RSS

Hari Ke 3 (Phuket)

19 Mar

Oleh : Vicky Kurniawan

Tanggal                       : 12 November 2010

Tempat Wisata            : Phuket Town, Patong Beach, Patong Otop Shopping Paradise, Bangla

Road, Jungceylon, Central Festival, Phuket Fantasea

Pintu Masuk Phuket Fantasea

Saya tiba di terminal Phuket sekitar jam 06.00 pagi hari dan langsung jalan kaki ke hotel tempat kami menginap yang letaknya tidak jauh dari terminal. Hotel yang dipesan lewat http://www.agoda.com merupakan hotel termurah yang pernah saya dapatkan. Bayangkan, saya hanya perlu membayar Rp. 62.000 untuk dua malam (kamar Standart untuk 2 orang) di hotel yang sangat lumayan fasilitasnya. Di hotel ini (http://www.agoda.web.id/asia/thailand/phuket/thavorn_grand_plaza_hotel.html) tersedia fasilitas kolam renang, internet gratis dan yang paling menyenangkan mereka memiliki ‘Social Area’ yang  dilengkapi dengan televisi besar berlayar datar, lemari berisi buku-buku traveling dan novel, dapur mini (microvawe, kulkas, termos air panas), 4 komputer dengan internet gratis dan laundry room (mesin cuci, mesin pengering dan tempat setrika). Hotel ini (bukan hostel lho) memang lain daripada yang lain karena pemiliknya adalah seorang mantan backpacker yang mengerti betul kebutuhan para backpacker.

 

Social Area

Social Area

Dapur

Ruang Cuci

Kamar Rp. 62.000 Kami

Setelah menitipkan ransel di resepsionis, saya memutuskan menjelajahi kota Phuket untuk makan pagi dan sekaligus mencari biro travel yang menjual tiket Phuket Fantasea dan day tour ke Phi-Phi Island. Saya memutuskan untuk menggunakan jasa biro travel dengan dua pertimbangan. Pertama, harga tiket pertunjukkan Phuket Fantasea lebih murah bila dibeli melalui biro travel daripada beli langsung di tempat. Kedua, biaya yang dikeluarkan untuk day tour ke Phi-Phi Island lebih murah bila ikut biro travel daripada pergi sendiri. Setelah makan pagi di ‘7 Eleven’ dekat hotel, saya beruntung karena didekatnya ada biro travel yang sudah buka. Setelah melalui tawar menawar yang cukup alot dengan pemiliknya (beruntung karena dia bisa berbahasa Inggris dan sangat ramah) akhirnya disetujui harga 2600 B untuk kedua atraksi itu. Didalamnya sudah termasuk antar jemput hotel dari dan ke tempat pertunjukkan serta dermaga.  Setelah urusan tiket selesai mulailah kami menjelajah kota Phuket.

Phuket Town

Dari hotel saya mulai berjalan menuju Surin Circle (lebih terkenal dengan nama Surin Traffic Circle) lewat jalan Tilok Uthit 1. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari tempat ini, hanya bundaran jalan biasa dengan menara jam di tengahnya. Walaupun demikian tempat ini menjadi salah satu landmark kota Phuket dan terlihat sangat fotogenik bila diabadikan di kamera.

Surin Circle

Dari Surin Circle, saya berjalan terus ke Suriyadate Fountain (salah satu landmark Phuket yang lain) lewat Rassada Road. Seperti namanya, bundaran ini dihiasi dengan air mancur dan ditengahnya terdapat patung ikan.

Suriyadate Fountain

Setelah melalui Suriyadate Fountain, saya berjalan ke arah Ranong Road untuk mencari tempat parkir Songthaew menuju Patong Beach. Tempat parkirnya terletak tepat di depan Thai Airways Building. Songthaew itu sendiri seperti mini bus yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tempat duduknya berderet panjang menyamping dan saling berhadapan. Bentuknya kuno tapi bersih dan cukup dingin dengan angin jendela yang bertiup sepoi-sepoi. Bila ingin menjelajah kota Phuket dengan cara walking tour (tour favorit saya karena murah meriah dan melangsingkan) dapat berpedoman pada peta ini http://www.phuket-maps.com/treasure-map-xl.htm.

Bodi Luar

Patong Beach

Songthaew dari Phuket menurunkan saya tepat di depan Patong Otop Shopping Paradise, salah satu tempat belanja murah dan terkenal di Patong. Saya tidak membeli apa-apa hanya melihat-lihat apa saja yang dijual di tempat ini. Selain pakaian, sepatu dan aksesoris mereka juga menjual makanan. Tempat ini buka sampai jam 2 dini hari. Persis di depan tempat ini ada jalan tembus ke pantai yang disebut Thaweewong Road dengan Hotel Holiday Inn di ujungnya.

Pantai Patong terletak di sebelah barat kota dan merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di Phuket. Pantai ini terkenal dengan kehidupan malamnya yang terpusat di dua area, Bangla Road, untuk turis campuran dan Paradise Complex yang banyak didominasi oleh gay. Pantainya sendiri menurut saya tidak terlalu istimewa, ombaknya tenang dan pemandangan sekitarnya cukup indah. Untuk penghematan, bentangkan saja sarung pantai sebagai alas duduk atau berjemur. Satu hal yang mengherankan, tidak ada penduduk lokal yang berekreasi di pantai ini. Hanya kami (saya dan suami) yang berwajah Asia, pengunjung lainnya full bule (bandingkan dengan pantai-pantai di Bali).

Patong Beach

Setelah berjemur dan menikmati pemandangan, saya berjalan menyusuri pantai menuju Bangla Road yang tersohor itu. Di sepanjang jalan ini banyak terdapat bar-bar dan diskotik dengan satu dua toko souvenir terselip disana sini. Kalau di Bali mirip daerah Kuta Legian lah.

Bangla Road

Dari Bangla Road, saya melihat sejenak mall paling terkenal di Patong yaitu Jungceylon. Mall ini dilengkapi hotel dan didalamnya terdapat musical fountain, bioskop 4 D, dan tempat bowling. Bila ingin tahu keadaan di dalamnya bisa wisata virtual disini http://www.jungceylon.com.

Musical Fountain di Jungceylon

Dari Jungceylon  saya berjalan kembali ke Bangla Road ke arah pantai untuk naik Songthaew kembali ke Phuket

Central Festival Phuket

Saya turun di Central Festival, salah satu mall terkemuka di Phuket. Menurut saya, mall ini juga tidak terlalu istimewa. Tapi lumayanlah untuk makan siang (atau makan sore? saya datang jam 3 sore) di Food Courtnya. Dari mall ini saya naik Songthaew kembali ke Suriyadate Fountain dan dari sana jalan kaki kembali ke hotel untuk mandi dan bersiap-siap menonton pertunjukkan Phuket Fantasea.

Central Festival Phuket

Phuket Fantasea

Kami dijemput tepat waktu dengan sebuah minivan bertuliskan Phuket Fantasea disampingnya. Tempat ini terletak di Kemala Beach, di sebelah barat Phuket. Tiket yang kami beli meliputi : antar jemput dari hotel, makan malam buffet di Golden Kinare dan tiket menonton pertunjukkan. Harga tiketnya memang agak mahal, tapi saya tidak menyesal membelinya karena fasilitas yang diberikan sebanding dengan harganya. Selengkapnya tentang Phuket Fantasea dapat dilihat disini www.phuket-fantasea.com.

Setelah menukar kuitansi dengan tiket dan voucher makan, saya masuk ke area seluas 34  ha ini. Sebelum masuk ke ruang pertunjukkan, kami diberi makan dulu. Makan malam yang disajikan sangat berlimpah, bervariasi (tersedia menu dari berbagai negara) dan rasanya enak. Saya di dudukkan semeja dengan orang Indonesia lain di bagian makanan halal. Itulah sebabnya pada saat menukar tiket saya ditanya asal negara. Saat itu kami berkenalan dengan sepasang suami istri dan satu keluarga yang kesemuanya dari Jakarta. Restorannya sendiri sangat megah, dengan dekorasi emas ala Thailand. Menurut data restoran ini mampu menampung 4000 orang.

Bagian Dalam Restoran

Bagian Luar Restoran Golden Kinare

Makan Malam Babak I

Selesai makan malam, saya berjalan-jalan di sekitar area pertunjukkan yang penuh dengan toko-toko dan atraksi permainan (persis seperti pasar malam modern). Toko-tokonya didesain sedemikian rupa sehingga terlihat unik dan menggambarkan tokoh-tokoh dalam pertunjukkan Phuket Fantasea. Kamera saya, tidak bisa menggambarkan suasana dalam area ini dengan baik, untuk itu saya ambilkan foto dari Phuket Report.com (thank’s).

Toko-toko di Area Phuket Fantasea

Ketika pertunjukkan akan dimulai semua pengunjung berbondong-bondong masuk ke gedung pertunjukkan yang didesain seperti istana. Semua diharuskan menitipkan kamera, handphone dan alat perekam lain. Bisa dibayangkan ribuan penonton antri untuk menitipkan barangnya. Pertunjukkan ini memang spektakuler. Dari atraksi pemain, desain kostum dan panggung, tata lampu memang sangat indah dan megah. Tari-tariannya sendiri walaupun indah tapi emosinya tidak sekuat bila kita menonton pertunjukkan tari Barong di Bali yang tata panggungnya notabene sangat sederhana. Duh, coba tari Barong dikemas seperti ini pasti hasilnya akan jauh lebih spektakuler. Yang sangat mengherankan mereka bisa mengorganisasi berbagai jenis binatang untuk tampil di panggung, dari binatang besar seperti gajah sampai binatang kecil seperti ayam dan burung dara (baru disini saya lihat ayam dan bebek naik pentas).

Gedung Pertunjukkan

Seusai pertunjukkan ternyata hujan turun sangat deras, padahal jarak antara gedung pertunjukkan dan tempat antar jemput  penumpang lumayan jauh. Tapi kekuatiran saya ternyata tidak beralasan, mereka rupanya sudah mempersiapkan jalan darurat bila hujan turun sehingga pengunjung tidak kebasahan (benar-benar service yang bagus).

Kami diantar dan tiba dengan selamat di hotel jam 11.00 malam. Dua hal yang bisa saya petik dari pertunjukkan Phuket Fantasea ini adalah pengemasan dan pengorganisasian yang baik. Bayangkan, mereka menjemput ribuan konsumen, memberinya makan, menghibur dan mengantarnya kembali ke hotel. Diperlukan kerja keras dan pengorganisasian yang  sempurna untuk mewujudkan hal tersebut.

Biaya Hari Ke-3

  • Hotel selama 2 malam                                Rp.   62.000
  • Makan Pagi                                                     Rp.     4.500
  • Bis ke Patong  PP                                          Rp.   15.000
  • Makan Siang di Central Festival                 Rp.   17.100
  • Bis ke Hotel                                                    Rp.     7.500
  • Tiket Phuket Fantasea+Makan Malam      Rp. 480.000
  • Total                                                                  Rp. 586.100

About these ads
 
28 Comments

Posted by on March 19, 2011 in Phuket, Thailand

 

Tags: , , , , , , , ,

28 responses to “Hari Ke 3 (Phuket)

  1. Kitty

    December 27, 2011 at 2:58 pm

    Hotelnya namanya apa yach, mbak?
    Bagaimana cara pemesanannya?
    Saya coba klik linknya. tapi yang keluar beda.
    Mohon infonya yach

     
    • aremaronny

      December 28, 2011 at 7:39 am

      Namanya Hotel Thavorn Grand Plaza. Pesan lewat Agoda saja mbak lebih murah dan terpercaya. Saya juga bingung, dulu alamat resminya memang itu. Saya coba Googling yang keluar juga itu, tapi kalau diklik yang keluar malah lain..ntar saya cek dulu ya..sepertinya sudah waktunya update blog nih.

       
  2. Suban Edyono

    December 30, 2011 at 11:34 am

    nice info mbak. berguna untuk saya dan pacar saya nantinya bulan 2 ini.. Thanks a lot :D

     
    • aremaronny

      December 30, 2011 at 3:21 pm

      Terima kasih Suban..happy traveling ya..

       
  3. Kitty

    January 7, 2012 at 11:21 pm

    Terima kasih banyak, mbak. Ditunggu yach infonya^^

     
    • aremaronny

      January 13, 2012 at 10:10 am

      Iya Kitty..thank’s juga….

       
  4. milky_w4y5@yahoo.com

    February 23, 2012 at 11:11 am

    Mba, harga laundry di hotelnya rata2 kisaran berapa ya? soalnya buat perhitungan, mending bawa baju banyak ato laundry di hotel aja… saya mau pergi 6 hari di phuket… thanx

     
    • aremaronny

      February 23, 2012 at 3:49 pm

      Laundry di Grand Thavorn Phuket pakai koin. Mesin cucinya ada di social area. Perginya hanya ke phuket aja? nggak kemana-mana?. Kalau hanya di phuket saja ya mending bawa baju sedikit terus pakai mesin cuci koin. Lumayan backpack nggak berat dan sisanya bisa dibikin oleh-oleh.

       
  5. Leny

    March 22, 2012 at 11:22 am

    Gan, begitu saya klik Grand Thavorn Phuket kok munculnya bukan hotel ya tapi scout academy, tempat olahraga gitu…..

     
    • Vicky Kurniawan

      March 22, 2012 at 5:09 pm

      Iya mbak..tidak tahu isi web itu larinya kemana. Coba mbak google Grand Thavorn Phuket nanti yang keluar yah link yang saya beri tapi isinya lain. Kalau mau pesan hotel ini coba via agoda saja mbak..

       
  6. Adi

    March 23, 2012 at 8:14 pm

    Mbak,nanya dong, paket phi phi island brp? Ada nggak alamat email travel agent utk tour phi phi islandnya.

     
    • Vicky Kurniawan

      March 26, 2012 at 6:18 pm

      Halo Adi, maaf baru bisa balas sekarang. Paket tur ke Phi-Phi Island saya beli dari Sun Shine Tour Phuket Company yang terletak di ruko sebelah Thavorn Grand Plaza Hotel. Website resminya bisa diakses disini http://www.sunshinephuket.com/excursion/ex_phiphi. Harga resminya sih 1050 B tapi rasanya saya dulu tawar menawar sama pemiliknya dan dapat harga nggak sampai segitu. Apalagi kalau belinya barengan sama paket lain.

       
  7. fitrie

    May 3, 2012 at 2:22 pm

    Phuket town-Patong naik bus brp lama? Nyaman ga kl bawa baby? Kalo Simon Cabaret oke ga?

     
    • aremaronny

      May 3, 2012 at 7:17 pm

      Naik bis dari Phuket Town ke Patong memakan waktu 30 menit saja. Bawa baby masih oke, stroler masih bisa masuk walaupun agak repot. Simon Cabaret belum pernah nonton..:)

       
  8. alterina

    May 24, 2012 at 10:11 am

    mbak vicky jalan-jalan ke korsel dooongg….. nanti saya nyontek itennya…he…he… karna waktu saya ke hong kong-macau april kemaren nyontek itennya mbak vicky…sukses…makasih ya mbak ….

     
    • aremaronny

      May 24, 2012 at 11:03 am

      he he he..terima kasih Alterina. Sayang saya belum ada rencana pergi ke Korsel, semoga kesampaian deh di tahun-tahun mendatang….

       
  9. Irma

    June 17, 2012 at 7:10 am

    Mba Vicky mau nanya dong Dari Bangkok ke Phuket Naik apa? Yg murah pake apa ya? Soalnya saya Ada rencana mau ke Bangkok juli tp pingin juga dr Bangkok ke phuket

     
    • aremaronny

      June 18, 2012 at 7:27 am

      Waktu itu saya naik bis, beli tiket dan berangkatnya dari Southern Bus Terminal. Saya rasa yang murah memang naik bis. Jadwal bisnya bisa dilihat disini http://www.1stopphuket.com/getting_here/bus

       
  10. Yessika

    July 2, 2012 at 8:46 pm

    Mau tanya donk Mbak Vicky, naik bis dari bangkok ke phuket brp harganya? Berapa lama & apakah ada makan?? Terima kasih

     
    • aremaronny

      July 2, 2012 at 9:33 pm

      Harga dan jadwal bis menuju Phuket bisa dicek disini http://www.1stopphuket.com/getting_here/bus. Waktu perjalanan kurang lebih 11-13 jam. Tidak dapat makan hanya bis berhenti tengah malam di tempat istirahat untuk memberi kesempatan pada penumpang untuk makan dan meluruskan kaki sejenak.

       
  11. ema

    September 10, 2012 at 10:38 am

    mbak vicky. mau tanya nama hotel yg 62rb itu, kok aku klik link nya bukan hotel yg muncul tapi academy baseball. thanks ya mbak

     
  12. hilda

    January 24, 2013 at 8:09 am

    mbak vicky mau tanya..kalo dari terminal bus ke patong selain taxi naik songthaew bisa yah? berapaan biayanya? kalo bawa bagasi ukuran 20kg naik songthaew tu bisa ngak? soalnya jala sendiri mbak..mo irit ngak pake taxi

     
    • aremaronny

      January 24, 2013 at 9:30 am

      Iya mbak Hilda, bisa naik songthaew, biayanya berkisar antara 15 – 20 Baht, kalau bawa bagasi 20 kg kemungkinan sih memang bisa mbak tapi lebih repot. Songthaew itu model duduknya seperti angkot, berhadap-hadapan dan di tengah terkadang masih dikasih kursi panjang juga. Cuman bedanya dia lebih besar daripada angkot.

       
  13. maia annas

    April 25, 2013 at 3:09 pm

    wow menarik juga laporan ke phuketnya mba

     
    • aremaronny

      April 26, 2013 at 9:46 am

      Terima kasih mbak Maia

       
  14. Nana

    October 27, 2013 at 8:54 am

    Mbak vicky, saya sampai bangkok jm 7 30 mlm. Apa saya bs langsung ke phuket tanpa kehabisan tiket bus? Apa bisa booking online dulu tiket bus dulu. Mohon bantuannya ya. Sebaiknya sminggu di thailand cukup untuk explore bangkok-pattaya-phuket? Trims ya

     
    • aremaronny

      October 28, 2013 at 9:04 am

      Sepertinya tidak kesampaian mbak, karena sepengetahuan saya bus malam Bangkok-Phuket berangkat terakhir jam 19.00. Saya kira seminggu cukup untuk eksplore ketiga tempat tersebut.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 153 other followers

%d bloggers like this: