RSS

Hari Ke 1 (Surabaya – Kuala Lumpur)

24 May

Oleh : Vicky Kurniawan

Perjalanan dari Malang-Surabaya seperti biasa saya tempuh menggunakan jasa travel. Kali ini saya cukup was-was soal bagasi karena seberapapun usaha saya untuk ‘travel light’ tetap saja ada satu koper Polo ukuran sedang dan satu travel bag yang harus dibawa. Ternyata kekuatiran saya tidak beralasan karena Air Asia mengijinkan membawa tas dan koper saya kedalam kabin (padahal beratnya sekitar 20 kg lho). Sebenarnya ide pengiritan dengan tidak membeli bagasi cukup membuat lelah, karena untuk budget terminal seperti LCCT jarak antara gate dengan pesawat sangat jauuhhhh untuk orang yang jalan sambil menyeret bagasi seberat 20 kg (he he he rasain lu).

Departure Gate LCCT

LCCT (Low Cost Carrier Terminal) sesuai dengan namanya memang tidak seperti bandara utama pada umumnya. Berjarak sekitar 20 km dari KLIA kedua bandara beda kelas tersebut dihubungkan oleh bis NadiKLIA dan KR Travel (harga tiket 1.5 RM) yang berangkat setiap 45 menit dengan jarak tempuh 15 menit. Fasilitasnya benar-benar standar, tidak berkarpet dan minim tempat duduk. Untuk merendahkan Landing Fee, Handling Fee dan Airport Tax, mereka memang tidak menyediakan beberapa fasilitas seperti aerobridge (belalai gajah), koneksi kereta dan lain-lain. Saya sih tidak keberatan sejauh Airport Taxnya tidak mahal (he he he). Anehnya gerbang keberangkatan ditutup jam 12 malam dan dibuka kembali jam 1 pagi. Toko-toko dan tempat makan cukup lengkap ada MC Donald’s, Marry brown, Dunkin’s yang walaupun tertulis 24 Hour tapi tetep tutup juga waktu kita sampai disana sekitar jam 11.45 malam. Lebih lanjut tentang LCCT bisa diklik disini http://www.lcct.com.my.

Suasana Dalam LCCT

Penerbangan kami selanjutnya adalah Kuala Lumpur – Singapura jam 06.15 pagi (gara-gara ada promo tiket seharga 1 RM alias Rp. 3000). Karena gerbang keberangkatan belum dibuka dan kursi yang tersedia sangat minim jadilah saya menggelar sarung Bali (benda yang sangat berguna) dan tidur-tiduran diatasnya. Saya tidak malu, karena banyak orang-orang di sekitar yang melakukan hal serupa. Malunya sih memang tidak tapi kedinginan yang iya (soalnya lantainya dinginnn sekali).

Tidur-Tiduran Depan Restoran Yang Belum Buka

Setelah gerbang keberangkatan dibuka, saya melakukan ‘Self Check In’ melalui mesin-mesin Check In Air Asia yang banyak terdapat di tempat itu karena kios konvensional untuk tujuan Singapura memang tidak tersedia. Bagi yang memiliki bagasi dapat menaruh bagasinya di Baggage Drop Counter Air Asia sambil menyerahkan tanda Check In. Prosedur ‘Self Check In” cukup mudah karena kita hanya perlu mengikuti petunjuk yang tertera di mesin. Lebih jelas tentang prosedur self check in dapat dilihat disini http://backpackies.wordpress.com/2010/10/06/air-asia-self-check-in-step-by-step-guide-to-checking-in-at-the-self-check-in-kiosk-by-backpackies

Mesin Self Check In Air Asia

Perhitungan Biaya Hari Ke-1 (Per 1 Orang Dewasa)



About these ads
 
15 Comments

Posted by on May 24, 2011 in Kuala Lumpur

 

Tags: , , ,

15 responses to “Hari Ke 1 (Surabaya – Kuala Lumpur)

  1. Oktavi

    May 25, 2011 at 6:55 am

    Test…

     
  2. jeny

    September 26, 2011 at 5:57 am

    sekarang Air Asia memberlakukan peratura baru untuk berat bagasi masing-masing penumpang maksimal 7 kg/orang. Hal ini untuk mengantisipasi penumpang membawa bagasi yang berlebihan.

     
    • Vicky Kurniawan

      October 5, 2011 at 6:58 am

      Iya Jenny, Thank’s for the reminder.

       
      • shanty

        July 15, 2012 at 5:01 pm

        alo mbak…salam kenallll

         
      • aremaronny

        July 16, 2012 at 11:38 am

        Halo juga mbak Shanti, sempat jalan-jalan ke Blog mbak juga. Sangat bermanfaat terutama tulisan tentang wayangnya..

         
  3. etry

    January 18, 2013 at 6:40 am

    Haii mbaa…

     
    • aremaronny

      January 18, 2013 at 11:56 am

      Halo juga mbak Etry…

       
  4. nizam

    April 3, 2013 at 9:51 am

    apabila KLIA2 siap (terminal baru LCCT) & beroperasi June 2013, KLIA Express akan dihubungkan dari KLIA2 ke KLIA & KL Sentral. Harga tiket dari KLIA2 ke KLIA hanya RM1. Dan anda juga boleh meneruskan perjalanan ke KL Sentral.

     
    • aremaronny

      April 4, 2013 at 6:22 am

      Wah asyik banget tuh, jadi kalau mau main ke KLIA dari LCCT tidak usah repot-repot naik bis lagi ya. Cuman 1 RM lagi Terima kasih atas infonya.

       
  5. indri

    April 6, 2013 at 1:20 pm

    akhirnya mbaca juga blog ini.seru juga…!!! ga taunya orang malang toh mba. sama ama mertua. hehehehe

     
    • aremaronny

      April 6, 2013 at 6:18 pm

      He he iya mbak Indri..

       
  6. yustika

    April 14, 2013 at 12:33 pm

    mba vicky kalau di LCCT itu ada tempat penitipan koper ngga ? kalau ada kira2 lokasinya dimana ya.. mungkin mba punya infonya. makasih sblmnya.

     
  7. Evi Triana

    April 30, 2013 at 7:01 pm

    Mohon infonya donk untuk tempat menginap di singapore yg murah dan lumayan enak di daerah mana ya…lebih prefer yg 1 kamar utk 2 dewasa n 2 anak, bukan share 6-16 bed sekamar…tks

     
    • aremaronny

      May 1, 2013 at 5:54 am

      ABC adalah salah satu hostel yang saya rkomendasikan untuk diinapi. Walaupun namanya Hostel, ABC punya kamar private juga. Coba Mbak Evi cek di website ini siapa tahu harganya cocok. http://www.abchostel.com.sg/

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 170 other followers

%d bloggers like this: