RSS

Hari Ke-1 (Surabaya – Kuala Lumpur – Hongkong)

20 Oct

Oleh : Vicky Kurniawan

Dalam perjalanan kali ini saya hanya berangkat berdua bersama partner backpack “sepanjang masa” (I really hope) yaitu suami saya. Reroute penerbangan Surabaya – Kuala Lumpur mengharuskan kami sudah ada di bandara jam 3 pagi, karena pesawat menuju Kuala Lumpur akan berangkat jam 5 pagi. Susah juga mencari travel Malang-Surabaya yang mau berangkat jam 1 malam karena rata-rata mereka berangkat jam 2. Tapi dasar rejeki, akhirnya kami mendapat travel yang mau berangkat jam 1 dengan harga yang sama. Perjalanan yang biasanya ditempuh 2-3 jam pada siang hari hanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam pada malam hari (enaknya!). Jadi jam 2.30 kami sudah duduk manis di Juanda sambil menunggu pintu dibuka yang ternyata baru buka jam 3.30. Pantesan travel Malang-Surabaya baru dimulai jam 2.

Suasana Juanda Dini Hari

Setelah melewati imigrasi dan kios check in, jam 5.10 pesawat terbang menuju LCCT Kuala Lumpur dan mendarat tepat jam 08.45. Penerbangan selanjutnya menuju Hongkong akan berangkat jam 13.50 jadi waktu tunggu sekitar 2 jam akan kami gunakan untuk mengunjungi KLIA, bandara tetangga tapi beda kelas. Maklum walaupun sudah beberapa kali ke Malaysia tidak pernah sekalipun saya menginjakkan kaki di bandara ini. Selain kebanyakan terbang dengan Air Asia, giliran pakai pesawat full board eh tidak mendarat di sini.

Kuala Lumpur International Airport (KLIA)

Didesain oleh arsitek dari Jepang, Kisho Kurokawa, interior dalam KLIA berbentuk seperti tenda suku Badui sementara bagian luarnya dirancang berbentuk futuristik dengan hamparan kaca dari atap bangunan hingga kakinya sehingga terkesan luas dan terang.

Interior Dalam dan Luar KLIA

Dibangun di area seluas 10.000 hektar yang dulunya adalah perkebunan karet dan kelapa sawit, pengelola KLIA berusaha menciptakan bandara ramah lingkungan dengan konsep “Airport in the Forest dan “Forest in the Airport”.  Konsep tersebut diwujudkan dengan membuat arboretum hutan hujan didalam bandara dan hutan tropis buatan di luarnya. Bila ingin menikmati keindahan hutan tropis dalam airport ini jelajahi saja KLIA Jungle Boardwalk.

KLIA Jungle Boardwalk

Berjarak sekitar 20 km dari LCCT, bandara KLIA ini dapat dicapai dengan menggunakan bis. Dari LCCT kita dapat naik bis Nadi Putra dengan tarif 2.50 RM sekali jalan. Bis-bis ini dapat dijumpai di area Shuttle Service KLIA-LCCT. Sebaliknya dari KLIA, bis menuju LCCT dapat dijumpai di platform No. 10 dengan tarif sama dan berangkat setiap 30 menit sekali.

Shuttle Bus KLIA-LCCT

Setelah puas menjelajahi KLIA, kami kembali ke LCCT dan makan siang di KFC. Enaknya makan disini karena minumnya bisa kita refill berulangkali. Setelah makan siang, kami bersiap-siap untuk penerbangan selanjutnya menuju Hongkong.

Pesawat kami mendarat tepat pukul 17.45 di Hongkong International Airport yang terletak di Chek Lap Kok, pulau terbesar buatan manusia, di sebelah utara Lantau. Pulau ini dihubungkan dengan beberapa jembatan dan satu yang paling terkenal adalah Tsing Ma Bridge. Jembatan sepanjang 2,2 km ini merupakan salah satu “Suspension Bridge” terbesar di dunia yang mampu menyangga jalan raya dan rel kereta Airport Express yang menghubungkan Chek Lap Kok dan Hongkong Island via Kowloon.

Tsing Ma Bridge

Selama di Hongkong, kami akan menginap di Golden Crown Guest House yang terletak di Nathan Road, salah satu jalan terpanjang di area Tsim Sha Tsui. Setelah urusan imigrasi selesai, sesuai arahan dari website hostel kami menuju Airbus Station yang terletak dekat Hall B untuk naik bis A21 menuju Kowloon. Tapi sebelumnya kami mampir dulu di loket Airport Express (MTR yang menghubungkan Airport dengan Central) untuk membeli kartu sakti “Octopus Card”.

Octopus Card

Bila Singapura punya EZ-Link maka Hongkong punya Octopus Card. Kartu ini dirancang untuk dapat digunakan di MTR dan ketujuh bentuk moda transportasi yang lain seperti : kereta api, Motor Bus, City Bus, Ferry, Taxi dan Trem  (termasuk The Peak Tram). Makanya kartu ini dinamakan Octopus yang juga berarti delapan. Selain itu Octopus Card juga dapat digunakan untuk membayar meteran parkir, makan di restoran (Starbucks, McDonalds), dan belanja di supermarket (ParknShop, Wellcome, 7-Eleven, Circle K). Pilihan restorannya tidak hanya di Hongkong tapi juga beberapa restoran di Shenzhen dan Macau. Saking saktinya, kartu ini bahkan berfungsi sebagai kartu absen dan kartu peminjaman perpustakaan bagi banyak sekolah di Hongkong.

Octopus Card dan Salah Satu Kelas Yang Menggunakan Octopus

Octopus Card untuk dewasa harganya HKD 150 dengan refundable deposit sebesar HKD 50 dan dapat dibeli di bagian customer service di semua stasiun MTR, LRT, New World First Bus dan Ferry. Dengan kartu ini kita dapat menghemat biaya transport, karena tarif Octopus berbeda sekitar 5-10% dibanding tarif biasa. Selain itu juga mengurangi kerepotan saat naik bis karena harus pakai uang pas (sopir bis tidak mau repot ngasih kembalian). Pokoknya selama di Hongkong, Octopus Card begitu berjaya tapi sedihnya untuk beli minuman di vending machines pun kebanyakan pakai kartu Octopus sehingga tidak ada jalan untuk membelanjakan uang receh. Walhasil saat pulang, koin Hongkong kita jadi banyakkk sekali he he he…

Naik Bis Di Hongkong

Setelah mengantongi kartu sakti, kami menuju ke tempat pemberhentian bis yang masih terletak dalam area bandara. Jangan kuatir tersesat karena arah penunjuknya banyak dan jelas. Sebelum naik bis, jangan lupa mengambil peta yang banyak tersedia di bandara. Seperti juga di Singapura, bis di Hongkong hanya berhenti di tempat pemberhentian yang ditentukan, masuk lewat depan (jangan lupa antri) dan keluar lewat belakang. Khusus untuk bis yang lewat di airport disediakan rak besar dibelakang sopir untuk menaruh koper dan barang. Bis memang menawarkan pemandangan kota yang lebih indah dari MTR walaupun naik bis tingkat kesulitannya lebih tinggi selain itu ada beberapa atraksi di Hongkong yang memang tidak terjangkau MTR seperti Ocean Park dan Repulse Bay. Enaknya bis di Hongkong ini punya website yang ciamik, dua diantaranya adalah di http://www.nwstbus.com.hk/home/default.aspx dan http://www.kmb.hk/en. Di website tersebut akan ditunjukkan nomor bis dan tarif dilengkapi pula dengan nama dan foto dari tempat-tempat pemberhentiannya.

Hongkong Bus dan Tanda Bus Stop

Perjalanan dari bandara ke daerah Tsim Sha Tsui kurang lebih ditempuh dalam waktu 1 jam. Setelah turun dari bis banyak sekali calo-calo penginapan dan tukang pijat yang mengerubuti kami. Untung saja setelah dibilang kalau kami sudah punya penginapan dan sudah bayar mereka bubar sehingga kami bisa mencari alamat dengan tenang.

Golden Crown Guest House

Guest house ini terletak di gedung Golden Crown Court bersama dengan beberapa guest house yang lain. Guest house ini saya pilih, selain harganya yang murah (HKD 300 permalam untuk Double Room with AC) juga lokasinya yang strategis. Disamping dekat dengan stasiun MTR Tsim Sha Tsui dan tempat pemberhentian bis juga dekat dengan Masjid Kowloon dan beberapa tempat atraksi yang lain seperti :Avenue of The Star, Ladies Market dan Temple Market. Sebenarnya tidak jauh dari gedung ini terdapat Mirador Mansion dan Chungking Mansion yang juga memuat puluhan hostel murah tapi gedung Golden Crown Court ini saya pilih karena relative lebih aman karena ada satpam dan tidak ada toko-toko dibawahnya.

Golden Crown Guest House

Setelah memberikan print tanda booking dan pembayaran uang muka kepada resepsionis yang tidak bisa berbahasa Inggris mereka mengantar kami ke kamar yang sudah dipesan. Jangan bayangkan kamar yang luas, kamarnya hanya berukuran 3×3 dengan tempat tidur Double, kamar mandi dalam dan TV flat yang menggantung di dinding dan kasurnya hiks kerasnya minta ampun. Serasa ngekos aja. Tapi selain kesempitan itu semuanya cukup bersih dan nyaman. Mereka juga menyediakan microvawe, mesin cuci, air panas dan 1 unit computer dengan internet. Untuk pemesanan cukup mengisi form resevasi di website mereka disini http://www.goldencrownhk.com/reservations/en. Setelah mandi, sholat dan mengganjal perut dengan pop mie dan sisa makan siang, kami pun siap menjelajah atraksi terdekat yaitu Avenue of The Star. Saat itu sudah jam 9 malam jadi pertunjukkan Symphony of Lights sudah usai.

Avenue Of The Star

Terletak di sepanjang Tsim Sha Tsui Promenade berdampingan dengan Museum of Art, Space Museum, Cultural Centre dan Clock Tower, jalan sepanjang 440 meter ini dipenuhi oleh sekitar 73 cap tangan atau kaki artis-artis perfilman Hongkong. Jalan ini tergolong baru, karena baru selesai dibangun tahun 2004 oleh pihak swasta New World Group sebelum akhirnya diserahkan kepada pemerintah Hongkong sebagai milik umum.

Avenue Of The Star

Dari hotel, kami cukup berjalan kaki ke Selatan menuju pintu masuk Salisbury Garden. Dari taman ini papan penunjuk menuju Avenue of The Star terlihat jelas. Area ini ditandai dengan adanya patung replika dari acara Hongkong Film Awards setinggi 4.5 meter berupa seorang wanita berbusana rol film berwarna hitam.

Tsim Sha Tsui Promenade

Di waktu malam pemandangan dari area ini memang spektakuler, karena pancaran lampu-lampu gedung di Hongkong Island yang sangat indah. Dipisahkan oleh Victoria Harbour seolah-olah gedung-gedung tersebut mengambang diatas air. Tempat ini juga merupakan tempat yang ideal untuk melihat pertunjukkan Symphony of Lights. Di ujung jalan Avenue of The Star terdapat salah satu landmark kota Hongkong yaitu Clock Tower atau Tsim Sha Tsui Clock Tower.

Clock Tower

Menara jam setinggi 44 meter yang selesai dibangun tahun 1915 ini sebenarnya dulunya merupakan bagian dari gedung stasiun kereta api Kowlon-Canton yang sekarang sudah pindah di Hung Hom station. Pada saat bangunan stasiun itu akan diruntuhkan datanglah protes dari The Heritage Society sehingga sebagai jalan tengah bangunan tetap diruntuhkan dengan menyisahkan hanya Clock Tower-nya saja. Dahulu, menara ini terbuka untuk umum dimana ada tangga kayu untuk mencapai puncaknya. Tapi sekarang menara ini tertutup untuk umum dalam rangka perbaikan.

Clock Tower dan Lampionnya (Photo By : Hongkong Digital Vision)

Kebetulan saat kami disana bertepatan dengan perayaan Mid-Autumn Thematic Lantern Exhibition 2011 sehingga kolam di depan Clock Tower penuh dengan hiasan-hiasan lampion yang indah menggambarkan para kelinci sedang bermain di arena playground. Kebetulan saat itu tema yang diusung adalah “Moon, Fun Playground” jadi disitu terdapat lampion berbentuk Roller Coaster, Komidi Putar dan Bumper Car. Setelah puas berfoto, kami berjalan kaki menuju ke hotel.

Lampion-Lampion di Depan Clock Tower (Photo By : Hongkong Digital Vision)

Biaya Hari Ke-1


About these ads
 
162 Comments

Posted by on October 20, 2011 in Hongkong, Kuala Lumpur

 

Tags: , , , , ,

162 responses to “Hari Ke-1 (Surabaya – Kuala Lumpur – Hongkong)

  1. Dinniw

    December 28, 2011 at 10:39 am

    eh ini maksudnya hoel untuk 1 malam kali ya mba ? rate nya golden crown kan ya ? *masih mantengin blog mba vicky untuk contekan *

     
    • aremaronny

      December 28, 2011 at 12:37 pm

      Iya mbak untuk satu malam bagi kamar ukuran standar (kapasitas 2 orang). Semalam HK$300 jadi tiga malam HK$900 atau sekitar Rp. 1.080.000. Perkiraan biaya yang dibawah saya bagi untuk 2 orang. Sebenarnya pembagiannya kurang begitu akurat :)

       
  2. DEWY

    January 3, 2012 at 10:34 am

    MBAK IIK, ITU BIAYA2NYA UTK 1 ORANG ATAU 2 ORANG?? ;P

     
    • aremaronny

      January 3, 2012 at 1:53 pm

      Satu orang wie…sudah lengkap dengan tiket pesawat, biaya makan, hotel, tiket atraksi dan transportasi selama disana..

       
  3. vey

    January 15, 2012 at 12:35 pm

    mbak, kok saya lihat di websitenya harga golden crown 380 HKD/night. GImana caranya mbak biar dapet diskon jadi 300HKD/night?

    Mohon dibantu.

    Thank u
    vey

     
    • aremaronny

      January 16, 2012 at 7:43 am

      Halo Vey, yang saya ambil adalah kamar Standard Single Room, artinya kamar untuk berdua tapi satu tempat tidur. Harganya memang HK 300.Mungkin yang kamu lihat adalah harga Twin Bed Room.

       
      • vey

        January 16, 2012 at 7:48 am

        Mbak standar single room muat Ga buat berdua?

        Aku ditawarin standard double room 300hkd.

        Thank u yah Mbak…
        Vey

         
  4. vey

    January 16, 2012 at 7:50 am

    Sorry maksudny 330hkd utk standar double room

     
    • aremaronny

      January 17, 2012 at 12:13 am

      Maaf Vey, mungkin aku salah. Waktu itu aku menempati satu Kamar standar untuk berdua dengan satu tempat tidur (lupa namanya apa, sudah kucari nota-notanya rupanya sudah terbuang) tapi saat itu harganya memang HK300. Apa mungkin ada kenaikan ya? :)..

       
  5. Nunang Yuliawan

    January 25, 2012 at 9:12 pm

    mbak, salam kenal. saya juga mau tanya2. boleh ya.
    menginap di hotel crown, sudah booking dulu dari sini, atau langsung menuju hotelnya ?
    soalnya sy juga ada rencana ke hongkong bulan maret nanti.
    di hongkong, penjual makanan muslim, ada tanda2 khusus yg bisa dikenali ?
    tolong dijawab ya mbak. thanks

     
    • aremaronny

      January 27, 2012 at 12:24 pm

      Salam kenal juga Nunang..Hotel Golden Crown sudah saya booking dari Indonesia. Di hongkong penjual makanan muslim bisa dikenali dari tanda halalnya. Nanti kukirim via Email daftar restoran halal di Hongkong.

       
      • Nunang Yuliawan

        January 28, 2012 at 7:32 pm

        thanks banget mbak. mau nanya sedikit lg ya. lokasi mana yang paling berkesan di hongkong, shenzen dan macau. soalnya saya ke sana nggak lama seperti mbak vicky, jadi harus pilih2 tempat. yah, paling tidak, yang jadi iconnya aja.

         
      • aremaronny

        January 29, 2012 at 1:14 am

        Di Hongkong : Ngo Ping 360 bolehlah tapi no untuk Disneyland Hongkong (mending ke Ocean Park aja kalau tidak bawa anak2), Ladies Market okelah untuk belanja oleh-oleh tapi Temple Street lebih oke untuk mencoba street foodnya hongkong. The peak dan Avenue of The Star (hukumnya wajib) serta Hongkong Park untuk Edward Youde Aviary-nya.

        Di Shenzhen : WOW dan Splendid China tapi no untuk Shenzhen Happy Valley. Untuk belanja Dongmen Shopping Street hukumnya wajib.
        Di Macau : Ruin’s of St Paul, Largo de Senado dan A-Ma Temple hukumnya wajib. Tidak untuk Macau Fisherman’s Wharf dan sirkus Zaia, sedangkan Macau Tower, The Venetian Resort dan City of Dreams (terutama pertunjukkan the bubble-nya) sangat layak untuk ditonton dan dikunjungi.

         
  6. Lala

    January 27, 2012 at 10:16 am

    Mba … apa kabar ? Mau nanya nih. Harga tiket pesawat yang dimasukkan apakah rate dasarnya saja atau sudah include fuel surcharge, airport tax, dll ? Murah banget bisa dapat 195 ribu untuk KL – HK … he he he

     
    • aremaronny

      January 27, 2012 at 2:14 pm

      Alhamdulillah kabar baik Lala, harga tiket pesawat semua sudah termasuk fuel surcharge dan airport tax. Yah, sepenuhnya itu rejeki saja..:)

       
  7. priscillamulianto

    January 28, 2012 at 1:49 pm

    Mba, mau tanya
    harga tiket KL – Spore nya murah amat, naik pesawat apa? thanks

     
    • aremaronny

      January 29, 2012 at 12:57 am

      Halo Priscilla..sempat mampir ke blogmu. Menarik juga, cukup membuka wawasan saya terutama tentang fashion :). Semua perjalanan saya menggunakan Air Asia karena AA yang paling sering promo tiket. Tapi sebenarnya budget airline banyak juga selain AA dan jangan lupa kadang-kadang Full Board Airlines juga mengadakan promo (walaupun harnya menurut saya masih mahal).

       
  8. winda

    February 21, 2012 at 1:28 pm

    mba…sy winda…salam kenal yaa….mau tanya nih… kalo octopus card itu belinya kan ga perlu satu org satu ya mba…maksudku kalo qta brangkat sekeluarga, sy, suami n anak 2….cukup 1 octopus card aja kan? mhn infonya ya mba…tks…

     
    • aremaronny

      February 21, 2012 at 2:41 pm

      Halo Mbak Winda salam kenal juga…Octopus Card seperti juga EZ-Link (punya Singapura) harus beli satu orang satu. Anak-anak diatas 3-11 tahun pakai Octopus khusus untuk anak-anak.Nggak apa-apa beli aja mbak, toh nanti bisa refund dan prosesnya gampang sekali. Soalnya kalau nggak pakai Octopus susah kalau mau keliling naik kendaraan umum.

       
  9. winda

    February 21, 2012 at 3:32 pm

    o gitu ya mba…manteb jg ya pake octopus card..hehee… oiya btw kalo di dlm hongkong disneyland itu ada makanan halal gak ya mba… Sy baca di list makanan halal kyknya so far makanannya yg kari2 atau berbau india pakistan yaa…pdhl kan qta di hongkong,pgn jg nyoba makanan asli sana spt dim sum, noodle…ada ga mba yg halal… Mba vicky …accept my fb request yaa ;)

     
  10. agustinputriani

    April 11, 2012 at 9:54 pm

    Salam kenal mba, saya agustin, kebetulan okt nanti mau ke hkg+macau..dan kebetulan jg saya brgkat dr surabaya, dpt tiketnya murah bgt mba yg KL-HKG ? beli nya jauh2 hari ato bagaimana? karna saya dpt harga skitar 900rbuan skali jalan :(
    oya kira2 hbs budget brp mba? sampe 5juta? untuk hkg+macau

     
    • Vicky Kurniawan

      April 20, 2012 at 7:06 am

      Halo Agustin..tiket waktu itu saya beli Bulan Pebruari untuk keberangkatan bulan September. Total biaya yang saya habiskan untuk Hongkong dan Macau saja kurang lebih 4,2 juta sudah termasuk tiket pesawat pp, hotel, biaya transport, tiket atraksi dan makan.

       
  11. vivi

    April 17, 2012 at 10:43 am

    mba…tlg tny dari airport hkg ke golden crown court naik apa? kebetulan sy juga rencana nginep dsana. Qta dewasa 3 + anak 2

     
    • Vicky Kurniawan

      April 20, 2012 at 7:12 am

      Waktu itu saya naik bis mbak karena lebih murah. Di airport pergi ke Airbus Station dekat Hall B di Arrival Level (Level 5). Busnya berada di platform A21. Berhenti di Tsim Sha Tsui Road dekat masjid Kowloon. Jalan sedikit ke gedung Golden Crown Court.

       
  12. sitim45

    April 24, 2012 at 5:54 am

    Mba, utk dapat tiket promo AA itu apa harus punya member log-in dan harus sudah pernah booking online sebelumya? Thanks :)

     
    • aremaronny

      April 24, 2012 at 6:47 am

      Tidak harus punya member login dan tidak harus pernah booking online sebelumnya. Member login hanya mempermudah kita dalam mencari data tiket dan mempercepat proses pengisian data pada saat booking.

       
  13. arnold

    May 15, 2012 at 10:25 pm

    mbak, kalo mau checkin AA di KUL/HK atau Macau lewat counter atau HP aja ? apakah ada trick dan tips khusus u/ hal ini mbak, kalo di Indo kan bisa pake HP , kalo di sono bisa kena roaming kan kalo checkin AA via HP

     
    • aremaronny

      May 16, 2012 at 6:39 am

      Tidak usah lewat counter atau HP, check-in saja lewat kiosk checck-in yang tersedia di bandara. Gratis ko. Tapi dengar-dengar Air Asia sudah menghapuskan counter-fee check in untuk penerbangan internasional. Kalau tidak ada kiosk check in di bandara (saya sudah lupa ada atau tidak) langsung aja ke counter.

       
  14. sofi

    June 6, 2012 at 10:50 pm

    hai mba…
    terima kasih banyak ya… crita mba di hk-macau-shenzhen sdh saya ikuti jejaknya tgl 25-29 Mei 2012 lalu, dgn sedikit perbedaan yaitu saya full stay di imperial hotel, hk… :D

     
    • aremaronny

      June 7, 2012 at 6:11 am

      Wah ikut seneng juga Sofi. Jadi tambah semangat nulis nih..Thank’s ya..

       
  15. vivi

    June 7, 2012 at 1:16 pm

    sis sofi, kmrn ke shenzhen bisa Voa ga? sy rencana brgkt tgl 10 june. tq

     
    • aremaronny

      June 8, 2012 at 2:16 pm

      Sepertinya bisa mbak vivi..

       
  16. kasmianto

    June 13, 2012 at 4:51 pm

    Mbak, Seneng banget bisa dapat inspirasi baru…. saya pengen banget jalan2 keluar negeri….. liat tulisan mbak sangat menarik….

     
    • aremaronny

      June 14, 2012 at 10:25 am

      iya kas..mumpung dirimu masih muda puas-puasin jalan-jalannya. Jangan takut jalan-jalan ke luar negeri karena jaman sekarang lebih gampang. Sudah tidak ada fiskal, tiket pesawat murah, itinerary dan informasi gampang dicari. Jadi jalan-jalanlah selagi muda..

       
  17. Wie

    June 28, 2012 at 1:01 pm

    Mbak bagus bgt infonya, sy blom pernah keliling hk, dulu cuma transit aja. Apakah rute ke the peak mudah dari golden crown ? Salam travelling :)

     
    • aremaronny

      June 28, 2012 at 3:45 pm

      Gampang saja, ada 2 cara : Pertama, naik bis, dari Golden Crown (MTR Tsim Sha Shui) naik MTR ke stasiun Admiralty. Di stasiun ini keluar di exit C1, jalan kaki sedikit ke depan Admiralty Garden dan Queensway Plaza kemudian naik bis No. 15 menuju The Peak. Kedua, naik tram, dari Golden Crown naik MTR ke Central station, exit di J2 exit dan jalan kaki ke ground level. Belok kanan melewati Chater Garden, menyeberang Queen’s Road Central, dan berjalan sampai Garden Road melewati Bank of China Tower dan Citibank Plaza serta St John’s Cathedral. Nanti akan ketemu Peak Tram Terminus. Ulasan mengenai The Peak bisa dilihat disini http://jejakvicky.wordpress.com/2011/11/14/hari-ke-3-hongkong

       
  18. Eline

    July 15, 2012 at 6:36 am

    salam kenal mbak saya Eline :) tulisannya sangat berguna buat saya yg rencana nya mau traveling HK- Szh – Macau. Mau tanya kalo pesawat tiba di HK pkl 20.00 masih bisa pake bis gak ya mbak? saya nginep di Golden Crown Court juga. Terima kasih :)

     
    • aremaronny

      July 16, 2012 at 11:36 am

      Halo juga mbak Eline, terima kasih sudah baca blog saya. Bis ke daerah Tsim Sha Tsui beroperasi dari jam 06.00 – 24.00 kok, jadi masih bisa naik bis tersebut.

       
  19. gadisrakus

    July 16, 2012 at 9:26 am

    halo mbak, saya lagi searching2 info ke hk nih, kebetulan saya akan kesana tgl 21 des nanti. rutenya hk-shenzen-macau-kl-penang.
    yang saya mau tanyain:
    1. saya udah liat2 websitenya golden crown nih, kalo saya isi reservasi formnya lalu pembayarannya ada dpnya atau gak?? atau kita cuma isi formnya aja, trus bayarnya disana atau gimana?
    2. untuk steker/colokan, di hk-shenzen-macau pake yg 3 (seperti di sg) atau 2 (seperti di indo)?
    3. apakah ada transportasi langsung dari shenzen ke macau?
    4. apa disana bisa menarik uang atm bca?
    segitu dulu deh mbak nanyanya, semoga dijawab ya…soalnya tiket udah ditangan, tapi hostel dll saya belum prepare. terima kasiihh :)

     
    • aremaronny

      July 17, 2012 at 7:14 am

      Halo Gadis..
      1. Seingat saya dulu saya bayar cash pakai kartu kredit.
      2. Colokannya kebanyakan pakai tiga kaki type G (3 kaki dengan colokan berbentuk garis bukan bundar) seperti Singapura
      3. Transportasi langsung dari Shenzhen ke Macau bisa menggunakan ferry mbak, detailnya bisa dibaca disini http://jejakvicky.wordpress.com/2011/12/12/hari-ke-6-shenzhen-macau/#more-1164
      4. Kalau pakai Debit Mandiri bisa mbak pokoknya yang ada logo Visa atau Cirrus. Passport BCA sepertinya tidak ada logo seperti itu.

       
  20. nurul yahyami

    July 17, 2012 at 10:19 pm

    Salam kenal mba vicky, aq juga mau ke hk-macau-shz bulan sept ntar, udh buking golden crown juga, mau tanya kenapa disneyland ga recommend mba? Bukannya syg mba udh sampe hk tp ga ke disney? Apa emg bagusan ocean park? Oiya kena circus zaia juga ga recommend?

     
    • aremaronny

      July 18, 2012 at 7:17 am

      Menurut pendapat saya, karena area dan permainannya lebih banyak ditujukan untuk anak kecil. Kalau mbak Nurul sudah pernah ke Theme Parks yang lebih luas seperti Universal Studio, Disneyland Hongkong ini terkesan lebih membosankan. Kecuali kalau mbak kesananya dengan anak-anak, mungkin lain lagi. Saya kira Ocean Park jauh lebih bagus bagi orang dewasa :).

      Circus Zaia menurut saya juga tidak terlalu spesial mbak, kalau untuk pertunjukkan matinee dengan tiket pertunjukkan yang lebih murah masih okelah, tapi kalau pertunjukkan biasa dengan harga tiket yang mahal lebih baik sih jangan. Gerakan sirkus, trik dan efeknya tidak terlalu yang bagaimana gitu (tidak sesuai dengan harga tiketnya). Tapi ini hanya sekedar pendapat pribadi lho mbak, karena bagus atau tidak sifatnya sangat subyektif..:).

       
  21. Era

    August 12, 2012 at 9:01 pm

    Mbak, saya sudah booking Golden Crown, tapi sayangnya pada tanggal yang saya kehendaki, kondisinya sedang fully booked. Bisa tolong advise similar hotel yang lokasinya Ok, mbak?

    Please advise ya mbak…….

     
  22. Lia

    August 15, 2012 at 7:51 am

    halo mbak, salam kenal.. mbak itu travelnya dapet dimana ya? aku cari2 kok rata2 brgkat jam 3. bisa ktinggalan pesawat ni.. makasi mb infonya lengkap banget. mo nyusul kesana ni :D

     
    • aremaronny

      August 15, 2012 at 12:44 pm

      Halo mbak Lia, malam sebelumnya kebetulan suamiku baru datang dari kalimantan naik travel itu juga. Jadi sekalian dia pesan minta dijemput, karena supirnya kebetulan mau jemput penumpang pagi dari Surabaya akhirnya dia mau juga. Gini aja mbak, mending bilang sama travelnya kalo pesawat mbak akan berangkat jam 3 pagi nanti biasanya mereka bisa kira-kira kok harus berangkat jam berapa.

       
  23. Celoteh Panda

    August 16, 2012 at 6:02 am

    Haloo mba.. kalo dari yiu fai GH ke ladies market rutenya bagaimana mba? terima kasih mbaaakk ;)

     
    • aremaronny

      August 16, 2012 at 10:18 am

      Halo juga mbak Rena, Yiu Fai Guest House terletak di gedung yang sama dengan Golden Crown Hostel (hostel yang saya inapi selama di Hongkong) yaitu di di gedung Golden Crown Court. Jadi jalur ke Ladies Marketnya : jalan ke Tsim Sha Tsui MTR station (hati-hati bukan TST East station) dan ambil kereta Tuen Wan line, turun di Mong Kok station, exit di D3.

       
      • Celoteh Panda

        November 27, 2012 at 11:46 am

        Mba tanya lagi boleh yaa :D
        Kalo pulangnya di HKIA kita harus bayar airport tax lagi ga sih mba kaya di jkt?
        Atau sudah termasuk di tiket return?
        Maskapainya Garuda mba… Makasih ya mbaaaa :)

         
      • aremaronny

        November 27, 2012 at 12:26 pm

        Airport taxnya sudah termasuk dalam harga tiket mbak..

         
  24. Fitriana Faisal (@fitrianafaisal)

    September 26, 2012 at 10:43 am

    Halo mbak vicky, mau tanya golden crown itu ada liftnya kan ya ? :) krn saya mau kesana dengan ,mama (pake wheelchair)

     
    • aremaronny

      September 26, 2012 at 2:22 pm

      Halo juga mbak Fitri..Golden Crown ada liftnya mbak..cuman kamar doublenya sepertinya akan sangat sempit kalau dimasukin wheelchair.

       
  25. widia

    October 4, 2012 at 8:39 pm

    hi mba Vicky,
    salam kenal, november tgl 10-16 aku mau jalan ke HK n Macau. Mau nanya soal kartu octupus apa bisa dipakai untuk ber 2 atau 1 orang 1??? 2 kalo memakainya tidak lebih dari harga refundnya diambil dimana? apa ditempat kita beli semula ato counter mana aja yg jual kartu tersebut??? sementara ini dulu pertanyaan nya. thanks mbak atas infonya….have nice weekend.

     
    • aremaronny

      October 5, 2012 at 6:58 am

      Halo mbak Widia, kartu Octopus hanya berlaku untuk satu orang satu kartu dan tidak bisa dipakai berdua. Refund kartunya bisa dilakukan di kounter-kounter stasiun MTR mana saja dan tidak harus di kounter tempat beli kartunya.

       
  26. asambackpacker01

    October 21, 2012 at 3:49 am

    terimakasih mbak share nya. tulisannya enak dibaca, apa adanya dan menginspirasi. suatu saat ingin ke sana juga.

     
    • aremaronny

      October 22, 2012 at 10:02 am

      Terima kasih..ayo blognya diisi lagi..:)

       
  27. Fitriana Faisal (@fitrianafaisal)

    October 22, 2012 at 1:56 pm

    Makasih banyak mbak Vicky, gak papa pesen yg paling besar aja buat mama kamarnya :), btw makanan halal gampang gak district situ?.. trus namanya org tua pasti maunya blanja2 kemana2, sementara anak2 ke disneyland or ocean park, lokasi perbelanjaan yg paling deket buat orang tua dan suster dilepas sendiri ada gak ya mbak sekitar situ?, makasih lagi sebelumnya mbak Vicky

     
    • aremaronny

      October 24, 2012 at 11:09 am

      Makanan halal banyak terdapat di lantai bawah gedung Chunking Mansion (dekat sama Golden Crown Court. Lokasi perbelanjaan disitu banyak kok mbak, tidak usah kuatir. Mulai dari mall sampai kaki lima juga ada. Tempat souvenir murah juga ada di lantai bawah Mirador Mansion. Tapi saya sarankan untuk belanja souvenir mending datang ke Ladys Market.

       
      • ibu2f

        November 20, 2012 at 7:43 am

        Mbak Vicky hehe.. Satu lagi nih, mau ajak si mama naik tram ke the peak bisa gak pengguna wheelchair naik tram, makasih ya mbak yg baik :)

         
      • aremaronny

        November 20, 2012 at 9:47 am

        Halo juga mbak Fitri, The official Hong Kong Tourism site menyatakan kalau the Peak Tram bisa untuk pengguna wheelchair. Tapi kursi rodanya harus yang jenis bisa dilipat, selanjutnya penumpang akan digendong kedalam tram oleh petugas. Hal ini disebabkan adanya ketentuan tidak boleh menggunakan kursi roda selama dalam tram. Semoga info ini bisa membantu ya mbak.

         
  28. Fitriana Faisal (@fitrianafaisal)

    October 27, 2012 at 9:58 am

    ok mbak, ini ngebantu banget saya jadi ada bayangan nih..makasih banyak ya mbak Vicky

     
    • aremaronny

      October 29, 2012 at 8:56 am

      Sama-sama mbak…

       
  29. julie

    November 1, 2012 at 6:44 pm

    Halo mbak, salam kenal, mau tanya kalo ke hong kong shenzen dan macau perlu pakai visa ga?
    soalnya ada yang bilang perlu ada yang bilang ga..
    Makasih

     
    • aremaronny

      November 2, 2012 at 11:35 am

      Salam kenal juga mbak Julie, untuk ke Hongkong dan Macau selama waktu kunjungnya tidak lebih dari 30 hari tidak usah pakai visa. Untuk Shenzhen perlu pakai visa yang bisa diapply melalui kedutaan Cina atau menggunakan fasilitas VOA yang bisa didapat di Luohu (Lo Wu) Port, Huanggang Port, Shekou Port dan Fuyong Port.

       
  30. rena

    November 11, 2012 at 7:07 am

    Mba vicky,
    Kalau jam 7 pagi, kira2 dari airport ke yiu fai sebaiknya pakai MTR ata bus ya mba?
    terimakasih mbaaa :)

     
    • aremaronny

      November 11, 2012 at 10:04 am

      Kalau ke Yiu Fai mending pakai bus mbak. Kalau pakai MTR lebih mahal dan mesti ganti 2 kali.

       
  31. Antonius Yosef Handriutomo

    November 12, 2012 at 10:09 pm

    Halo mbak salam kenal, saya Anton, 24 nop saya akan ke HK, pakai air asia dari KL dan mendarat di HK jam 20.15 dan saya menginap di Venetian Hostel di MIRADOR MANSION, enak nya dari bandara ke hotel kalau malam2 segitu naik apa ya mbak, mohon info nya. Terima kasih.

     
    • aremaronny

      November 16, 2012 at 1:08 pm

      Halo mas Anton, mending naik bis saja seperti yang saya lakukan. Airport Shuttle beroperasi sampai jam 12 malam.

       
      • Antonius Yosef Handriutomo

        November 16, 2012 at 10:55 pm

        Mbak kalau pakai airport shuttle bus untuk ke mirador mansion turun dimana ya? lalu kita bayar pakai kartu octopus bisa kan? tks

         
      • aremaronny

        November 17, 2012 at 6:34 pm

        Bisa bayar pakai Octopus mas Anton. Kebetulan Mirador Mansion dekat juga sama Golden Crown Court. Gedung ini terletak ditengah-tengah antara Golden Crown dan Chungking Mansion. Nanti turunnya di pemberhentian ke 13 di Cameron Road/Nathan Road. Lebih jelasnya lihat peta rute bis ini http://www.nwstbus.com.hk/routesearch.aspx?t=1353151853411&intLangID=1

         
  32. winda

    November 21, 2012 at 11:11 am

    mba vicky, ngomong2 soal hostel..better mana nginep di distrik kowloon (TST, mongkok) atau di hongkong island (causeway bay), dalam hal budget, akses ke tmpt wisata spt disneyland, ocean park, madamme tussaud n shopping..hehe…trus utk budget yg sama misalnya 1 kmr quadruple seharga HKD 500-600, fasilitasnya bagus di causeway bay atau TST? Mhn infonya mba… Rencana th dpn, mau ajak anak2, maunya cr guest house yg layak utk anak2, tp budget terjangkau n ga jauh dr sarana transportasi spt MTR n bus stop…tengkyu mba

     
    • aremaronny

      November 22, 2012 at 12:22 pm

      Halo mbak Winda, saya kira kedua tempat itu sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri :
      1. Dalam hal budget penginapan, saya kira Kowloon banyak menawarkan tempat yang lebih murah daripada Causeway Bay.
      2. Untuk Akses ke tempat wisata : keduanya berimbang. Mongkok lebih dekat ke Disneyland, Avenue of the star, ladies market dan temple market sedangkan causewaybay dekat dengan The Peak, Repulse Bay dan Ocean Park.
      3. Untuk budget yang sama saya kira fasilitas akan didapat lebih bagus di Causeway Bay.

       
  33. N

    November 25, 2012 at 6:35 am

    dear mba vicky….klo beli kartu octopus itu bisa pakai kartu kredit g? rencana g mau bawa banyak cash, berangkat hari senin 26 nov neh…belum nyari hotel pula :( ..skrg lg baca2 referensi hotel dan itenerary..maklum pertama kali dan cm 3 hari hix…jd harus bener2 ketat neh nyeleksi lokasi tujuan supaya suamiku g komplain…umumnya oleh2 khas dr hongkong itu apa y? tq atas infonya :)

     
    • aremaronny

      November 25, 2012 at 12:07 pm

      Halo mbak Irwan..sayangnya saya tidak punya pengalaman beli Octopus dengan credit card dan sayangnya saya cari onfo dimana-mana juga tidak ketemu. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bisa (dengan syarat kartu kredit diterbitkan oleh Bank yang paling tidak punya branch di Hongkong), tapi ada juga yang bilang tidak bisa. Maff ya tiidak bisa memberikan pencerahan..

       
  34. ivan

    November 27, 2012 at 10:08 am

    Halo mbak, saya ada rencana mau ke HKG-MCU-SZE nih tahun depan secara backpacker dan sekarang sedang coba bikin itinerary-nya melihat dari pengalaman mbak, boleh ya mbak kalo saya banyak tanya2 he he.. Untuk pertanyaan pertama, bagaimana dengan makanan halal di HKG-MCU-SZE? apa mbak punya daftar tempat makan halal di ketiga tempat tsb? kalo punya kirim ke email saya ya mbak. matur nembah nuwun….

     
    • aremaronny

      November 27, 2012 at 6:16 pm

      Halo mas Ivan, daftar restoran halal di Hongkong sudah saya kirim via e mail ya (mohon dicek). Sedangkan di Macau : Malaysian Restoran di travessa de Amizade, 3 Monkey Restaurant di The venetian Resort, Rasa Malaysia di Food Court The Venetian Shopping Mall dan Mc Donalds. Kalau di Shenzhen, saya biasa makan di KFCnya, dan di Zhong Fa Yuan Chinese Muslim Restaurant.

       
      • otidh

        December 17, 2013 at 4:13 pm

        Halo mbak vicky, saya minta dikirimin juga ya daftar restoran halal di Hongkong-nya. Tks. ;)

         
      • aremaronny

        December 18, 2013 at 11:20 am

        Daftar restoran halal di Hongkong dapat dilihat disini http://www.islam.org.hk/eng/E-islamfoodstore.asp

         
      • otidh

        December 18, 2013 at 11:21 am

        Ok, makasih mbak Vicky ;)

         
  35. Putri Larasati

    December 9, 2012 at 7:33 pm

    halo mbak, saya sudah booking hotel di tempat yang sama dengan mbak, kalau saya hanya booking dan bayar ditempat setelah saya sampai itu bisa ga mba? makasi mba salam kenal :D

     
    • aremaronny

      December 9, 2012 at 9:46 pm

      Bookingnya lewat mana mbak? Agoda atau yang lain? seperti Hostelworld, booking.com..

       
  36. ibu2fFitri

    December 17, 2012 at 8:20 am

    Mbak Vicky aku gak dapet kamar di Golde Crown hiks!! mana makin deket jadwalnya nih, ada ide gak mbak hotel sekitar nathan road yg dekat masjid jg. Memangnya hostel yg di mirador dan di chungking mension parah bgt ya mbak, kok banyak yg bilang jangan di situ ya?

     
    • aremaronny

      December 17, 2012 at 9:14 am

      Hotel-hotel di Mirador dan Chungking ada juga kok mbak yang bagus, cuman memang gedungnya tidak sesepi Golden Crown Court. Kalau Golden Crouwn nggak dapet coba Yiu Fai Guest House ini mbak http://yiufaiguesthouse.com/. Sedangkan di Mirador Mansion mbak bisa coba Cosmic Guest House dan Garden Hostel yang masuk dalam top 5 Best Hongkong Hostel. Kalau di Chungking Mansion banyak yang merekomendasikan Travellers Hostel (www.dragonhostel.com)

       
  37. ibu2fFitri

    December 17, 2012 at 10:04 am

    Mbak Vick, thanks sebelumnya tp di tripadvisor ulasannya serem2 semua hotel diatas, kalo yiufai hostel fully booked. Memang jauh bgt gak sih mbak vicky kalo aku ambil daerah causeaway bay hotelnya. Kok hotel daerah Causeaway bay lebih banyak yg available drpd di TST.

     
    • aremaronny

      December 17, 2012 at 11:12 am

      Causeway Bay letaknya di Hongkong Island, sudah beda pulau dengan daerah Kowloon (tapi kita bisa menyeberang naik MTR atau Ferry). Sebenarnya daerah Causeway Bay enak juga walaupun harga-harga hotelnya tidak semurah di daerah Kowloon.

       
  38. agustinputriani

    December 20, 2012 at 7:15 pm

    salam kenal mba, cm mau ksh info aja, okt kmrn saya nginep di cosmic guesthouse di mirador mansion, tmpatnya bersih,nyaman dan resepsionisnya sgt helpfull bgt.. kalo mirador mansion sendiri ga seserem yg saya baca di blog org lain kok.. karena saya hanya b2 sama adek (cew smua) alhamdulillah aman, dan tdk ada gangguan apa2, smoga membantu :)

     
    • ibu2f

      December 20, 2012 at 11:29 pm

      Ada foto2 kamarnya mbak?, sy sudah pesan apartemen sih di yau ma tei, tp masih bisa dibatalkan, siapa tau saya tertarik, krn lokasi yau ma tei kl diliat dr google map, jauh juga kemana2. Thanks

       
    • aremaronny

      December 21, 2012 at 7:00 am

      Terima kasih mbak Agustin atas sharing infonya. Nanti akan saya rekomendasikan juga kepada teman yang lain.

       
  39. agustinputriani

    December 21, 2012 at 7:00 pm

    wah kebetulan ga sempet ambil foto2 kamarnya mba, kalo dr segi bersih+nyaman, saya acungi jempol, kamar mandi jg bersih, cm dr segi ukuran kamar memang imut2 sekali, mgkin standart kamar hostel di hongkong kali ya..setiap hari kamarnya jg dibersihkan, kantong sampah diambil+diganti setiap hari,persediaan tisu toilet jg selalu ada.. di dpn pintu mirador mansion jg udh pintu masuk MTR,

    mba vicky : sama2 mba, saya jg mau blg terimakasih karena tulisan mba sangat membantu saya sblm brgkat ke hkg+macau, syg sekali ga sempet mampir shenzen :( cerita australia mba vicky bikin saya mupeeengg…hehehe

     
    • aremaronny

      December 21, 2012 at 8:34 pm

      He he..semoga cepat kesampaian ke Australia ya mbak…

       
  40. DLK

    December 31, 2012 at 8:59 am

    mbak vicky, kalau dari cameron road bus stop ke golden crown jalan kaki jauh tidak?kira2 arahnya bagaimana apakah harus seberang sana sini, lurus, atau naik turun jembatan penyebarangan. trim’s

     
  41. Maria

    January 8, 2013 at 12:19 pm

    Salam kenal mbak Vicky yg inspiring :) aq mau ke HKG dari Macau. Ada yang ingin saya tanyakan:
    1. Dimana tempat beli octopus cardnya kalau saya masuk HKG dari Macau melalui Ferry?
    2. Apakah keluar dari gedung golden crown & yiufai langsung didepan pintu masuk MTR?
    3. Mongkok & TST lebih dekat mana kalau untuk jalan ke avenue star, victoria Park/harbour?
    Thx alot ya mbak Vicky.

     
    • aremaronny

      January 9, 2013 at 6:45 am

      Salam kenal juga mbak Maria.
      1. Octopus Standart terdapat juga di First Ferry Customer and Octopus Service Centres:Cheung Chau Pier, Mui Wo Pier, Central Pier 5 & Central Pier 6.
      2. Pintu masuk MTR tidak tepat di depannya tapi jalan sedikit disamping kanan dan kiri blok.
      3. Lebih dekat TST.

       
  42. yudi

    January 17, 2013 at 10:31 am

    mbak, kalo hostelnya apa bisa nanti dicari dsna? soalnya mau booking tapi belum pnya CC… hehehe

     
    • aremaronny

      January 17, 2013 at 12:14 pm

      Hostel bisa dicari disana. Kalau tidak punya CC ada beberapa hotel di booking.com yang bisa dibooking tanpa CC.

       
      • yudi

        January 18, 2013 at 12:58 pm

        sipsip…!!! it’s day -5 to HKG-SZ-MKau

         
  43. yudi

    January 24, 2013 at 11:11 am

    waduh mbak, aku mau kasih info… VOA di Shenzhen masih berlaku tapi tadi pagi aku coba apply, eh ternyata ditolak.. ga’ tau kenapa.. petugas imigrasinya cuman bilang katanya/visa kita cuman bisa dibuat di port. kita harus balik ke Hongkong Embassy…
    gagal deh ke Shenzhen. :-( padahal udah capek2 mikul backpack..

     
    • aremaronny

      January 24, 2013 at 7:15 pm

      Terima kasih atas informasinya ya mas Yudi. VOA Shenzhen memang serba tidak jelas, padahal teman saya juga bru pulang dari sana oke-oke saja tuh VOAnya. Kalau bisanya hanya dibuat di port terus kantor yang disitu fungsinya untuk apa ya?. Yah sudahlah mas, mungkin saat ini memang bukan waktu terbaik untuk berkunjung ke Shenzhen.

       
      • yudi

        January 24, 2013 at 9:10 pm

        Iya…. target berikut, kalo jalan, sekalian ke mainland china besar aja, … hehehehe

         
      • aremaronny

        January 25, 2013 at 3:30 pm

        Betul mas Yudi, jadi sekalian apply visa cina. Begitulah mas, manusia memang hanya bisa merencanakan tapi Tuhanlah yang tetap akan menentukan. Tetap semangat dan jangan kecewa ya…

         
  44. gilang

    February 17, 2013 at 3:20 pm

    Hi Mbak vicky,

    Saya agak bingung dgn perhitungan mbak mengenai hotel baik di hongkong. Sebelumnya dibilang biaya hotel permalam 300 hkd. tp di tabel biaya hari 1 disebutkan 540rb biaya hotel untuk 3 mlm. harusnya klo smlm 300 hkd sekitar 1 jt lebih donk. di shenzen jg disebutin biaya permlm 195rb. tp pas ditabel biaya 210rb untuk 2 mlm. *garuk2 kepala*
    Yg bener gmn yah? heeehhe. maaf ya mbak bukan mengkritisi. tp sy berminat untuk menginap di hotel yg sama. thanks in advance yah!

     
    • aremaronny

      February 18, 2013 at 9:30 am

      Halo mas Gilang, sekali lagi saya minta maaf karena membuat mas bingung. Biaya hotel semalam di Golden Crown Court adalah sebesar 300 HKD (Rp. 360.000) atau Rp. 1.080.000 untuk 3 malam (Kurs 1200). Karena itu adalah kamar Double untuk berdua sehingga untuk mudahnya saya bagi 2 menjadi Rp. 540.000 permalam per satu orang dewasa, yah untuk perhitungan kasar saja bagi persamaan harga kamar dorm di Hongkong. Terima kasih yah karena sudah mau membaca begitu detail :).

       
  45. santi

    February 28, 2013 at 8:36 pm

    mba.. Menara Petronas jauh ga klo dr bandara… karena sebelum ke hongkong transit dulu di kl.. siapa tau bisa foto2 dulu… hehehe

     
    • aremaronny

      March 2, 2013 at 6:28 am

      Jauh mbak Santi, sekitar 3 jam perjalanan.

       
  46. Vivi liberty

    March 4, 2013 at 1:45 pm

    Halo mba vicky..
    Sy inging menanyakan soal golden crown. Sy sudah reservasi online, tp disuruh bayar deposit memakai kartu kredit. Apa mba jg kemarin di minta deposit ? Jadi takut untk membayar lewat kartu kredit.

     
    • aremaronny

      March 4, 2013 at 9:26 pm

      Halo juga mbak Vivi. Iya mbak, waktu itu malah minta dibayar full. Sejauh ini aman kok mbak.

       
  47. mockingjaysan

    March 18, 2013 at 1:14 pm

    Thanks ya buat sharingnya. Sy akan ke HK dan Macau awal Juni tahun 2013. Golden Crown full saat Feb saya booking ya.

     
    • aremaronny

      March 19, 2013 at 6:15 am

      Kalau gitu pesan hostel lain di gedung Golden Crown Court saja mbak, didalam situ ada Yiu Fai Guest House, New Golden Crown sama Wonderfull Inn.

       
  48. anna

    March 20, 2013 at 11:09 am

    Makasih byk info nya….sangat2 bermanfaat buat kami2 yg perdana mau k hkg…BIG THANKS

     
    • aremaronny

      March 21, 2013 at 6:12 am

      Sama-sama mbak Anna. Terima kasih juga karena sudah mampir di blog saya.

       
  49. euis

    May 24, 2013 at 9:25 am

    salam kenal mba, mohon infonya pada saat trnsut di lcct apa kita hrs keluar imigrasi lg?atau hanya pindah gate aja? rencana aku pake bagasi untuk 1koper besar mba

     
    • aremaronny

      May 25, 2013 at 6:59 am

      Salam kenal juga mbak Euis, untuk transfer ada gate tersendiri dan tidak perlu keluar imigrasi.

       
  50. hannie

    May 25, 2013 at 5:44 pm

    Salam kenal mba vicky. Tulisannya bener2 mencerahkan. Kebetulan awal juni saya in sya’ Allah bakal ke HK dan belum ada persiapan apa2, termasuk belum booking hostel ataupun nuker HKD. Wkwk…
    Sejauh ini masih browsing2 dulu. Tapi saya tertarik banget dg daftar makanan halal di HK, mau dong mba tolong dikirimin email juga. Hehe..
    Makasih sebelumnya :)

     
    • aremaronny

      May 27, 2013 at 7:04 pm

      Salam kenal mbak Hannie..sudah kukirim daftarnya yah…

       
      • Hannie

        May 29, 2013 at 6:08 pm

        hai iya. makasih ya :)

         
      • aremaronny

        May 30, 2013 at 7:34 am

        Sama-sama

         
  51. kuswandi

    June 3, 2013 at 1:20 am

    saya mau tanya dari KLIA ke kota KL, atau KLCC ada fast train ya? berapa jam?

    atau tetap pakai bus?

    karena saya biasanya naik taxi dari lcct ke kota KL
    ataupun bus umum yg ke KLCC.

    jika ada fast train kan lebih murah. dan cepat.
    naik bus umum itu membosankan, nunggu lama dan panas.

    ohya kamu sering ke thailand. mampir ke koh samui deh.
    kebetulan aku blogger pemula, aku khusus daerah pantai, dan focus ke pantai dan pulau.

    karena pelancong biasanya pengen tau apakah pulau itu bener2x indah, atau seindah apa?
    untuk membantu yang lainnya. karena saat mau kunjungi ke tempat baru, googling sampe minta ampun. repotnya cari informasi.

    swimisfun.blogspot.com

     
    • aremaronny

      June 3, 2013 at 6:58 am

      Halo mas Kuswandi. Dari KLIA ke KL ada fast train tapi kalo ke LCCT tidak ada fast train. Liputannya bisa dilihat disini http://jejakvicky.com/2011/07/03/hari-ke-8-kuala-lumpur/. Iya deh, someday saya memang berencana pergi ke sana. Terima kasih atas sharingnya ada itennya lagi. Nanti kalau ada kawan-kawan yang mau pergi kesana akan saya sarankan main dulu ke swimisfun.blogspot.com

       
  52. kuswandi

    June 5, 2013 at 11:54 am

    ohya so what do you think..

    jk saya dari LCCT mau ke KL sentral, by bus lcct atau lewat fast train KLIA?
    jk dari segi kenyamanan dan kecepatan

     
    • aremaronny

      June 6, 2013 at 8:11 am

      Kalau mas berangkatnya dari LCCT, menurut saya bis tetap yang terbaik.

       
  53. Sary

    July 5, 2013 at 10:41 am

    Mba Vicky, bisa minta tolong rute dari airport HK menuju Golden Crown gak ya. Naik bis no berapa turun dimana dll….trimss :D

     
    • aremaronny

      July 5, 2013 at 5:45 pm

      Di airport cari petunjuk keluar ke arah Airbus Station yang terletak dekat Hall B, kemudian naik bis A21 menuju Kowloon. Turun di pemberhentian dekat masjid Kowloon Park

       
      • sary

        July 5, 2013 at 6:00 pm

        Thanks mbak. Trus mau nanya soal provider yg oke buat dipake di SZ-HK-Macau apa ya. Biar bisa tetep eksis, update soc-med…atau provider lokal bs dipake disana?

         
      • aremaronny

        July 6, 2013 at 3:32 pm

        Waktu itu saya pakai kartu Simpati yang kemudian dialihkan ke China Telecom.

         
  54. Jason Carlo

    July 13, 2013 at 7:13 pm

    Mbak kalo dari airport HK menuju Golden Crown naik MTR bisa ga ? Berapa harganya? Terus di setiap stasiun nya itu ada lift ga mbak? Soalnya ada saudara yg pake wheelchair. Trims :)

     
    • aremaronny

      July 15, 2013 at 6:58 am

      Bisa mas tapi lebih muter-muter dan oper daripada bis. Nanti di stasiun cari exit yang ada liftnya, pada umumnya di setiap stasiun minimal ada satu exit yang pakai lift.

       
  55. Jason Carlo

    July 18, 2013 at 3:48 pm

    Mbak, tapi klo naik bis nya dari airport ke golden crown guest house nya double deck ga? duduk dibawah bisa ya? Naik bis no brp dan harganya brp? Kalo di Shenzhen juga ada lift juga kan mbak metronya? Maaf mbak klo tanya trs..hehehe :-) thx

     
    • aremaronny

      July 19, 2013 at 8:38 am

      Halo mas Jason :
      1. Airport Busnya tidak double decker jadi duduknya memang dibawah.
      2. Naik bisnya dari Airbus Station yang terletak dekat Hall B dan no bisnya A21 menuju Kowloon
      3. Bayarnya pakai Octopus Card

       
  56. Maria

    August 18, 2013 at 10:14 pm

    Dear mbak vicky, maaf kalo repost ya, saya udah baca2 postingan awal dan akhir, blom ke tengah2 banget, tp belum nemu pertanyaan sejenis. Ada yg mau saya tanyakan mengenai bawa air mineral lumayan banyak ke dalam bagasi untuk penerbangan ke hk & macau (maklum pengiritan, krn di hk/macau air mineral mahameru ya mbak), sebelumnya maaf kl saya kl tanya disini soalnya siapa tau mbak vicky punya pengalaman khusus bawa air mineral ke dalam bagasi untuk penerbangan ke hk/macau, sebenernya saya nyampe duluan di Macau br ke HK. Saya males kl ternyata nanti disita pas mau keluar bandara disana. Salah satu alasan saya mau pake bagasi krn mau bawa air mineral. Kl peraturan barang bawaan di kabin, saya udah paham dikit. Terima kasih mbak sebelumnya. Mohon petunjuknya dr mbak vicky yg ramah dan baik hati.

     
    • aremaronny

      August 19, 2013 at 8:45 am

      He he he maaf mbak Maria, saya belum pernah bawa air mineral banyak dalam bagasi karena saya tidak pernah beli jatah bagasi :). Tapi menurut saya, kalau ditaruhnya di bagasi (bukan di kabin) mungkin tidak ada masalah.

       
  57. nopan

    November 1, 2013 at 8:04 pm

    mbak, ada rekomendasi objek wisata yang buka pagi? soalnya niatnya hari pertama bermalam di hkia n menuju giant buddha tapi giant buddha baru buka jam 10am

     
    • aremaronny

      November 6, 2013 at 9:23 am

      he he memang agak susah mas cari tempat wisata yang buka pagi. Saya dulu tetap nekat aja ke Giant Budha walaupun belum buka (makanya perginya saya naik bis baru pulangnya naik Cable Car). Taman-taman di sekitar Giant Budha tetap bisa dikunjungi pagi hari sedangkan gerbang naik ke patungnya yang buka jam 10.

       
  58. diah

    November 19, 2013 at 1:26 pm

    Mbak Vicky, terimakasih blog nya sangat membantu saya. mbak, kemarin dari HKIA menuju ke penginapan menggunakan bis nomor berapa ya? turun nya di mana? bulan depan /libur natalsaya akan menginap di Cosmic Guest House. Terimakasih bantuan nya. GBU

     
    • aremaronny

      November 20, 2013 at 10:38 am

      Cosmic Guest House letaknya di Mirador Mansion, dari airport naik bis A21 turun di daerah Tsim Tsa Tsui depan gedung Golden Crown Court kemudian jalan kaki kurang lebih 50 meter ke Mirador Mansion.

       
  59. Yori

    December 5, 2013 at 12:35 pm

    Hallo mba vicky, salam kenal mba, saya dengan yori..karena baca blog mba vicky jadi mupeng banget ke hongkong..penantian yang lamaa untuk tiket murah hehe..alhamdulillah dapet promo tiger, tgl 4- 10 feb 2014, saya minta saran untuk itinerary..sampai di HKG jam 6 pagi, kembali ke jkt pun dari HKG, saya mau ikutin itinerary mba vicky atau mba vicky punya pendapat lain?
    tiba di HKIA lgs ke macau, keesokan mampir ke senzhen, hari2 terkahir di HKG..mohon pencerahanya ya mba..terimakasih :)

     
    • aremaronny

      December 6, 2013 at 9:43 am

      Halo mbak Rini..salam kenal juga…
      Kalau penerbangan pulangnya dari Hongkong, memang alangkah baiknya kalau hari-hari terakhir dihabiskan di Hongkong saja. Iten yang dibuat mbak sudah oke itu HK-Macau-Shenzhen-HK.

       
  60. Yori

    December 6, 2013 at 9:56 am

    Makasih mba vicky..seneng deh direply commentku..blognya bagus mba..:)

     
  61. Dennise Adrianto

    December 11, 2013 at 4:53 am

    bu vicky…$ yang dimaksud di tulisan itu HKD kan yang sekarang 1500an…hehehe…bukan USD?

     
    • aremaronny

      December 11, 2013 at 10:57 am

      Iya mas Dollar Hongkong he he…terima kasih yah, akan saya perbaiki tulisannya.

       
      • Dennise Adrianto

        December 16, 2013 at 9:08 pm

        oh iya bu….kalau misalkan ke hong kong tapi transit ke singapore atau malaysia gitu, boleh keluar ke kotanya untuk jalan-jalan gak? karena tadi lihat-lihat ada yang transitnya sampai 17 jam…@@

         
      • aremaronny

        December 17, 2013 at 10:10 am

        Boleh mas Dennise asal waktunya cukup. Kalau transitnya di Changi ada fasilitas city tour gratis dari bandara untuk penumpang yang sedang transit. Ini linknya http://www.changiairport.com/at-changi/leisure-indulgences/free-singapore-tour

         
  62. Yori

    December 31, 2013 at 12:07 pm

    Hallo mba, tanya lagi yah.. :)
    untuk kamar di golden crown tipe2 nya aku kurang paham deh..kalau yang dipesan mba vicky nda ada dalam list kamarnya, untuk aku dan suami apakah pesan yang ini ? (Renovated – Couple)

    standar single roomnya apakah bisa untuk ber-2 ya?

    thanks mba

     
    • aremaronny

      January 1, 2014 at 10:24 am

      He he iya mbak Rini. Waktu itu namanya Double Room with AC, tapi kalau tidak salah sekarang namanya jadi Standard Single Room mungkin. Kalau ragu-ragu, mbak bisa menulis di Guest Booknya pasti akan dibalas.

       
  63. riniyori

    January 3, 2014 at 4:40 pm

    mbaa..aku sdh tulis di guestbook blm di reply..btw better bw HKD atau us dollar ya mba? disana kurs tukarnya bagus nda ya. dsni kurs lagi tidak bersahabat..utk pembayaran full via paypal mrk mau trima ga ya biar disana ga bayar cash (tulis di guestbook blm di reply)

     
    • aremaronny

      January 4, 2014 at 1:09 pm

      Saya dulu bawa HKD secukupnya, kemudian tukar US dollar disana. Tapi memang lebih menguntungkan kalau tukar Rupiah dengan Hongkong disini soalnya tidak kena kurs dobel kalau masih ditukar US dollar dulu. Untuk pembayaran hotel seingat saya mereka memang mau bayar full dulu.

       
  64. evannie

    January 13, 2014 at 11:39 pm

    mba mau nanya klo di golden crown hk itu klo ber 4 sarannya kamar yg mana? yg paling besar. apakah lbh menguntungkan 1 kamar ber 2 jd ambil 2 kamar atau 1 kamar ber 4? tksh

     
    • aremaronny

      January 16, 2014 at 8:40 am

      Dibandingkan saja harganya mbak Evanie.

       
  65. kristina

    January 25, 2014 at 12:08 pm

    siang mb vicky….salam kenal. sy pengikut baru d blognya mb, enak banget diikutin, deskripsinya jelaaaaas banget, keren… :)). mba, bln maret nanti sy ada rcn k jepang (utk ini sy mo ngikut tracknya mb vicky aj, hehehe), rcn pswt bakal transit d hongkong skitar 11 jam. kira2 dgn wkt yg cm sgitu, bs jalan kmana aj y mba??? mohon pencerahannya…. trm kasih

     
    • aremaronny

      January 25, 2014 at 5:26 pm

      Yang dekat dengan airport Hongkong adalah Big Budha di Lantau sama Disneyland Hongkong atau kalau tidak city tour saja

       
  66. elly

    February 11, 2014 at 11:32 pm

    salam kenal..senangnya baca blog mba vicky, informasi yang disapat sangat jelas, rencana 17 sd 20 mei saya ke hk dengan keluarga, 8 dewasa dan 2 anak (usia 2 th),masing bingung mau nginap dimna?dihostel atau apartment..kira2 menurut mba vicky lebih nyaman yang mana ya jika berpergian dengan anak hostel atau apartment? trus daerah yang ada mesjid besarnya selain kowlon dan cari makanan halal di mana ya..mohon infonya

     
  67. riniyori

    February 13, 2014 at 10:08 pm

    Halloo mba vicky
    Kita baru sajak balik dr hkg – macau..nda sempet ke shenzhen…krn sdh kecapekan..hehe..persis semua itin nyontek dr mba vicky…dan sukses..capee banget tp fun mbaa…selama diperjalanan bahas sama misua..saluut dgn energynya..hihi..
    Thanks a lot ya mbaa..ditunggu tulisan berikutnya :)

     
    • aremaronny

      February 16, 2014 at 6:35 pm

      Ha ha ha….mungkin sekarang kalau disuruh nurut iten itu lagi mungkin saya nggak kuat juga mbak wk wk wk..soalnya ternyata semakin lama traveling saya semakin slow nggak tahu kenapa :). Ikut seneng juga karena perjalanan mbak berjalan lancar.

       
  68. Putri Anastasia

    June 10, 2014 at 4:18 pm

    hai mba Vicky
    terima kasih sebekumnya Mba krn blog nya informatif sekali..
    Aku rencananya mau ke HKG mba minggu depan dengan suami, menginap di Sleep Inn Hotel (Mirador Mansion) krn udah ga kedapetan kamar di Golden Crown Hotel hiks

    Yang mau aku tanya ke Mba Vicky :
    1. Seberapa jauh mba jarak Mirador Mansion dengan Golden Crown Court? kalo malam ga serem kan ya mba? hehe
    2. Setau saya Golden Crown kan menjual tiket Disneyland murah, apa kita bs beli disana mba walaupun tidak menginap di guest house tsb?

    Thanks ya mba…

     
    • aremaronny

      June 12, 2014 at 2:05 pm

      Halo mbak Putri
      1. Mirador Mansion dekat sekali dengan Golden Crown Court. Mirador relatif lebih sepi daripada Chungking Mansion mbak, walaupun lebih ramai bila dibandingkan dengan Golden Crown Court.
      2. Rata-rata tiap hostel menjual tiket Disneyland murah kok mbak. Jadi coba tanya ke resepsionis Sleep Inn Hotel apakah dia juga menjual tiket murah tersebut.

       
  69. yenyen

    June 16, 2014 at 3:47 pm

    selamat siang,
    saya akan bernginap di comic guest house, dari sini jalan ke avenue of star bisa tidak?
    dari bacaan saya kata mbak crown dan comic dekat ya? apakah halte bus perhentiannya juga sama?
    terima ksih

     
    • aremaronny

      June 16, 2014 at 9:42 pm

      Cosmic Guest House letaknya di Mirador Mansion sekitar 70 meter dari Golden Crown. Halte bisnya sama mbak Yenyen

       
  70. sheviza

    June 27, 2014 at 8:28 pm

    mba, mau nanya..
    utk kamar yg standard single room itu ada jendela nya ga ya ?

    maklum nih klaustrophobia, jd kudu cari kamar yg berjendela.

    makasih :)

     
    • aremaronny

      June 28, 2014 at 9:20 am

      Bisa ada bisa juga tidak mbak, tergantung hotelnya. Jadi lebih baik saat membooking hotel disertakan juga catatan kalau mbak minta kamar berjendela.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 170 other followers

%d bloggers like this: