RSS

Hari ke-5 (Pantai Ao Nang, Krabi)

22 Mar

Oleh : Vicky Kurniawn

Tanggal                       : 14 November 2010
Tempat Wisata           : Pantai Ao Nang

 

Bukit Kapur di Ao Nang Beach

 

Hari ke lima ini, saya berencana pergi ke Krabi khususnya ke Pantai Ao Nang yang terkenal dengan keindahannya. Setelah sarapan di Hotel (lagi-lagi makan Indomie rebus) saya check out dan berangkat ke terminal. Sebenarnya ada dua pilihan bisa naik bis atau minivan. Saya memilih bis karena jadwalnya lebih fleksibel. Jadwal bis dan minivan dari Phuket ke Krabi bisa dilihat di sini http://www.phuketnet.com/trans_buses.htm.

 

Terminal Bis Phuket

 

Susahnya si abang kondektur tidak mengerti bahasa Inggris, sehingga waktu saya bertanya apakah bis ini berhenti di Krabi dia hanya geleng-geleng kepala. Tidak jelas arti gelengannya, apakah menggeleng karena tidak mengerti atau menggeleng karena bis tidak mampir di  Krabi (bingung dah). Untunglah ada salah satu penumpang yang rela menjadi penerjemah.

 

Dalam Bis Menuju Krabi

Perjalanan dari Phuket ke Krabi memakan waktu 4 jam. Sepanjang perjalanan banyak terdapat bukit-bukit kapur yang indah.

 

Bukit-Bukit Kapur Krabi

 

Sesampainya di terminal bis Krabi seperti biasa saya dikerubungi oleh para pengangkut barang, tukang ojek dan kernet angkutan. Semuanya nyerocos berbahasa Thai karena mereka mengira saya orang Thai. Waktu dibilang kalau saya tidak mengerti bahasa Thai semuanya langsung bubar. Sebelum naik angkutan umum menuju ke Pantai Ao Nang, saya memesan minivan ke Penang untuk keesokan harinya. Mulanya ragu juga karena dari hasil browsing tidak ditemukan jadwal minivan dari Pantai Ao Nang ke Penang. Maklum Pantai Ao Nang jaraknya sejam perjalanan dari Krabi. Tetapi ternyata ada juga jadwal minivan Ao Nang – Penang walaupun hanya sehari dua kali. Jam 07.00 pagi dan 11.00 siang. Setelah urusan minivan beres, berangkatlah saya ke Pantai Ao Nang

 

Angkutan Menuju Pantai Ao Nang

 

Perjalanan dari Krabi ke Pantai Ao Nang sangat menyenangkan. Sepanjang perjalanan banyak melewati hutan-hutan yang rindang. Angkutan yang saya tumpangi penuh berisi turis-turis bule yang rupanya banyak menginap di Ao Nang. Lagi-lagi yang mengherankan, hanya kami yang berwajah Asia. Di sini, saya sempat berkenalan dengan seorang ibu berkebangsaan Austria yang sudah lama tinggal di Krabi karena bersuamikan orang Thailand. Baru kemudian saya tahu dari majalah yang saya baca di hotel bahwa pernikahan campuran antara orang asing dengan pria/wanita Thailand memang menjadi trend. Rata-rata orang asing tertarik dengan nilai gotong royong yang masih dianut oleh orang-orang dengan budaya timur (termasuk Indonesia tentunya), dimana dengan tetangga kita saling kenal dan tolong menolong.

 

Pemandangan Dari Krabi Ke Ao Nang

 

Sesampainya di Ao Nang, saya turun di tempat yang menurut peta persis di depan hotel yang sudah dipesan sebelumnya. Tapi kok tidak kelihatan nama hotelnya. Setelah bertanya sana sini dan berjalan mondar-mandir sampai capek, akhirnya ketemu juga. Ternyata hotelnya memang sesuai dengan tempat kita turun tadi, hanya letaknya agak terjepit (gambar di internet memang menipu). Di Krabi ini saya menginap di hotel La Venice On The Beach yang letaknya sangat strategis menurut buku panduan Claudia Kaunang (memang benar strategis). Sangat dekat ke pantai dan pasar malam Ao Nang.

 

Kamar Kami Di Ao Nang

 

Setelah check in, saya segera menjelajah pantai. Pantainya memang lebih indah dari pantai Patong di Phuket. Ombaknya lebih tenang dengan bukit kapur di kejauhan dan air yang bening. Setelah puas berenang, saya menyewa kayak untuk berdua dan berkayak sampai ke bukit kapur di tengah laut seperti seorang atlit professional. Sebelum menyewa, si tukang perahu sempat memberi les kilat cara mendayung. Sempat ragu juga bisa tidak mengembalikan kayak ini dengan selamat ke pemiliknya karena sebenarnya ini baru pertamakalinya saya berkayak. Sampai di tengah laut, airnya yang bening mengundang saya untuk bersnorkeling. Sayang terpaksa niat itu saya urungkan karena takut tidak bisa naik lagi ke kayak (he he he).

 

Bermain Air Di Pantai

 

Berkayak Ria

 

Setelah puas berkayak (akhirnya saya bisa mengembalikan dengan selamat), saya berjalan menuju ke hotel melewati tempat-tempat yang menawarkan Thai Massage. Tempat pijatnya sangat terbuka sehingga tidak mungkin dipakai untuk melakukan hal yang tidak-tidak.

 

Thai Massage di Ao Nang

 

Setelah mandi dan berganti pakaian di hotel, saya meneruskan menjelajah pantai Ao Nang untuk jalan-jalan sore dan menikmati matahari terbenam. Akibat kegiatan kayak mengayak tadi, perut jadi keroncongan. Akhirnya saya putuskan untuk makan ayam bakar Ao Nang yang menurut Claudia Kaunang letaknya ada di depan Krabi Resort Hotel. Ternyata memang benar, di sepanjang hotel tersebut banyak food stall yang menjual ayam bakar dan makanan-makanan lain yang rasanya sangat enak.

 

Penjual Ayam Bakar Ao Nang

Habis makan dan membungkus untuk sarapan (persediaan mienya sudah habis), saya melanjutkan perjalanan ke pantai untuk menikmati matahari terbenam. Seperti di pantai manapun, matahari terbenam memang indah.

Ketika malam tiba, saya menjelajah area sekitar hotel yang ternyata kalau malam berubah menjadi pasar malam. Barang-barang yang dijual antara lain : pakaian, cendera mata dan makanan-makanan (lagi) yang menggiurkan. Setelah puas melihat-lihat, saya kembali ke hotel untuk berisitirahat dan packing karena besok pagi-pagi sekali harus melanjutkan perjalanan ke Penang.

 

Mejeng dulu di Walking Street Depan Hotel

Biaya Hari Ke-5

Hotel                                                                 Rp.   150.000 (perorang)

Tiket Bis Ke Krabi                                          Rp.     43.500

Makan Siang                                                   Rp.       9.000

Angkutan ke Ao Nang                                    Rp.     18.000

Sewa Kayak                                                     Rp.     45.000

Makan Malam dan pagi                                 Rp.     38.500

Total                                                                  Rp.   304.000

About these ads
 
41 Comments

Posted by on March 22, 2011 in Krabi, Thailand

 

Tags: , , ,

41 responses to “Hari ke-5 (Pantai Ao Nang, Krabi)

  1. Indra

    March 24, 2011 at 5:53 pm

    Saya mendambakan perjalanan yang berkualitas seperti ini. Tapi selalu terbentur waktu. Hampir semua perjalanan saya terkesan buru-buru.

    Seperti banyak orang bilang,
    Di kala muda kita punya tenaga dan waktu, tapi tak punya uang.
    Di kala sekarang kita punya tenaga dan uang, tapi tak punya waktu.
    Di kala tua kita punya waktu dan uang, tapi tak punya tenaga.
    Kita tidak pernah memiliki ketiganya bersamaan.

    hehe… just share

     
  2. aremaronny

    March 25, 2011 at 5:48 pm

    Betul Indra, terima kasih karena telah memberikan sebuah renungan. Semoga setiap perjalanan selalu menjadikan kita manusia yang bijaksana, berwawasan dan selalu mensyukuri apa yang telah Allah gariskan bagi kita..Thank’s my dear driend..

     
  3. mila

    November 27, 2011 at 9:13 am

    itu bis nya warna pink bukan dalemnya? saya soalnya juga baru naik bis gitu dr krabi ke phuket interiornya pink & ungu, romantis sekali hihihiiii……….

     
    • aremaronny

      November 27, 2011 at 10:30 am

      iya..apalagi sambil ngobrol romantis sama si A..:)..

       
  4. Zhila

    March 10, 2012 at 11:48 am

    mbak vicky… kalau kita dari krabi balik ke KL gimana ya mbak? soalnya saya rencana balik dari KL…

     
    • aremaronny

      March 10, 2012 at 1:08 pm

      Halo Zhila…dari Krabi ke Kuala Lumpur ada tiga cara transportasi yang bisa kamu ambil :
      1. Naik kereta : Dari Krabi naik mini van ke Hatyai (Kurang lebih 4 jam) kemudian naik kereta sampai Butterworth (7 jam). Di Butterworth ganti kereta menuju KL (7 jam lagi)
      2. Naik Bis : Dari Krabi naik minivan ke Hatyai (4 jam) dilanjutkan naik bis ke KL (8 jam)
      3. Naik Pesawat : yang ini memang lebih mahal tapi memakan waktu hanya 2 jam. Coba cek siapa tahu kamu dapat tiket promo dari Air Asia.

       
  5. Juliana

    March 15, 2012 at 7:07 am

    Pagi mbak… Klo saya dr Bangkok, butuh berapa lama untuk ke krabi ya?? Lalu Kira” berapa ya biaya Nya.. thanks

     
    • Vicky Kurniawan

      March 19, 2012 at 6:57 am

      Halo Juliana..perjalanan dari Bangkok ke Krabi Town sekitar 12-14 jam dan dari Krabi menuju Pantai Ao Nang masih sekitar 1,5 jam. Dari Bangkok bisa naik bis dengan jam berangkat 07:30, 08:00, 16:00, 16:30, 16:40, 17:00 dan 17:30. Harganya air conditioned bus 614-944 Baht, ordinary bus 416 Baht.

       
  6. taumyalif

    April 24, 2012 at 6:19 am

    Pagi Mbak,,,Mohon pencerahanya,,kebetulan saya karyawan, jadi cutinya agak terbatas, saya rencana ke Bangkok via Penang, tapi karena melihat blognya mba..Saya tertarik untuk melewati semua…Sebaiknya rute yang saya ambil seperti apa mba?

    Dari Penang ke Bangkok, tapi melewai Hatyai, Krabi dan phuket…Waktunya cuma 7 hari, apakah cukup mba…

    Terima kasih sebelumnya mba, atas pencerahannya…

     
    • aremaronny

      April 24, 2012 at 7:03 am

      Insyaalah cukup, karena rute yang saya lalui dari Bangkok ke Penang juga memakan waktu 7 hari. Tapi beli tiketnya yang open jaws ya. Datang di Bangkok dan pulang via Penang atau sebaliknya biar tidak menghabiskan waktu. BTW, liputan kawah putihnya bagus juga..

       
  7. taumyalif

    April 24, 2012 at 6:22 am

    Mba, mohon pencerahannya..Kebetulan cuma bisa 7 hari..Tapi startnya Penang tujuan akhirnya Bangkok…Bagaimana rute terbaik, dari Penang ke Bangkok, tapi melewati Hatya, Krabi dan phuket juga mba…Terima kasih..

     
    • aremaronny

      April 24, 2012 at 7:22 am

      Rutenya seperti punya saya tapi terbalik..dari Penang ke Krabi (Lewat saja di Hatyai). Dari Krabi bisa naik ferry langsung ke Phuket (Ini link Ferrynya http://www.krabi.com/visitor624.htm) dan dari Phuket naik bis ke Bangkok.

       
      • taumyalif

        April 24, 2012 at 9:29 pm

        Terima kasih mba atas masukanya, jika berkenan mohon di share itinerary yang mba punya, nanti saya buat rutenya jadi terbalik…Soalnya harus menyusun dengan baik, disamping karena berangkat sendiri, juga karena waktunya mepet…Salah scheduling, bisa jadi tambah lama disuatu daerah…

         
      • aremaronny

        April 25, 2012 at 2:34 am

        Betul itu.Itinerary akan saya kirim via Email ya. Btw, rute terbalik juga pernah ditempuh oleh mbak Fadila Pratika yang ditulis dalam blognya De First http://de-first.blogspot.com/search?updated-max=2011-06-25T20:01:00%2B07:00&max-results=10. Mungkin catatan perjalanan mbak Fadila juga bisa membantumu.

         
  8. cofeeanddream

    May 8, 2012 at 9:15 pm

    saya jadi teringat perjalanan ke krabi kemarin. sayang saya nginepnya di krabi town bukan di ao nang. krabi town cenderung lebih quiet…but i like it thou’. next time saya berencana untuk kembali ke sana dan nginep di ao nang…padahal saya punya keinginan juga untuk ke patong atau samui. kalau ke samui gimana ya mbak caranya? apakah sulit menempuh perjalanan ke sana? atau disana juga biasa aja?

     
    • aremaronny

      May 9, 2012 at 11:03 am

      Koh Samui lebih bagus lagi. Caranya : naik kereta atau bis dari Bangkok atau Kuala Lumpur sampai Surat Thani, dilanjutkan naik bis ke terminal ferry di Donsak dan Samui ferry piers. Ferry berangkat tiap jam sampai jam 18:00. Naik ferrynya kurang lebih 1 jam 20 menit. Atau kalau males lewat darat bisa naik pesawat langsung ke Samui Airport.

       
      • cofeeanddream

        May 13, 2012 at 1:56 pm

        mbak, apakah ada emang rute kereta api dari kl langsung k suratthani mbak? estimasi perjalanan kira” makan berapa jam ya? mohon infonya ya mbak untuk pesawat terbang ke samui terutama yang low cost..hehehehehe. saya udah cek firefly, tapi jadwalnya tabrakan.. :(

         
      • aremaronny

        May 13, 2012 at 6:47 pm

        Dari Kuala Lumpur memang ada kereta yang menuju Surat Thani. Tapi berhenti dulu di Butterworth kuramg lebih 12 jam sebelum berlanjut ke Surat Thani. Jadwal lengkapnya bisa dilihat di sini http://www.seat61.com/Thailand.htm#Singapore. Estimasi perjalanan dengan waktu tunggunya sekitar 24 jam. Sayang seingat saya pesawat low cost yang terbang ke koh Samui memang hanya firefly. Kalau Air Asia hanya sampai Surat Thani saja.

         
  9. bentbee

    May 27, 2012 at 1:08 am

    Hi, mbak.. mo tanya donk :) itu beli tiket AoNang-Penang dimana n brp ya? Trs, nyewa kayaknya dmn/deket mana? Abis kayaknya seru deh,, hehe

     
    • aremaronny

      May 27, 2012 at 6:51 am

      Saya beli tiket van dari Ao Nang ke Penang di terminal Krabi. Di situ banyak travel agen yang menjual tiket van ke segala jurusan. Jangan lupa ditawar. Sewa kayaknya persis di pantai Ao Nang,di pojokan sebelah kiri (bila kita menghadap pantai) dekat dengan bukit kapur. Gampang kok carinya karena ada papan pengumuman di depan tempat persewaannya.

       
      • bentbee

        May 27, 2012 at 11:17 am

        mm,, okay. nice info :) tq ya, mbak e,, ^^

         
      • aremaronny

        May 28, 2012 at 6:49 am

        sama-sama bentbee..happy traveling dan semoga lancar yah..

         
  10. selfy

    September 15, 2012 at 1:43 pm

    Mbak mau Tanya klo d krabi bagusnya inap d daerah mana?
    Trus fery Dr krabi k phi2 island yg trkhr jam brp y mbak?
    Mohon petnjukny…
    Rencna kita 2 ari d phi2 island n 1ari d krabi….
    ♥·♡ τнäиκ чöü ♥·♡ sblmny

     
    • aremaronny

      September 16, 2012 at 9:40 am

      Waktu di Krabi saya tidak menginap di kotanya mbak, tapi di pantai Ao Nang-nya. Dari Ao Nang juga ada kok ferry ke Phi-Phi Island. Untuk lebih lengkapnya co ba di cek jadwal ferry disini http://www.1stopkrabi.com/getting_here/boats

       
  11. Richie

    September 22, 2012 at 12:28 pm

    Halo mbak, salah kenal ya. Kebetulan saya juga akan liburan ala backpacker nih dg tujuan yg persis sama. Cuma rutenya agak berbeda, saya dari KL – Phuket – Phi Phi – Krabi – Penang – KL. Saya ingin tanya, jadwal bus dari Krabi ke Penang (via Hatyai ya? Atau ada yg langsung kah?) kira-kira per berapa jam ya? Btw mbak, pantai yang paling recommended dimana ya untuk sekalian menghabiskan waktu semalam, teman saya ingin nginap 1night di phi phi island, cuma setelah saya baca-baca blog travelling, semua kok wisata PP dalam 1hari? Bagaimana ya baiknya, boleh minta sarannya?

     
    • aremaronny

      September 24, 2012 at 6:25 am

      Dari Krabi ke Penang naik minivan dijemput langsung dari hotel. Minivan dari Krabi ke Penang ada setiap dua kali sehari, jam 7am & 11am. Dari Krabi ke ke Hatyai City kurang lebih 4 jam kemudian dialihkan ke van lain dengan perjalanan kurang lebih 3-4 jam. Kalau diberi waktu mending memang menginap satu malam di Phi-Phi Island seperti temanmu. Tapi hal itu akan mengurangi kesempatanmu untuk eksplore Krabi..

       
  12. savzbo

    January 8, 2013 at 12:43 pm

    Hi mba, menarik yah sepertinya di ao nang.. Boleh tau mba fares untuk krabi – hat yai?.. Dan terminal krabi tuh dimananya ya?… thanks :)

    Sincerely

    Savzbo

     
    • aremaronny

      January 9, 2013 at 7:00 am

      Halo Savzbo, dari Krabi – Hatyai :
      1. Kalau naik bis Non A/c :96B berangkatnya jam 13:00, perjalanan 5 jam, Bis AC kelas 2 berangkatnya harganya 170B berangkat jam 10:30, 11:30, 12:30, 13:30, perjalanan 4 jam dan bis AC kelas 1 (36 seat) harganya 218B berangkat jam 9:20-15:20, 22:00, perjalanan 4 jam
      2. Kalau pakai minivan harganya 250B berangkat jam 7:00,11:00 , perjalanan 4 jam

       
      • taumyalif

        January 10, 2013 at 10:29 am

        Mba Vicky, saya pingin ke phi-phi island dan rencana akan menginap semalam disana, sebaiknya dari Krabi city, Ao nang atau Hatyai..Start point saya Penang..

         
      • aremaronny

        January 10, 2013 at 2:43 pm

        Menurut pendapat saya mending dari Ao Nang saja mas, tapi ini saya berikan link tentang Phi-Phi Ferry supaya mas bisa memilih mana yang jam dan biayanya cocok http://www.phiphi-ferry.com/sailing-schedules.html

         
      • savzbo

        January 10, 2013 at 3:15 pm

        Hi mba vicky, thanks yah info nya…

        Mba ada rekomen ga penginapan di hat yai?… Thanks again… :)

        Savzbo

         
      • aremaronny

        January 10, 2013 at 7:11 pm

        Tune Hotel Hatyai ini recommended mas, mohon dicek yah http://www.tunehotels.com/our-hotels/hat-yai

         
  13. jo

    March 9, 2013 at 1:46 pm

    mbak… numpang nanya nih..
    kalo dari krabi ke ipoh (perak) gimana ya caranya ???
    trus bujetnya brp juga mbak ??

     
    • jo

      March 9, 2013 at 1:47 pm

      boleh via FB aja y mbak chatting ny (just jho potter)

       
      • aremaronny

        March 16, 2013 at 8:01 pm

        Boleh mas Jo, nanti saya add friend.

         
    • aremaronny

      March 16, 2013 at 8:01 pm

      Halo mas Jo, maaf ya baru bisa balas sekarang. Menurut pendapat saya, dari Krabi mas naik bis dulu ke Hatyai. Biayanya kurang lebih 170-350 THB dengan waktu 3-4 jam. Kemudian dari Hatyai naik kereta api atau mini van sampai Butterworth. Di Butterworth kalau terus naik kereta api juga bisa langsung ke Ipoh tapi nunggu jadwal keberangkatan ke Ipoh kurang lebih 10 sampai 5 jam. Kalau mau cepet dari Butterworth disambung naik bis dengan perkiraan waktu 2 jam perjalanan, biayanya sekitar 10-13 RM.

       
      • icha

        October 13, 2013 at 11:00 pm

        Hallo mba, salam kenal, boleh tanya donk mba, aku ada rencana mau berlibur ke bangkok u/tanggal 20-25 march 14 thn dpn, rencana mau bangkok, krabi, phi phi island dan koh samui, kira2 untuk transport darat (bis) bisa dijelaskan menghabiskan waktu berapa lama dan harganya? Dan apakah krabi, phi phi dan samui itu di 1lokasi yang sama atau beda? Terimakasih mba :), mohon di respon ya :D

         
      • aremaronny

        October 16, 2013 at 9:26 am

        Halo mbak Icha slam kenal juga..sayang saya belum punya pengalaman ke Koh Samui. Kalau jalur Bangkok-Krabi-Phi-phi Island semuanya bisa dicek di blog. Krabi dan Phi-Phi Island itu berdekatan sedangkan Koh Samui itu sudah beda lokasi. Satunya di Barat dan satunya jauh di Timur.

         
      • icha

        October 13, 2013 at 11:02 pm

        Hi mba, boleh direspon di email aku yah j.family_ichangela@yahoo.com , terimakasih mba :)

         
  14. Frans

    February 11, 2014 at 10:28 am

    Hi, Mbak. mau nanya.
    kalau dari Ao Nang ke Penang langsung naik apa? klo sewa Van brp ?
    lalu kalau di Ao Nang Beach tempat wisata dan aktivitasnya yang seru apa, dan hotel yang bagus menurut Mba’ apa?
    lalu kalo di Krabi Town, tempat wisata dan hotelnya ada rekomendasi ?
    maap banyak nanya, soalnya baru pertama kali mau kesana (^.^)…
    maaf klo bole responnya ke email : frans2008@ymail.com

    Thanks and Best Regards
    Frans

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 171 other followers

%d bloggers like this: