tangga Masuk Cable Car dan Terminal Bis Dibawahnya

Pagi itu banyak juga yang naik bis ini, sempat heran kok ada yah turis pagi-pagi udah keluyuran ke Ngong Ping (he he). Total waktu perjalanan dari hostel ke Ngong Ping sekitar 1.5 jam dengan 30 menit terakhir ditempuh dengan bis. Sepanjang perjalanan menuju puncak kita akan disuguhi pemandangan hutan dan laut yang indah. Jalannya sempit dan berkelok-kelok dibatasi oleh tebing-tebing bukit yang tinggi. Jangan kuatir tanah longsor disini, karena tebing yang tinggi sudah di tembok sedangkan yang rendah ditutup dengan jaring-jaring berlubang kecil untuk mencegah tanah longsor ke jalan. Akhirnya jam 08.30 pas sampailah kami di Ngong Ping 360.

Ngong Ping 360

Angka 360 merupakan janji bahwa pengunjung akan mendapatkan pemandangan ke segala arah Lantau Island dan janji itu bisa terpenuhi kalau kita naik cable car serta mendaki patung Budha raksasa setinggi 34 meter di atas bukit. Dari kedua tempat itu kita memang akan mendapat pemandangan indah seputaran Lantau. Website resmi Ngong Ping 360 dapat diakses di sini http://www.np360.com.hk/html/eng/front/index.asp

Cable Car dan Giant Budha

Setelah turun dari bis, kami mulai menjelajahi Ngong Ping Piazza. Karena jam resmi bukanya adalah jam 09.00, tentu saja keadaan sekitarnya masih sepi dan penumpang yang sama-sama turun dari bis ternyata adalah para karyawan yang bekerja disini dan bukan turis (he he). Ngong Ping Piazza seluas 1,5 hektar ini dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan berbagai macam atraksi yang terdapat disini antara lain : The Po Lin Monastery, Giant Budha, Ngong Ping 360 Cable Car, Ngong Ping Village dan Wisdom Path.

a. Ngong Ping Piazza

Piazza ini terdiri dari 4 bagian : New Pau Lau, merupakan pintu gerbang menuju piazza yang dibangun berdasarkan gaya arsitektur dinasti Qing yang banyak digunakan oleh kuil-kuil cina termasuk Po Lin Monastery. Bodhi Path,  jalan sepanjang 122 mt ini menghubungkan New Pau Lau dan Di Tan, bagian lain Ngong Ping Piazza yang digunakan sebagai panggung upacara-upacara keagamaan yang sering diadakan oleh Po Lin Monastery. Sepanjang jalan Bodhi Path dihiasi oleh 12 patung “Twelve Divine Generals” sebagai penjaga waktu dan penggambaran 12 shio.

New Pau Lau dan Bodhi Path

Jendral Kimnara Bagi Yang Bershio Macan Seperti Saya

Bagian akhir dari piazza ini adalah Chinese Landscape Garden, sebuah taman bergaya cina dengan pavilliun di dalamnya. Karena Po Lin Monastery dan Giant Budha masih tutup, selanjutnya kami menyasar Wisdom Path sebagai satu-satunya tempat yang tidak ada jam buka dan tutup.

b. Wisdom Path

Berjarak sekitar 15 menit dari Ngong Ping Piazza, tempat ini dapat dicapai dengan berjalan kaki menembus hutan. Yah namanya saja hutan di Hongkong, tentu saja jalan setapaknya cukup bagus dan petunjuk jalannya juga jelas jadi jangan takut kesasar. Dalam perjalanan kita juga melewati kebun teh dan sebuah restoran yang bernama cukup keren “Tea Garden Restaurant”. Wah, bayangan saya pasti keren nih, restoran di tengah kebun teh. Tapi waktu sampai, yaiy…anti klimaks banget..ternyata cuman sebuah tempat makan kecil dengan pemandangan kebun teh yang juga kecil..he he..dan saya malah sempat ketemu sapi di sana.

Jalan Menuju Wisdom Path

Tapi Wisdom Pathnya sendiri sangat indah berupa 38 batang kayu (khusus diimpor dari Afrika) yang ditancapkan secara vertikal mengikuti kontur tanah yang naik turun. Di tiap batangnya diukir salinan beberapa ajaran dari Kitab Sutra yang menjadi dasar bagi 3 agama utama di Cina yaitu : Budha, Konfusian dan Tao. Batang yang di tengah dibiarkan kosong untuk menggambarkan “Kekosongan” yang menjadi tema utama taman ini.

Wisdom Path

 
b. The Po Lin Monastery

Po Lin Monastery ini buka dari jam 09.00 – 18.00, biara ini menjadi begitu terkemuka karena berfungsi sebagai tempat retret para Budhis berkelas internasional. Dinding dan langit-langitnya banyak dihiasi oleh naga dan berbagai tokoh mitos Cina. Selain itu dalam hall utamanya terdapat 3 patung Budha terbuat dari perunggu yang menggambarkan kehidupan Budha di masa lalu, masa kini dan masa depan.

Bagian Luar dan Dalam Po Lin Monastery

 
c. Giant Buddha (Tian Tan Buddha)

Sebagai atraksi utama dari Ngong Ping 360 adalah sebuah patung Budha Raksasa terbuat dari perunggu yang konon bisa terlihat sampai Macau. Patung ini memang mengesankan karena merupakan salah satu patung Budha terbesar di dunia. Berbeda dengan patung lain yang selalu menghadap ke Selatan, wajah patung ini menghadap ke arah Utara. Untuk mencapai patung ini, kita harus mendaki sekitar 268 anak tangga yang menurut saya layak dilakukan bila ingin melihat pemandangan indah dari atasnya. Akses ke patung ini adalah gratis dengan jam buka dari jam 10.00 – 18.00.

Tangga Menuju Giant Budha

Persis dibawahnya terdapat 6 buah patung kecil yang diatur berjajar mengelilingi Tian Tan Buddha. Patung-patung tersebut membawa bunga (penggambaran dari amal), dupa (moral), lampu (kesabaran), obat (semangat), buah (meditasi) dan alat musik (kebijaksanaan) yang menurut ajaran Buddha adalah 6 hal yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam surga. Keenam patung tersebut dikenal sebagai “The Offering Of The Six Devas”.

The Offering Of The Six Devas

Tiga lantai di bawah patung-patung ini digunakan sebagai museum yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu : The Hall of Universe, The Hall of Benevolent Merit, and The Hall of Remembrance. Dua koleksi utamanya adalah sebuah relik dari Sidharta Gautama dan sebuah bel raksasa yang dirancang untuk berdentang setiap 7 menit. Untuk masuk kedalam museum ini dikenakan biaya sebesar HK$60 per orang sudah termasuk makan siang di restoran vegetarian di Po Lin Monastery yang memang terkenal dengan masakan vegetariannya.

Sample Dish Menu Vegetarian Di Po Lin Monastery

 
d. Ngong Ping Village

Dalam perjalanan pulang menuju Cable Car, kami menyusuri Ngong Ping Village yang bagi saya tidak lebih dari sekumpulan toko-toko penjual souvenir dan restoran. Area seluas 1.5 hektar ini dihiasi dengan replika dari berbagai macam model Cable Car dari berbagai negara. Bagi yang tertarik dengan sejarah dan ajaran Sang Buddha, di area ini terdapat sebuah museum multimedia “Walking With Buddha” dan film animasi “Monkey’s Tale Theatre” dengan biaya masuk masing-masing HK$36.

Replika Cable Car Dari Italy (Kiri) & Suasana Ngong Ping Village (Kanan)

Di kampung ini, struk belanja sebesar HK$150 di Ngong Ping 360 Souvenir Shop dapat ditukar dengan sebuah kartu yang bisa ditulisi segala macam harapan yang diinginkan. Selanjutnya kartu-kartu ini digantung di sebuah papan yang diletakkan di bawah tiruan Bodhi Tree, pohon tempat Sidharta Gautama bersemedi untuk mendapatkan pencerahan. Konon, harapan yang digantungkan di pohon ini akan menjadi kenyataan. Komersialisasinya sih tidak menarik, tapi senang juga membaca beberapa harapan orang yang digantungkan di tempat ini, ada yang ingin cepat dapat pacar, ingin suami yang ganteng dan kaya, ingin pernikahannya langgeng..he he (seakan diberi sehat saja tidak cukup).

Tiruan The Bodhi Tree

e. Ngong Ping Cable Car

Setelah puas melihat-lihat dan berfoto, kami menuju loket Ngong Ping Cable Car. Dengan jarak sejauh 5,7 km Cable Car ini merupakan Cable Car terpanjang yang pernah saya naiki. Karena dimiliki oleh MTR Corporation, kamu juga bisa bayar dengan menggunakan Octopus Card disini. Bukannya menakut-nakuti, dulunya Cable Car ini doperasikan oleh Skyrail-ITM, tapi sejak tahun 2007 menyusul jatuhnya sebuah Cabin dalam uji keselamatan tahunan, kepemilikannya dialihkan ke MTR Corporation. Untung saja Cabin yang jatuh dalam keadaan kosong kalau tidak kan hiii ngeri banget. Ngong Ping Cable Car ini cabinnya didesain sangat luas cukup untuk 10 orang duduk dan 7 orang berdiri. Ketiga sisinya diberi lubang-lubang angin dan bukaan jendela sehingga kita bisa mendengar suara angin di luar dan merasakan kesejukannya.

Crystal Cabin Yang Beralas Kaca

Dari atas pemandangannya memang spektakuler, di bawah kita bisa melihat hutan-hutan Lantau dengan jalur hiking yang melintas sejauh 70 km. Di kejauhan kita juga bisa melihat Hongkong International Airport  dan Laut Cina Selatan. Perjalanan turun dengan menggunakan Cable Car ini memakan waktu sekitar 30 menit. Turun dari Cable Car di Tung Chung, kami melihat antrian orang-orang yang akan naik sudah menjalar. Terbayang kalau berangkatnya naik Cable Car bisa antri 15-30 menit.

Pemandangan Dari Atas Cable Car

Sebelum naik MTR, kami mampir dulu di kedai Subway dekat stasiun untuk membeli Sandwich dan minum sebagai bekal makan siang. Dari Tung Chung, kami naik MTR sampai stasiun Sunny Bay, kemudian pindah jalur ke stasiun Disneyland Resort.

Hongkong Disneyland

Bagi yang sudah pernah mengunjungi Universal Studio Singapore, Hongkong Disneyland akan terasa basi, tidak seru dan mengecewakan. Hampir 75% permainan di wahananya ditujukan bagi anak usia Sekolah Dasar. Bagi orang dewasa, dengan harga tiket yang lebih murah, saya lebih merekomendasikan pergi ke Ocean Park daripada Hongkong Disneyland. Walaupun demikian ada 3 atraksi yang menurut saya lebih bagus daripada Universal Studio Singapore. Ketiga atraksi tersebut antara lain :

1. Space Mountain

Terletak di area Tomorrowland, atraksi ini hampir serupa dengan “Revenge of The Mummy”-nya Universal Studio Singapore. Sama-sama berupa roller coaster indoor, Space Mountain lebih berasa ngeri karena lebih cepat, lebih panjang dan kelokan-kelokannya lebih hiiiiii…

Space Mountain dan Track Roller Coasternya

2. Stitch Encounter

Masih di area Tomorrowland, atraksi yang sama dengan “Donkey Live” di Universal Studio Singapore ini saya pikir lebih unggul karena lebih lucu, lebih atraktif, lebih canggih dan lebih banyak melibatkan penonton. Dalam atraksi ini, penonton diajak becakap-cakap dengan Stich yang sedang melarikan diri dengan membajak sebuah pesawat. Bila ingin menonton pertunjukkan ini jangan lupa perhatikan jam tayang pertunjukkan Bahasa Inggrisnya. Jangan sampai kita sudah masuk, eh bahasa yang dipakai bahasa Canton, kan jadi kita yang lucu.

Pintu Gerbang Stitch Encounter dan Space Mountain

3. “Disney In The Stars” Firework

Pada saat saya berkunjung, Hongkong Disneyland sedang merayakan ulang tahunnya yang ke 5.Mungkin itulah sebabnya pertunjukkan kembang api di Sleeping Beauty Castle dibuat begitu istimewa sehingga mengalahkan pertunjukkan kembang api serupa di Universal Studio Singapore.

Pertunjukkan Kembang Api di Sleeping Beauty Castle

Kami tiba di Disneyland sekitar jam 12.30 dan pulang setelah menyaksikan pertunjukkan kembang api jam 08.00. Sebelum masuk, tas digeledah oleh petugas walaupun mereka mengijinkan Sandwich dan botol minuman saya masuk ke dalam yang Alhamdulillah bisa dipakai mengganjal perut mengingat harga makanan dan minuman di taman itu sangatlah mahal (berkisar HK$60 keatas). Bukan hanya makanan dan minuman, souvenirnya pun mahal-mahal sampai ngeri sendiri yang mau beli (he he dasar turis kere). Souvenir termurah berupa koin seharga HK$10 yang dapat dipress sesuai dengan tokoh-tokoh favorit kita. Mesin press-nya sendiri tersebar di seluruh taman dengan cetakan yang berbeda di tiap mesin. Lebih lanjut tentang Hongkong Disneyland dapat dilihat disini http://park.hongkongdisneyland.com/hkdl/html/Christmas/en_US/index.html

Mesin Press Koin dan Koinnya

Karena masih belum capek (tapi kelaparan), dalam perjalanan pulang kami mampir ke Ladies Market di daerah Mongkok.

Ladies Market

Untuk menuju pasar ini, dari Disneyland Resort kami naik MTR ke Sunny Bay turun di stasiun Lai King, pindah jalur ke Mongkok dan keluar di exit E2. Dari pintu keluar ini ikuti terus arah penunjuk jalan. Terletak di jalan Tung Choi Street tempat ini menjual berbagai macam “barang perempuan” seperti tas, peralatan rumah tangga, baju dan lain sebagainya. Disamping itu pasar ini juga menjual berbagai macam souvenir khas  Hongkong yang harganya cukup masuk akal dan terjangkau. Seperti layaknya pasar, tawar menawar adalah hal yang biasa. Kalau pedagangnya tidak bisa berbahasa Inggris, kalkulator menjadi senjata utama. Pasar ini buka dari sore sampai sekitar jam 11.30 malam dan toko-tokonya hanya berupa stand sederhana dan tidak permanen.

Suasana Ladies Market dan Barang-Barang Yang Dijual

Sebelum mulai berbelanja, kami makan malam dulu di 7 Eleven terdekat. Setelah 1 jam berbelanja jam 10.00 malam kami memutuskan pulang ke hotel.

Biaya Hari Ke-2

 
 
146 Comments

Posted by on October 31, 2011 in Hongkong

 

Tags: , , , , , , ,

146 responses to “Hari Ke-2 (Hongkong)

  1. Dinniw

    November 2, 2011 at 4:53 pm

    Halo, salam kenal ya kebetulan nyasar disini krn sedang mencari info tentang travelling ke HK. rencana mau pergi maret 2012 sih dan rencana menginap di golden crown juga quadruple room untuk bertiga dgn anak 2 thn, maksudnya biar agak lega krn kan emang stdlah disana hotel sempit2 bgt. ditunggu yaa cerita HK hari ke 3 nya, nanti mau tanya-tanya juga :)

     
    • aremaronny

      November 3, 2011 at 11:55 am

      boleh mbak Dinniw, akan saya usahakan menulis secepat mungkin…maklum kadang-kadang tergantung mood juga..Btw, Blog mbak oke juga terutama templatenya..punya saya masih standar banget nih..

       
    • chris v

      November 3, 2011 at 3:21 pm

      salam kenal mas vicky yb, mantap ceritanya, ada rencana pada juni 2012 saya, 2 anak, dan istri mau ke HK, Makau, dan Shenzhen, boleh kasih infonya spt cerita 1 dan 2, saya tak punya blog, cuma email, tks

       
      • aremaronny

        November 4, 2011 at 6:44 am

        oke mas..kalau update artikel terbaru nanti saya info kan via email. Kalau mas aktif di FB tolong add saya sebagai teman biasanya saya upload artikel terbaru di wall juga. Atau cara tergampang mas bisa subcribe blog ini dengan mengklik tulisan follow atau tanda bookmark warna oranye di pojok kanan atas…BTW, saya ibu-ibu mas..he he he

         
  2. yunia

    November 17, 2011 at 11:56 am

    salam kenal..lg search berbagai wisata mancanegara..ketemu blog mbk vicky..

     
    • aremaronny

      November 18, 2011 at 7:13 am

      salam kenal juga..terima kasih sudah mampir di blog saya..

       
      • nina korda

        March 22, 2013 at 6:08 pm

        Halo salam kenal, sy mo add d FB aroma ronny koq gk ada y ? Bs reply sy d nina_korda@yahoo.com, ato add fb sy ? Tks a lot.

         
      • aremaronny

        March 23, 2013 at 7:23 am

        he he..halo mbak Nina, saya sudah kirim permintaan request friend ke mbak di FB yah. Nama FB saya Vicky Kurniawan (http://www.facebook.com/vicky.kurniawan.710?ref=tn_tnmn).

         
  3. suci

    November 24, 2011 at 11:33 am

    salam kenal mbak :) wah infonya mendetail banget mbak, kereeen, kalau kapan-kapan saya jadikan referensi buat cerpen atau novel boleh ya mbaak :)

    (kunjungi dan follow saya di http://sucinabbila.blogspot.com/ thanks!)

     
    • aremaronny

      November 24, 2011 at 3:59 pm

      Tentu boleh dong…ha ha ha..menarik juga tulisannya..udah baca beberapa…

       
      • suci

        November 24, 2011 at 4:43 pm

        wah makasi mbak ^^ oiyaa.. wah jadi malu, saya kan pemula wkwkwk

         
  4. wita rifol

    January 27, 2012 at 1:23 am

    haloo mbak…salam kenal ya…saya minggu depan 2 feb mau k HK,n sdh pesan hostel d chunking mansion. Sepertinya dari info mbak golden crown lebih aman dan nyaman ya? Bisa di di info kesaya segera krn saya jg muslim yg meski bersama suami cari yang murah tetap ingin yang aman kan?? skali lg mohon infonya

     
    • aremaronny

      January 27, 2012 at 2:12 pm

      Halo juga ibu Wita..beberapa kali saya membaca artikel ibu di kompasiana. Senang sekali akhirnnya jalan kita bersilang disini. Menurut saya pribadi gedung Golden Crown lebih bersih dan tidak begitu padat karena khusus diperuntukkan untuk penginapan sedangkan Chungking Mansion di lantai dasarnya banyak dipenuhi berbagai macam toko yang padat seperti labirin selain itu gedungnya memang lebih besar dibandingkan Golden Crown. Tapi kalau ibu sudah terlanjur memesan hotel di Chungking tidak perlu khawatir karena banyak juga hostel bagus disana asal lebih berhati-hati bila lewat di lantai dasarnya.

       
      • wita rifol

        January 27, 2012 at 10:12 pm

        hehehe…senang sekali ternyata mbak Vicky dah ‘kenal’ saya di kompasiana…pasti deh bacanya artikel jalan-jalan/wisata :). Sesama ‘penikmat jalan-jalan’ ternyata mudah sekali tuk terhubung ya…

        Iya betul saya sdh pesan hostel disana yg masuk daftar rekomendasi website agoda n asiarooms. Sebetulnya saya kesana dalam rangka memberikan training/ceramah tuk TKI/TKW di HK n katanya sih disediakan akomodasi/komsumsi sederhana dari perkumpulan BMI (Buruh Migran indonesia) disana…tapi karena suami saya ikut menemani…saya tidak ingin merepotkan mereka. Kemarin saya coba reserve golden crown guest house ternyata dah fully book. namun jawaban mbak vicky cukup melegakan saya.

        Sama dg mbak Vicky selain d HK saya jg ke Shenzen (menginap 2 mlm d Sunon Holiday Villa) dan Macao (hanya berkunjung krn hotelnya muahaaal bgtz,,hehe). Sehingga info dari artikel bersambung mbak Vicky sangat membantu dalam pembuatan itenerary kami…

        btw mohon info tuk tempat makanan halal d HK, Shenzen n Macao ya mbak…krn stlh masalah penginapan yg dah beres…urusan makanan/perut yg halal penting juga kan…so tq sebelumnya ya mbak..
        Insya Allah perjalanan saya nanti akan saya tulis/publish di kompasiana juga.
        Oh ya…klo mbak Vicky aremania..maka saya bonek/arek suroboyo krn lahir s/d sma di sby…:)

        salam sedulur jawa timuran

         
      • aremaronny

        January 29, 2012 at 12:51 am

        Wah, ibu ternyata arek Suroboyo ya..Daftar restoran halal di Hongkong akan saya kirim via e Mail. Daftar restoran halal di Macau yang saya ambil dari beberapa sumber antara lain : 1).Malaysian Restaurant di 56 Rua De Malaca.2) Aruna Indian Curry Restaurant di Avenida de Amizade. 3) 3 Monkey Restaurant di The Venetian Resort. 3)Rasa Malaysia di Fodd Court The Venetian Shopping. Sedangkan restorant halal di Shenzhen dapat dilihat disini http://www.islamichina.com/halal/index.php?cityid=38&manage=2, Ibu tinggal search mau Halal Food berdasarkan rasa atau berdasarkan area :). Soal makanan halal ini memang menjadi perhatian khusus kalau kami mau berpergian bu, karena suami saya termasuk orang yang sangat “cerewet” soal makanan halal. Kalau nggak nemu makanan halal dia mengandalkan makan ikan. Restorant halal bisa dilihat dari tanda Halal di pintu masuknya (standar sih gambar bulan bintang) atau kalau beli supermarket mesti teliti dulu membaca kandungannya (satu hal yang jarang saya lakukan di Indonesia :)).

         
  5. qifty rusdan

    February 10, 2012 at 11:10 am

    Assalamualaikum wr wb,

    Mbak vicky salam kenal ya, saya juga rencana mau ke hongkong dan maccau dengan keluarga, nginep di paterson street, (Koh Ahwi, asli orang malang skarang stay di HK). tahun lalu saya juga ke hongkong B3 dgn teman, tapi karna sering dianter mobil boss, jg nginep di rmhnya..jadinya sy kurang paham niy untuk urusan transport. boleh tanya ya kalo dari ngong ping/Big Budha ke Mongkok jalurnya mana aja…makasiy.

    Wassalam
    Qifty

     
    • aremaronny

      February 10, 2012 at 1:20 pm

      Dari stasiun Mongkok naik MTR ke stasiun Lai King untuk selanjutnya ganti jalur ke stasiun Tung Chung. Untuk menuju Lantau dari stasiun Tung Chung ambil exit B ke arah Citygate Outlet. Di luar mall ini kalau mau naik cable car ikuti petunjuk ke arah Cable Car Ngong Ping 360 tapi kalau mau naik bis persis dibawah tangga ke arah Cable Car terdapat pemberhentian bis New Lantao No. 23 yang akan membawa kita ke Ngong Ping.

       
  6. Julia

    February 15, 2012 at 8:48 pm

    mba Vicky, saya mau ke Hk awal Maret ini, kali dari Ngong Ping mau ke Citygate factory outlet, jalan kaki deket ngga sih?thx infonya, oya sekalian temapt makanan halal di Citygate dan Hongkong secara umum, kami nginep di TST, Yu fai guest house, thanks sebelomnya ya…

     
  7. fany

    February 20, 2012 at 1:16 pm

    mba,,saya mau tanya. bis ke ngong ping itu kan bukan city bus kaya yg dr airport ya,,itu bisa bayar pake octopus juga gak? dan berapa ongkos-nya? soalnya saya lg buat itinerary dan pake panduan dr blog mba vicky.. :) makasi ya mba

     
  8. fany

    February 24, 2012 at 12:50 pm

    mba,,maaf mau nanya lagi nih ;p.. saya kan dari HK ke shenzen,tapi gak nginep disana. bisa kan ya saya masuk HK lagi? musti ngurus visa lagi gak pas masuk HK?
    soalnya tiket pulang-nya dari HK mba. trimakasi lagii.. :)

     
    • aremaronny

      February 24, 2012 at 5:30 pm

      Kalau mau masuk ke Hongkong nggak perlu urus apa-apa lagi. Soalnya kita sudah bebas visa dengan Hongkong dan Macau

       
  9. Hari Nugroho

    March 11, 2012 at 8:26 pm

    bu vicky saya mau nanya hrg tiket disney 350hk di rincian perjalanan anda tertulis 478.800 apa itu harga 2 orang atau cuman 1 orang

    terima kasih

     
    • aremaronny

      March 12, 2012 at 7:20 am

      Itu harga satu orang pak dengan kurs 1 HK=Rp. 1200,-

       
  10. Hari Nugroho

    March 12, 2012 at 11:34 am

    matur nuwun bu info nya…oh iya kalo VOA ke shensen harga nya beda dengan saya apply visa di konjen cina di surabaya ya bu?
    Tadi saya nanya2 single entry 300rb+biaya servis dll 240rb total nya 540rb utk 30hari di cina masa berlaku 3 bulan.

    Jadi gimana menurut ibu ? apply disini atau voa aja, soalnya sya cuman masuk ke WOW,splendid atau happy valey aja malem nya balik ke chunking mansion

    Terimakasih bu

     
  11. Andre

    March 17, 2012 at 7:07 am

    salam kenal mbak Vicky. Numpang nanya nich. Kalo masuk dari Hk kemudian ke Makau, terus ke Shenzen baru balik lagi ke Hk, apa ada ferry dari Macau ke Shenzen? Berapa tiketnya? Mohon infonya ya mbak…
    tq

     
    • Vicky Kurniawan

      March 19, 2012 at 7:07 am

      Salam kenal juga Andre..Ada ferry dari Macau ke Shenzhen. Naiknya dari Macau Ferry Terminal namanya Xunlong Ferry cari yang turunnya di Shekou Harbour. Biayanya sekitar HK$196 untuk kelas biasa.

       
  12. Anastasia Setiadi

    April 4, 2012 at 10:29 am

    maaf.. numpang jual tiket untuk disneyland hongkong (barangkali pembaca ada yang membutuhkan) (COD daerah jakarta barat)

    jual 2 tiket dewasa disneyland hongkong @370 HKD saja (aslinya @399 HKD) valid till 11/9/2012 (valid all day except blackout day).

    harga asli bisa dicek di web langsung http://park.hongkongdisneyland.com/h…eDayTicketPage

    kemarin tidak sempat di pakai karena sakit emergency case pulang mendadak..

    bonus: 3 voucher starbucks valid macau & HK store
    bisa menghubungi di

    email : anastasiasetiadi@yahoo.com
    pin bb: 2864B339

     
  13. Elly Manroe

    April 20, 2012 at 3:16 pm

    mba naik cable car bayar brp per org nya? thanks

     
    • aremaronny

      April 20, 2012 at 7:07 pm

      Waktu itu HK$ 80 per orang sekali jalan

       
      • rika

        August 29, 2012 at 7:43 am

        Mba, hrg tiket cable car nya kan HKD 80 sekali jalan, trus klo PPN lebih murah ato sama aja??? Dan klo utk pergi ke ngong ping, cable car nya buka/beroprasi jam brp ya Mba?

         
      • aremaronny

        August 29, 2012 at 9:06 am

        Pulang pergi lebih murah mbak. Jam bukanya kalau Weekdays jam 10.00 – 18.00, kalau Weekends jam 09.00 – 18.30..

         
      • rika

        August 29, 2012 at 5:41 pm

        Maaf, bertanya lagi dòóº°˚˚°ºnk: rencananya sy pergi ber3: saya, suami dan anak ÿάΩǤ umurnya 3,5 thn. Nah klo ♏αϋ pake octopus card, sy hrs beli brp card? !isa 1 kartu octopus dipake gantian ato hrs beli 3 kartu? And klo buat anak, ada kartu sndiri ato sm aja ? (Mengingat, utk anak , naek MTR, tram aro the peak ada hrg khusus)

         
      • aremaronny

        August 30, 2012 at 11:26 am

        Satu kartu Octopus tidak bisa dipakai bergantian mbak, jadi harus beli dua. Untuk anak-anak usia 3 sampai 11 tahun ada namanya Octopus Card For Kids. Tapi menurut pendapat saya pribadi, kalo anaknya berbadan kecil (nggak keliatan 3 tahun) mending tidak usah dibelikan, digendong aja atau bilang masih usia 2,5 tahun :)..(pengiritan)..*seharusnya tidak mengusulkan hal curang spt ini yah..

         
      • rika

        August 30, 2012 at 5:25 pm

        Makasi ya Mba utk info ttg octopus card nya. Aq jg ada rencana ke HK naek catjhay yh jam 00.05 trus nyampe HK sktr jam 5 an paagi. Nah mendingan aq lgs ke Ngong Ping, nitip bagasi di Ngong Ping atau aq ke hotel dulu di Robinson Road-HK island dan nitip bagasi di hotel? Krn h@ri pertama aq nyampe rencananya pengen ke Ngong Ping trus lanjut ke Disneyland. Gmn ya enaknya ÿάΩǤ efisien dan murah , mengingat Airport dgn Ngong Ping kan Ъ bgitu jauh. Binging, tolong opini nya ya mba.

         
      • aremaronny

        August 30, 2012 at 7:26 pm

        Saya mengerti maksud mbak Rika, memang lebih baik setelah keluar Airport langsung pergi ke Ngong Ping dan Disneyland karena keduanya berada dalam satu area. Tapi rasanya kalau ke Ngong Ping atau Disneyland sambil bawa-bawa bagasi akan tidak nyaman. Jadi menurut pendapat saya, dari Airport mbak Rika naik MTR jalur hijau ke stasiun Tsing Yi. Di stasiun ini mbak bisa menitipkan tas di Left Baggage service (ini detail tarifnya http://www.mtr.com.hk/eng/getting_around/aestations_ty.html#p1). Kemudian dari stasiun ini mbak tinggal naik MTR jalur kuning ke Tung Chung (menuju Ngong ping) dan pulangnya naik MTR jalur kuning turun di Sunny Bay Station untuk naik MTR disneyland menuju Disneyland. Karena nanti mbak bakalan seharian di Ngongping dan Disneyland, jangan lupa memberitahu pihak hotel kalau mbak akan telat check inn supaya tidak dikategorikan non show up dan kamarnya diberikan orang lain.

         
      • rika

        September 3, 2012 at 7:45 am

        Makasi mbak utk jwbnnya, aq smakin tmbh jelas dan makin pd nich ke HK nya. W媪ː̗̀:Oː̖́н brarti aq lebih hemat ya ke stasiun Tsing Yi nya naek MTR ? Dr airport penunjuk jalan menuju stasiun MTR nya jelas kan mba? Harus keluar dr bandara, ato naek shuttle bus airport dulu??? Nah klo pulangnya, dr disneyland utk menuju Tsing Yi (ambil bagasi) brarti aa harus naek MTR yang bgmn, exit ƋpƋ? Krn td ke disney nya kan dr ngong ping? makasi ya mba dan maaf aq nanya mlulu.

         
      • aremaronny

        September 3, 2012 at 7:31 pm

        1. Sebenarnya lebih hemat naik bis mbak, tapi kalo naik kereta kan lebih jelas dimana turunnya.
        2. Stasiun Tsing Yi adalah stasiun MTR.
        3. Penunjuk jalan dari airport menuju stasiun MTR sangat jelas. Tidak perlu naik Shuttle bus karena stasiunnya berada dalam airport. Mbak cuman harus jelalatan aja mengikuti petunjuk arahnya :).
        4. Dari Disneyland naik kereta ke stasiun Sunny Bay ganti jalur kuning naik sampai Tsing Yi. Untuk lebih jelasnya mbak jangan lupa download peta jalur MRT di blog ya.

         
      • rika

        September 3, 2012 at 7:55 am

        Mba, makasi uk jwbnnya, aq smakin tmbh ngerti dan pede utk brangkat ke HK. Mba, klo dr airport naek MTR ke Tsing YI (utk nitip bagasi)brarti aq lebih hemat ya? trus stasiun MTR nya masih ada di dalam airport ato kita hrs naek shuttle bus dulu ato gmn ya mba? Penunjuk arahnya di airport jelas Ъ ya ?
        And nanti kami plg dr disneyland klo mo ke TSing Yi (tuk ambil bagasi) hrs ke ngong ping dulu ato ada MTR lgs ke Tsing Yi??
        Nah stleh itu dr Tsing Yi klo menuju HK Island ( ke central ato admiralty) naek MTR ÿάΩǤ mana ya mba? Klo naek taksi kira2 brapa ya? Mengingat Uϑªh malem dan capek, enaknya naek ƋpƋ ya mba?

         
      • aremaronny

        September 3, 2012 at 7:36 pm

        Pulang dari Disneyland tidak usah ke Ngo Ping dulu, karena ada MTR langsung ke Tsing Yi.Dari Tsing Yi mbak bisa terusin pake jalur kuning atau pakai lagi jalur hijau juga tidak apa-apa karena keduanya sama-sama berakhir ke Hongkong Island. Nanti baru dari sana bisa diterusin naik taksi kalo dirasa hotelnya masih jauh dari stasiun MRT.

         
  14. bheboth

    May 8, 2012 at 2:12 pm

    halo mbak vicky..seneng banget nemu blog mbak..kebetulan lagi cari2 info karena taun depan mau ke HK..thanks for sharing ya mbak..

     
    • aremaronny

      May 8, 2012 at 2:25 pm

      Halo Bheboth..saya pernah beberapa kali mampir di blogmu. Kebetulan beberapa kali kita punya destinasi yang sama. Salam buat si kecil ya…

       
      • bheboth

        May 9, 2012 at 10:05 am

        wah senangnya ternyata mbak baca blog saya juga hehe..thank u ya

         
  15. astrid

    June 1, 2012 at 3:48 pm

    mbak mau nanya nih, di hongkong-shenzhen-macau kalo mau aktifin bb (bbm dan twitter) lebih baik pake provider indo atau lokal hongkong ya? ada info tentang provider indo yg roaming nya murah mbak? atau kalo pake provider lokal hongkong apa bisa juga dipakai di shenzhen dan macau? mohon info nya mbak hehehe thanks..

     
    • aremaronny

      June 1, 2012 at 5:11 pm

      Menurut saya aktifkan saja pakai provider Indonesia tidak ribet walaupun mahal. Sebaliknya kalau pakai provider lokal memang lebih murah tapi lebih ribet. Di Indonesia provider yang roamingnya murah ya XL, karena untuk pelanggan Untuk pelanggan XL BlackBerry Full Service bulanan yang yang menggunakan kartu XL Prabayar bisa secara otomatis menikmati fasilitas gratis internasional roaming selama 3 hari pertama yang berlaku di negara-negara yang telah bekerjasama begitu mengaktifkan layanan XL BlackBerry dengan tarif hanya Rp. 99.000/bulan. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mengaktifkan layanan roaming internasionalnya. Fasilitas gratis roaming ini berlaku selama 3 hari pertama di negara yang dikunjungi serta untuk maksimal 3 kali kunjungan di negara tujuan dalam jangka waktu 30 hari atau sebulan. Untuk hari ke-4 dan seterusnya di setiap kunjungan akan dikenakan tarif roaming normal.

       
  16. dani priatna

    June 11, 2012 at 7:31 pm

    salam kenal, mau tanya kalau ke zhuhai dari macau, perlu visa nggak? terima kasih sebelumnya

     
    • aremaronny

      June 12, 2012 at 7:24 am

      Perlu visa mas. Ada VOA yang berlaku selama tiga hari di Gongbei Port. Disitu ada Gongbei immigration building. Prosedurnya sama, isi form, bayar visa fee dan foto on spot. Biayanya sekitar 168 RMB. Tapi seperti juga VOA Shenzhen tidak ada jaminan kantornya buka atau tidak. Jadi kalau ada janji penting di Zhuhai mending ngurus visa China dari Indonesia..

       
  17. Rae

    July 20, 2012 at 10:10 pm

    Mba, mau nanya klo di hongkong daerah yg strategis deket pusat perbelanjaan atau jajanan malam daerah nya apa ya? Katanya daerah causeway bay yg strategis ya? Thx before

     
    • aremaronny

      July 21, 2012 at 10:26 am

      Causeway Bay juga bagus. Tapi saya lebih suka area Mongkok di Kowloon (dekat dengan Temple Street Night Market dan Ladies’Market) serta daerah Tsim Sha Tsui.

       
  18. bheboth

    September 4, 2012 at 10:52 am

    mbak vicky..tentang penitipan koper yg mbak saranin di stasiun Tsing Yi, kenapa harus di sana mbak? setau saya di Ngong Ping n Citigate Outlet juga ada..kalo saya bandingin siy lebih murah yg di Citigate Outlet..ada alasan khusus kah mbak saranin di stasiun Tsing Yi? krn saya juga kynya bakal perlu nitip koper..hehe..thanks a lot ya mbak..

     
    • aremaronny

      September 5, 2012 at 4:56 am

      Iya mbak..pertimbangan saya, sepulang dari Disney pasti malam hari kasihan kalo harus balik lagi ke Citigate..Coba mbak perhatikan peta MTR nya..saya pilih Tsing Yi karena letaknya yang berada ditengah-tengah antara Airport, Ngong Ping dan Disneyland :)..BTW, ini hanya sekedar saran ya mbak..kalau prefer mau nitip di citigate sambil cari makan malam juga tidak apa-apa..

       
      • rika

        September 5, 2012 at 9:25 am

        Emang klo di citgate, penitipan kopernya brp ya harganya? Krn klo di tsing yi, aq dah liat sekitar HK 55 utk diatas 3 jam. Tapi biasanya aman kan ya klo nitip2 begitu?

         
      • aremaronny

        September 14, 2012 at 7:25 am

        Aman mbak Rika, jangan kuatir. BTW, maaf ya baru bisa balas sekarang.

         
      • rika_sinulingga@yahoo.com

        September 14, 2012 at 7:36 am

        Mba, mo tanya : klo taksi dari airport menuju hotel di HK island, ada struk pembayarannya Ъ ya?
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

         
      • aremaronny

        September 14, 2012 at 2:24 pm

        Mestinya ada mbak..atau kalau tidak minta saja sama struk sama agen resminya pada waktu pesan taksi di Airport.

         
  19. lie sha

    October 24, 2012 at 4:52 pm

    salam kenal mba, mao tanya dunk, sy ada rencana ke hk nov, sampai hongkong jam 9 mlm, mendingan saya nginep di tsim tsa tsui ato di deket airport saja ya, soalany bskny saya rencana mo ke macao dulu nginep smalem, trs shenzen smalem baru balik hk lg, baru jalan2 ke hongkong slama 3hari.
    berhubung ini kali pertama saya ke sana membawa 2 ank saya, saya jd agak pusing bikin itenery ny, maaf kalo kepanjangan pertanyaan nya mbak, mkasihhhhh banget sebelum nya

     
    • aremaronny

      October 25, 2012 at 7:16 am

      Salam kenal juga mbak..kalau ke Macaunya naik ferry mending menginapnya di Tsim Tsa Shui aja mbak biar lebih dekat dengan ferrynya.

       
      • lie sha

        October 30, 2012 at 8:15 am

        mba , tanya lagi donh hehe, kalau ke macau pp cukup ga sih ya, soal ga dapat hotel hiks, terus ferry dari macau ke hongkong sampai jam berapa ya, thanks y mba

         
      • rika

        October 30, 2012 at 11:15 am

        wah, pp macau-hk cukup banget waktunya. Waktu itu aja, aq baru dapet tiket turbo jet nya sekitar jam 11an , nyampe di Macau satu jam kemudian. terus jalan2, muter2 pake shuttle bus gratis dan pulang dari macau jam 8-an malem.

         
      • aremaronny

        October 31, 2012 at 6:29 am

        He he itu sudah dijawab sama mbak Rika…Terima kasih mbak Rika.

         
      • rika

        November 1, 2012 at 10:06 pm

        Sama2 mba. Thanx jg buat infonya, slam di macau, aq dan kluarga bener2 memanfaatkan fasilitas shuttle bus gratis. Hehe.. lumayan berhemat.

         
      • lie sha

        November 2, 2012 at 8:08 am

        tanya lagi donk mba(jgn bosen ya mba haha), kl saya mo beli tiket disney , sy baca di guest house tertentu ada jual lbh murah, kbetulan guest house tmpt saya ga da website nya jd ga bs tanya, tau ga mba beli dmana, lmyn bedanya kalau beli lnsg ke disney nya, soalny saya b4 mba, makacihh lg ya mba :))

         
      • aremaronny

        November 2, 2012 at 11:40 am

        Di hostel tempat saya menginap, Golden Crown Guest House (Di gedung Golden Crown Court), juga menjual tiket murah ke Disneyland. Cuman waktu itu saya tidak beli disana karena waktu kami berangkat kantor resepsionisnya belum buka.

         
      • lie sha

        November 2, 2012 at 11:43 am

        sy tdny jg mo nginep situ, tp full mbak hiks, emangnya kalo kita ga nginap sana d mo jual ke kita mba?

         
      • aremaronny

        November 3, 2012 at 10:18 am

        Sepertinya boleh-boleh saja mbak walaupun tidak menginap tapi beli disitu. Tapi aku peringatkan ya mbak, pas aku kesana pas dapat resepsionis yang tidak bisa berbahasa Inggris. Jadi siap-siap bahasa Tarzan ya :).

         
      • aremaronny

        November 2, 2012 at 11:37 am

        He he he iya, walaupun transportasi di Macau murah tapi kalau gratis kan enak yah :)

         
  20. lie sha

    October 25, 2012 at 8:07 am

    o, makasih ya mba

     
  21. rena

    November 4, 2012 at 2:38 pm

    mba kalo ke MTR khusus disneyland, yg desainnya lucu itu cuma beroperasi sampai jam 12 siang ya? di cerita mba vicky ini dari sunny bay pakai MTR apa? makasih mba :)

     
    • aremaronny

      November 5, 2012 at 9:59 am

      MTR Khusus Disneyland beroperasi dari Sunny Bay mulai jam 06:15 – 00:45, dan dari Disneyland Resort Station dari jam 06:20 – 00:40. Jadi beroperasi sampai jam 12 malam mbak.

       
  22. Fitri

    December 8, 2012 at 9:56 pm

    Hii mb, senang rasanya bisa baca tulisan mb. Sangat informatif. Kebetulan saya akan ke HK tgl 20 Jan 13. Rate dollar HK terhadap Rp pada saat mb ke HK berapa ya?

     
    • aremaronny

      December 9, 2012 at 11:37 am

      Saat saya berangkat kurs untuk 1 HK$ = Rp. 1.200 (Hongkong), 1 Y=Rp. 1.400 (Shenzhen), 1 MOP$=Rp. 1.200 (Macau) dan 1 RM=Rp. 3.000 (Malaysia) mbak Fitri.

       
  23. Puti Sari Dewi

    December 11, 2012 at 4:38 pm

    Hallo mbak vicky..

    saya udah selesai tour phuket dan krabinya..hehehe..berkat info info dari mbak vicky, alhamdulillah sukses disana..
    rencana tahun depan saya dan temen backpackers mau ke hongkong juga..cari – cari info lagi lewat blog mbak vicky..hehehe..
    hongkong disney land bener bener mengecewakan dari Universal Studio Singapore ya mbak ? duh padahal itu salah satu target utama yg mau di kunjungin di hongkong..tiketnya mahal lagi..hadeh..

     
    • Puti Sari Dewi

      December 11, 2012 at 4:40 pm

      oya mbak..masalah VOA itu cma waktu di shenzhen aja ? jadi dari indonesia kita bekal paspor doang kan ? ngak yang lain2 ?

       
      • aremaronny

        December 11, 2012 at 7:36 pm

        Iya mbak, bawa paspor aja, tidak usah bawa apa-apa lagi.

         
      • lie sha

        December 12, 2012 at 8:06 am

        saya br pulang sbulan yg lalu, makasih mbak vicky, smua lancar . ke shenzen gampang, cukup naik mtr dr hongkong, tp ngantri imigrasi ramai skali

         
      • aremaronny

        December 12, 2012 at 1:25 pm

        He he ikut senang juga perjalanannya lancar. BTW next trip mau kemana?

         
      • lie sha

        December 12, 2012 at 4:00 pm

        belum tau mba, yg dipengenin sih banyak hahaha, tapi smoga s bisa ke korea tahun dpn ma keluarga mba, aminnnn

         
      • aremaronny

        December 12, 2012 at 4:55 pm

        Amin, semoga kesampaian ya mbak. Saya malah belum pernah kesana :).

         
      • lie sha

        December 13, 2012 at 7:50 am

        makasih mba, moga mba jg haha

         
    • aremaronny

      December 11, 2012 at 7:35 pm

      He..he..he terima kasih karena sudah mau membaca tulisan saya. Nggak apa-apa mbak ke Disneyland, yah biar tahu aja. Soalnya Disneyland yang di hongkong paling murah tiketnya dibandingkan Disneyland yang lain. Pokoknya kan pernah ke Disneyland.

       
  24. Gita

    January 8, 2013 at 2:20 pm

    Salam kenal mba, saya mau nanya beberapa pertanyaan.
    Saya berencana ke HK akhir January ini, kira” cuaca nya bagaimana ya ?
    Saya akan menginap di rambler oasis di tsing yi road, kira” object wisata apa saja yg ada di dkt sama ?
    Kalau dari hotel Saya Ingin ke causeway bay dan Kowloon baiknya naik apa ya mba ?

     
    • aremaronny

      January 9, 2013 at 7:40 pm

      Salam kenal juga mbak Gita,
      1. Bulan januari merupakan bulan terdingin di Hongkong. Suhu berkisar 15 derajat celcius tapi tanpa hujan.
      2 Tsing Yi dekat dengan daerah Tsuen Wan, disitu ada Chuk Lam Sin Monastery dan dekat juga dengan daerah Tai Mo Shan tempat Ng Tung Chai Waterfall & Kadoorie Farm and Botanic Garden.
      3. Naik MTR saja mbak dari stasiun Tsing Yi.

       
  25. Maria

    January 12, 2013 at 11:07 pm

    Halo Mbak Vicky, mau nanya lagi. Kalo ke the peak pulang pergi harus naik peak tram kah? Kl di ngong ping kan bisa pulang naik bus pegi naik cable car atau sebaliknya. Kalo bisa naik bus apa Dan dari mana? Thx alot ya Mbak Vicky, semoga sukses slalu :)

     
  26. Maria

    January 18, 2013 at 4:44 pm

    Hai Mbak Vicky, thx ya replynya. Maaf aq mau nanya lagi. Apabila pergi ke ngongping naik cable car dan pulang naik bus 23, beli tiketnya di loket yang sama kah saat antri tiket cable car? Thx ya Mbak, Salam sehat selalu.

     
    • aremaronny

      January 18, 2013 at 6:36 pm

      Tidak sama mbak, untuk bisnya mbak bayar diatas bis saat ditarik Kondektur.

       
  27. Maria

    March 14, 2013 at 1:35 pm

    Hai mbak, aq lagi nih. Mau tanya lagi, jarak tempuh dari disneyland ke station tst berapa lama kalo saya dari disney jam 20.30an. Soalnya mau ngejar ke hongkong space museaum dll katanya gratis kl hari rabu. Takutnya sampe sana udah tutup. Thx alot mbak vicky.

     
    • aremaronny

      March 16, 2013 at 8:35 pm

      Halo mbak Maria. Perjalanan kurang lebih akan memakan waktu 45 menit sepertinya tidak akan keburu mbak.

       
  28. ririn

    March 29, 2013 at 9:37 pm

    Hiii mbak vicky.. Saya seneng bgt ketemu blog mbak ini, stlh bingung mau bikin itenerary ke hongkong yg pas. Ternyata bisa ya ke giant budha, ngong ping sm disneyland dalam 1 hari hehe.. Di giant budha sm ngong ping nya ga terburu2 mbak kalau masuk disneyland nya jam 12.30. Tereksplore smua ya mbak tmpt2 di sekitar giant budha? Oiya mbak, soal mushola susah ga ya carinya di tmpt2 wisata itu? Makasih sebelumnya mbak :)

     
    • aremaronny

      April 2, 2013 at 1:42 pm

      Saya berangkat pagi-pagi sekali mbak sampai cable carnya belum buka, makanya saya naik bis. Sampai di Ngongping pun Giant Budhanya belum buka, jadi saya trecking dulu ke Wisdom Path. Kalau permainan di Disneyland itu mbak yang banyak saya skip, terutama permainan2 yang untuk anak kecil. Mushola susah banget, jadi kita sholat di pojok2 taman Disneyland.

       
  29. ririn

    April 5, 2013 at 10:43 am

    makasih mbak penjelasannya. tanya lagi ya :D, saya nginep di cosmic GH mirador mansion. klo mau ke ladies market itu deket yah, jalan kaki bs? patokannya apa ya mbak klo mau jalan kaki?

     
  30. winda

    April 11, 2013 at 12:06 pm

    mba vicky mau tny dunk…kalo sdh didlm hongkong disneyland, boleh kluar trus masuk lg gak mba? spt di universal studio singapore kan kalo bosen, bs kluar dl, jalan2 di vivo…nah kalo di hkg disneyland boleh gt ga mba? Mba …golden crown court guest house itu kan satu gedung yaa sm new yiu fai guest house….terus trang sy msh bingung niy, nyaman gak yaa nginep di salah satu dr 2 guest house itu bw 2 anak? Mending mana mba sm nginep di Imperial Hotel (Nathan road jg sebelah chungking mansion) atau cari hotel di hongkong island yg deket bgt sm MTR spt butterfly prat on victoria (pas di dpn victoria park, 3 mnt jln dr MTR Tin Hau), dalam hal kenyamanan anak2, keamanan, akses cari makanan halal n akses bus….tengkyu mba vicky…hehehe

     
    • aremaronny

      April 13, 2013 at 4:54 pm

      1. Di dalam Hongkong Disneyland boleh keluar masuk seperti di USS mbak, nanti di Hand Stamp, tapi tiket jangan sampai hilang yah.
      2. Yiu Fai satu gedung dengan Golden Crown Court dan saya kira cukup nyaman bagi anak-anak. Tapi yang paham betul kondisi anak adalah mbak Winda, jadi nanti ukur sendirilah kira-kira mana yang nyaman bagi anak-anak mbak.

       
  31. winda

    April 17, 2013 at 10:02 am

    tengkyu infonya mbak…insyaallah agak terang niy…hehehe…mbak..kalo bulan juni ke hkg kan lg panas2nya…kondisinya panas bgt gak ya…perlu bw jaket ga ya utk antisipasi angin kencang di tmpt2 spt the peak…maap niy nanya mulu…maklum bw bocah, n blm prnh ke hkg jg, jdnya penuh pemikiran niy…hehehhe tengkyu ya mb…

     
    • aremaronny

      April 18, 2013 at 6:05 am

      Panas tapi sering hujan, bawa saja jaket dan jas hujan.

       
  32. yani

    May 2, 2013 at 11:40 am

    Hai mba.. mo nanya dong, kalo naik bis ke ngong ping itu brp lama ya mba wkt itu? Aku liat di website yg mba kasih di atas, lama perjalanannya 50menit, sedangkan pernah baca di mana gitu kalo naik bis cuma 30 menit.. Rute bis yg kesana ada yg lain atau cuma satu2nya no 23 itu ya mba?

     
    • aremaronny

      May 3, 2013 at 6:10 am

      Waktu itu saya naik bisnya memang cuma 30 menit mbak, mungkin karena saat itu hari masih sangat pagi jadi jalanan sepi. Tapi untuk berjaga-jaga mending mbak perkirakan waktunya seperti yang tertulis di website saja.

       
  33. yani

    May 4, 2013 at 6:56 pm

    ok mbak makasi ya infonya

     
  34. Indira

    May 4, 2013 at 10:07 pm

    Mbak, kalo mau ke madame tussaud dari station disneyland resort gimana ya? Enaknya naik apa ya mbak? Trims.

     
    • aremaronny

      May 6, 2013 at 6:19 am

      Dari Disneyland Resort Station naik MTR Disneyland Resort Line sampai stasiun Sunny Bay. Dari stasiun Sunny Bay naik Mtr Ting Chung Line turun di stasiun Central. Dari stasiun Central ada beberapa pilihan, bisa jalan kaki atau naik bis ke stasiun The Peak Tram.

       
  35. yoza

    May 15, 2013 at 9:25 pm

    Salam kenal mba vicky, sy rencana mau ke hongkong sekitar okt or nov, pada bulan itu kondisi cuacanya biasanya spt apa y mbak? Tks b4

     
    • aremaronny

      May 16, 2013 at 6:01 am

      Oktober dan November adalah bulan tebaik untuk mengunjungi Hongkong karena sudah masuk dalam musim panas, dimana hujan sudah berkurang dan cuaca selalu cerah. Tapi hati-hati di bulan itu pengunjung Hongkong cenderung meningkat sehingga hotel-hotel sering penuh.

       
  36. Lorent

    May 16, 2013 at 3:59 pm

    hai mbak Vicky, seneng bgt ketemu blog mbak. Makasi buat sharingnya ya mbak..Mbak, aku akan ke HK bulan Nov, rencananya mo nginep di Golden Crown, untuk reservasi online perlu DP, bayar full atau harus bayar disana? Oiya mbak, untuk loket penjualan octopus apa mereka bisa bahasa Inggris?
    Thks ya mbak Vicky..

     
    • aremaronny

      May 17, 2013 at 9:23 am

      Untuk reservasi saya pesan via website resminya dan dibayar full pada saat memesan dengan memakai kartu kredit. Petugas di loket penjualan Octopus terkadang ada yang tidak bisa berbahasa Inggris.

       
  37. yoza

    May 31, 2013 at 7:01 pm

    Mbak vicky, kalau mau ke peak dari central manakah yg lbh cepat,naik tram atau bis yah? dan kira2 perbedaanya brp lama y mbak? Tks b4

     
  38. kuswandi

    June 23, 2013 at 3:42 pm

    VICKY, boleh minta bantuannya..

    ada kenal blogspot where to eat in hongkong.
    terutama dimsum. No offense saya non muslim. mungkin vicky banyak kenal blogger.

    aku pernah nonton no reservation di TLC, dia ada makan dimsum murah dan terkenal, juga minum kopi teh ( mix), roti khas hk (lupa).

    ohya octopus card untuk apa ya?
    terakhir ke HK aku ikut tour, jadi gak tau banyak soal MRT.

    thank you.

     
  39. greece

    July 2, 2013 at 7:34 am

    Mbak Vicky, blog nya inspiratif sekali..
    Saya jg akan menginap di Golden Crown. Kira2 resepsionisnya pagi buka jam berapa ya mbak? Atau malam tutup jam berapa mbak? soalnya sampai di HK malam, dan pagi2 mau langsung ke disneyland. Takut gk keburu dapet tiket yang diskon mbak..hehe

     
    • aremaronny

      July 2, 2013 at 6:26 pm

      Jam buka resepsionisnya kalau tidak salah mulai jam 9 pagi sampai jam 10 malam mbak.

       
  40. Tian

    July 5, 2013 at 10:56 am

    Dear Mbak Vicky,

    Thanks a lot buat blognya, bln lalu sy, suami dan 2 putra sy baru plg dari liburan ke Hongkong, shenzhen dan macau dan kita ikut itenary yg mbak tulis wah luar biasa kita sangat dibantu. Skali lagi thanks buat infonya yg luar biasa bermanfaat dan bisa bener” kita pakai selama kita di sana.

     
    • aremaronny

      July 5, 2013 at 5:46 pm

      Terima kasih mbak Tian..senang sekali bisa membantu :)

       
  41. Tian

    July 5, 2013 at 11:00 am

    Sorry ada yg kelupaan waktu di hongkong sy jg berbelanja di pasar tradisional mrk, lumayan banyak sayur, makanan kering serta herbal cina yg murah” dan waktu berbelanja sy dibantu oleh seorg tkw indonesia yg sdh fasih berbhs canton wah belanjanya jd seru krn ada yg bantu nanya” thanks jg buat mbak tkw dari cirebon yg baik hati (lupa tanya namanya, saking asiknya belanja)

     
    • aremaronny

      July 5, 2013 at 5:47 pm

      He he he…senang ya mbak…TKW Indonesia memang baik-baik dan sangat membantu..

       
  42. Christal Fransisca Mandagie

    August 27, 2013 at 12:16 am

    mba vicky seneng baca blog nya..saya tgl3sept ini maw ke hk..sampe nya sih tgl 4 jam2 pagi
    saya ke hk kali ini ama mama,cc, dan ponakan saya kembar baru 6 bulan…dan saya lagi kebingungan enak bawa kemana..saya di hk mpe tgl9..
    gimana cara naik bus gratisnya di macau mba?soalnya saya belum pernah ke macau
    saya cuma pernah di hk..itu9hari thn lalu..tp pas itu ada badai gitu..>_< dan untuk pertandingan..
    saya stay di royal plaza hk,daerah mongkok..
    mnrt mba kalo bawa 2 bayi ke the peak itu better pagi atau siang atau kapan ya mba?
    soalnya mama saya ingin ke tmpt yg sperti ud pernah saya kunjungi…

    thx b4

     
    • aremaronny

      August 27, 2013 at 3:25 pm

      Kalau ponakannya baru umur 6 bulan mending jangan dibawa ke Disneyland mbak, rugi. Ajak aja ke taman-taman seperti Victoria atau Hongkong Park. Naik bis gratis di Macau, biasa aja kok mbak tinggal naik aja. Kalau mau main ke The Peak mending pagi hari saat cuaca belum panas dan belum crowded.

       
  43. Christal Fransisca Mandagie

    August 27, 2013 at 6:43 pm

    hmm td barusan blg ama cc saya ..ktnya sih mw tetep ke disney nya..(ibu ibu susah kalo ud pengen mba..lol) ke victoria park ya mba?itu rame TKI pas saya kesana pas sabtu n minggu
    tp mgkn kalo hari biasa ok jg nih
    xie xie ni

     
    • aremaronny

      August 28, 2013 at 9:13 am

      he he he…berarti mamanya yah yang pengen ke Disneyland :)

       
  44. melly

    September 19, 2013 at 5:36 pm

    Mba vicky mau nanya donk hkg macau 4hari cukup ga ya waktunya.thanks

     
    • aremaronny

      September 20, 2013 at 2:29 pm

      Insyaallah cukup mbak, tapi sebenarnya kalau dipotong dengan waktu perjalanan mbak hanya punya waktu bersih 2 hari.

       
  45. melly

    September 20, 2013 at 7:55 pm

    4hari tuh udh bersih mba udh ga diptg wkt perjalanan lagi. aku naik pesawat jam 12 malam sampai hkg pagi, menurut mba kalau aku langsung lanjut kemacau gmn? thanks

     
    • aremaronny

      September 21, 2013 at 6:27 am

      Bisa saja mbak Melly..

       
  46. ulisade

    October 4, 2013 at 3:33 pm

    Mba Vicky, mau tanya penggunaan octopus cars, di tap nya satu kali atau 2 kali kaya EZlink singapore? Thanks :)

     
    • aremaronny

      October 4, 2013 at 7:05 pm

      Waktu masuk sekali waktu keluar sekali

       
  47. mahadewi

    February 17, 2014 at 9:58 am

    Hello Mbak..ak terinspirasi mbak vicky lg ni bwt menjelajah hongkong stlh taon lalu gagal..ihik … taon ini insya allah jadi..
    Tanya dung mbak,itu stlh turun dr cable car ngong ping..masuk ke po lin,tian tian budha dll bayar lg nga?

     
    • aremaronny

      February 20, 2014 at 7:45 am

      Naik ke big budhanya tidak bayar lagi mbak kecuali kalau mau masuk ke exhibition hallnya baru bayar, bayar itupun nanti dapat ganti makan siang. Masuk ke taman dan philosophy pathnya juga gratis.

       
  48. Ira

    February 22, 2014 at 12:40 pm

    Halo Mbak Vicky yg baik. Saya mau tanya. Kalau ganti jalur tiap naik MTR itu pintunya ambil yg mana di dlm MTR nya? Apa ada petunjuknya kalau kita mau ganti jalur? Makasih mbak.

     
    • Ira

      February 22, 2014 at 12:45 pm

      Oh iya mbak kalau pake octupus card ditap 2 kali wkt masuk dan keluar, apa gak dobel bayarnya mbak? Tks

       
      • aremaronny

        February 22, 2014 at 1:47 pm

        Ditap pada saat masuk dan keluar itu untuk menentukan besarnya tarif, hanya untuk menunjukkan mbak keluar masuk dari stasiun mana ke mana. Dari data itulah nilai dari Octopus akan dikurangi.

         
    • aremaronny

      February 22, 2014 at 1:44 pm

      Nanti didalam MTR ada petunjuknya mbak, pintu sebelah mana yang akan terbuka. Kalau mau ganti jalur tinggal keluar dari kereta dan tunggu di platform yang dikehendaki. Terkadang platformnya berada dalam satu stasiun tapi ada juga yang mesti keluar dulu.

       
  49. Wulan

    April 27, 2014 at 3:22 pm

    Haloo mb vicky, aq rencana mau ke hk, macaum shenzhen , 3-9 juli nanti ( sekeluarga 4 org), pas lg cr2 itenery ,, seneng bgt nemu blog mbak, spt nya jd PD , jalan sendiri tanpa tour. Tp lg binggung nich, aku pp dari hongkong , jadi bagusnya diatur bgm ya mbak. Maksudnya, dr HOngkong lgs macau/shenzhen dulu baru balik ke hk lg atau bbrp hari hk, baru ke macau atau shenzhen. Soalnya kalo denger crita mbak.. Seperti shezhen akan lebih lama.. Surga belanja juga

     
    • aremaronny

      April 27, 2014 at 4:10 pm

      Mending saat tiba di Hongkong langsung jalan aja ke Macau atau Shenzhen, jadi Hongkongnya terakhir aja biar nggak tergesa-gesa.

       
  50. Roy Kusumah

    May 1, 2014 at 5:33 am

    AsSalam. Saya mau ke Hong Kong-Shenzen-Macau 14 Rajab ini. Saya mau tanya, bagaimana pemesanan di hotel Sanva Macau? Apakah kita isi form saja,lalu tunggu konfirmasi dari hotel? Apakah pembayarannya nanti saja? Apakah cukup kitajalan ke macau dari Shenzennya sore lalu jalan dan menginap di Sanva, lalu lanjutkan keliling besoknya sampai jam 14:00, karena kita pulang dari Macau jam 16:00 waktu sana?
    Apakah mudah untuk mengurus visa on arrival Shenzen mengingat kantornya sering tutup?
    Terima kasih. Mohon doakan perjalanan kami lancar.
    Wassalam.

     
    • aremaronny

      May 1, 2014 at 7:36 am

      Halo mas Roy…
      1. Cara pemesanan hotel Sanva cukup mengisi form saja di websitenya nanti akan dapat konfirmasi via email dari hotel yang berisi nomor booking.Pembayaran dilakukan saat kita disana.
      2. Pada dasarnya Shenzhen memang bisa dibikin model day tour dari Hongkong atau Macau. Hanya kendalanya kalau berangkat dari Macau adalah jadwal ferry yang kadang-kadang lambat. Selain itu rasanya rugi kalau sudah susah payah ngurus VOA tapi hanya dipakai sehari.

       
  51. roy kusumah

    May 2, 2014 at 4:38 pm

    Lalu kami itu rencanannya ke shenzen jatuh hari sabtu dan ahad (2 hari). Takutnya,kalau kami pagi hari sabtu datang ke sana, kantor visa tutup dan tantangan lain ramainya arus wisatawan masuk dari hong kong ke shenzen. pertanyaannya :
    1. Apakah tidak masalah kalau kami mengurus Visa on arrivalnya pagi hari sabtu dengan langsung pergi ke perbatasan hong kong – shenzen?
    2. Bila langkah pertama agak berisiko, apakah bisa kami membuat visa itu hari jumatnya di dekat hotel tinggal kami dihong kong? Rencananya kami menginap di Tsim Sha Tsui juga.
    3. Konsekuensi langkah kedua adalah apakah visa on arrival itu begitu jadi dengan resmi, si pemegang visa harus masuk hari itu juga ke shenzen, atau tidak masalah bila besok harinya baru masuk ke shenzen?
    4. Kemudian terkait hotel di shenzen, dengan kondisi sabtu dan ahad itu, apakah sebaiknya kami pesan hotel via internet atau datangi saja langsung di hari H karena visanya masih belum tentu dapat (dalam proses). Trims .

     
    • aremaronny

      May 4, 2014 at 4:14 am

      Halo mas Roy…
      VOA Shenzhen hanya bisa diurus i kantor-kantor VOA yang umumnya memang berada di dekat perbatasan. Jadi memang harus datang dan masuk saat itu juga karena visanya berjenis single entry (satu kali masuk) dengan masa berlaku selama 5 hari. Hotelnya nanti langsung beli disana saja saat visanya sudah ada.

       
  52. roy kusumah

    May 7, 2014 at 9:55 pm

    Salam Jejak Vicky.
    Nanya lagi teknis di Shenzhen. Mohon sarannya. Kami sedang menimbang2 waktu kalau urus VOA di perbatasan. Strategi pertama kami berangkat sore Jumat jam 17:00an ke Shenzhen. kira2 dari Tsim sha Tsui, lalu urus VOA, masuk shenzen dan baru cari hotel, apakah keburu bagi kami malam itu? atau strategi kedua, kami berangkat besok paginya sabtu pagi ke perbatasan, urus VOA , masuk shenzhen dan cari hotel pagi itu?
    Lalu mengenai di Hong Kong. Saya masih posisi mem-booking kowloon new hostel di Gedung Mirador mansion Tsim Sha Tsui di jalan Nathan road. Setelah melihat perbincangan para wisatawan di internet, hotel2 padat di daerah Tsim Tsa tsui itu agak kurang aman ya? ada transaksi narkoba, pelacuran dan gangguan2 lain. kami khawatir juga tidak bisa menikmati penginapan dengan nyaman. Bagaimana saran Anda? apakah gedung Golden Crown (ada hotel California di sana) lebih aman dan nyaman? memang sih harganya lebih tinggi.
    Terima kasih. Wassalam

     
    • aremaronny

      May 29, 2014 at 12:23 pm

      Halo mas Roy, maaf yah baru bisa balas sekarang soalnya baru pulang ngetrip. Saya lebih suka strategi kedua yaitu berangkat pagi dari Hongkong. Golden Crown Court menurut saya relatif lebih aman daripada Chungking atau Mirador Mansion karena gedung itu khusus diperuntukkan untuk hostel. Jadi tidak seperti Mirador atau Chungking yang dibawahnya digabung dengan toko-toko dan restoran.

       
  53. michael

    June 4, 2014 at 3:43 pm

    haloo salam kenal mb Vicky

    kl blh tahu berapa lama ya idealny kt menjelajahi ngong ping seperti pengalaman diatas?
    dan kl sy blh minta saran saya tiba di HK agak sore & sy rencana menginap di daerah TST, menurut mb Vicky sebaiknya saya jalan2 kmn dl ya? mengingat sy hanya pny waktu efektif 3 hari, kira2 kl sy pergi ke macau cukup ga ya dalam 1 hari balik ke HK lg?
    thanks before

     
    • aremaronny

      June 12, 2014 at 1:41 pm

      Salam kenal juga mas Michael…Idealnya, waktu yang diperlukan untuk menjelajahi Ngong Ping sekitar 3 jam. Kalau sampainya di Hongkong agak sore, bisa mencoba langsung ke The Peak. Bisa saja pergi ke Macau dalam waktu satu hari tapi lebih baik kalau mulainya pagi-pagi sekali aupaya tidak terlalu malam sampai di Hongkong lagi. Ini pengalaman teman blogger saya mas Indra Prasetya yang pernah mencoba One Day Tour ke Macau http://www.indratravelholic.com/2010/11/first-time-to-hongkong-and-macau-day-2_07.html

       
  54. yenyen

    June 16, 2014 at 5:13 pm

    Selamat siang, saya mengikuti jejak mbak , ke ngongping. cuma tidak singgah di disnerland. mau langsung cari makan begitu jam 12 siang, selain tempat makan taman tersebut. ada tidak tmpt daerah makan yang murah. Apakah di ladymarket ada makanan murah?
    thanks.

     
    • aremaronny

      June 16, 2014 at 10:36 pm

      Mohon maaf apakah mbak yenyen ini muslim. Kalau muslim di Ngong Ping ada restorant kebab Turki yang halal. Kalau mbak non muslim lebih mudah mencari makanan. Alternatif lain kalau di Ngong ing terlalu mahal adalah makan di Citygate Outlet di stasiun Tung Chung (stasiun tempat mbak keluar dari Cable Car atau bis). Lady Market buka mulai jam 4 sore. Pilihan makanan disana tidak sebanyak di Temple Market.

       
      • yenyen

        June 16, 2014 at 11:39 pm

        Terima Kasih banyak mbak. informasinya sangat berguna sekali.
        kami 8 orang, apa kemungkinan naik taksi lebih hemat kemana2? utk 2 taksi.
        dari Ngongping saya berencana pulang ke hotel utk istirahat dan bergegas ke macau.

        dikatanya temple night market dekat avenue of star apakah bisa ditempuh dengan on foot?
        dan night market buka sampai jam berapa? mengingat hari pertama saya tiba di guest house pkl. 9 malam.

        saya akan berkunjung ke tongmen di shenzhen juga. jika saya turun dari shekou naik apa ke tongmen ya?

        terima kasih. mohon maaf pertanyaan agak banyak.
        saya non muslim.
        thanks.

         
      • aremaronny

        June 17, 2014 at 11:55 am

        1. Menurut pendapat saya tetap lebih murah naik MTR atau bis mbak, karena kalau berdelapan kemungkinan besar mereka minta 3 taksi.
        2. Temple Night Market dan Avenue of the Star jaraknya kurang lebih 1.7 km, mending naik bis atau MTR saja.
        3. Night Market biasanya buka sampai jam 12 malam.
        3. Dari Shekou naik MTR jalur kuning jurusan Xinxiu turun di WOW, dari WOW ganti jalur hijau jurusan Luohu turun di stasiun Laojie exit A.

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 185 other followers

%d bloggers like this: