RSS

Panduan Mencari Tiket Pesawat Murah

13 Apr

Oleh : Vicky Kurniawan

Salah satu ketrampilan mendasar dari seorang budget traveler adalah mencari tiket pesawat murah.  Tiket pesawat ke tempat tujuan merupakan salah satu elemen terpenting dan memakan hampir 25 % dari anggaran. Jadi, kuasailah ketrampilan ini karena pada dasarnya semua orang bisa mencari tiket murah asal tahu caranya. Di bawah ini akan saya tuliskan cara-cara yang saya pakai untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah.

 

Pada dasarnya penerbangan komersial dibagi ke dalam 2 jenis, yaitu :

  • Full Board Airlines (Full Fledge Carriers)

Disebut full board karena pada saat membeli tiket, penumpang sudah mendapatkan fasilitas bagasi  (kurang lebih 32 kg), makan dan asuransi. Selain itu penerbangan jenis ini juga singgah di airport utama di tiap-tiap negara. Sebagai contoh : Garuda Indonesia dengan tujuan Kuala Lumpur akan mendarat di KLIA, Sedangkan Air Asia akan mendarat di LCCT. Walaupun harga tiketnya relatif lebih mahal ketimbang Budget Airlines bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkannya dengan harga murah. Salah satu caranya adalah dengan rajin datang ke acara travel fair dimana maskapai penerbangan Full Board biasanya mengadakan acara diskon besar-besaran sehingga harganya bisa sama dengan Budget tapi fasilitas Full Board (Terima kasih Jeanne TereCya Kurniawan atas sumbangan tipsnya).

  • Budget Airlines (Low Cost Airlines)

Penerbangan jenis ini pada dasarnya hanya menjual tiket kepada penumpangnya. Fasilitas lain seperti makan, bagasi (kecuali hand carry sebanyak 7 kg), pilihan tempat duduk bahkan asuransi diperlakukan sebagai tambahan artinya para penumpang diberikan kebebasan untuk memilih akan dibeli atau tidak. Satu hal yang pasti harga tiket yang dibeli akan ditambah airport tax dan convenience fee bila dibeli dengan menggunakan kartu kredit. Di beberapa kota budget airlines juga mendarat di airport utama contohnya di Bangkok, Air Asia akan mendarat di bandara Suvarnabhumi. Di Singapura, Air Asia akan mendarat di Changi, walaupun Tiger Airways mendarat di Budget Terminal Changi. Jadi sebelum memilih penerbangan pastikan benar-benar pesawatnya akan mendarat di mana.

Setelah mengetahui kedua kategori diatas, kita tinggal memilih yang sesuai selera dan kantong kita.

Sebagai seorang budget traveler saya lebih banyak naik budget airlines daripada full board, untuk itu sebagai ilustrasi saya akan mengambil Air Asia sebagai contoh walaupun pada dasarnya langkah-langkah dibawah ini bisa diterapkan untuk semua penerbangan.

Langkah 1

Melalui akun Face Book saya meng ‘like’ akun Air Asia Indonesia (Air Asia ada bermacam-macam). Mengapa? Karena biasanya mereka mengumumkan adanya promo melalui shortlink-nya di FB. Akun FB Air Asia bisa di klik disini http://www.facebook.com/AirAsiaIndonesia.  Contoh promonya seperti ini

  • Jangan lupa, penawaran diskon 20% di semua rute penerbangan berakhir malam ini. Belum dapat? Langsung ke sini: http://bit.ly/hykeuJ. Perhatikan periode terbangnya ya.
  • Maaf terlambat. Ini penawaran Fabulous FlyDay minggu ini khusus dari AirAsiaGo: http://bit.ly/fEgfsS. Silakan dilihat penawarannya. Selamat berburu.

Langkah 2

Biasanya setelah mengklik short link diatas anda akan diarahkan ke website resmi Air Asia seperti ini :

Perhatikan jadwal beli dan jadwal terbang yang ada di setiap promo. Seperti contoh diatas berarti jadwal beli tiketnya dimulai tanggal 6-9 April 2011, untuk penerbangan tanggal 9 April -26 Mei 2011. Jadwal penerbangan menjadi sangat penting karena dari periode itulah kita akan mulai ‘tebak-tebak buah manggis’  tanggal mana yang tiket promonya belum terjual dan sesuai dengan jadwal kita.

Langkah 3

Setelah mengetahui jadwal terbangnya mulailah mengisi pencarian tiket, bila ingin mencari tiketnya saja cukup diisi di kolom ‘Flight’ tapi bila ingin digabung dengan hotel bisa diiisi kolom ‘flight+Hotel’. Contohnya seperti dibawah ini :

Sebagai contoh : saya akan berangkat dari Surabaya ke Kuala Lumpur, tidak sekali jalan (karena umumnya lebih murah), mata uang IDR, tanggal berangkat 10 April, tanggal pulang 14 April, berangkat hanya satu orang. Setelah semua informasi diisikan klik tombol ‘Cari’. Bila tiket promo habis terjual maka tampilannya akan seperti ini :

Bila tiket promo pada tanggal tersebut sudah habis terjual gantilah terus tanggal keberangkatan dengan syarat tidak melampaui jadwal terbang yang pada kasus diatas berakhir tanggal 26 Mei 2011. Ganti terus sampai kolom Promo diatas tidak kosong. Namanya juga tiket murah, dari budget airlines pula, maka kitalah yang menyesuaikan dengan jadwal terbang bukan sebaliknya. Kalau mau tepat jadwal, yah berburulah pada saat promo pertama kali dibuka. Bila berhasil, maka tampilannya akan seperti ini :

Pilihlah jam yang sesuai. Perhitungan biaya keseluruhan akan tampak di sebelah kanan kolom. Bila harga, jam dan tanggal sudah sesuai, centang box di bawah kolom return seperti ini :

kemudian klik continue. Isi saja semua detail informasi yang diminta, kalau belum punya passport dikosongkan aja nomornya. Selanjutnya anda akan ditawari :

  • Paket Hot Meal (makan di pesawat)
  • Baggage Supersize (memperbesar bagasi), perlu diingat bahwa bagasi yang dipesan pada saat booking tiket secara online harganya akan lebih murah daripada beli dadakan di Airport.
  • Comfort Kit (bantal, selimut dan penutup mata), mungkin berguna untuk penerbangan jauh.
  • Pick A Seat (pilihan kursi), menurut saya yang paling baik adalah kursi dekat pintu darurat. Kursi-kursi berwarna merah (Hot Seat) akan lebih mahal daripada yang putih.
  • Insurance, bisa tidak dibeli.
  • Shuttle Bus, karena biasanya mendarat di budget terminal yang letaknya berbeda dari Main Terminal, Air Asia menawarkan fasilitas ini bagi penumpangnya.

Tambahan-tambahan diatas boleh dipilih atau tidak yang tentu saja akan menambah harga tiket, dan semuanya lebih murah dipesan pada saat beli tiket online daripada membeli di atas pesawat.

Setelah mantap semua (jangan lupa diteliti jam penerbangan, tanggal, nama dan jumlah orang) bisa dibayar dengan menggunakan debit atau credit card. Pada umumnya mereka mengenakan ‘convenient fee’ untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Setelah pembayaran lembar notifikasi akan dikirimkan via e-mail. Anda tinggal mencetak dan tentu saja jangan lupa membawanya pada saat akan boarding karena itulah tiket anda.

Oke…semoga bermanfaat dan selamat berburu tiket murah….

About these ads
 
8 Comments

Posted by on April 13, 2011 in Panduan

 

Tags: , , ,

8 responses to “Panduan Mencari Tiket Pesawat Murah

  1. Ardyanto

    April 14, 2011 at 1:21 am

    Nice post!!,,
    “Now, everyone can traveling”.. =)

     
    • aremaronny

      April 14, 2011 at 7:14 am

      ha ha ha now everybody can fly…thank’s karena sudah sangat supportif..

       
  2. anjaruu

    April 19, 2011 at 9:49 pm

    air asia kalo kita gak punya kredit card bisa bayar cash di couternya kok..baik sekali ya air asia.. :)

     
    • aremaronny

      April 20, 2011 at 8:30 am

      Terima Kasih atas infonya…terus terang saya malah belum pernah bayar di counternya…Thank you very much…

       
  3. ikechandra

    December 21, 2012 at 8:32 am

    Salam kenal mb Vicky, blognya informatif sekali, saya jadi menunggu-nunggu terus lanjutan tulisan dan tips2nya…. berburu tiket murmer baru dapat sekali nih mbak,..
    Berdasarkan pengalaman mb Vicky, biasanya bulan apa ya promo2 tiket AA yg paling murah untuk destinasi2 Bangkok, Hongkong, etc…

     
    • aremaronny

      December 21, 2012 at 2:58 pm

      Bulan mei biasanya AA ada diskon besar-besaran, tapi sekarang sering perhatikan juga Cebu Airlines mbak. Kadang-kadang kalau lagi promo juga ada harga gila-gilaan dari manila – hongkong.

       
  4. Dini

    May 31, 2013 at 12:30 pm

    Seneng ya suaminya punya hobi travelling juga…

     
    • aremaronny

      May 31, 2013 at 6:39 pm

      He he he iya mbak Dini..sejauh ini saya beuntung karena sudah mendapatkan “Tonny Wheeler” saya :)

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 177 other followers

%d bloggers like this: