RSS

PANDUAN MEMBUAT RENCANA PERJALANAN (ITINERARY)

05 May

Oleh : Vicky Kurniawan

Bagi seorang independent traveler, rencana perjalanan sangatlah penting. Rencana perjalanan pada umumnya memuat waktu dan destinasi bahkan ada juga yang ditambah dengan perkiraan biaya. Apapun bentuknya, detail atau hanya berupa garis besar, rencana perjalanan dibuat untuk membuat perjalanan menjadi lebih mudah, lancar dan terencana.

Pada dasarnya rencana perjalanan sifatnya sangat personal tergantung pada umur dan minat orang yang melakukan perjalanan. Bagi spontaneous traveler mungkin rencana perjalanan malah dianggap sebagai gangguan bagi ‘kejutan-kejutan’ yang biasanya didapat dalam suatu perjalanan. Tapi bagi planned traveler, rencana perjalanan merupakan suatu keharusan. Semuanya sah-sah saja tergantung pada kesukaan masing-masing. Rencana perjalanan juga tergantung pada umur dan minat. Itinerary untuk keluarga tentu berbeda dengan itinerary bagi perorangan begitu juga atraksi yang dipilih, berbeda-beda tergantung kesukaan. Tapi pada dasarnya pertanyaannya tetap sama bagaimana sih cara membuat itinerary yang baik?

Langkah 1 : Belilah buku panduan perjalanan

Buku panduan perjalanan memberikan gambaran suatu daerah. Pada umumnya buku ini sudah dilengkapi dengan tempat-tempat menarik suatu daerah, lokasi hotel dan restoran, rute-rute kendaraan bahkan ada juga yang dilengkapi dengan contoh-contoh itinerary. Bagi yang malas browsing dan tidak ingin terlalu detail, buku-buku panduan ini sudah cukup sebagai pedoman. Untuk penerbit dalam negeri, buku panduan perjalanan terbitan B-First mungkin saya rekomendasikan sedangkan untuk terbitan luar negeri buku panduan perjalanan Lonely Planet, Frommers atau Eyewitness Travel juga bagus sayangnya harga cukup mahal dan kurang tersedia di toko buku.

Buku Panduan Terbitan B-First

Buku Terbitan Lonely Planet

Langkah 2 : Sesuaikan tujuan dengan minat, waktu dan uang

Beberapa destinasi yang ditulis dalam buku panduan bisa kita tambah atau kurangi sesuai minat, waktu dan keadaan keuangan. Bagi yang suka wisata alam, porsi wisata alamnya bisa ditambah. Bagi yang suka shopping, kunjungan ke pasar dan mallnya agak dibanyakin, atau yang suka museum mungkin bisa seharian dijadwalkan berkunjung ke museum. Buku panduan perjalanan yang baik pada umumnya memuat beberapa alternative pilihan bagi pembacanya. Kalau masih bingung dengan berbagai pilihan destinasi yang ada minta saja bantuan Trip Advisor (www.tripadvisor.com), Virtual Tourist (www.virtualtourist.comatau Frommer’s (www.frommers.com). Caranya cukup mudah. Sebagai contoh di Trip Advisor, kita tinggal menulis nama kota tujuan di kolom ‘Things To Do’ kemudian klik satu diantara 4 pilihan : ada Attractions, Nightlife, Tours dan Shopping. Tekan “Find Attractions”. Maka keluarlah daftar destinasi yang sudah diranking lengkap dengan review dari traveler lain yang pernah berkunjung ke sana.

Bila malas memilih, Frommer’s biasanya sudah menyediakan itinerary untuk 3,4,5 hari dan seterusnya. Bahkan di Trip Advisor biasanya juga disediakan itinerary bagi First Timer.

Contoh Suggested Itinerary dari Frommers

Destinasi yang sudah kita pilih dibuat daftar untuk kemudian dipetakan dengan bantuan Google Maps (http://maps.google.com) atau Street Directory (http://www.streetdirectory.com). Tujuannya supaya kita tahu destinasi mana yang dekat dan jauh sehingga rutenya bisa diatur sedemikian rupa sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga. Dari data-data tersebut barulah kita bisa menyusun itinerary.

Langkah 3 : Mulai menyusun itinerary

Karena bersifat personal, itinerary sendiri bentuknya bermacam-macam. Bagi yang santai dan tidak suka terlalu diatur bentuk itinerarynya bisa seperti ini :

  • Hari ke 1         : Perjalanan Surabaya – Bangkok
  • Hari ke 2         : Khaosan Road, Grand Palace dan Emerald Budha, Wat Pho, Wat Arun
  • Hari ke 3         : Phuket Old Town, Patong Beach, Phuket Fantasea

Bagi yang suka detail, itinerary bisa berbentuk seperti ini :

Perkiraan jam disini digunakan untuk memperkirakan seberapa banyak destinasi yang bisa kita tuju dalam sehari. Sedangkan perhitungan biaya digunakan sebagai rencana keuangan seberapa banyak kita harus menabung untuk suatu tujuan (maklum bukan anggota DPR yang bisa jalan-jalan gratis). Kalau belum pede, itinerary diatas bisa juga ditambah dengan peta dan informasi detail lain yang mungkin berguna.

Namanya juga jalan-jalan dan berlibur jadi usahakan membuat itinerary senyaman mungkin. Jangan terlalu padat dengan memaksakan mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Perhitungkan pula jauh dekatnya. Setelah perjalanan berakhir bandingkan itinerary sebelum dan sesudah perjalanan untuk mengetahui sebaik apa rencana yang sudah kita buat.

Semoga artikel ini berguna dan selamat traveling….



About these ads
 
19 Comments

Posted by on May 5, 2011 in Panduan

 

Tags: , , ,

19 responses to “PANDUAN MEMBUAT RENCANA PERJALANAN (ITINERARY)

  1. Mariano

    December 29, 2011 at 8:49 am

    Halo Mbak,,terimaksh banyk buat info2nya yang super2 lengkap,,sangat2 membantu :)

     
    • aremaronny

      December 29, 2011 at 11:14 am

      Terima Kasih Bryan :)

       
  2. yunie

    January 11, 2012 at 12:10 pm

    thank u , informasinya good :)

     
    • aremaronny

      January 13, 2012 at 10:16 am

      Terima kasih Yunie..semoga bermanfaat buatmu yah..

       
  3. ginting

    January 16, 2012 at 9:15 pm

    Hallo Vicky…..Coba suatu kali travel tanpa rencana dan tanpa buku panduan…..it wil be much more fun….believe me…..hehehehe

     
    • aremaronny

      January 17, 2012 at 12:00 am

      Ha ha ha..itu tuh bang Ginting yang saya inginkan, be a spontaneous traveller. Tapi sampai sekarang nggak PD bang, serasa mau ujian tapi nggak belajar. Makanya saya begitu terpesona sama tulisan abang dan mungkin suatu kali akan saya coba. Salut banget deh sama blognya..beda banget..

       
  4. debi setiyawan (@doctor_debz)

    September 10, 2012 at 4:23 pm

    maaf mbak mau tanya, saya dari surabaya!!! pngen liburan k LN, misal singapore, hongkong, thailand, tp kok gak pernah dapet tiket promo yah?? carinya gmn mbak tiket promo itu, sy sllu cek website airasia truz cek tggl kok sllu mahal??? maaf msh newbie

     
  5. rezanug

    February 27, 2013 at 6:39 am

    wah contoh itinerary-nya bagus mbak, cocok buat pejalan yang maunya spontan tapi malah suka panikan kayak saya :p makasi infonya mbak..

     
    • aremaronny

      February 27, 2013 at 9:41 am

      Sama-sama Reza. Terima kasih juga sudah mau membaca blog saya

       
  6. winnymarch

    March 18, 2013 at 3:37 pm

    salam kenal yah :)..
    eh driu=rmua da contoh itenary ke jogja gk?

     
    • aremaronny

      March 19, 2013 at 6:18 am

      Salam kenal juga Winny, gimana kabar lomba blog My Selangor Storynya?. Kalau iten ke Jogaja saya belum punya, kalau Winny perlu panduan ada satu buku yang bagus dari B-First judulnya “Travelicious Jogja Semarang” karya mas Ariyanto.

       
      • winnymarch

        March 19, 2013 at 9:05 am

        punya maa ari yah haha aku tau tuh,, makash yah sarannya :D

         
      • aremaronny

        March 20, 2013 at 6:08 am

        Iya Winny..

         
  7. Tari

    August 30, 2013 at 10:32 pm

    Ka..bisa bantu gga…aqu bln desember mau ke korea…punya contoh itinerary ke korea gga ka?pls help me….:’(

     
    • aremaronny

      August 31, 2013 at 10:46 am

      He he he sayang saya belum pernah ke Korea mbak Tari. Coba ambil itinerary mbak Claudia di bukunya “Rp. 3 Juta Keliling Korea Dalam 9 Hari” nanti disesuaikan sama keinginan mbak.

       
  8. Rajabani

    September 27, 2013 at 12:08 pm

    Thank yah, berguna bgt kok info nya sangat lengkap dan akurat :) (Y) (Y) (Y)

     
    • aremaronny

      October 2, 2013 at 3:23 pm

      Terima kasih juga karena sudah berkunjung kesini.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 168 other followers

%d bloggers like this: